Kans , Pembersih Sepatu

undercover.co.id – Pertumbuhan bisnis sektor UMKM di Indonesia semakin pesat. Berbagai jenis produk baru pun bermunculan, mulai dari produk kuliner, aksesori, fashion, hingga furnitur.
Namun tidak banyak UMKM yang menghasilkan produk inovatif, yang belum ada sebelumnya di Indonesia. Meski tidak banyak, bukan berarti tidak ada.
Salah satu produk inovatif yang belum ada duanya di Indonesia adalah Kans, produk pemrawatan sepatu.
 
 

Kans , Pembersih Sepatu  Bermula dari Deterjen

Penggagas sekaligus produsen Kans adalah Muhammad Ridha Indradewa. Sebelumnya, ia adalah seorang pengusaha dengan produk deterjen ramah lingkungan bernama Super 45.
Produk bisnis Super 45 milik Ridha terbilang sukses. Sabun tersebut telah digunakan oleh 500 jasa penatu (laundry) sekaligus menjadi langganan tetapnya.
Karena jiwa pengusahanya tergerak untuk inovasi produk, Ridha pun berbelok arah. Ia ingin membuat produk baru yang inovatif dan sesuai dengan latar bisnisnya saat itu.
Setelah mengamati pasar, ia menyadari bahwa selama ini belum ada produk perawatan sepatu di Indonesia. Kalau adapun, produk tersebut adalah produk impor yang harganya cukup mahal.
Ridha pun memutuskan untuk membuat produk perawatan sepatu yang ramah lingkungan di Indonesia.
 

Di Balik Produk Kans

Bagi Anda yang belum tahu, kata kans dalam KBBI adalah peluang atau kesempatan. Berlatar arti kata tersebut, Ridha berharap agar bisnisnya memiliki peluang yang sama besar dengan peluang sepatu kotor menjadi bersih kembali.
Dengan kesungguhan niat, Ridha mempersiapkan segala hal untuk menciptakan produk perawatan sepatu yang berkualitas dan ramah lingkungan, seperti produk usaha sebelumnya.
Ia membutuhkan waktu dua tahun untuk mendapatka formula produk dari proses campuran bahan organik. Mulai dari minyak kelapa murni, peppermint, hingga minyak zaitun, diracik menjadi cairan pembersih.
Baca juga: Di Balik Kesuksesan House of Jealouxy, Bisnis Aksesori Andi Yulianti
 
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
800 Jenis Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
Dalam setiap usaha, pastilah ada keraguan dan kendala di dalamnya. Sama halnya yang dirasakan oleh Ridha. Awalnya, ia ragu untuk memproduksi Kans.
Hal tersebut lantaran Kans adalah produk lokal baru yang bersaing dengan produk impor. Juga, mengingat Super 45 yang memiliki jangkauan pasar yang lebih mudah dan luas dibandingkan Kans.
 
Meski begitu, Ridha tetap menjalankan usaha barunya dengan serius. Buktinya, dari yang awalnya hanya satu jenis produk perawatan sepatu, kini sudah berkembang menjadi sepuluh jenis produk.
Di antaranya yakni cairan pembersih sepatu, lap, sikat hingga tisu pembersih yang bisa digunakan untuk sepatu dari bahan nylon, kain, kanvas, dan kulit.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!