jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Sun, Feb 5th, 2017

Kafe Ini Manjakan Penikmat Kopi Dengan 50 Jenis Kopi Dari Seluruh Indonesia

undercover.co.id –Mencari kafe dengan jenis kopi terlengkap? Kafe yang satu ini bisa menjadi tujuan bagi para penikmat kopi. Jika Anda melewati Jalan Abdullah Syafei dari arah stasiun Tebet, Kopikina bisa Anda temukan di kiri jalan yang mengarah ke Pancoran. Dengan tampilan bangunan yang mini tapi eye-catching, Kopikina tak sulit ditemukan apa lagi berlokasi di tepi jalan utama.

Ternyata ketatnya persaingan bisnis kafe tak menyurutkan nyali kedua bersaudara ini untuk turut berbisnis kafe. Asalkan punya keunikan maka tak perlu gentar dengan pesaing. Selain tampilan bangunan yang eye-catching, kafe mungil ini menyediakan jenis biji kopi berasal dari daerah di seluruh Indonesia.

“Di bisnis itu yang penting harus ada keunikannya atau unique selling proposition-nya. Dan yang kami tawarkan di sini yang utama adalah kami menyediakan kopi dari hampir seluruh provinsi di Indonesia,” ujar Co-owner Vincentia Wikaniswara atau yang akrab disapa Ica.

kopi kina

Baca juga: Bisnis Ini Tak Tumbang Berkat Filosofi dan Latar Belakang yang Solid!

Jual Keunikan

Mengumpulkan sekitar 50 jenis biji kopi dari seluruh Indonesia bukanlah perkara mudah. Diakuinya, Kopikina membutuhkan waktu setahun untuk mengumpulkan supplier kopinya hingga jenis kopinya mencapai angka tersebut.

“Sekarang jarang kafe yang menyediakan jenis kopi yang lengkap. Paling banyak delapan atau sepuluh jenis kopi. Jadi, kami menawarkan selengkap mungkin”, ujarnya. “Jadi buat pecinta kopi, mungkin hari ini bisa nyobain jenis ini, terus besoknya mungkin jenis yang lain,” imbuhnya.

Selain jenis kopi yang bervariasi, keunikan lainnya adalah Kopikina mengadopsi lima metode penyeduhan kopi secara manual. Bagi mereka yang awam soal penyeduhan kopi atau pengopi pemula, Kopikina menyajikan kopi dengan metode French-press sebagai metode standar penyeduhan.

Awalnya memang kafe ini hanya menyeduh kopinya secara manual. “Kami membeli kopi dari supplier dalam bentuk green bean atau biji hijau. Jadi, roasting hingga penyeduhan kami lakukan sendiri,” katanya. Namun, diakuinya baru akhir-akhir ini sudah tersedia mesin espresso untuk menambah variasi sajian kopi. Bagi Anda penggemar kopi espresso, sekarang bisa juga kongkow di kafe yang satu ini.

Hal menarik lain yang bisa ditemukan di kafe ini adalah dekorasi ruangannya yang bertema vintage. Di dinding kafe terpampang foto hitam putih hasil jepretan kamera sang Owner, Cornelius Swangga, yang memang hobi fotografi.

Meja dan kursi Kopikina pun tampil unik. Diakui oleh Ica, mereka merancang sendiri desain furniture kafenya. Semua itu membuat suasana di dalam kafe kondusif sebagai tempat untuk ngobrol santai sambil minum kopi.

Gandeng komunitas

Dengan keunikan yang kuat, mudah bagi Kopikina untuk menyebar dari mulut ke mulut para penggemar kopi. Diakui Ica, ia dan sang Kakak tak punya resep khusus dalam mempromosikan kafenya.

“Mungkin karena dari dasarnya sudah unik dan kami mem-provide yang nggak di-provide sama coffe shop lain seperti ya itu pilihan kopi dan cara seduh, dari situ aja udah lumayan menjual. Tapi, itu pasti juga didukung oleh sosmed dan komunitas-komunitas,” jelasnya.

Kopikina rajin menggelar acara yang terkait komunitas. Bahkan kafe ini membentuk komunitas hobiis sketsa dengan nama Sketsa Kina. Memang acara komunitas tidak berlangsung rutin, namun kafenya tidak sepi event.

Ica mengakui tidak banyak kendala yang mereka hadapi selama berbisnis kafe karena mereka enjoy dalam menjalaninya. Hanya saja menurutnya banyak peluang terlewatkan terutama saat weekend karena kapasitas kafenya yang belum memadai pengunjung yang datang membludak. Ia dan sang kakak berharap ke depannya bisa terus mengembangkan bisnis kafenya, salah satu rencananya dengan memperbesar kapasitas kafe.

Nah, Ingin menikmati berbagai jenis kopi atu butuh referensi tentang kopi dari seluruh Indonesia? Kopikina bisa menjadi alternatifnya.

Baca juga: Banyak eCommerce Tumbang! Begini 5 Cara Supaya eCommerce-mu Tampil Beda dan Bertahan!

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It