Kisah Uus, Lulusan SD yang Sukses Berkat Usaha Tanaman Hias

undercover.co.id – Usaha tanaman hias menjadi tren usaha di masa pandemi. Usaha ini menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha tanaman hias seperti Uus. Di tengah kemerosotan ekonomi seperti sekarang ini ternyata jual beli tanaman hias menjadi salah satu usaha yang eksis.

Seiring digalakkannya program work from home (WFH), kini banyak orang yang berbondong-bondong membeli tanaman hias untuk mempercantik hunian. Selain karena hobi, sebagian besar orang memilih kegiatan bercocok tanaman dengan tanaman hias untuk mengurangi rasa bosan bekerja dan beraktifitas di rumah.

Meski terbilang tidak murah, tanaman hias tetap ramai pembeli. Peminatnya pun tidak hanya dari kalangan orang tua, para remaja dan generasi Z pun tak mau ketinggalan. Mereka menyebut, dengan bercocok tanaman membuat pikiran fresh dan hidup semakin positif. Hal tersebut diyakini dapat meningkatkan imun dan kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Uus salah satu pedagang tanaman hias, menuai kesuksesan di tengah pandemi Covid-19. Meskipun di awal kemunculan wabah ini usahanya sempat mengalami kemrosotan, tapi tak lama usahanya tersebut melejit. Bahkan keuntungannya kini berkali kali lipat.

Tertarik dengan bisnis tanaman hias? Nah, berikut ini akan ada ulasan tentang kisah Uus, lulusan SD sukses usaha tanaman hias yang mungkin dapat menginsprasi Anda dalam memulai usaha di masa pandemi.

Merintis Usaha Tanaman Hias

Uus adalah salah satu penjual tanaman hias di Bandung, ia mulai merintis usahanya sejak tahun 2018. Lelaki asal Garut ini merintis usaha tanaman hiasnya di sebuah lahan petak sempit yang ia sewa di jalan Soekarno-Hatta, Bandung.

Tidak hanya melayani penjualan tanaman hias, Uus kerap kali menerima orderan pemasaran taman. Uus menawarkan tanaman hiasnya secara langsung dan dari mulut ke mulut.

Uus Bisnis Tanaman Hias scaled
Uus, Pengusaha Tanaman Hias

Dalam menggeluti usahanya tersebut, ia kerap kali menemui pasang surut, tak terkecuali di awal masa pandemi ini.

Sama halnya dengan bisnis yang lain, bisnis tanaman hias pun sempat stuck di awal pandemi. Namun, setelah masa transisi dengan kebijakan work from home, usaha ini pun laku keras.

Di tahun ke-3 perjalanan karirnya ini, Uus terus berbenah dan beradaptasi dengan keadaan yang sedang di hadapi.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Uus turut andil dalam semarak pasar tanaman hias yang terus dicari orang. Permintaan yang kian banyak membuat Uus terus semangat dalam mengembangkan usahanya tersebut. Ia menjajakan dan melayani pemesanan tanaman yang kini sedang banyak diminati seperti jenis tanaman aglonema dan janda bolong.

Dengan kerja keras dan keseriusan dalam menggarap usahanya ini, Uus dapat mengikuti permintaan pasar dan keuntungannya terus naik, meskipun di masa pandemi seperti sekarang.

Usaha Tanaman Hias Raih Omzet Jutaan

Meskipun lulusan SD, Uus dapat dijadikan contoh pengusaha sukses yang menginspirasi. Tekatnya yang kuat kini membuatnya sukses dalam menjalankan usaha tanaman hias.

Dengan banyaknya kegagalan yang dihadapi, membuatnya semakin profesional dalam mengembangkan bisnis. Pengalamannya menjadi pebisnis ayam, sopir, pesuruh dan lainnya telah memberikan banyak pelajaran dalam menghadapi seorang konsumen.

Tanpa kenal lelah, Uus terus berbenah. Walaupun hanya tamatan sekolah dasar, Uus memiliki semangat belajar yang tinggi. Tak mau kalah dengan orang-orang lulusan sekolah tinggi, ia terus belajar tentang wirausaha.

Kini, di tengah masa pandemi, usaha tanaman hias yang dirintis oleh Uus kian melejit. Omzet yang ia dapatkan pun naik hingga 6 kali lipat dalam sehari. Di hari biasa ia mampu mendapatkan keuntungan hingga 6 juta, dan lebih dari itu di weekend.

Dalam usahanya, ia memiliki strategi pemasaran yang apik. Bagi pelanggan setianya, Uus tak segan segan berbagi ilmu cara mearawat tanaman yang tepat. Ia pun menawarkan jasa antar tanaman hias sampai depan rumah dengan gratis.

Usaha Tanaman Hias2 scaled
Usaha Tanaman Hias

Melalui strategi usaha yang tepat sasaran tersebut. Saat ini, Uus telah memiliki 2 bedak toko tanaman hias yang cukup besar. Ia pun dapat memboyong istri dan anaknya untuk hidup di Bandung membesarkan usaha tanaman hiasnya tersebut.

Kesuksesan yang di raih Uus merupakan hasil dari ketekunan dan kerja keras yang tiada henti. Bisnis tanaman hiasnya kian diminati banyak orang karena pelayanan yang baik dan produk yang berkualitas.

Paham Tren Tanaman Hias

Sebagai seorang pengusaha tanaman hias, tidak hanya diperlukan strategi penjualan bagus seperti yang diterapkan Uus. Memahami tren tanaman hias juga mampu menunjang keberhasilan bisnis tanaman hias.

Anda perlu mengetahui jenis tanaman hias apa yang kini tengah populer dan diminati oleh banyak orang. Dengan mengetahui tren tanaman hias Anda dapat menyuplai tanaman tersebut dalam jumlah banyak. Jangan khawatir, meskipun nilai persaingannya tinggi permintaan tanaman hias yang sedang populer tetap akan banyak peminat.

Jangan ragu untuk menambah koleksi tanaman hias yang Anda tawarkan, dengan begitu konsumen akan semakin tertarik dan membeli dalam jumlah yang banyak.

Seperti yang dilakukan oleh Uus, saat ini ia lebih fokus menawarkan tanaman hias jenis janda bolong dan aglonema. Hal tersebut ia lakukan karena kedua tanaman itu sedang  naik daun. Ia mematok harga per tanaman hingga per daun. Disamping itu, ia juga menawarkan tanaman jenis lain yang sesuai dengan kebutuhan taman rumah pembelinya.

Usaha Tanaman Hias scaled
Usaha Tanaman Hias

Tren tanaman hias memang selalu berubah seiring berjalannya waktu, namun ada beberapa jenis tanaman hias yang populer dan dapat Anda budidayakan dalam memulai bisnis tanaman hias. Jenis tanaman hias tersebut diantaranya adalah palem kunig, anthutium, monstera, lidah mertua, cycads, siklok, peperomia obtusifolia dan lain sebagainya.

Bisnis Bibit Tanaman Hias Juga Oke

Ketika Anda memulai usaha tanaman hias ini, Anda tak lantas harus menjual tanaman dalam ukuran dewasa. Anda dapat menwarkannya dalam bentuk bibit maupun tanaman kecil.

Dengan berbagai pilihan ukuran, para calon pembeli lebih dimudahkan saat membeli dan mearawatnya. Tak takut kecewa, jika membeli tanaman dalam ukuran kecil. Karena saat tanaman masih kecil tentunya perawatannya pun masih sederhana tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Menjual tanaman hias mulai dari bibit atau ketika tanaman masih berusia satu atau dua minggu, harga jualnya pasti sangat terjangkau. Dengan harga yang terjangkau akan menarik minat pembeli. Tidak harus merogoh  kocek dalam, pelanggan setia tanaman hisa sudah dapat memiliki tanaman incarannya.

Baca juga:

Itulah ulasan panjang kisah Uus, lulusan SD sukses usaha tanaman hias. Dari kisah sukses Uus, kita dapat mengambil banyak pelajaran bagaimana memulai usaha tanaman hias yang menguntungkan dan ramai pelanggan.

Dari ide bisnis dan strategi usaha yang matang seperti yang telah dipraktikkan oleh Uus, Anda dapat menirunya dengan memulai jualan tanaman hias yang sedang tren dan membuat penawaran produk tanaman hias yang sesuai dengan kebutuhan orang-orang di era pandemi.

Tertarik memulai usaha tanaman hias? kisah sukses Uus dan bisnis tanaman hiasnya di atas dapat Anda jadikan motivasi dalam mengembangkan dan meraih keuntungan banyak dari tanaman hias.

Leave a Reply

16 − 6 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!