jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Klasterisasi, Cara Bisnis UKM Baru Yang Lebih Fokus

jasa seo dan internet marketing

Undercover.co.id – Klasterisasi, Cara Bisnis UKM Baru Yang Lebih Fokus. Era modern ini memiliki bisnis tidaklah mudah. Anda harus berinovasi dan memiliki ide yang berbeda, sehingga bisa mengedepankan dan mensukseskan UKM tersebut. Salah satunya dengan pertolongan dari pemerintah daerah, yang dapat meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menggaet pasar yang lebih luas melalui pengembangan klaster. Hal ini karena pelaku usaha didorong untuk berbisnis secara kolektif dan mandiri. Salah satunya dengan klasterisasi, Bagaimana UKM dengan sistem klasterisasi ?

Apa Itu Klasterisasi ?

Hasil gambar untuk clustering

Klaster merupakan usaha terpadu yang meliputi satu jenis komoditi atau homogen dalam sebuah wilayah yang terdiri dari beberapa pelaku usaha dan difasilitasi oleh pemerintah daerah. Istilah “klaster (cluster)” mempunyai pengertian harfiah sebagai kumpulan, kelompok, himpunan, atau gabungan obyek tertentu yang memiliki keserupaan atau atas dasar karakteristik tertentu. Dalam konteks ekonomi/bisnis, “klaster industri (industrial cluster)” merupakan terminologi yang mempunyai pengertian khusus tertentu.

Walaupun begitu, dalam literatur, istilah “klaster” diartikan dan digunakan secara beragam. Umumnya klasterisasi adalah Kumpulan/kelompok bisnis dan industri yang terkait melalui suatu rantai produk umum, ketergantungan atas keterampilan tenaga kerja yang serupa, atau penggunaan teknologi yang serupa atau saling komplementer (OECD, 2000).

Fungsi UKM Menggunakan Klasterisasi

Hasil gambar untuk usaha makanan ringan

Meningkatkan UKM dan Usaha Kecil dapat dilakukan dengan klastersisasi. Metode ini dapat dilakukan khusus untuk usaha yang bergerak di bidang fashion dan tekstil. Menurut info yang didapat dari website milik Kementerian Koperasi dan UKM,  ini konon bertujuan untuk mempermudah melakukan pembinaan sehingga produktivitas dapat meningkat. Klasterisasi sejalan dengan prinsip pengusaha dan usaha yang mengharuskan anda terfokus pada satu bidang dan pengelompokan yang jelas. Dengan adanya klasterisasi ini, justru memudahkan anda dalam usaha.

Hubungan Klasterisasi dan UKM

Hasil gambar untuk usaha fashion hijab

Cara meningkatkan UKM dan usaha kecil dengan klasterisasi ini akan menggandeng asosiasi perancang mode hingga pengusaha para pengusaha besar untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UKM dan wirausahawan yang bergerak di bidang fashion. UKM fashion dan tekstil memiliki peranan penting dan signifikan, dimana sekitar 10% dari 55,3 juta pelaku UKM di Indonesia bergerak di bidang ini. Jika UKM fashion dan tekstil akan disatukan dalam satu klaster, dimana tahap pertama akan dilakukan pemetaan terhadap pelaku usaha tersebut. Jika data telah diterima, maka akan dibentuk kluster fashion, lalu diberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan mengenai standarisasi, desain, perlindungan HKI, hingga promosi dan pemasaran produk. Tentu saja ini menjadi info menarik karena UKM dan usaha kecil terbukti menjadi tumpuan ekonomi Indonesia yang mampu bertahan di tengah krisis global saat ini.

Pages: 1 2

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>