Kursus Bahasa Jepang Lister Co ID

SEO UNDERCOVER CO ID 99

Salah satu Bahasa asing yang paling banyak diminati selain Bahasa Inggris di Indonesia adalah Bahasa Jepang. Setiap tahunnya jumlah orang Indonesia yang belajar Bahasa Jepang semakin bertambah, apalagi dengan perkembangan jaman yang memungkinkan belajar Bahasa Jepang dari rumah via internet.

Jika ditanya alasan belajar Bahasa Jepang, pasti jawabannya beragam. Ada yang belajar karena alasan formal, ada juga yang belajar untuk alasan yang tidak terlalu serius.

Alasan Paling Umum Banyak Orang Indonesia Belajar Bahasa Jepang

Apapun alasannya, belajar Bahasa Jepang memang membutuhkan niat dan motivasi yang kuat. Bahasa Jepang termasuk salah satu Bahasa tersulit untuk dipelajari di dunia, dengan jenis huruf dan pengucapannya yang banyak dan rumit.

Lalu apa yang paling banyak menjadi alasan orang Indonesia belajar Bahasa Jepang?

Tertarik teknologinya

Jepang memang salah satu negara di Asia yang memiliki tingkat perkembangan teknologi paling tinggi. Dibandingkan negara-negara lainnya, Jepang sudah banyak mengeluarkan inovasi-inovasi teknologi yang bahkan menjadi contoh untuk pengembangan di negara lain.

Geliat teknologi Jepang sudah merambah berbagai industri, mulai dari handphone, peralatan rumah tangga, hingga otomotif. Pasti sudah bukan hal asing lagi untuk menemukan merek perusahaan Jepang atau bahkan huruf-huruf Jepang di sekitar kita.

Para penggemar teknologi banyak juga yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Jepang. Alasannya bisa karena ingin melanjutkan kuliah dan mendalami ilmu di universitas di Jepang atau sekedar ingin mendapatkan update berita teknologi terbaru dari Jepang.

Para penyuka teknologi yang tidak berminat melanjutkan kuliah di Jepang biasanya jarang yang sampai mengikuti kursus Bahasa . Mereka biasanya hanya belajar secara otodidak dari internet dan tahu lebih banyak tentang kosa kata yang berkaitan dengan bidang industri yang mereka sukai.

Tertarik budaya tradisional Jepang

Seperti kebanyakan negara di Asia lainnya, Jepang juga termasuk yang menjunjung tinggi dan masih mempertahankan budaya tradisionalnya sampai sekarang. Ini bisa dilihat dari masih banyaknya desa tradisional di Jepang dan juga festival dan perayaan tradisional yang sering diselenggarakan.

Yang banyak menarik orang asing biasanya adalah budaya pakaian tradisional, tarian tradisional, karya sastra Jepang, hingga cerita sejarah masa lalu negara Jepang. Kesemuanya itu akan bisa lebih mudah dipahami dan diresapi maknanya jika memahami Bahasa Jepang.

Bagi para pembelajar Bahasa Jepang yang belajar karena alasan ini, biasanya akan memilih mengikuti kursus Bahasa Jepang. Karena memahami karya sastra Jepang dan berbagai penjelasan budaya Jepang lainnya butuh pengetahuan kosa kata Jepang yang mumpuni.

Menyukai budaya modern Jepang

Selain budaya tradisionalnya, Jepang juga terkenal dengan budaya modern-nya yang khas. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Anime, Manga, hingga acara-acara tv Jepang.

Anime dan Manga Jepang sudah sejak dulu masuk ke Indonesia, dan karena jalan ceritanya dan tampilan visualnya yang menarik, ada banyak penggemar setianya di Indonesia. Usia para penggemar ini pun beragam, mulai dari anak-anak sekolah sampai yang sudah cukup berumur sekalipun.

Biasanya, Manga atau Anime ini akan butuh waktu untuk diterjemahkan menjadi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Bagi yang tidak tahan menunggu, biasanya akan secara alami mencoba memahami Bahasa Jepang tanpa subtitle.

Para penggemar budaya modern ini juga biasanya sudah mahir berbahasa Jepang tanpa perlu kursus. Kemampuan listening dan reading mereka juga sudah terasah karena terbiasa mendengarkan audio berbahasa Jepang dan membaca tulisan Jepang.

Selain itu, kemampuan berbahasa Jepang untuk percakapan sehari-hari juga akan lebih terasah karena banyak mendengar atau membaca contoh percakapan langsung antar karakter dalam Bahasa Jepang.

Ingin bekerja di perusahaan Jepang

Seperti yang sudah tertulis di atas, Jepang banyak menguasai pasar teknologi di Asia, sehingga wajar jika banyak orang yang menganggap bekerja di perusahaan Jepang akan lebih memantapkan karir mereka. Selain teknologi, Jepang juga memiliki banyak perusahaan besar di bidang lain seperti makanan, pakaian, hingga produksi mainan dan alat tulis.

Dengan banyaknya perusahaan asal Jepang yang go international, tentunya peluang mendapatkan pekerjaan pun akan semakin besar. Walaupun tidak semua perusahaan mewajibkan calon karyawannya untuk menguasai Bahasa Jepang, penguasaan Bahasa Jepang tetap bisa memberikan nilai tambah di CV.

Walaupun sudah merambah pasar internasional, faktanya banyak orang Jepang yang belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar, jikalau mampu pun mereka biasanya kesulitan dengan teknik pengucapannya. Inilah sebabnya kemampuan berbahasa Jepang akan sangat membantu.

Bagi yang ingin bekerja di perusahaan Jepang, disarankan untuk mengikuti JLPT dan mendapatkan sertifikat resmi sebagai bukti kemampuan berbahasa Jepang. Untuk cara belajarnya bisa mengikuti kursus Bahasa Jepang atau mendaftar di tempat pelatihan Bahasa Jepang.

Mengisi waktu luang

Ada juga orang yang belajar Bahasa Jepang tanpa alasan khusus selain hanya ingin mengisi waktu luang. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, orang-orang akan berlomba-lomba mencari aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang selama diam di rumah.

Salah satu aktivitas yang paling banyak diminati adalah belajar Bahasa asing . Apalagi sekarang belajar Bahasa Jepang bisa dilakukan dengan mudah melalui website, mendaftar kursus online, atau mengunduh aplikasi di handphone.

Biasanya yang menggunakan alasan ini untuk belajar Bahasa Jepang , memiliki kemungkinan besar untuk berhenti belajar di tengah jalan. Mereka biasanya tidak belajar sampai tingkat kemahiran tertentu atau hanya berhenti dengan mempelajari kosa kata yang menurut mereka menarik.

Alasannya apa lagi kalau bukan karena tidak adanya target dan tujuan yang jelas, sehingga membuat mudah untuk kehilangan motivasi atau bosan. Jika sudah bosan, biasanya akan beralih belajar Bahasa asing lain yang lebih mudah atau juga melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan.

baca juga

Ingin melanjutkan kuliah di Jepang

Universitas di Jepang juga sudah banyak yang berkualitas internasional dan biasa dijadikan rujukan untuk menempuh pendidikan tingkat lanjut, baik itu S1, S2, atau bahkan S3. Kebanyakan jurusan yang diminati adalah jurusan yang berhubungan dengan teknologi yang memang menjadi keahlian utama Jepang.

Biasanya beberapa Universitas di Jepang akan mewajibkan sertifikasi JLPT hingga level tertentu sebagai syarat pendaftaran. Penguasaan Bahasa Jepang yang baik juga akan bisa sangat membantu kehidupan di bangku kuliah dan juga kehidupan sehari-hari selama tinggal di sana.

Para pejuang kuliah biasanya akan mengambil kursus Bahasa Jepang yang sudah terbukti efektif membantu banyak siswanya lulus tes sertifikasi JLPT. Karena sudah memiliki tujuan belajar yang jelas, mereka biasanya akan selektif memilih lembaga kursus yang mengajarkan materi yang sesuai dengan yang diujikan di JLPT.

Para calon mahasiswa ini juga kebanyakan akan lebih fokus belajar Bahasa Jepang untuk keperluan reading dan listening seperti yang diujikan. Sedangkan untuk speaking dan writing biasanya akan dikesampingkan terlebih dulu untuk nanti dipelajari lebih lanjut.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh