Kripik Suka Nicky Peluang Usaha Modal Kecil

jasa seo

undercover.co.id –  Semua manusia tidak akan pernah tahu bahwa apa yang dilakukannya di hari akan berbuah suatu hal lain di masa mendatang. Begitupun dengan bisnis, meski awalnya hanya coba-coba, tetapi pada akhirnya bisa menghasilkan jutaan rupiah yang nyata.

Agaknya kisah tersebut sesuai dengan yang dijalani oleh Sukini dan keluarga. Melalui bisnis sebuah keripik tempe, Ia berhasil melesat dan menjadikan usaha ini sangatlah bernilai ekonomis yang tinggi.

Selain itu, berkat usaha kripik tempe nya, Ia terbukti berhasil menghidupi keluarganya juga. Ya, keripik ini Ia beri nama Suka Nicky. Sukini lahir 4 Juni tahun 1968, Ia tinggal di Desa Gumiwang, Kec. Purwonegoro, Banjar negara, Jawa Tengah. Bagaimana ceritanya? Simak tulisan yang kami olah dari berbagai sumber ini.

Diawali Oleh Keripik Pisang

Cerita ini diawali dengan kegigihan niat dan dibantu skill dalam memasak. Pada saat keluarga dilanda permasalahan ekonomi yang melilit, Sukini pun memberanikan dirinya untuk membuka usaha Keripik ini di tahun 1996. Dengan diawali dengan keripik pisang, Ia mengolahnya sendiri dengan penuh hati-hati. Meski hanya berbekal ijazah SMA, ia berani memulai langkah dalam usaha dengan dibawanya keripik itu dan dititipkan di beberapa toko dan pasar tempat ia biasa berbelanja.

Setiap hari ia berbelanja pisang sebagai bahan dasar untuk keripik nya. Sayangnya, karena buah pisang saat itu cukup musiman, ia pun mulai kesulitan. Namun Sukini, tidak menyerah, ia memutar otak dan kemudian pada sekitar tahun 2000 ia beralih ke keripik tempe.

Baca Juga Berawal Dari Masalah Lahirlah Ide Bisnis Yang Menangguk Rupiah

Ciri Khas

Setelah diputuskan untuk mulai memproduksi keripik tempe, ia pun menggunakan tepung beras sebagai pelengkap menunya. Nama “Aneka Rasa” pun ia pilih sebagai sebuah identitas untuk produk yang dibuatnya. Lama-kelamaan, nama “Aneka Rasa” pun ia pikir kurang menarik dan terlalu umum. Oleh karena itulah, dengan nama “Suka Nicky” ia pun bergegas menggantinya.

Kripik Suka Nicky Peluang Usaha Modal Kecil

Kripik Suka Nicky Peluang Usaha Modal Kecil – foto by suka nicky

Perkembangan Usaha

Ia mengatakan bahwa dulu sempat ada beberapa varian rasa, mulai dari; pedas, gurih, sampai manis. Sayangnya, pelanggan tetap menyukai yang original. Sebab yang lainnya pun kurang laku dan cocok dengan lidah mereka. Tutur wanita dengan dua putra ini.

Kripik Suka Nicky Peluang Usaha Modal Kecil Bak gayung bersambut emas, usaha Keripik “Suka Nicky” pun saat ini melesat dengan sangat cepat. Jika ingat cerita di awal bahwa Sukini harus bergegas menitipkan dagangannya ke toko atau pasar, maka sekarang berbeda. Para pencari makanan ringan ini lah yang harus datang ke tempat Sukini untuk mendapatkan keripik tempe yang enak ini. ibaratnya sekarang keadaan sudah berbalik di tangan Sukini.

Dengan banderol harga sekitar Rp. 25.000 s/d 35.000 per kilo nya, Sukini sekarang hanya tinggal ke tempat produksi dan mengontrol pembuatan produknya. Tak perlu lagi yang namanya jemput bola. Bahkan, dalam sehari pun ia bisa memproduksi sampai ratusan kilogram. Angka tersebut tentu berkat banyaknya pelanggan yang datang ke tempat ini setiap harinya.

Menjaga dan Selalu Terbuka

Meski usianya sudah tidak terlalu muda lagi, tetapi ia ingin sekali untuk selalu menjaga kualitas produk yang dijualnya. Hal itu ia lakukan agar bisa mempertahankan usaha yang dirintisnya, serta pelanggan setianya. Sebab kualitas produk adalah salah satu komponen dalam kepercayaan pelanggan, menurutnya. Oleh karena itu, ia rajin menjaga kebersihan dan kesehatan tempat produksinya.

Selain itu, ia pun selalu berusaha untuk terbuka dengan para konsumennya. Dengan menjalin komunikasi yang baik, ia pun tak lupa untuk selalu mengajak para konsumennya untuk melihat langsung cara pembuatan dan produksi keripik miliknya. Ia yakin dengan hal tersebut, bahwa kelak konsumen pun pasti akan timbul kepercayaan akan kualitas produknya dan terus membelinya tanpa henti.

Baca Lagi Coba Dapatkan Modal Dengan Cara Kreatif Ini

Mengikuti Pelatihan

Pelatihan yang sering diselenggarakan oleh pemerintah pun tak luput dari perhatiannya. Ia sering kali menghadiri kegiatan ini, sebab ia tahu bahwa inilah kesempatan yang bisa membuat ia mendapatkan banyak ilmu baru, dan bertukar pengalaman dengan para pebisnis profesional. Berkat pelatihan-pelatihan yang pernah dihadiri, ia menjadi memiliki banyak jejaring bisnis yang sangat luas.

Selain itu pelatihan pun berperan dalam perluasan pasar nya yang bisa tersebar lebih lebar, mulai dari Purbalingga, Semarang, Purwokerto dan  bahkan ke Ibu Kota, yaitu Jakarta. Pelatihan pun ambil andil dalam perbaikan bahan baku produknya, seperti tepung mocaf (tepung singkong) yang menjadi terobosan baru bagi usahanya.

Diakhiri dengan Penghargaan

Berkat usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh Sukini, tak disangka hal itu berbuah  manis. Ia berhasil menyabet penghargaan dalam sebuah kegiatan bernama Pameran Pangan Nusantara (PPN) dan (PPDN) Pameran Produk Dalam Negeri tahun 2014 melalui kategori makanan ringan.

Apresiasi tertinggi dari pemerintah ini ia dapatkan sebab keberaniannya membuktikan bahwa tepung mocaf mampu bersaing dalam dunia usaha, kendati masih banyak UKM lain yang enggan beralih ke tepung ini.

Begitulah cerita Sukini dan Keripik Suka Nicky. Tentu dari cerita di atas, dapat membuktikan bahwa siapa pun anda, selama mempunyai niat usaha sekeras baja, maka kesuksesan selalu menunggu anda. Semoga bermanfaat. Kripik Suka Nicky Peluang Usaha Modal Kecil

 

jasa seo

Your Thoughts