Jasa Website Surabaya

Jasa

Moorah.my.id – Jasa Website Surabaya , Sebagai seorang klien, mekanisme kerja yang akan dilakukan jasa website Surabaya. Biasanya, pihak penyedia jasa sendiri memaparkan mekanisme kerja yang akan dilakukannya di awal dalam perjanjian kontrak kerja.

Nah, kontrak kerja ini bisa Anda jadikan acuan dalam memonitor kerja dari penyedia jasa website tersebut. Jika mereka diketahui melenceng dari ketentuan sebagaimana yang tertulis dari kontrak kerja, Anda sebagai klien berhak mengingatkannya dan meminta revisi atau perbaikan jika hal itu diperlukan.

Untuk diketahui, jasa website Surabaya yang profesional setidaknya memiliki tim yang terdiri dari empat profesi, di antarnya web director, web designer, front end engineer dan back end engineer. Tim ini akan bekerja guna mewujudkan keinginan kliennya dalam hal pembuatan dan pengembangan website.

Tentunya, jasa website Surabaya yang profesional memiliki mekanisme kerja yang jelas. Mari kita memahahami mekanisme kerja dari jasa website Surabaya secara lengkap dan jelas.

Mekanisme Kerja Jasa Website Surabaya

Mekanisme kerja jasa website profesional, pada umumnya, terbagi menjadi delapan bagian. Mulai dari tahap mendengarkan permintaan pelanggan hingga tahap verifikasi. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mendengarkan Permintaan Pelanggan

Tahap pertama dalam mekanisme kerja jasa website profesional adalah mendengarkan permintaan pelanggan. Pada tahap ini, penyedia jasa dan klien akan melakukan diskusi secara intens. Adapun klien akan memaparkan kebutuhan website yang diinginkannya, seperti jenis website apa yang dibutuhkan, seperti apa target yang ingin dicapai dan lainnya.

Di sisi lain, penyedia jasa website tidak hanya mendengarkan permintaan klien, melainkan juga memberikan solusi dan pandangan yang sekiranya dapat membantu klien lebih mudah mencapai target yang diinginkan. Klien berhak menerima atau menolak solusi dan pandangan dari penyedia website tersebut.

Intinya, pada tahap pertama ini, penyedia jasa website mengumpulkan segala informasi dari klien. Informasi tersebut nantinya digunakan sebagai acuan untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh klien.

Jasa Website Surabaya
Jasa Website Surabaya

2. Survei dan Analisis

Pada tahap kedua, penyedia jasa website akan melakukan survei dan analisis dari informasi yang didapakannya pada tahap pertama tadi. Survei dan analisis ini berguna untuk mengetahui apa hal menarik yang bisa diberikan kepada klien dan seperti apa kompetitor klien di luar.

Dengan mengetahui kompetitor klien, penyedia jasa website dapat mengetahui keunggulan apa saja yang ditawarkan di dalam websitenya. Sehingga, penyedia jasa website dapat membuatkan dan mengembangkan website milik kliennya dengan lebih unggul dari kompetitor tersebut.

3. Menentukan Konsep Perencanaan

Setelah menggali informasi dari klien dan melakukan survei dan analisis, penyedia jasa website akan membuat atau merancang konsep perencanaan dengan matang. Konsep perencanaan ini, nantinya, dijadikan acuan dalam tahap eksekusi. Tentunya, konsep perencanaan dirancang sesuai dengan permintaan klien dan hasil survei dan analisis yang dilakukan pada tahap kedua.

Lebih lanjut, pada tahap ini, penyedia jasa juga perlu memaparkan berbagai hal terkait pembuatan dan pengembangan website. Misalnya, seperti apa isi website, apa saja fitur-fitur yang akan dimasukkan, bagaimana desain yang cocok untuk website dan lainnya.

Berikutnya, penyedia jasa website menyerahkan konsep perencanaan ini kepada klien. Klien bisa mengajukan komplain jika dirasa ada satu atau beberapa konsep perencanaan yang tidak sesuai dengan kehendaknya. Adapun penyedia jasa website wajib memperbaiki atau merevisinya.

4. Pembuatan Desain Website

Pada tahap keempat, penyedia jasa sudah melakukan eksekusi pembuatan website. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat desain tampilan website. Pembuatan desain ini tidak hanya untuk bagian utama website (atau homepage), melainkan juga logo, ikon, ilustrasi dan lainnya.

Pada tahap keempat ini, tim yang bekerja adalah web designer. Mereka, tentunya, sudah memahami bagaimana cara membuat desain yang bagus dan menarik serta sesuai dengan keinginan kliennya.

5. Pengembangan Sistem

Setelah pembuatan desain website rampung, penyedia jasa akan beralih ke pengembangan sistem. Pengembangan sistem ini terdiri dari dua, yakni pengembangan sistem front end dan back end.

Pengembangan sistem front end akan digarap oleh tim front end engineer yang telah mumpuni di bidang HTML, CSS, JavaScript, PHP dan lainnya. Front end engineer akan mengaplikasikan animasi ketika menggerkkan kursor mouse, mengatur fungsi modal windows dan pull-down serta menjadikan tampilan website interaktif dan dinamis.

Sementara itu, pengembangan sistem back end akan digarap oleh tim back end engineer. Seperti namanya, tim ini akan bekerja dari ‘belakang’ website. Misalnya melakukan pengiriman pesan ke alamat email tertentu.

6. Verifikasi

Pada tahap keenam, penyedia jasa melakukan verifikasi website yang telah dibuat. Tahap ini wajib dilakukan guna mengetahui kemungkinan adanya permasalahan pada website yang baru dibuat tersebut.

Dengan kata lain, penyedia jasa wajib memastikan website tidak mengalami masalah apapun. Selain itu, mereka juga wajib memastikan apakah website sudah muncul di berbagai browser, baik di PC maupun smartphone. Dipastikan juga website fast loading, respoonsif dan berjalan dengan baik.

Setelah dinyatakan tidak ada masalah, website bisa diserahkan kepada klien. Klien sendiri bisa mengajukan revisi jika ada satu atau beberapa hal yang tidak sesuai dengan keinginannannya. Adapun penyedia jasa website wajib melakukan revisi jika hal itu diinginkan oleh kliennya.

baca juga

Pentingnya Menggunakan Jasa Website Surabaya Profesional

Saat ini, ada banyak penyedia jasa website yang bisa Anda temukan di Google. Ya, hanya dengan mengetikkan ‘jasa website’ di mesin pencarian Google, Anda bisa menemukan berbagai perusahaan yang menawarkan jasa tersebut.

Oleh karenanya, sebagai calon klien, Anda harus betul-betul selektif dalam memilih jasa website yang profesional. Memilih jasa website profesional adalah suatu keharusan. Dengan melakukan itu, Anda akan mendapatkan hasil kerja yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Anda tentunya ingin memiliki website yang bertengger di halaman pertama mesin pencarian Google, kan? Ya, setiap klien pasti menginginkan hal itu. Sebab, dengan cara itu, website Anda akan mendapatkan pengunjung atau visitor yang banyak. Mengingat, pada umumnya, sebagian besar pengguna Google akan mengunjungi website yang berada di halaman pertama.

Nah, penyedia jasa yang profesional bisa mewujudkan hal itu. Dengan teknik SEO yang baik, mereka akan mengantarkan website kliennya ke dalam daftar halaman pertama mesin pencarian Google. Di sisi lain, teknik SEO yang digunakan juga akan aman bagi website karena menerapkan konsep white-hat.

Dengan begitu, (misalnya) Anda membutuhkan website bisnis atau website toko online, maka sangat berpotensi mendapatkan banyak calon konsumen baru yang tertarget. Calon konsumen baru ini pun berpotensi membeli atau menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan di dalam website tersebut. Bukankah hal itu menguntungkan?

Itulah pembahasan tentang memahami mekanisme kerja jasa website Surabaya berikut pentingnya menggunakan jasa website profesional. Dengan menggunakan jasa website profesional, hasil kerja yang Anda inginkan akan betul-betul terwujud.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!