Konten Interaktif: 10 Jenis Untuk Melibatkan Audiens Anda

Konten Interaktif

undercover.co.id – Konten Interaktif: 10 Jenis Untuk Melibatkan Audiens Anda , Dari video dan podcast YouTube hingga kuis pop, buatlah konten interaktif yang akan menyenangkan audiens Anda dan mendorong keterlibatan.

Dengan semakin banyaknya orang yang online, pemasaran konten interaktif adalah pilihan terbaik Anda untuk meningkatkan keterlibatan dan mengembangkan audiens Anda.

Banyak bisnis yang cerdas memiliki strategi pemasaran konten, jadi penting untuk memikirkan cara-cara untuk membuat konten Anda menonjol dari pesaing Anda.

Mari jelajahi berbagai cara untuk mengubah konten statis menjadi postingan dan halaman interaktif yang akan mendorong audiens Anda untuk tetap terlibat.

Tapi pertama-tama, mari kita pahami sedikit lebih banyak tentang konten interaktif dan mengapa hal itu sangat penting.

Apa Itu Pemasaran Konten Interaktif?

Konten interaktif berarti konten yang mendorong audiens Anda untuk berpartisipasi dengan cara tertentu, daripada hanya mengonsumsi informasi secara pasif.

Konten interaktif tidak harus berupa sesuatu yang mewah, bisa saja sesederhana mengklik tombol, atau menjawab jajak pendapat.

Jenis konten seperti ini dapat membuat pengalaman yang lebih menyenangkan bagi audiens Anda, dan karena itu membuat Anda dan merek Anda lebih mudah diingat.

Selain itu, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengenal audiens Anda dengan lebih baik dan mengumpulkan data penting.

Berikut adalah contoh terbaru yang kami terapkan dalam bisnis saya.

Selama sekitar satu tahun, saya bertanya kepada komunitas saya tentang keterampilan baru apa yang ingin mereka pelajari. Saya telah melakukannya dengan berbagai cara dan platform yang berbeda – di grup Facebook pribadi kami, di Instagram Stories, di postingan sosial, dan di YouTube.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah menghasilkan lebih banyak keterlibatan dan memberikan saya data yang kuat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Mengapa Melibatkan Audiens Anda Penting?

Dari konten yang mereka konsumsi hingga produk yang mereka beli, orang-orang memiliki lebih banyak pilihan (dan lebih banyak informasi) daripada sebelumnya – dan hal ini dapat membuat mendapatkan perhatian mereka cukup sulit.

Dengan pasar yang sangat kompetitif, semakin penting untuk mempelajari cara terbaik untuk melibatkan audiens dan membuat mereka tetap terhubung dengan merek Anda.

Pemasaran konten interaktif lebih efektif daripada jenis konten lainnya tidak hanya karena meningkatkan keterlibatan (yang kita tahu semua algoritme suka), tetapi juga karena membuat orang memperhatikan merek Anda lebih lama.

Bagaimana Anda Mengukur Postingan Interaktif

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat sebuah postingan berhasil.

Saat Anda mulai menguji berbagai jenis konten, penting untuk memperhatikan metrik ini:

  • Metrik Media Sosial
  • Komentar
  • Menyimpan.
  • Berbagi.
  • Pesan langsung.
  • Suka.
  • Lalu lintas ke tautan.

Sebagian besar platform sosial memberikan akses ke analisis kepada akun bisnis dan kreator, dan Anda akan menemukan beberapa informasi ini di sana.

Jika Anda menjalankan kampanye promosi atau memberikan tautan kepada audiens Anda untuk diklik, mungkin berguna untuk memanfaatkan pelacakan tautan agar Anda tahu dari mana lalu lintas Anda berasal.

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melacak tautan tersebut, dan kami juga menggunakan plugin WordPress, Pretty Links, untuk membuatnya tidak terlalu banyak.

  • Metrik Halaman Web
  • Waktu sesi.
  • Pendaftaran & prospek.
  • Tingkat konversi.
  • Tautan balik.

10 Jenis Konten yang Berbeda untuk Meningkatkan Keterlibatan

Ada berbagai cara untuk membuat konten interaktif, dan saran terbaik saya untuk Anda adalah memilih beberapa cara dan mulai melakukan pengujian.

Cobalah berbagai hal hingga Anda memiliki data yang cukup untuk memutuskan jenis konten mana yang paling banyak direspon oleh audiens Anda – dan teruslah membuat lebih banyak lagi.

1. Video Langsung dan Tanya Jawab

Video benar-benar mengambil alih internet – yang menjadikannya salah satu jenis pemasaran yang paling efektif.

Konten video langsung bisa jadi menakutkan pada awalnya, terutama jika Anda seorang introvert seperti saya. Namun, hal ini akan menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu, dan itu sangat berharga!

Konten langsung memungkinkan Anda untuk bergaul dengan komunitas Anda, mengenal mereka lebih baik, dan membantu mereka mengenal Anda dan merek Anda!

Elemen pribadi dan interaksi ini dapat membuat perbedaan besar.

2. Buat Jajak Pendapat, Pertanyaan Pilihan Ganda, Dan Kuis

Jajak pendapat dan pertanyaan pilihan ganda sangat mudah digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi, dan sangat mudah dibuat.

Mereka juga sangat menarik. Mengapa? Karena orang-orang senang berbagi pemikiran dan pendapat mereka sendiri tentang suatu topik, dan berkontribusi dalam percakapan!

Anda dapat menggunakan jajak pendapat dan pertanyaan di Instagram Stories dan grup Facebook, atau jika Anda memiliki saluran YouTube dengan lebih dari 500 pelanggan, Anda juga dapat membuat jajak pendapat di tab Komunitas YouTube.

Orang-orang juga menyukai kuis! Kuis adalah cara yang efektif untuk memicu minat dan menarik perhatian orang.

Kuis juga dapat dibagikan, sehingga dapat menjadi alat penghasil prospek yang hebat. Anda bisa menggunakan alat bantu online seperti Typeform atau Paperform untuk membuat kuis.

3. Biarkan Audiens Anda Menilai Konten Anda

Cara lain yang bagus untuk melibatkan audiens Anda dengan konten Anda adalah dengan mengizinkan mereka menilai konten Anda. Anda dapat menambahkan widget penilaian ke posting blog dan/atau halaman situs web Anda.

Menampilkan hasil penilaian di situs web Anda dapat meningkatkan kredibilitas Anda dan membantu Anda membuat konten yang diminati orang.

4. Konten Buatan Pengguna (UGC)

Testimoni dan ulasan sangat penting karena suatu alasan. Biarkan klien atau pelanggan Anda berbicara untuk Anda!

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu alat yang paling ampuh dalam pemasaran, dan meskipun hal ini terjadi secara alami, tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa memberi insentif kepada audiens Anda untuk terlibat.

Misalnya, Anda dapat membuat konten yang dapat dibagikan (seperti meme) dan memiliki ajakan bertindak untuk dibagikan, menandai, atau mengirim ke teman yang dapat berhubungan.

Anda juga dapat memberikan insentif kepada pelanggan Anda saat ini untuk berbagi tentang Anda dan merek Anda dengan templat cerita yang dapat disesuaikan atau hadiah, misalnya.

baca juga

5. Gamifikasi

Siapa yang tidak menyukai permainan yang bagus?

Dari pencarian kata yang sederhana hingga game online yang canggih – gamifikasi adalah cara yang bagus untuk melibatkan audiens Anda.

Perusahaan-perusahaan besar telah sukses besar dengan kampanye semacam itu, dan tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa menurunkan skalanya dan membuatnya bekerja untuk audiens Anda.

6. Animasi

Animasi sangat membantu untuk menarik perhatian orang – jadi cobalah menambahkan beberapa gerakan pada konten Anda!

Anda bisa melakukannya dengan GIF, efek hover, atau bahkan pengguliran dinamis (di mana item bergerak saat pengguna menggulir halaman).

Khususnya pada halaman penjualan, ketika Anda biasanya memiliki banyak informasi untuk disertakan, animasi dapat membantu membuat orang tetap tertarik – dan bahkan mungkin meningkatkan tingkat konversi Anda.

Dan sekarang, membuat animasi HTML/CSS menjadi lebih mudah dengan ChatGPT – Anda cukup memintanya untuk membuatnya untuk Anda!

Sebagai contoh, Anda bisa menjalankan perintah di bawah ini dan menggunakan kode yang dihasilkan.

<<Animasi HTML/CSS dan javascript untuk memudarkan teks ketika masuk ke dalam viewport browser>>

7. Infografis

Potongan teks yang besar sering kali terlihat berlebihan dan hal ini dapat mematikan minat pembaca.

Jika Anda memiliki banyak hal yang ingin Anda sampaikan, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat infografis.

Infografis menggabungkan desain yang menyenangkan secara estetika dengan informasi penting – dan sering kali, orang lebih cenderung membacanya daripada teks biasa.

8. Hadiah

Hadiah adalah teknik pemasaran yang hebat, karena menarik perhatian orang dan mendorong mereka untuk terlibat dengan merek Anda.

Anda dapat menawarkan insentif kepada orang-orang yang membagikan konten, menandai teman, atau bahkan mendorong audiens untuk datang ke acara langsung.

Jika Anda dapat menghasilkan lebih banyak pembagian konten Anda, ini juga dapat menjadi alat penghasil prospek yang bagus, karena Anda akan menjangkau lebih banyak orang yang mungkin belum pernah mendengar tentang merek Anda.

Dan hadiahnya bisa berupa produk atau layanan yang Anda tawarkan, atau bahkan kartu hadiah dari Amazon dan Starbucks, misalnya.

9. Tab & Korsel

Cara lain untuk memecah konten yang banyak teks adalah dengan menggunakan tab dan korsel.

Memberi pengguna pilihan untuk memilih apa yang ingin mereka lihat. Hal ini juga membantu menjaga konten tetap teratur dan mudah ditemukan.

Daripada harus menggulir halaman yang panjang, mereka dapat dengan mudah mengklik dan menemukan apa yang mereka cari.

Hal ini juga menambahkan lebih banyak interaktivitas pada konten Anda, yang bisa jadi jauh lebih menarik daripada hanya membaca blok teks yang besar.

10. Konten yang Digunakan Kembali

Membuat konten sangat memakan waktu dan bisa melelahkan. Jadi jangan takut untuk menggunakan ulang konten.

Pemasaran adalah tentang pengulangan, ini tentang menemukan cara yang berbeda untuk mengirimkan pesan Anda dan menjangkau orang yang tepat.

Jika Anda memiliki postingan yang mendapatkan banyak interaksi, pikirkan berbagai cara untuk membagikannya lagi. Mungkin Anda bisa membuat kuis yang berkaitan dengan topik tersebut, atau bahkan membuat beberapa perubahan dan membagikannya lagi di platform yang berbeda.

Anda tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi Anda juga akan membuat konten dengan lebih efektif, karena Anda akan menggunakan kembali konten yang sudah Anda ketahui beresonansi dengan audiens Anda.

Pikirkan tentang video YouTube, postingan blog, dan podcast – bentuk konten yang lebih panjang dapat dengan mudah diubah menjadi beberapa bagian kecil.

Pikiran Akhir

Seperti biasa dalam pemasaran, tidak ada resep yang cocok untuk semua yang akan membuat konten Anda menonjol.

Tetapi interaktivitas sangat penting dalam dunia online, dan itu akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa minat dan harapan audiens Anda dapat berubah dari waktu ke waktu. Apa yang bekerja dengan baik hari ini mungkin bukan pilihan terbaik satu tahun dari sekarang.

Jangan takut untuk mengubah dan menguji sambil jalan; itulah cara terbaik untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens target Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *