Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis Website
Jasa

Undercover – Jenis Website , Jasa Pembuatan Website sudah pasti membuat dan mengembangkan berbagai jenis website berikut fitur dan kontennya. Bahkan, website dengan tingkat kesulitan yang tinggi juga bisa dibuatnya dan dioptimasi dengan baik.

Seperti diketahui, dulu keberadaan website hanya difungsikan sebagai media penyebar informasi. Namun, saat ini tidak sedikit orang yang memanfaatkan website untuk kepentingan bisnis. Bagaimana tidak, website memang terbukti mampu meningkatkan angka penjualan, meningkatkan angka konsumen baru dan memperluas pasar.

Ketahui Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin membuat website, pastikan terlebih dahulu jenis website apa yang Anda butuhkan. Anda bisa mengetahui jenis website yang Anda butuhkan berdasarkan fungsinya.

Contohnya, Anda ingin memiliki website yang digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk bisnis. Maka, jenis website toko online (e-commerce) yang harus dibuat. Atau, Anda ingin memiliki website yang berfungsi untuk berbagi musik, video, gambar dan animasi. Maka, jenis website yang harus dibuat adalah website media sharing.

Contoh lain, Anda ingin memiliki website yang digunakan untuk membagikan kisah perjalanan di berbagai negara di luar negeri. Maka, jenis website yang harus Anda buat website pribadi. Ketahui jenis-jenis website berdasarkan fungsinya secara lengkap di bawah ini!

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis website sebenarnya tidak hanya bisa dilihat berdasarkan fungsinya, melainkan juga berdasarkan platform dan sifatnya. Namun untuk menentukan pembuatan website yang tepat, Anda dapat dengan mudah melihatnya berdasarkan fungsi.

Jenis Website
Jenis Website

Berikut jenis-jenis website berdasarkan fungsinya yang perlu Anda ketahui:

1. Website Toko Online

Beberapa contoh website toko online yang paling populer hingga saat ini adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Tentunya, Anda sudah mengetahui semua contoh website toko online tersebut, kan?

Jika Anda ingin mempromosikan dan memasarkan bisnis secara online, Anda bisa melakukannya di website toko online. Melalui website toko online milik sendiri, Anda bisa mengontrol bisnis Anda dengan mudah. Misalnya, mengontrol jumlah pesanan konsumen, jumlah barang sudah terjual, jumlah barang tersedia dan lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pembuatan website toko online tidak mudah. Sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri (jika benar-benar paham cara membuatnya) namun kami sarankan untuk menggunakan jasa website Semarang. Dengan menggunakan jasa website Semarang, Anda bisa memiliki website toko online yang berkualitas, profesional dan fitur-fiturnya lengkap.

2. Website Perusahaan

Website perusahaan, pada umumnya, digunakan untuk mengenalkan perusahaan ke publik secara luas. Oleh karenanya, website perusahaan harus memuat hal-hal yang bersifat mengenalkan perusahaan, seperti profil perusahaan, produk/jasa yang ditawarkan, portofolio, kontak dan lainnya. Adapun pada bagian profil perusahaan setidaknya harus memuat sejarah perusahaan, perkembangan perusahaan dan visi misi. 

Pembuatan website perusahaan harus dilakukan secara profesional dan menarik serta kekinian. Jadi, aspek yang mendapatkan perhatian utama adalah pengaplikasian desain yang berkesan. Namun, di sisi lain, penyampaian informasi juga harus ditampilkan dengan jelas.

Sama seperti website toko online, mengingat rumitnya pembuatan website perusahaan, Anda bisa meminta bantuan jasa website Semarang. Daripada membuat sendiri dan hasilnya kurang optimal, lebih baik menggunakan jasa website Semarang dan hasilnya optimal. Iya, kan?

3. Website Organisasi (Intansi Pemerintah)

Hampir sama dengan website perusahaan , website organisasi berfungsi untuk mengenalkan suatu organisasi atau instansi berikut layanannya kepada masyarakat. Sub domain yang digunakan pada website organisasi/instansi adalah .go.id, .or.id dan .org. Contohnya Kemenkes yang memiliki website kemkes.co.id.

Website organisasi memuat berbagai informasi mengenai program kerja, laporan kinerja, laporan keuangan dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui masyarakat secara luas.

Adapun keuntungan memiliki website organisasi adalah segala informasi yang berkaitannya dapat disampaikan dengan cepat dan siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, suatu organisasi/instansi akan diakui kredibilitasnya dan terbukti memberikan transparansi data jika memiliki website yang profesional.

4. Website Komunitas

Website komunitas adalah jenis website yang berisikan berbagai informasi tentang suatu komunitas. Misalnya, komunitas pecinta kucing. Jadi, informasi yang dibahas di dalam website tidak akan terlepas dari kucing.

Adapun informasi yang disajikan bisa berupa tips, tutorial dan kabar terkini (misalnya: tentang kucing). Di sisi lain, website komunitas juga sering dikembangkan untuk forum yang bisa dijadikan wadah untuk diskusi topik tertentu.

5. Website Berita

Website berita adalah jenis website yang bertujuan untuk menyuguhkan berita-berita terkini dan terpopuler. Berita yang disajikan bisa fokus pada satu topik atau berbagai topik. Adapun topik yang dimaksud bisa berupa olahraga, gaya hidup, politik, kejadian unik, otomotif, kesehatan dan lainnnya. Contoh website berita yang terkenal adalah detik.com dan kompas.com.

Pemilih website berita diharuskan meng-update setiap hari. Ya, namanya juga berita berarti harus menginformasikan hal-hal yang bersifat terkini.

Untuk diketahui, kini masyarakat lebih suka membaca berita di website dan mulai meninggalkan kebiasaaan lama seperti membaca berita di koran. Hal ini dikarenakan website berita mudah diakses dan bisa dibaca kapan serta di mana saja.

6. Website Media Sharing

Seperti dijelaskan di atas, website media sharing adalah jenis website yang berfungsi untuk membagikan konten seperti video, musik, gambar, animasi dan lainnya. Pengunjung juga bisa men-download atau bahkan meng-upload konten di website tersebut.

Beberapa contoh website media sharing yang populer ntara lain Shutterstock dan iStock yang memuat konten berupa gamar, YouTube yang memuat konten video dan SoundCloud yang memuat konten musik. Jadi, jika Anda tertarik untuk membuat website media sharing, tentukan terlebih dahulu konten apa yang ingin Anda bagikan.

7. Website Pribadi

Website pribadi biasanya memuat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman pribadi, kisah perjalanan dan opini pribadi. Tidak sedikit orang, saat ini, yang memanfaatkan website pribadi untuk meraup keuntungan atau penghasilan tambahan. Mereka biasanya ‘dipanggil’ sebagai blogger.

Membuat website pribadi bisa dilakukan secara mandiri. Anda bisa mempelajari panduan membuat dan mengembangkan website pribadi secara lengkap di Google. Jadi, Anda tidak perlu meminta bantuan jasa pihak lain, seperti jasa website Semarang.

8. Website Blog

Website blog biasanya difungsikan sebagai media content marketing. Ya, banyak orang saat ini yang membuat blog untuk membantu meningkatkan trafik website utamanya berupa website toko online atau website perusahaan.

Misalnya, Anda memiliki website toko online yang menawarkan aneka tas. Maka, Anda bisa membuat website blog bertemakan besar tas. Adapun konten yang bisa dimuat antara lain cara membuat tas, jenis-jenis tas, kain yang cocok untuk membuat tas dan lainnya.

baca juga

    Itulah jenis-jenis website berdasarkan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Ingat! Jika ingin membuat website, tentukan terlebih dahulu mau difungsikan seperti apa website yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis website yang harus dibuat dengan tepat. Gunakan jasa website Semarang untuk membuat website yang berkualitas dan profesional!

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!