Jenis Advertising Media Untuk Promosi

Jenis Advertising Media

Undercover.co.id – sudah tahukah Anda apa saja jenis-jenis advertising media yang patut digunakan untuk mempromosikan bisnis? Jika belum, mari simak pembahasan berikut ini. Mengingat, pengetahuan mengenai jenis-jenis advertising media penting untuk diketahui.

Seperti diketahui, advertising atau iklan berfungsi sebagai pemberi informasi tentang keberadaan suatu produk jasa atau barang, perlu adanya perantara agar iklan yang dibuat dapat diketahui oleh para calon konsumen. Nah, perantara antara pengiklan dan calon konsumen disebut sebagai media. Media iklan memiliki porsi penting dalam melakukan pemasaran produk.

Ditinjau dari segi proses kegiatan periklanan, media iklan termasuk ke dalam aktivitas media planning. Media plannging merupakan proses dalam menentukan bagaimana menggunakan waktu dan ruang untuk meraih tujuan marketing sesuai target pasar yang diinginkan.

Kini, jenis-jenis media iklan yang dapat digunakan semakin beragam mulai dari yang konvensional hingga yang berbau teknologi modern. Media iklan yang efektif tentu bermanfaat untuk mendongkrak promosi penjualan bisnis Anda.

Nah, tunggu apalagi, yuk simak ulasan jenis-jenis advertising media untuk promosi berikut ini.

Jenis-Jenis Media Iklan untuk Promosi

Media iklan yang memang beragam, secara garis besar media iklan dapat dibagi dalam beberapa kategori, yaitu media cetak, media luar ruangan dan media elektronik. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Iklan Media Cetak

Media cetak merupka sarana promosi statis dan mengutamakan pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan. Media iklan jenis ini menggunakan bahan baku kertas atau sejenisnya. Lazimnya berbentuuk dokumen atas segala hal yang telah diubah dalam bentuk kata-kata, gambar maupun foto yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian publik.

Yang termasuk dalam iklan media cetak, yaitu:

a. Iklan Koran

Jenis media promosi ini memberikan ruang pegiklan untuk mempromosikan bisnis Anda di dalam halaman koran atau surat kabar.

Koran dapat dijadikan sebagai media iklan karena memiliki pangsa pasar sendiri yang mungkin sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Tidak hanya itu, koran juga dapat diterbitkan harian dengan mencakup willayah nasional maupun regional.

Jenis koran pun beragan ada koran nasional, koran daerah, koran bisnis, koran olahraga dan lain sebagainya. Bentuk iklan yang banyak muncul di koran juga sangat beragam, mulai dari iklan baris, iklan dispaly, advetorial hingga iklan suplemen.

b. Iklan Majalah

Ini merupakann media iklan yang berada pada halaman majalah. Sebenarnya karakteristik media majalah hampir sama dengan media koran. Namun, pada media iklan majalah desain layout dan bahan baku dasarnya lebih ekslusif dari media koran.

Segmen pasarnya yang dimiliki media ini terpusat pada kelompok masyarakat tertentu dan hanya terbit satu bulan sekali.

c. Brosur

Media ini dibuat dalam bentuk cetak satu muka atau bolak-balik. Tak jarang brosur berbentuk buku kecil dilipat, yang terdiri dari satu atau dua halaman hingga empat halaman.

Dalam media brosur produk yang ditawarkan dicetak dan dipromosikan secara rinci dan jelas.

2. Iklan Media Elektronik

Iklan dengan media elektronik merupakan iklan yang di proses dengan prinsip elektronik dan elektromagnetis. Media ini memiliki kelebihan jangkauan target audiens yang lebih luas dalam waktu yang bersamaan.

Namun, iklan media elektronik ini cenderung lebih mahal jika dibanding iklan media cetak. Beberapa contoh iklan media elektronik diantaranya,

a. Iklan Televisi

Iklan televisi termasuk iklan yang berdurasi pendek. Jenis iklan ini menayangkan tampilan dalam bentuk video dan suara. Sehingga, Anda bisa mengemas iklan televisi ini dengan menarik, kreatif dan inovatif.

Media ini merupakan media yang paling dekat dengan banyak orang. Semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat berinteraksi dengan media satu ini. Mungkin media ini efektif digunakan, namun Anda harus mengeluarkan budget yang sangat besar.

b. Iklan Radio

Radio merupakan salah satu media yang mempromosikan suatu barang atau jasa dengan suara atau audio saja.

Konten promosi yang berupa suara disalurkan ke para pendengar radio menggunakan gelombang radio. Iklan radio memiliki target pasar yang cukup bervariatif karena dapat didengar oleh semua kalangan masyarakat. Biaya produksi iklan radio pun terbilang cukup murah.

Namun, Anda juga harus menentukan materi iklan produk yang sesuai dengan media ini, mengingat  radio hanya menggunakan media suara. Tak menutup kemungkinan iklan radio memiliki tingkat daya tarik yang lebih rendah dari iklan lainnya.

Jenis Advertising Media
Jenis Advertising Media

3. Iklan Digital

Kini, iklan digital atau lebih banyak dikenal dengan sebutan digital advertising merupakan sebuah media iklan yang tren dikalangan para pengusaha. Digital advertising terbukti memiliki nilai efektifitas tinggi dan mampu mentarget konsumen milenial.

Bentuk iklan digital yakni berupa website , media sosial , SEM (Search Engine Marketing), blog maupun media digital lainnya.

Iklan digital dapat berupa video, gambar maupun banner animasi. Digital advertasing dapat dijadikan jembatan antara perusahaan dan konsumen yang ramah di kantong. Namun, dalam mengembangkan sebuah iklan digital harus memiliki keahlian khusus dalam bidang teknik programer, desainer, SEO dan lain sebagainya.

4. Iklan Luar Ruangan

Ini adalah semua jenis media iklan yang ditempatkan di luar ruangan seperti pasar, terminal, jalan raya dan tempat umum lainnya. Contoh media iklan luar ruangan yaitu,

a. Billboard

Media yang satu ini merupakan salah satu bentuk media iklan luar ruangan yang bentuknya hampir sama dengan poster namun memiliki ukuran yang lebih besar.

Billboard biasanya dipasang pada tempat-tempat umum yang ramai dan strategis. Bahan yang digunakan untuk membuat Billboard adalah bahan MMT, bahkan sekarang sudah mulai bermunculan digital billboard yang disebut videotron, ada juga yang berbentuk iklan berjalan atau mobile billboard.

b. Baliho

Baliho merupakan media promosi yan dibuat untuk mempromosikan sebuah event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.

Tak jarang baliho juga digunakan sebagai media iklan produk baru. Pada dasarnya billboard dan baliho hampir sama, namun baliho memiliki ukuran yang lebih kecil dan pemasangannya lebih sederhana.

c. Shop Sign Branding

Media iklan ini memiliki fungsi sebagai penunjuk kepada para konsumen untuk mengetahui dimana sebuah tempat usaha yang Anda promosikan. Media shop sign branding ini biasanya berada tepat di tempat usaha ataupun berada di tempat lain yang diberikan tanda petunjuk arah sebagai branding.

baca juga

d. Media 3D

Agar lebih menarik perhatian banyak konsumen, media 3D dapat digunakan sebagai advertising media usaha yang Anda jalankan. Dengan bentuk dan desain yang menarik, media 3D dapat memberikan informasi produk yang ditawarkan.

Media 3D juga dapat mencermikan produk yang ditawarkan, dengan begitu konsumen akan tertarik dan mengetahui secara jelas produk Anda.

Itulah jenis-jenis advertising media untuk promosi yang dapat Anda jadikan referensi dalam mengiklankan bisnis. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda dalam mengenalkan bisnis ke masyarakat secara luas.

Leave a Reply

4 × 4 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!