Kursus Bahasa Arab Lister Co Id

Kursus Bahasa Arab Lister Co Id

Moorah – Di era modern sekarang, Bahasa Arab sudah menjadi Bahasa modern yang digunakan hampir 500 juta orang di dunia. Bahasa Arab juga memegang peranan penting dalam berbagai bidang, seperti agama, bisnis, hingga perdagangan dan pariwisata.

Cara Jitu Mengajak Anak Belajar Bahasa Arab

Mempelajari Bahasa Arab memang bisa dilakukan pada usia berapapun. Tapi belajar Bahasa baru pada saat usia masih muda tentu akan lebih mudah, karena itulah sekarang banyak orang tua yang ingin mempersiapkan anak-anak mereka untuk belajar Bahasa Arab sejak dini.

Tidak ada patokan umur yang pasti kapan anak sebaiknya mulai diajarkan Bahasa Arab, bisa sebelum sekolah atau saat anak mulai memasuki usia remaja. Berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan Bahasa Arab kepada anak:

Gunakan tontonan favorit anak

Usia anak-anak biasanya sangat suka menonton video, entah itu dari televisi atau dari layar handphone. Orang tua bisa memanfaatkan hal ini untuk mengenalkan anak kepada Bahasa Arab.

Tontonan yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera dan usia anak. Jika anak masih kecil dan gemar menonton kartun, orang tua bisa memilihkan tontonan kartun berbahasa Arab yang sekarang sudah banyak beredar online.

Jika anak sudah sedikit lebih besar, orang tua bisa mencarikan tontonan lain favoritnya seperti drama anak-anak berbahasa Arab, dsb. Jika tidak bisa menemukan tontonan kartun atau acara tv anak asli dari Arab, sekarang sudah banyak juga serial kartun atau acara anak terkenal yang di-dubbing menggunakan Bahasa Arab.

Ajarkan secara bertahap

Anak-anak akan lebih mudah untuk belajar jika metodenya dilakukan secara runtut dan bertahap. Orang tua bisa memulai dengan mengenalkan terlebih dulu huruf-huruf dalam Bahasa Arab.

Poster huruf Bahasa Arab bisa ditempel di dinding kamar sebagai pengingat. Jangan lupa juga ajarkan teknik pengucapan dan jenis-jenis harakat-nya juga.

Setelah anak menghapal dan menguasai berbagai huruf dalam Bahasa Arab, orang tua bisa melanjutkan dengan mempelajari kosa kata, lalu dilanjutkan lagi dengan penempatan kosa kata dalam kalimat.

Walaupun mungkin butuh waktu yang tidak sebentar, metode belajar seperti ini bisa membuat anak lebih paham dan lebih lama mengingat penggunaan Bahasa Arab yang baik.

Beri kesan menyenangkan

Jika pembelajaran Bahasa Arab yang diberikan orang tua terkesan resmi atau formal, anak-anak akan cepat merasa jenuh dan bosan. Atau justru mereka akan merasa tertekan karena merasa suasana pembelajaran dari orang tua sama saja seperti di sekolah.

Anak yang tidak memiliki semangat untuk belajar tidak akan bisa menyerap materi dengan maksimal. Sehingga bagaimanapun caranya orang tua harus bisa mengkondisikan suasana belajar Bahasa Arab di rumah menjadi menyenangkan.

Bisa dimulai dengan merubah metode pembelajaran menjadi seperti bermain. Orang tua bisa memasukkan materi belajar Bahasa Arab pada kartun yang ditonton anak, mengajak anak bermain permainan yang menyenangkan dengan Bahasa Arab, atau mengajarkan lagu baru dalam Bahasa Arab.

Orang tua bisa memanfaatkan berbagai alat bantu seperti kartu bergambar, papan permainan, atau men-download aplikasi belajar Bahasa Arab untuk anak di handphone.

Belajar sholat

Bagi yang beragama Islam, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Bahasa Arab karena setiap hari membacanya dalam bacaan sholat. Ini bisa menjadi metode awal orang tua mengajarkan Bahasa Arab pada anak.

Untuk anak-anak yang masih kecil dan belum bisa melaksanakan sholat, orang tua bisa mulai secara perlahan dengan memperkenalkan bacaan-bacaan sholat beserta cara pelafalannya yang baik. Untuk anak yang sudah berusia agak besar dan sudah bisa sholat sendiri, orang tua bisa mulai mengajarkan arti dari bacaan sholat, sehingga anak tidak hanya membacanya di mulut saja, tapi juga bisa menyerapi maknanya di dalam hati.

Sholat merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim, dengan mulai mengajarkan ibadah sholat yang baik dan benar pada anak, orang tua bisa mengajarkan dua aspek sekaligus pada anak, yaitu ibadah dan Bahasa Arab.

Buat tantangan seru

Anak-anak selalu suka jika diberi hadiah, orang tua juga bisa memanfaatkan ini dalam pembelajaran Bahasa Arab. Buat tantangan baru untuk anak setiap harinya, dan beri hadiah jika anak berhasil melakukannya.

Tantangan yang dibuat tidak perlu sulit, misalnya saja menghapalkan 3 kosa kata dalam satu hari. Sebagai motivasi, orang tua bisa menyebutkan di awal hadiah yang akan diberikan, misalkan snack atau mainan tertentu.

Kalau anak sudah semakin mahir, tingkat kesulitan tantangan bisa ditingkatkan untuk menyesuaikan. Jika anak suatu hari tidak bisa menyelesaikan tantangannya, tetap beri semangat dan yakinkan mereka kalau mereka pasti bisa jika mencobanya lagi besok.

Belajar doa sehari-hari

Selain sholat, bagi anak yang beragama Islam, ada juga bacaan doa-doa sehari-hari yang bisa dijadikan media belajar Bahasa Arab yang baik bagi anak. Orang tua bisa mulai dengan mengajarkan doa-doa mudah seperti doa sebelum makan atau doa sebelum tidur.

Jika anak sudah hapal orang tua bisa melanjutkan dengan mengajarkan artinya. Jangan lupa untuk selalu mempraktekkan doa-doa yang sudah diajarkan setiap hari supaya tidak lupa.

Jaman sekarang, bacaan doa-doa juga banyak yang dilagukan dengan melodi yang menarik supaya anak-anak lebih tertarik. Orang tua bisa mencoba metode ini untuk anak-anak yang masih kecil.

Gunakan lagu

Lagu merupakan salah satu metode belajar yang paling efektif untuk anak-anak. Selain karena melodinya yang menarik dan mudah diingat, beberapa lagu juga memiliki gerakan tarian yang unik.

Ada banyak lagu anak-anak berbahasa Arab yang bisa diajarkan orang tua pada anak. Orang tua bisa mencari video-nya di internet atau membeli CD-nya.

Lagu anak-anak biasanya memiliki arti yang mendidik dan cocok untuk dijadikan pelajaran. Setelah anak menguasai lagunya, orang tua juga bisa mulai mengenalkan arti beberapa kosa kata mudah dalam lagu itu kepada anak.

Mulai dengan benda sekitar

Jika ingin mulai belajar dengan mengenalkan berbagai kosa kata baru pada anak, orang tua bisa mulai dengan nama benda-benda di sekitar rumah, seperti misalnya meja atau pensil. Orang tua juga bisa menjadikan kebiasaan baru menyebut nama benda-benda tersebut dalam Bahasa Arab di rumah.

Jika anak masih sering lupa, orang tua bisa menempelkan kertas bertuliskan nama benda-benda tersebut dalam Bahasa Arab. Selain benda atau perabot di sekitar rumah, belajar bisa juga dimulai dengan mengenal penyebutan anggota tubuh dalam Bahasa Arab.

Mengikuti kursus

Selain cara belajar sendiri, mengikuti kursus bahasa arab adalah pilihan pembelajaran lain yang lebih efektif. Anak bisa bertemu banyak teman baru dan belajar dengan metode yang lebih teruji.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami.

Ada berbagai jenis kelas dengan berbagai pilihan paket pengajaran Bahasa Arab yang bisa dipilih di Lister.co.id, biayanya pun murah dan terjangkau. Pembayaran bisa dilakukan secara online, dan ada banyak pilihan diskon dan cicilan pembayaran yang bisa didapatkan.

Leave a Reply

sixteen + 8 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!