undercover.co.idMengenal Budaya Korea di Ruang Terbuka Hijau Kiara Artha Park Bandung , Kota Bandung merupakan salah satu kota besar dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi.  Sektor pariwisata memberikan kontribusi terbesar dalam pembangunan dan pengembangan kota Bandung.  Sebagian besar wilayah di kota Bandung di dominasi oleh wisata alam, wisata belanja dan wisata kuliner.

Maraknya pembangunan objek wisata dan berbagai fasilitas pendukungnya seperti penginapan, restoran, sentra belanja mengakibatkan semakin berkurangnya lahan terbuka di kota Bandung.  Padahal manfaat ruang terbuka sangat besar bagi kelangsungan hidup berbagai mahluk hidup.

Jasa

Ruang terbuka hijau (RTH) adalah paru-paru kota yang bertugas sebagai penyeimbang ekologi, dimana tanaman atau pepehonan hijau akan menjalankan fungsinya dalam menyerap karbon dioksida juga menyimpan ketersediaan air.

Kondisi alam Kota Bandung saat ini sudah berada di fase kota dengan tingkat polusi tinggi, tidak heran jika pembangunan ruang terbuka hijau di Bandung cukup intens. RTH di Bandung dikemas dengan berbagai tema, konsep dan ide kreatif.

image size-full">
Kiara Artha Park Bandung

 

Ruang Terbuka Hijau Kiara Artha Park Bandung

Salah satu ruang terbuka hijau terbaru dan tengah hits di kota Bandung adalah Kiara Artha Park.  Berlokasi di bagian timur kota Bandung tepatnya di jalan H. Ibrahim Adjie kelurahan Kebon Waru Batununggal Bandung, memiliki luas area 12,9 ha. Seperti taman ruang terbuka hijau di Bandung lainnya, Kiara Artha Park juga mempunyai tema dan konsep yang menarik. 

Di dalam kawasan Kiara Artha Park ini terdapat beberapa objek wisata diantaranya Taman Asia Afrika, taman ini dirancang untuk mengenang perhelatan besar Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Kota Bandung pada tahun 1955.  Berdiri patung dada lima para pemerkasa KAA disalah satu sudutnya.

Selain wisata sejarah dan budaya di  Kawasan Taman Asia Afrika terdapat juga objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik, yakni  Dancing Fontain alias Air mancur menari, pertunjukan ini hanya dapat disaksikan dijam-jam tertentu pada waktu sore dan malam hari.  Pemandangan indah air mancur dengan cahaya lampu warna-warni diiringi lantunan irama musik sangat memeriahkan suasana.

Yang tidak kalah menarik adalah wisata budaya negeri Ginseng Korea, di mana salah satu sudut Kiara Artha Park ini disulap menjadi “little seoul” area.  Spot ini menghadirkan suasana dan nuansa korea yang cukup menarik perhatian pengunjung.

Mengusung tema Korea Pop Culture

Pesatnya perkebangan teknologi informasi menembus dimensi dalam segala aspek kehidupan manusia.  Secara umum budaya pop dapat diartikan sebagai suatu budaya yang diciptakan  oleh sekelompok orang yang dapat diterima dan diakui secara global.

Korea merupakan salah satu negara yang banyak mencetuskan pop culture di tengah masyarakat dunia. Dari sisi gaya hidup dan hiburan (musik, drama)  negeri ginseng ini banyak memberikan pengaruh pada kehidupan mayarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.

Pelataran Kampung Korea di Kiara Artha Park merupakan bagian dari program “Sister city” antara kota Bandung dengan kota Seoul.  Di kampung ini masyarakat dapat melihat berbagai representasi kebudayaan masyarakat Korea.

Yang paling jelas terlihat adalah Hanok yakni rumah tradisional masyarakat Korea, yang merupakan cerminan hubungan yang kuat antara manusia dengan alam, itulah sebabnya Hanok dibangun dengan menggunakan elemen yang  berasal dari alam seperti material kayu, batu dan tanah baik interior maupun bagian eksterior.

image size-full">
Kiara Artha Park Bandung

Rumah Korea dibangun dengan desain tiang-tiang tinggi yang terbuat dari kayu.  Pengunaan ornament dan hiasan pelengkap ruangan pun sebagain besar materialnya berasal dari kayu.  Hal ini sejalan dengan filosofi masyarakat Korea yang mengusung pola hidup ramah lingkungan.

Pengunjung juga dapat berfoto menggunkan pakaian adat Korea yang dikenal dengan istilah Hanbook, pakaian ini umumnya digunakan oleh masyarakat Korea pada acara formal atau di sebuah perayaan penting juga di acara festival-festival tradisonal yang diselenggarakan masyarakat Korea. Di kampung Korea Hanbook disewakan dengan berbagai ukuran baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Spot menarik yang paling banyak dikunjungi di Kiara Artha Park ini adalah lokasi wisata kuliner khas Korea atau dikenal dengan nama “Korean Street Food” di sini tersedia berbagai jajanan yang biasanya hanya dapat dilihat dalam adegan drama korea atau acara variety show Korea.

Jajanan Tteokboki dan Corndog merupakan kudapan ringan yang dapat dinikmati sambil berkeliling di Kawasan kampung Korea.  Bagi penyuka Mie dapat memesan Jjangmyon yang merupakan Mie pasta yang disajikan dengan saus kacang kedelai hitam yang difermentasi.

Jika ingin makanan yang agak berat Bibimbap lah pilihannya, menu ini merupakan campuran nasi putih dengan paduan daging, aneka sayur mayur dan telur yang disajikan dalam sebuah mangkuk dilengkapi saus pedas sebagai bumbunya.

Selain menyuguhkan wisata kuliner asli Korea, di kawasan kampung Korea juga terdapat beberapa spot yang menjual berbagai aksesoris dan souvenir dari artis-artis idola Korea.  Beberapa pernak pernik bergambar artis dan idola Korea atau dikenal dengan sebutan K-pop dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Banyak Spot Instagramble di Kiara Artha Park

Alasan masyarakat mengunjungi suatu lokasi wisata saat ini salah satunya adalah untuk mencari spot yang instagenic untuk berswafoto.  Di Kiara Artha Park tersedia banyak sudut dan tempat yang menyajikan pemandangan yang indah dan unik.

Seperti Pemandangan danau yang luas dan indah disiang hari atau kemeriahan Dancing Fontain di malam hari merupakan lokasi terbaik untuk berfoto selain pelataran kampung Korea tentunya yang menyajikan banyak spot instagramble bagi mereka yang aktif membagikan foto di halaman media sosial.

Jasa

Kiara Artha Park memfasilitasi para pelaku UMKM

Di Kiara Artha Park ini juga dapat ditemui beberapa tenant yang menjual hasil karya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kota Bandung.   Produk yang dipasarkan  dan dijual tidak harus bernuansa budaya Korea. 

Sebagaimana diketahui bahwa kota Bandung merupakan salah satu kota dengan produktivitas UMKM yang cukup tinggi.  Berbagai jenis bentuk usaha kreatif berhasil diciptakan dan dikembangkan menjadi produk yang diakui secara nasional.

Tidak heran  Kota Bandung terkenal sebagai kota surga kuliner yang menyajikan berbagai ragam cita rasa makanan yang nikmat dan juga kekinian.  Oleh karena ini pengelola Kiara Artha Park memberikan keleluasaan bagi pelaku UMKM dalam memperkenalkan produk yang kreatif dan inovatif.

baca juga

    Pengembangan Kawasan Kiara Artha Park

    Kiara Artha Park di desain sebagai suatu kawasan Komersial Superblock yang tidak hanya memberikan fasilitas ruang terbuka hijau bagi masyarakat kota Bandung dan para wisatawan.  Namun dalam pengembangannya akan di bangun unit Apartemen, Condotel, Hotel, Mall dan area perkantoran yang terintegrasi.

    Berbagai infrastruktur yang akan di bangun dan dikembangkan tersebut dikelola oleh anak perusahaan Artha Graha Group.  Yang merupakan salah satu grup terbesar yang bergerak di sektor property, keuangan, media dan jaringan bisnis lainnya di Indonesia.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    four × 2 =

    You May Also Like