Kelebihan SEO Untuk Bisnis Online

undercover.co.id Kelebihan SEO untuk bisnis online – berbisnis online memang perlu strategi yang pas agar hasilnya melejit. Bukan hanya email marketing dan juga facebook, anda juga bisa memanfaatkan SEO untuk mendongkrak popularitas bisnis online yang anda jalankan. Itulah salah satu kelebihan SEO untuk bisnis online.

SEOjuga termasuk teknik marketing online berjangka panjang, sehingga baru terlihat sesudah 6 sampai 12 bulan serta bisa lebih dari itu. Menurut cara kerjanya, SEO mampu mengoptimalkan website agar muncul pada halaman depan paling atas dalam pencarian google. Hal ini tentu berimbas banyaknya pengunjung yang berpotensi menjadi pembeli.

Kelebihan SEO Untuk Bisnis Online

Dengan begitu, meski anda belum mempunyai tempat untuk berbisnis, solusi tepatnya dengan bisnis online dengan strategi optimasi SEO dan juga mengandalkan website. Untuk itu, kenali dulu beberapa kelebihan SEO untuk bisnis online berikut ini.

1. Website Bisnis Anda Muncul di Halaman 1 Google

Fungsi utama dari optimasi SEO adalah membuat website anda muncul di halaman pertama. Kemudian hal ini bisa bermanfaat bagi website bisnis, diantaranya rame pengunjung. Website tersebut juga memiliki peluang besar untuk diklik pengunjung yang cukup banyak. Nah, begitu banyaknya pengunjunung juga menambah potensi bisnis anda laku.

2. Website Pada Peringkat 1-5 Google, Berpotensi Memperoleh CTR (Click-Through Rate) Sebesar 60%

Hasil observasi ini dilakukan oleh ignitevisibility, sebagai digital marketing agency di San Diego, Amerika, California.

Hasil yang diperoleh seperti dibawah ini:

Tahun 2017 silam, website di peringkat antara 1 sampai 5 (menggunakan teknik SEO), memiliki potensi dalam memperoleh total klik sampai 60%.

Rincian persennya seperti dibawah ini:

Rank 1 mencapai 20.5%

Rank 2 mencapai 13.32%

Rank 3 mencapai 13.14%

Rank 4 mencapai 8.98%

Rank 5 mencapai 9.21%

Contoh persoalan:

Misalnya saja kata kunci A pencarinya mencapai 10.000 per bulannya. Kemudian Anda mau membidik kata kunci ini untuk dioptimasi menggunakan SEO.

Namun, bila website milik Anda tampil paling tidak pada peringkat 3 google, hitungannya sebanyak 13.14% nya dari angka 10.000 adalah 1314 kunjungan. Nah, sebesar itulah yang memiliki potensi mengunjungi website tersebut. Keadaan ini bisa menguntungkan situs bisnis anda.

3. Mendapatkan Pengunjung Tertarget

Pengunjung yang mencari kata kunci tertentu pastinya membutuhkan informasi yang berkaitan dengan kata kunci. Oleh karena itu, bila website anda yang muncul saat kata kunci disebutkan, kemungkinan besar mereka adalah target market yang Anda cari.

Itu artinya pengunjung website lewat google tersebut termasuk pengunjung tertaget yang siap membeli produk anda. Jadi, adanya teknik SEO mampu mendatangkan pengunjung tertarget pada sebuah website bisnis.

4. Berpotensi Meningkatkan Penjualan

Kelebihan SEO untuk bisnis online memang banyak sekali. Selanjutnya, semakin banyaknya pengunjung tertaget dalam website anda, memiliki peluang penjualan yang meningkat. Tapi barang yang ditawarkan harus yang berkualitas serta mampu bersaing dipasaran.

5. Berpotensi Mendapatkan Repeat Order

Nah, yang ke 5 ini juga lanjutan dari yang ke 4. Dengan kualitas produk yang bagus, tentunya konsumen akan kembali untuk membeli barang yang anda jual.

6. Mendapatkan Pengunjung Baru Setiap Bulannya

Kelebihan SEO untuk bisnis online selanjutnya adalah mengenalkan bisnis pada pengguna internet. Sehingga mereka tahu tentang bisnis yang anda miliki.

Itu karena kata kunci tertentu yang sudah diketikkan di mesin pencari google. Nah, jadi, seberapa sering kata kunci anda tampil di mesin pencari, maka semakin besar pula pengunjung baru pada website bisnis Anda. Itu tinggal anda mengkonversi-nya agar bisa menjadi pembeli serta pelanggan setia yang tetap beli di toko anda.

7. Mampu Berkompetisi Dengan Bisnis Berskala Perusahaan

Nilai tambah yang ada di jaman modern ini ialah setiap individu memiliki kesempatan sama didalam go online. Hal ini berdampak munculnya persaingan bisnis secara (Online) yang semakin kompetitif serta menarik.

Bukan hanya pebisnis skala perusahaan yang bisa terjun disini. Pebisnis yang bersakala UKM juga memiliki kesempatan sama disini. Untuk itu, manfaatkan peluang besar ini untuk berbisnis semaksimal mungkin.

8. Meningkatkan Brand Awareness

Yang dimaksud branding dalam pembahasan ini khususnya branding online. Artinya, bila website anda kerap muncul dimesin pencari google, maka dengan tidak langsung makin dikenal masyarakat luas. Sehingga bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis website Anda.

9. SEO Bekerja Dalam Waktu 24 Jam/Hari (Non-Stop)

Kelebihan SEO untuk bisnis online yang paling mencolok adalah kinerja SEO yang non stop. Sehingga, siapa saja yang mencari di google dan ingin menanyakan tentang bisnis anda, selalu bisa di jawab.

10. Investasi Marketing Online Jangka Panjang

Namun jasa SEO yang di targetkan bagi kata kunci yang dalam persaingan menengah serta tinggi tentunya relatif mahal. Namun anda jangan khawatir tentang kinerjanya, karena sebanding dengan yang didapat.

Artinya, bila website bisnis yang Anda miliki mampu bertahan lama pada halaman pertama mesin pencari google, ini termasuk investasi marketing online berjangka panjang. Bagi para pebisnis pasti kan menyadari hal ini.

11. Data Hasil SEO Dapat Digunakan Dalam Pengembangan Bisnis

Saat memanfaatkan teknik SEO dalam bisnis, maka anda pun akan bersinggungan langsung dengan tools google yakni google analytics.

Tools google analytics akan menampilkan berbagai data penting diantaranya:

  • Besarnya pengunjung website
  • Demografi pengunjung website
  • Daftar halaman website yang kerap dibuka serta diabaikan
  • Lamanya waktu untuk membuka halaman website.

Yang menarik disini, data diatas dapat kita pakai dalam mengembangkan bisnis, khususnya menentukan strategi bisnis ke depannya seperti apa.

baca juga

Manfaat SEO Untuk Bisnis Offline

Berbagai kelebihan SEO untuk bisnis online diatas dapat di ambil Cuma dengan alat website bisnis. Ditambah lagi produk dengan layanan penjual yang ramah pada konsumennya.

Nah, bagaimana bila anda punya tempat ataupun ruangan yang bisa digunakan untuk mengelola bisnis offline? Dengan catatan masih mengandalkan SEO dalam pengembangannya. Lalu apakah saja manfaatnya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Meningkatkan Kepercayaan Para Pelanggan

Kebanyakan pengguna internet khususnya yang berada di Nusantara ini mau membeli berbagai hal lewat internet dan kerap menanyakan “Dimanakah lokasi toko berada”.

Ini cukup wajar. Sebab banyaknya penipuan yang sudah terjadi terutama pada transaksi jual beli secara online.

Jadi, bila anda punya toko fisiknya, tak perlu kesulitan menjawab pertanyaan diatas. Bahkan pembeli juga lebih percaya dengan adanya toko fisik. Bisa jadi semua pengunjung tadi juga berperan sebagai konsumen hingga pelanggan setia di toko anda.

2. Berpotensi Meningkatkan Penjualan

Nah, akibat dari nomor 1 diatas ialah adanya peningkatan kepercayaan yang dimiliki bagi calon pembeli sehingga berpeluang besar menjadi meningkatnya penjualan yang dilakukan. Kemungkinan besarnya adalah mereka berpotensi menjadi pelanggan setia.

3. Berpotensi Menjadi Penguasa Pasar

Tahap terakhir ini sangatlah din anti bagi setiap pebisnis. Seluruh bisnis dibidang apapun akan mendominasi segmen pasar masing-masing produk.

Jadi, bila anda berhasil memperoleh point 1 serta 2 lebih, membuat bisnis yang dijalankan mampu menguasai pasar.

Nah, itu saja Kelebihan SEO untuk bisnis online yang perlu diketahui dengan baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!