Tingkatkan Omset Jualan Dengan WhatsApp

https://undercover.co.id – Jualan Dengan WhatsApp , Berbagai platform media sosial bisa digunakan untuk memasarkan hingga menjual sebuah produk.

Bisa menggunakan salah satu atau bahkan semua platform sosial media untuk dapat menaikan omset jualan, salah satunya melalui WhatsApp Marketing.

Salah satu keuntungan menggunakan WhatsApp karena belum ada hambatan algoritma seperti misalnya di Facebook. Algoritma adalah semacam faktor-faktor yang diatur oleh Facebook yang bila dilanggar akan membuat penyebaran postingan yang dilakukan menjadi tidak maksimal.

Jika sudah disiapkan sebuah konten sebagai status promosi yang keren, namun ternyata tidak disebar otomatis karena hambatan algoritma.

Maka hal ini dapat menyebabkan yang melihat konten tersebut sedikit, sehingga omset jualan tidak meningkat. Oleh karena itu, maksimalkan WhatsApp untuk meningkatkan omset jualan yang sedang dijalankan.

Jualan Dengan WhatsApp

Apa itu Jualan Dengan WhatsApp Marketing?

Aplikasi WhatsApp memiliki dua versi yaitu WhatsApp biasa dan WhatsApp Business. Sehingga bagi sebagian orang aplikasi WhatsApp Bussiness ini bukan hal yang asing.

Tidak sedikit juga orang berpikir bahwa dengan instal WhatsApp Bussines kemudian unggah produk di status WhatsApp berarti sudah melakukan WhatsApp marketing padahal itu hanya bagian kecil saja.

WhatsApp marketing merupakan kegiatan untuk memanfaatkan secara optimal fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business untuk keperluan promosi dan penjualan.

Cara Tingkatkan Omset Jualan Dengan WhatsApp

Nomor Kontak dan Install WhatsApp Business

Nomor operator seluler atau nomor kartu merupakan hal pertama yang harus dimiliki sebelum menggunakan WhatsApp Business. Usahakan nomor yang akan digunakan untuk WhatsApp Business ini berbeda dengan WhatsApp pribadi.

Selain itu, jangan sampai berganti-ganti nomor WhatsApp, karena akan menghambat pemasaran produk yang akan dijalankan. Oleh karena itu, pastikan agar menggunakan nomor WhatsApp permanen untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Setelah itu, silahkan untuk mendownload aplikasi WhatsApp Business yang tersedia di Play Store atau App Store secara gratis.

Setelah aplikasi terinstall, kemudian lakukan pendaftaran. Menggunakan WhatsApp Business dibandingkan dengan WhatsApp biasa, tentu saja memiliki kelebihan karena WhatsApp Business yang memiliki fitur-fitur untuk keperluan bisnis sehingga terlihat lebih profesional.

Jualan Dengan WhatsApp

Lengkapi Profile WhatsApp Business

Dalam melengkapi profile ini bisa dimulai dengan mengunggah foto profile yang mewakili bisnis yang sedang dijalankan.

Kemudian mengisi deskripsi dari bisnis secara jelas dan akurat agar ketika customer masuk ke bagian profile, mereka sudah mendapatkan gambaran terkait bisnis apa yang sedang dijalankan.

Pada bagian alamat bisa di isi secara detail dan juga memberi titik map dimana tempat bisnis berada. Hal ini dapat memudahkan bagi pelanggan yang ingin datang ke lokasi bisnis secara langsung. Isi juga bagian label untuk menerangkan bisnis apa yang sedang dijalankan.

Selain itu, berikan informasi terkait waktu buka dan tutup bisnis yang sedang dijalankan. Usahakan untuk mengisi waktu ini secara benar, jangan sampai mengisi 24 jam padahal pada kenyatannya tidak beroperasi dalam waktu 24 jam.

Karena hal ini bisa merepotkan para pelanggan yang mungkin datang langsung ke tempat bisnis di tengah malam.

Buat Katalog Produk Menarik

Ketika ada orang yang menanyakan produk yang di jual, maka dapat mengirimkan link katalog produk yang di jual. Dalam WhatsApp Business telah disediakan fitur untuk katalog, jadi bisa upload produk dan berikan deskripsi secara rinci.

Biasanya orang tertarik terhadap sesuatu yang tampak menarik dalam foto yang di unggah saat jualan.

Oleh karena itu, saat mengunggah foto produk dalam katalog jangan asal tetapi harus diperhatikan beberapa hal seperti dibuat dengan pencahayaan yang baik, dan tata letak produk yang bagus.

Selain itu, sebaiknya jangan mengunggah foto produk saja, juga bisa mengunggah spesifikasi dan chat testimoni dari produk yang di jual.

Perbanyak Kontak

Selain dengan profile dan katalog bisnis yang terlihat profesional untuk menarik pelanggan. Hal yang paling penting untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan memperbanyak kontak WhatsApp.

Hal ini menjadi tantangan karena dalam aplikasi ini hanya terhubung dengan kontak yang saling menyimpan nomor kontak.

Agar omset penjualan kita meningkat melalui WhatsApp, tentu saja kita harus memasarkan produk kita ke banyak orang. Hal ini agar produk kita dikenal banyak orang, melakukan promosi dengan minim biaya sampai produk terjual. 

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menambah kontak WhatsApp ini misalnya dengan menambahkan nomor WhatsApp pada bagian logo yang di unggah pada bagian foto profile, dan jika memasarkan produk di platform media sosial selain WhatsApp maka arahkan seluruh chat customer ke WhatsApp.

Selain itu, dengan memperbanyak grup juga dapat memperbanyak nomor kontak. Dengan mengadakan monitoring gratis sesuai dengan produk yang akan di jual.

Siapkan promosi yang menarik dengan membuat poster, dengan memberi beberapa persyaratan bagi pendaftar misalnya meminta mereka untuk membagikan poster yang dibuat dan menyimpan nomor kontak anda.

Kemudian promosikan, dengan tempat promosi yang sesuai dengan target market misalnya melalui grup-grup facebook yang relevan atau forum online lainnya. Arahkan pendaftaran di WhatsApp, simpan kontak mereka untuk dimasukan dalam grup WhatsApp.

Setelah itu sebagai admin bisa meminta mereka untuk menyimpan nomor admin untuk memudahkan pemberian  dan jadikan grup WhatsApp dengan hanya admin yang dapat mengirim pesan.

Dalam grup bagikan konten edukasi yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan dan bermanfaat untuk mereka.

Hindari untuk membeli nomor kontak, hal ini dikarenakan jika menghubungi kontak tersebut dan langsung melakukan promosi maka tidak menutup kemungkinan justru nomor WhatsApp Business akan di blok.

Maksimalkan Semua Fitur

Dalam WhatsApp Business terdapat beberapa fitur lain yang dapat dimaksimalkan. Fitur- fitur ini sangat mendukung penjualan, pada fitur pemesanan terdapat tiga bagian yaitu pesan pembuka, pesan diluar jam kerja dan pesan cepat.

Sehingga dengan fitur pemesanan ini akan memberi kesan fast respon kepada customer. Terdapat label penanda chat agar tetap terorganisasi, misalnya dengan memberi label bagi customer baru, customer yang sudah mentransfer uang, customer dengan pemesanannya sudah selesai agar tidak tertukar.

Teknik Chatting

Dengan banyak kontak dan promosi , maka akan ada banyak juga customer akan menanyakan produk untuk penjelasan secara lebih rinci atau bahkan langsung membeli produk yang ditawarkan.

Kecepatan membalas chat, di aplikasi jual beli online menjadi salah satu skor performa sebuah toko.

Oleh karena itu, harus selalu melayani dengan cepat para customer dengan memanfaatkan fitur pemesanan pada WhatsApp. Selalu kuasai percakapan sebagai penjual dengan membuat pertanyaan.

Misalnya “Ada yang bisa saya bantu?”, “Kakak mau beli yang mana?”. Jangan memberi pertanyaan di dua arah berbeda seperti “jadi beli atau tidak?”.

Buat customer merasa butuh dengan produk yang ditawarkan misalnya “mau beli satu atau dua?”. Tawarkan promo dengan memberikan pernyataan seperti “produk terbatas dan diskon hanya berlaku saat ini saja” atau “promo diskon beli 2 gratis 1”.

baca juga

    Kasih surprise setelah produk terjual kepada customer seperti “karena ibu sudah membeli produk saya, untuk produk berikutnya maka ibu mendapatkan gratis ongkir”, agar customer kembali membeli produk yang ditawarkan.

    Itulah beberapa cara untuk meningkatkan omset jualan dengan WhatsApp. Selalu konsisten agar produk yang dijual terus mengalami peningkatan dan hindari spam chatting kepada customer.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!