Komunitas Ibu Rumah Tangga

undercover.co.id – Komunitas Ibu Rumah Tangga , Saat ini, perempuan merupakan pasar potensial di dunia, termasuk di Indonesia. Pada masa dahulu, laki-laki biasanya memegang peran besar, entah itu dalam keluarga ataupun pekerjaan. Namun, saat ini telah terjadi pergeseran. Perempuan menjadi subkultur yang turut berperan besar di dunia bisnis dan keluarga. Ia menjadi bagian dari tiga kekuatan besar penggerak ekonomi, yakni youth, women, netizen (YWN).

Di Indonesia, banyak perempuan Indonesia yang menempati posisi tinggi di perusahaan. Bahkan, beberapa dari mereka berhasil menjadi pendiri dan CEO di perusahaan tersebut. Menariknya, perusahaan tersebut juga tidak dari satu industri saja.

Selain itu, perempuan juga berpengaruh besar dalam keputusan pembelian, termasuk perempuan yang sudah berumah tangga. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa perempuan memegang peranan chief financial officer (CFO) dalam keluarga. Hal ini tercermin pada survei yang dilakukan oleh Yankelovich Monitor & Greenfield Online. Berdasarkan survei tersebut, perempuan menyumbang sebanyak 85% dari semua pembelian.

Pembelian tersebut seperti 91% untuk rumah baru, 66% untuk PC, 92% untuk liburan, 80% untuk kesehatan, 65% untuk mobil baru, 89% untuk rekening bank, 93% untuk makanan, hingga 93% untuk farmasi.

Bisa dikatakan, perempuan kini menjadi penggerak ekonomi dunia. Berdasarkan The Female Economy, secara global perempuan mengendalikan sekitar $20 triliun untuk pengeluaran konsumen pertahunnya. Bahkan, angka ini diprediksikan akan naik dalam lima tahun ke depan hingga US$ 28 triliun. Di Amerika Serikat, sebanyak US$ 4,3 triliun pembelian konsumen merupakan sumbangan dari perempuan.

Dengan tingginya angka tersebut, merek tidak mengabaikan kelompok ini. Mereka harus bisa merencanakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan kelompok tersebut. Apalagi, perempuan yang sudah berumah tangga. Faktanya, peran ibu rumah tangga tidak hanya sebatas mengurus anak saja. Mereka juga berperan besar dalam keuangan sehari-hari, bahkan keputusan strategis yang menyangkut urusan keuangan keluarga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh merek, salah satunya dengan menggunakan pemasaran komunitas (community marketing). Pemasaran komunitas merupakan strategi yang melibatkan dan membangun hubungan yang baik dengan komunitas konsumen. Dalam hal ini, merek bisa membuat komunitas, ataupun masuk ke komunitas yang sudah ada.

Strategi ini dilakukan oleh berbagai industri FMCG di Indonesia, seperti PT United Family Food (Unifam) yang memiliki komunitas untuk salah satu mereknya, Milkita. Merek yang telah hadir sejak tahun 1997 ini memiliki komunitas Mom yang dinamakan Curcolan Mom. Dalam komunitas ini, anggotanya didominasi oleh millennial mom berusia 25-40 tahun yang memiliki anak di rentang usia seolah SD sampai SMP.

Anastasia A, Marketing Communication Manager PT United Family Food (Unifam) menjelaskan bahwa komunitas ini dibentuk sendiri oleh Unifam. Merek ini melihat bahwa dengan eksistensi merek Milkita yang sudah lebih dari 20 tahun ini, tentunya melahirkan loyalitas merek.

Komunitas Ibu Rumah Tangga
Komunitas Ibu Rumah Tangga

“Kami melihat loyalitas ini bisa menjadi peluang untuk menjaga brand awareness. Sehingga, sebagai produsen, kami bisa secara langsung berinteraksi lebih dekat dan engage dengan komunitas. Harapannya, komunitas yang kami buat ini mampu memberikan komunikasi dua arah dan mengakomodir kegiatan yang memberikan manfaat lebih bagi anggotanya,“ ujar Anastasia.

Curcolan Mom Milkita dibentuk pada tahun 2022. Saat ini, komunitas tersebut terdiri dari 126 anggota dan terus bertambah. Saat ini, merek ini terus mengelola komunitas secara online. Namun, sesekali Milkita juga mengadakan kegiatan offline, walaupun sifatnya lebih per area.

Berdasarkan penuturan Anastasia, menjaga loyalitas merek bukanlah perkara mudah, terutama di tengah persaingan ketat di industri FMCG. Oleh sebab itu, Milkita terus berupaya untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan komunitasnya setiap saat guna melebihi ekspektasi mereka. Selain itu, mereka juga menerapkan langkah strategis yang tepat dalam menjaga loyalitas dan mengelola merek agar tetap eksis.

“Keberhasilan kami dalam menjaga eksistensi Milkita tidak lepas dari inovasi yang kami lakukan untuk selalu relevan bagi masyarakat Indonesia. Misalnya, di kala pandemi, kami memperbanyak kegiatan dan semakin aktif eksis di dunia digital. Hal ini dilakukan untuk menjaga engagement dengan end-customer kami. Sehingga, tercipta kepercayaan atas merek kami,“ katanya.

Sementara dalam konteks strategi memelihara komunitas agar loyal terhadap merek, perusahaan selalu berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik, memberikan informasi penawaran promosi, hingga memberikan prioritas dalam setiap kegiatan yang merek lakukan. “Seluruh kampanyepromosi, dan segala kegiatan yang kami lakukan akan diinformasikan dan diprioritaskan bagi anggota komunitas,“ tambahnya.

Anastasia juga menjelaskan bahwa loyalitas yang tumbuh dari para anggota komunitas pun membuat para anggota menjadi spokerperson merek dan konsumen setia untuk setiap produk yang diproduksi oleh Milkita. Ia menuturkan, dalam perjalanannya, kekuatan word of mouth dalam komunitas Curcolan Mom patut diacungi jempol. Mereka mampu merekomendasikan produk dan membantu membangun kepercayaan konsumen-konsumen baru.

Anastasia kemudian memberikan beberapa tips yang harus dilakukan merek sebelum melakukan community marketing. Pertama, kenali siapa sesungguhnya konsumen dari merek. Kedua, ketahui dahulu hal apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen dari merek. Lalu, raih kepercayaan dari konsumen melalui edukasi, sesuai dengan topik yang mereka butuhkan. Terakhir, jadikan mereka teman untuk dapat maju bersama-sama dengan merek.

baca juga

    Komunitas Reseller

    Selain Unifam, MS GLOW, merek kecantikan lokal juga turut membentuk komunitas, yakni Komunitas Seller Resmi MS GLOW. Hingga kini, MS Glow sudah memiliki lebih dari 70.000 anggota yang turut menjadi mitra bisnis merek tersebut yang didominasi oleh kaum perempuan.

    Shandy Purnamasari, Founder MS GLOW mengungkapkan bahwa perjalanannya sebagai pebisnis perempuan tidak mudah. Namun, ia ingin mematahkan stigma dan membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi entrepreneur yang sukses. Sebab itu, melalui merek ini, ia juga memiliki misi untuk memberdayakan perempuan atau empowering women melalui produk-produknya.

    Sebagai bukti nyata dalam mendukung pemberdayaan perempuan, MS Glow pun membuka Komunitas Seller Resmi MS GLOW. Dalam hal ini, Shandy mengajak para perempuan di seluruh Indonesia untuk bergabung dan menjual produk MS GLOWHal tersebut juga ia lakukan agar MS GLOW dapat menjangkau masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah.

    “Pasar kami sebenarnya sangat luas. Akan tetapi, kami masih sulit menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Maka dari itu, kami buat jaringan penjualan. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 70.000 penjual perempuan yang menjual produk MS GLOW dari berbagai wilayah di Indonesia,” ungkap Shandy.

    Adanya Komunitas Seller Resmi tersebut akhirnya turut membantu dalam penjualan produk MS GLOW Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Compas pada Juli 2021, data penjualan MS GLOW di salah satu platform digital pada bulan tersebut menunjukkan bahwa salah satu reseller meraih total penjualan tertinggi dari produk merek tersebut, dan berhasil mendatangkan penjualan sekitar Rp 5,12 miliar. Hal ini menandakan komunitas tersebut sangat berpengaruh terhadap penjualan produk merek.

    Dari kasus-kasus di atas, nampak jelas bahwa komunitas para ibu menjadi salah satu komunitas yang sangat strategis bagi merek karena kekuatan perempuan, terutama ibu rumah tangga, dalam keputusan pembelian keluarga. 

    “Kami melihat loyalitas ini bisa menjadi peluang untuk menjaga brand awareness. Sehingga, sebagai produsen, kami bisa secara langsung berinteraksi lebih dekat dan engage dengan komunitas.”

    Anastasia A,
    Marketing Communication Manager PT United Family Food (Unifam)

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×

     

    Hello!

    SEO Manager Kami Membantu Anda

    × SEO Consultation