Kata Kunci Ekor Panjang: Apa Itu dan Bagaimana Menggunakannya Untuk SEO
Apa yang dimaksud dengan kata kunci ekor panjang?
Mengapa kata kunci ekor panjang penting untuk penelitian kata kunci?
Kata kunci ekor panjang kurang kompetitif
Kata kunci berekor panjang memiliki nilai bisnis yang lebih tinggi
Cara menemukan kata kunci ekor panjang
- Gunakan Alat Riset Kata Kunci Surfer
- Temukan kata kunci yang diberi peringkat oleh pesaing Anda
- Gunakan Konsol Penelusuran Google
- Gunakan data SERP Google
- Jelajahi forum dan komunitas online
- Bicaralah dengan Pelanggan
Kata kunci berekor panjang dan kata kunci berekor pendek
Volume penelusuran rendah vs. volume penelusuran tinggi
Potensi bisnis tinggi vs. potensi bisnis rendah
Persaingan rendah vs. persaingan tinggi
Kueri penelusuran spesifik vs istilah penelusuran umum
Kesimpulan
Memasukkan kata kunci ekor panjang dalam strategi SEO Anda adalah kunci untuk penelitian kata kunci yang efektif. Menargetkan kata kunci ekor panjang sangat penting karena kata kunci ini tidak membutuhkan otoritas domain yang tinggi atau ribuan backlink untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Saya akan menunjukkan kepada Anda apa itu kata kunci ekor panjang dan bagaimana memilih frasa ekor panjang yang tepat untuk strategi pemasaran konten Anda.
TL; DR
Kata kunci ekor panjang adalah frasa yang memiliki setidaknya 3-5 kata dan biasanya memiliki volume pencarian yang rendah. Frasa ini lebih spesifik dan memiliki maksud pencarian yang lebih tinggi daripada frasa kata kunci pendek.
Kata kunci ekor panjang cenderung kurang kompetitif dan memiliki nilai bisnis yang lebih tinggi karena mengindikasikan pencarian pengguna yang bersifat transaksional.
Ada beberapa cara untuk menemukan dan menganalisis kata kunci ekor panjang – mulai dari menggunakan alat SEO hingga Google Search Console, dan bahkan halaman pesaing Anda.
Apa yang dimaksud dengan kata kunci ekor panjang?
Kata kunci ekor panjang adalah frasa pencarian yang lebih panjang dan lebih spesifik, biasanya dengan volume pencarian yang relatif rendah. Kata kunci ini biasanya terdiri dari 3-5 kata, dan sering kali memiliki rasio konversi yang lebih tinggi.
Menambahkan pengubah kata kunci ke kata kunci ekor panjang membantu mempersempit seberapa spesifik dan tertargetnya kata kunci tersebut. Pengubah kata kunci adalah kata-kata yang Anda tambahkan ke kata kunci utama untuk pencarian yang lebih tepat.
Misalnya, “jeans” adalah istilah umum, tetapi “skinny jeans hitam untuk wanita” adalah kueri kata kunci ekor panjang dengan pengubah. Atau ambil “Abraham Lincoln” dan ubah menjadi kata kunci berekor panjang dengan “tempat kelahiran Abraham Lincoln.”
Penting untuk dipahami bahwa semua istilah pencarian dengan 3-5 kata bukanlah kata kunci ekor panjang. Kata kunci ekor panjang harus merupakan maksud pencarian yang lebih spesifik.
Kata kunci yang disebut sebagai kata kunci utama mengundang lalu lintas pencarian terbanyak dan sulit untuk mendapatkan peringkat karena setiap halaman web mengincarnya. Kata kunci ekor menengah lebih spesifik dan menghasilkan jumlah lalu lintas bulanan yang layak. Kata kunci ekor panjang sebagai perbandingan, memiliki volume pencarian bulanan terendah dan karenanya, lebih mudah untuk menentukan peringkat karena sebagian besar situs web ingin fokus pada kata kunci dengan potensi pencarian yang besar.
Grafik di bawah ini menggambarkan bagaimana panjang kata kunci mempengaruhi volume pencarian.
Tetapi jumlah pencarian dengan ekor panjang adalah yang tertinggi karena pengubah kata kunci yang dapat menghasilkan banyak pencarian. Mayoritas dari 95% kata kunci yang diteliti secara online memiliki volume pencarian hingga 10, menurut Ahrefs.
Kueri berekor panjang menghasilkan jumlah lalu lintas yang terbatas, tetapi dapat bertambah karena banyak orang yang masih mencarinya. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan peringkat untuk kata kunci yang kurang kompetitif sambil tetap menjangkau audiens target Anda.
Strategi konten Anda harus menargetkan kata kunci dengan volume pencarian rendah daripada hanya mencoba bersaing untuk kueri yang lebih populer. Tujuan memilih kata kunci ini adalah untuk menemukan kueri khusus yang berada di bagian bawah perjalanan pembeli dan memiliki maksud pencarian komersial yang tinggi.
Mengapa kata kunci ekor panjang penting untuk penelitian kata kunci?
Proses penelitian kata kunci Anda harus mempertimbangkan semua peluang pencarian; namun, frasa ekor panjang harus selalu menjadi bagian dari strategi kata kunci yang komprehensif. Di bawah ini, saya akan membahas dua alasan utama mengapa kata kunci berekor panjang itu penting.
Kata kunci ekor panjang kurang kompetitif
Kata kunci berekor panjang lebih mudah untuk diberi peringkat dalam hasil pencarian karena beberapa alasan. Pertama-tama, jumlahnya tak terbatas. Di setiap ceruk, Anda dapat menemukan beberapa di antaranya dengan volume pencarian yang relatif rendah tetapi masih menghasilkan lalu lintas relevan yang dapat bertambah.
Berbeda dengan kata kunci ekor pendek dan menengah, kata kunci ini tidak ditargetkan oleh perusahaan yang memiliki banyak sumber daya untuk membuat konten. Sebagai contoh, dengan menggunakan Keyword Surfer, kita dapat menemukan bahwa ada 2900 pencarian bulanan untuk kata kunci “belajar SEO” di Amerika Serikat.
Variasi kata kunci ekor panjang dari istilah yang sama, “belajar SEO gratis” hanya memiliki 320 pencarian.
Kata kunci berekor panjang juga memiliki skor kesulitan kata kunci yang lebih rendah. Tingkat kesulitan kata kunci dapat membantu dalam menilai seberapa sulit untuk mendapatkan peringkat untuk kueri penelusuran tertentu.
Dalam alat Riset Kata Kunci Surfer, Anda dapat melihat MSV (volume pencarian bulanan) dan tingkat kesulitan kata kunci yang dipersonalisasi untuk setiap kata kunci. Mempertimbangkan kedua metrik secara bersamaan dapat berguna dalam menilai potensi Anda untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu.
Misalnya, kata kunci tingkat luas “alat musik terbaik” memiliki tingkat kesulitan kata kunci sedang dan MSV 1020.
Sedangkan kata kunci berekor panjang seperti “alat musik untuk anak usia 5 tahun” memiliki volume pencarian yang jauh lebih rendah tetapi peringkat kesulitan kata kunci yang mudah.
Hal ini menunjukkan bahwa halaman yang menargetkan istilah utama lebih sulit untuk mendapatkan peringkat daripada variasi ekor panjang.
Penting untuk dicatat bahwa tidak semua kata kunci berekor panjang akan mudah untuk mendapatkan peringkat. Misalnya, frasa seperti “cara membeli bitcoin” adalah kueri penelusuran kompetitif yang populer meskipun merupakan kata kunci berekor panjang.
Akan sangat sulit untuk menentukan peringkatnya. Sebagai alternatif, frasa kata kunci ekor panjang jauh lebih baik untuk ditargetkan, seperti “cara membeli bitcoin” atau “cara kerja dompet mata uang kripto.”
Kata kunci berekor panjang memiliki nilai bisnis yang lebih tinggi
Pencarian kata kunci yang luas cenderung menghasilkan konten generik yang tidak masalah jika Anda mencari informasi umum. Namun, pengguna yang ingin melakukan pembelian sudah mendapatkan informasi dasar dan ingin memastikan kesepakatan.
Kata kunci berekor panjang lebih cenderung mencerminkan maksud pencarian komersial, yang berarti orang yang menggunakan frasa tersebut ingin membeli sesuatu. Dan sebagian besar waktu, orang tersebut sudah tahu apa yang mereka cari.
Dengan menggunakan alat Riset Kata Kunci, kita dapat melihat hal ini dalam praktiknya. Misalnya, istilah pencarian umum “alat musik apa yang sebaiknya saya mainkan” memiliki maksud pencarian informasi; orang-orang di sini mencari informasi umum di awal perjalanan pembelian mereka.
Pertanyaan yang lebih spesifik, “cara terbaik untuk belajar gitar” menandakan penyelidikan pelanggan potensial yang lebih sadar dari seseorang yang telah mengidentifikasi pilihan instrumen mereka dan lebih dekat untuk mengambil tindakan.
Anda juga bisa mendapatkan petunjuk dari SERP. Sebagai contoh, jika seseorang ingin membeli iPhone, mereka mungkin sudah tahu persis yang mana yang mereka sukai dan akan mencari “iPhone 14 pro max 128Gb deep purple” daripada hanya “iPhone 14.” untuk menyelesaikan transaksi.
Meskipun hasil pencarian untuk “iPhone 14 pro max 128Gb deep purple” didominasi oleh toko e-commerce, kueri “iPhone 14” menghasilkan artikel seperti pengumuman tanggal rilis atau ulasan.
baca juga
- 11 Brand yang Berhasil Menggunakan Sosial Media
- 10 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Website
- Cara Jitu Launching Website Bisnis Anda
- 9 Tanda-Tanda Toko Online Palsu
- Rekomendasi Web Hosting Terbaik
Cara menemukan kata kunci ekor panjang
Kata kunci ekor panjang yang layak ditargetkan bisa jadi sulit ditemukan. Di bawah ini Anda akan menemukan kiat untuk mengidentifikasi kata kunci ekor panjang yang mendukung strategi SEO Anda.
- Gunakan Alat Riset Kata Kunci Surfer
Ketika Anda ingin menghasilkan ide kata kunci, ada baiknya Anda menggunakan alat riset kata kunci. Surfer Keyword Research, misalnya, memberikan saran kata kunci yang terkait secara semantik dan mengaturnya berdasarkan kelompok topik untuk mempermudah menemukan kata kunci ekor panjang.
Mari kita ambil contoh untuk melihat bagaimana cara kerjanya dalam kehidupan nyata. Katakanlah Anda ingin membuat konten seputar diet keto, dan ini adalah kata kunci yang Anda masukkan ke dalam Surfer Keyword Research.
Surfer akan memberi Anda lusinan kelompok kata kunci terkait yang dikelompokkan berdasarkan topik utamanya, seperti “keto untuk vegan” atau “buah keto.”
Pilih klaster kata kunci yang dihasilkan untuk tampilan terperinci untuk mengungkap kata kunci berekor panjang yang terkait dengan kata kunci utama. Misalnya, mengklik klaster kata kunci untuk “buah keto” akan menampilkan banyak ide kata kunci berekor panjang.
Seperti yang Anda lihat, kueri ini jauh lebih spesifik – mereka adalah kata kunci ekor panjang. Anda juga dapat melihat bahwa sebagian besar dari mereka memiliki volume pencarian yang lebih rendah daripada kata kunci utamanya. Diet Keto adalah ceruk yang sangat kompetitif; oleh karena itu, kesulitan kata kunci masih menantang untuk istilah ekor panjang.
Karena setiap klaster kata kunci adalah topik itu sendiri, Anda dapat menggunakannya untuk membuat halaman pilar dan konten pendukung yang terkait dengan topik tersebut. Selain itu, semua kata kunci pendukung dalam klaster topik terhubung satu sama lain dan topik induk, membangun otoritas topik.
- Temukan kata kunci yang diberi peringkat oleh pesaing Anda
Menganalisis persaingan bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan kata kunci berekor panjang. Analisis semacam itu dapat mengungkapkan frasa yang diberi peringkat oleh pesaing Anda, tetapi Anda tidak.
Gunakan alat seperti Surfer Audit untuk menemukan kata kunci ekor panjang yang digunakan pesaing Anda di halaman yang ada. Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menulis artikel tentang istilah utama “pilih CMS perusahaan” dan Webflow sudah memiliki halaman tentang kata kunci tersebut.
Masukkan URL halaman dan kata kunci utamanya.
Klik Buat Audit setelah memilih negara dan preferensi perangkat Anda.
Lalu buka bagian Ketentuan Penggunaan dan pilih Frasa untuk menampilkan laporan yang berisi daftar kata kunci berekor panjang untuk halaman tersebut.
Anda juga dapat menemukan kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda dengan menganalisis hasil mesin pencari dengan Surfer SERP Analyzer.
Cukup masukkan kata kunci utama Anda.
Pada laporan, gulir melewati grafik untuk mengklik tab Kata Kunci baru. Anda akan menemukan daftar kata kunci berekor panjang di sini.
Mengklik laporan Frasa populer akan menampilkan beberapa istilah berekor panjang yang dikelompokkan berdasarkan halaman pesaing Anda di peringkat pencarian.
- Gunakan Konsol Penelusuran Google
Google Search Console adalah alat terbaik untuk memantau kata kunci yang digunakan untuk menentukan peringkat konten Anda. Lagi pula, datanya berasal langsung dari Google, jadi Anda bisa berasumsi bahwa ini adalah yang paling akurat.
Setelah menyiapkan Google Search Console untuk domain Anda, buka Performa > Hasil Penelusuran di menu sebelah kiri. Di tab Query, Anda dapat melihat daftar kata kunci yang telah diperingkat oleh konten Anda.
Anda dapat mengurutkannya berdasarkan jumlah klik atau tayangan yang menurun untuk mengetahui kueri yang paling banyak dicari sehingga konten Anda muncul di SERP. Gunakan filter kueri teratas dan ketuk bilah spasi sekali untuk menemukan kata kunci berekor panjang yang paling banyak dicari.
Anda akan menemukan banyak kata kunci ekor panjang yang halaman Anda sudah muncul di mesin pencari. Dengan menggunakan ini, Anda dapat menemukan lebih banyak lagi topik berekor panjang yang serupa untuk ditambahkan ke dalam penulisan konten Anda.
Misalnya, jika halaman Anda sudah memiliki peringkat untuk “praktik komunikasi antarbudaya”, Anda dapat menambahkan pengubah untuk menemukan variasi kata kunci ekor panjang yang serupa. Contohnya seperti “mengapa komunikasi antarbudaya penting” atau “perbedaan budaya dalam komunikasi.”
- Gunakan data SERP Google
Selalu ada baiknya memeriksa data SERP. Dalam kasus kata kunci ekor panjang, perhatikan Orang juga bertanya, karena pertanyaan adalah bahan kata kunci ekor panjang yang bagus.
Selain itu, lihat juga bagian Pencarian terkait di bagian bawah halaman. Misalnya, jika Anda meneliti istilah “belajar SEO”, Anda akan menemukan “kursus SEO gratis dengan sertifikat” di bagian pencarian terkait, yang sudah merupakan kata kunci ekor panjang.
Beberapa orang menyarankan untuk melihat pelengkapan otomatis Google; namun, istilah-istilah tersebut merupakan istilah kompetitif tingkat luas. Selain itu, karena fitur ini dirancang untuk memberi Anda akses cepat ke kueri penelusuran populer, istilah-istilah ini akan memiliki volume penelusuran dan tingkat kesulitan kata kunci yang tinggi.
Pelengkapan otomatis Google menyajikan istilah yang sama kepada banyak orang, sehingga kueri ini lebih kompetitif daripada kata kunci ekor panjang lainnya.
- Jelajahi forum dan komunitas online
Akan sangat membantu jika Anda mengetahui denyut nadi audiens Anda dan mengetahui istilah apa saja yang mereka gunakan. Forum sering kali memberikan wawasan tentang istilah apa yang digunakan orang untuk mencari topik tertentu. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang untuk menggunakan frasa yang sama sehingga konten Anda beresonansi dengan pelanggan potensial.
Dengan bergabung dalam percakapan di ruang-ruang ini, Anda dapat menemukan kata kunci berekor panjang untuk situs web atau blog Anda. Forum dan komunitas online seperti Reddit atau Quora akan membantu Anda mengekstrak pertanyaan populer dan frasa umum untuk digunakan sebagai kata kunci ekor panjang. Anda juga perlu melihat grup Facebook, media sosial, dan kolom komentar serta situs web seperti Ask The Public dan Wikipedia.
Dengan membaca komentar, umpan balik, dan utas diskusi, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya dipikirkan orang tentang topik-topik tersebut. Hal ini dapat membantu Anda memutuskan bagaimana cara membuat konten seputar istilah-istilah tersebut.
- Bicaralah dengan Pelanggan
Orang sering mencari solusi untuk masalah mereka di internet, dan pertanyaan mereka merupakan bahan kata kunci yang bagus. Perhatikan terminologi yang paling umum dalam tiket dukungan dan pertanyaan penjualan untuk menemukan kata kunci ekor panjang yang spesifik untuk halaman web Anda.
Berbicara dengan pelanggan sangat penting untuk penelitian dan strategi konten. Hal ini akan membantu Anda memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik, yang dapat memengaruhi pengembangan produk dan kampanye pemasaran. Dengan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, bisnis juga dapat memperoleh wawasan berharga tentang jenis konten yang paling sesuai dengan audiens mereka.
Kata kunci berekor panjang dan kata kunci berekor pendek
Berikut adalah beberapa area di mana kata kunci ekor panjang berbeda dari kata kunci ekor pendek.
Volume penelusuran rendah vs volume penelusuran tinggi
Kata kunci berekor pendek umumnya memiliki volume pencarian yang tinggi. Misalnya, kata kunci “grup Facebook” memiliki volume pencarian bulanan sebesar 12.100, menurut ekstensi Chrome Keyword Surfer. Di sisi lain, frasa “cara membuat grup di Facebook mobile” memiliki 90 pencarian bulanan.
Potensi bisnis yang tinggi vs potensi bisnis yang rendah
Menargetkan kata kunci berekor panjang dengan maksud pencarian pembelian dapat membuat perbedaan besar dalam konversi. Misalnya, pencarian untuk “kindle” menghasilkan peringkat, ulasan, dan bahkan rekomendasi buku. Namun, frasa “kindle paperwhite 5 signature edition” menunjukkan sebagian besar toko e-commerce.
Persaingan rendah vs persaingan tinggi
Kata kunci berekor panjang, dibandingkan dengan kata kunci berekor pendek, kurang kompetitif. Ini karena perusahaan dengan banyak sumber daya secara efisien menargetkan frasa kata kunci pendek. Jumlahnya juga jauh lebih sedikit daripada kata kunci ekor panjang.
Jika Anda melihat istilah pencarian “makanan sehat”, Anda akan melihat bahwa istilah tersebut memiliki 246.000 MSV dan halaman pertama sebagian besar berisi majalah terkenal atau situs pemerintah. Namun “bagan makan makanan sehat” hanya memiliki 40 MSV, dan SERP sebagian besar terdiri dari posting blog, jadi akan lebih mudah untuk menentukan peringkat.
Kueri penelusuran spesifik vs istilah penelusuran umum
Kueri berekor pendek lebih umum daripada kata kunci berekor panjang. Akibatnya, mereka tidak memberikan banyak informasi. Misalnya, jika Anda mengetikkan “bubuk protein” di bilah pencarian ketika Anda ingin, Anda mungkin tidak akan menemukan apa yang Anda cari dengan cepat.
Sebagai gantinya, cari “bubuk protein vegan” untuk melihat hasil yang relevan. Frasa yang lebih panjang ini jauh lebih spesifik dan membantu Anda menemukan jawaban yang Anda cari.
POS YANG TERKAIT
Panduan Utama Penelitian Kata Kunci: Strategi Langkah-demi-Langkah untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas
Cara Memilih Kata Kunci Terbaik untuk Peringkat SEO
Pengoptimalan Kata Kunci Dijelaskan: 7 Tips Efektif untuk Mendapatkan Peringkat Lebih Tinggi
Kesimpulan
Tidak seperti tren SEO lainnya, menemukan kata kunci berekor panjang sangat penting untuk proses penelitian kata kunci yang membawa hasil. Terlalu sering, istilah utama menarik perhatian karena mereka adalah yang paling populer. Tapi semua orang mengejar mereka, dan kecuali Anda memiliki banyak sumber daya – mereka bisa jadi sulit untuk mendapatkan peringkat.
Sebagai gantinya, buatlah strategi SEO Anda dengan menargetkan kata kunci berekor panjang yang lebih mudah untuk diperingkat dan dapat membantu meningkatkan rasio konversi Anda karena niat pengguna yang lebih tinggi. Kemudian, saat blog Anda semakin berkembang dan Anda melihat lebih banyak peringkat halaman pertama, bidik kata kunci yang lebih tinggi di corong pembeli.
Beri tahu saya strategi kata kunci mana yang Anda sukai dan alasannya di komentar di bawah.