Kursus Bahasa Mandarin Listercoid

Jasa

Undercover.co.id – Dalam belajar Bahasa Mandarin, seorang guru memang memiliki peran yang penting. Guru Bahasa Mandarin bisa memberikan kritik jika kalian melakukan kesalahan, membantu memberikan panduan dalam rencana pembelajaran, hingga memberikan motivasi untuk tetap semangat.

Setiap murid memiliki kemampuan dan kebutuhannya masing-masing, dan guru Bahasa Mandarin yang baik bisa menyesuaikan pengajarannya.

Kapan Saatnya Mengganti Guru Bahasa Mandarin?

Mungkin ada di antara kalian yang sudah lama belajar bersama satu guru yang sama, mungkin selama satu atau dua tahun. Selama proses pembelajaran ini, mungkin kalian dan guru sudah merasa memiliki sistem pembelajaran yang efektif karena sudah terbiasa.

Ini mungkin bisa menjadi poin yang bagus jika mempelajari hal lain, tapi dalam pembelajaran Bahasa, hal ini justru bisa berdampak negative. Guru kalian bisa saja sudah terlalu terbiasa dengan teknik pengucapan kalian sehingga sulit menemukan kesalahan, dan kalian mungkin juga jadi sulit memahami perkataan orang lain selain guru kalian dalam Bahasa Mandarin.

Lalu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk mengganti guru Bahasa Mandarin?

Saat kalian tidak bisa lagi mengikuti kelas rutin

Ini bisa terjadi jika kalian tiba-tiba memiliki kesibukan baru yang mempengaruhi waktu kelas rutin yang biasanya kalian ikuti. Jika sudah seperti ini, tidak ada solusi lain selain mengganti jadwal belajar Bahasa Mandarin.

Kalian bisa memilih kelas di hari lain yang sesuai dengan jadwal kalian. Atau bisa juga dengan memilih metode belajar Bahasa Mandarin lain yang lebih menghemat waktu, misalnya dengan mengikuti kursus online Bahasa Mandarin yang bisa diikuti kapan saja di mana saja.

Saat kalian ingin meningkatkan kemampuan listening

Seperti yang sudah tertulis di atas, belajar bersama satu guru dalam waktu yang sama bisa berarti kalian akan menjadi terbiasa dengan teknik pengucapan guru kalian itu. Ini bisa membuat telinga kalian tidak bisa terlatih mendengarkan tipe dialek atau teknik pengucapan yang lain.

Begitupun sebaliknya, guru kalian juga jadi bisa terbiasa dengan pengucapan kalian, hingga akhirnya hanya guru kalian ini yang bisa memahami perkataan kalian sementara orang lain tidak. Guru Bahasa Mandarin yang baru bisa membantu kalian untuk menemukan titik kelemahan dalam kemampuan speaking kalian sekaligus melatih kalian untuk mendengarkan teknik pengucapan yang baru.

Saat kalian ingin mencoba metode belajar lain

Ini mungkin bisa terjadi saat kalian menemukan metode belajar Bahasa Mandarin lain yang terlihat lebih efektif. Atau kalian juga bisa saja ingin beralih dari yang biasanya mengikuti kelas offline menjadi ingin mencoba kelas online yang terlihat menarik.

Kursus online Bahasa Mandarin biasanya menawarkan berbagai kelebihan yang tidak bisa didapatkan di kelas offline. Selain juga diajar oleh guru yang profesional, kelas online juga memiliki berbagai tambahan konten dan video yang menarik dan bisa membantu pembelajaran Bahasa Mandarin.

Saat kalian ingin menantang diri lebih jauh

Jika kalian sudah lama belajar Bahasa Mandarin dan merasa jenuh, kalian mungkin ingin keluar dari zona nyaman dengan mencoba tantangan belajar baru. Guru yang sudah lama mengajari kalian mungkin sudah terbiasa sehingga tidak lagi membuat kalian merasa tertantang.

Guru Bahasa Mandarin yang baru bisa membantu kalian melihat dari sudut pandang yang berbeda. Dengan metode belajar yang mungkin berbeda juga, kalian bisa saja menemukan banyak pengetahuan baru yang sebelumnya tidak kalian dapatkan.

Saat kalian sudah bertambah dewasa

Dewasa dalam hal ini adalah dewasa dari segi umur ya. Karena terkadang metode pembelajaran Bahasa Mandarin disesuaikan dengan usia siswanya.

Beberapa guru Bahasa Mandarin mungkin akan lebih baik dalam mengajari anak-anak kecil, dan guru yang lain mungkin lebih cocok mengajar orang dewasa. Jika kalian merasa metode pembelajaran Bahasa Mandarin sudah tidak sesuai dengan usia kalian, mungkin sudah saatnya untuk mengganti guru.

Saat tujuan kalian berubah

Misalkan, awalnya kalian ingin belajar Bahasa Mandarin hanya supaya bisa berkomunikasi dengan lancar dalam kehidupan sehari-hari. Lalu tiba-tiba kalian dipindahtugaskan ke negara berbahasa Mandarin dan butuh untuk mengambil ujian sertifikasi HSK.

Ini berarti kalian harus me-review ulang, atau bahkan mengganti, semua materi Bahasa Mandarin yang kalian pelajari. Jika sudah begini, akan lebih baik jika kalian mulai lagi dengan materi yang lebih terfokus bersama guru Bahasa Mandarin yang baru.

Tidak hanya karena berbagai situasi di atas, terkadang ada juga murid yang ingin mengganti guru karena tidak sesuai dengan metode belajar guru tersebut. Beberapa metode mengajar guru Bahasa Mandarin memang terkadang ada yang tidak efektif untuk pembelajaran Bahasa.

Berikut adalah beberapa tanda anda memiliki guru Bahasa Mandarin yang buruk:

Tidak memberi kesempatan untuk menjawab

Terkadang ada guru yang seperti ini, entah jarang memberikan pertanyaan di kelas atau memberi pertanyaan tapi tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab. Pada siswa level pemula, pasti masih canggung untuk berbicara dalam Bahasa Mandarin sehingga butuh waktu, tapi ada guru yang tidak sabar menghadapinya.

Pertanyaan-pertanyaan sederhana selama kelas bisa membantu siswa tetap fokus dan juga melatih teknik speaking. Sehingga selama apapun siswa memikirkan jawaban, guru sebaiknya menunggu atau membantu memberikan petunjuk jawaban.

Lebih banyak mengajarkan hal lain

Ini bisa terjadi pada guru yang memiliki ketertarikan besar dalam budaya Cina. Memang bagus bisa sekaligus mempelajari Bahasa dan budayanya, tapi jika terlalu jauh dari yang dibutuhkan, ini juga bisa berdampak buruk.

Jika kalian sampai harus mengingatkan terus guru kalian untuk kembali ke topik Bahasa Mandarin, mungkin sudah saatnya kalian mengganti guru.

Tidak mengecek siswa paham atau tidak

Di akhir materi guru perlu merangkum kembali dan mengecek apakah siswa sudah paham atau belum, sebelum lanjut ke materi selanjutnya. Jika guru tidak melakukan ini dan langsung lanjut begitu saja, ini bisa berdampak buruk karena bisa saja ada siswa yang sebenarnya belum paham betul.

Tidak menyeimbangkan listening dan speaking

Idealnya, kalian seharusnya memiliki porsi yang pas antara melatih listening dari mendengarkan guru kalian dan juga berlatih teknik speaking sendiri. Tapi jika guru kalian ternyata terlalu banyak bicara dan tidak memberi kalian kesempatan untuk berbicara, mungkin sudah saatnya kalian mencari guru lain.

Ini tidak berlaku jika kalian memang lebih lemah di salah satunya, listening atau speaking, sehingga butuh pengajaran yang lebih fokus.

baca juga

    Selalu mendiskusikan topik yang sama

    Ini bisa berarti guru kalian kesulitan menemukan materi pembelajaran baru, ataupun kesulitan mencari contoh pengaplikasian Bahasa Mandarin, misalnya contoh aturan grammar. Guru Bahasa Mandarin yang baik seharusnya bisa menemukan contoh-contoh yang baru sehingga para siswa juga bisa sekaligus belajar berbagai vocabulary baru.

    Pemberian jenis tugas yang selalu sama juga bisa menjadi pertanda guru Bahasa Mandarin kalian kurang kreativitas. Misalnya, terus memberikan tugas untuk menceritakan tentang liburan kalian.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!