jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Thu, Feb 2nd, 2017

Kesulitan Modal? Ini 6 Bisnis Dengan Modal Minim!

jasa seo dan internet marketing

Bermimpi untuk punya bisnis yang maju dan mapan? Berbisnis bukanlah sesuatu yang akan menghasilkan hanya dengan duduk manis. Akan selalu ada tantangan dalam menjalaninya, bahkan di saat memulainya. Tapi, hanya mereka yang mau bekerja cerdas dan keras serta berdoa yang mampu membangun bisnis yang sukses. Tantangan pertama yang kerap dihadapi oleh mereka yang ingin memulai bisnis adalah ‘modal’. Sebenarnya modal bukan segalanya. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal, contohnya melalui pinjaman bank, crowdfunding, investor, bermitra, dan pinjaman dari keluarga. Kita juga bisa memulai bisnis yang tak membutuhkan modal terlalu besar. Apa sajakah itu?

  1. Kreasi pribadi

Apakah kamu seorang desainer? Pelukis? Kita bisa loh menjual hasil karya kita dan mendapatkan uang dengan modal alat kerja yang kita pakai sehari-hari. Platform seperti Tees.co.id, Etsy, dan Amazon memberikan kesempatan bagi kita yang punya hasil karya seni untuk dijual. Di Tees, kita bisa menjual hasil lukisan atau desain kita dalam bentuk mug, kaos, totebag, dan sebagainya.

Baca Juga: Menghasilkan Uang Meskipun Sedang Tidur? Bisa! Ini 10 Caranya!

  1. Layanan panggil ke rumah

Bisnis layanan merupakan bisnis yang umumnya minim modal. Kalau kita bisa bekerja di rumah tentangga, tentu kita enggak perlu kantor untuk bisnis kita. Contohnya, kita bisa mulai menawarkan jasa baby-sitting atau jasa pengurus kebun atau jasa membersihkan rumah.

  1. Layanan perbaikan

Kalau kita punya keahlian khusus, contohnya keahlian memperbaiki laptop, handphone, arloji atau keahlian terkait perlistrikan, kita bisa mendapatkan uang dari keahlian tersebut. Contohnya, kita bisa menawarkan jasa perbaikan laptop di media sosial atau lewat mulut ke mulut di kalangan tetangga rumah. Bisnis ini enggak membutuhkan modal terlalu besar, hanya mungkin kita perlu mengeluarkan modal untuk peralatan kerja.

  1. Konsultan

Banyak pekerja yang berpikir untuk menjadi pengusaha setelah bertahun-tahun pengalaman profesionalnya. Coba pikirkan peluang apa di industri yang sudah kita geluti bertahun-tahun dan seberapa banyak yang sudah kita pelajari. Profesional yang baru atau pemilik bisnis startup mungkin akan membutuhkan pengetahuan kita dan dengan senang hati membayarnya untuk itu. Cobalah tawarkan layanan konsultasi di bidang yang telah kita geluti. Bisnis ini hanya membutuhkan modal waktu, tapi ke depannya bisa sangat berpotensi untuk peluang karir loh!

Baca juga: Mau Berbisnis Sebagai Coach? Begini 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Bisnis Coaching

  1. Jadi reseller

Gagasan bisnis ini sederhana: jual barang orang lain. Ada dua metode menjadi reseller yaitu dengan dropshipping atau wholesaling. Dengan dropshipping, kita layaknya makelar, mendapatkan pembeli dan pemilik produk akan mengirimkannya ke alamat pembeli. Kita bisa memulai dropshipping tanpa modal sama sekali, cukup modal internet dan akun media sosial. Adapun untuk wholesaling, kita membutuhkan modal untuk membeli barang di muka, tapi kita punya kontrol dan keuntungan lebih untuk barang yang kita jual. Mau pilih yang mana?

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>