undercover.co.id – Apakah Kursus SEO Itu Sepadan dengan Waktu Anda? Bagaimana Cara Mengetahui Pendidikan formal sulit ditemukan dalam SEO. Pelajari bagaimana cara mengetahui apakah kursus SEO sepadan dengan waktu Anda.
Kursus SEO tampaknya ada di mana-mana. Dalam hal ini, Hal ini umumnya karena mereka adalah magnet utama dan solusi untuk masalah yang nyata. Untuk yang terakhir, SEO bukanlah ilmu pasti, dan Anda tidak dapat mengambil jurusan SEO di universitas tradisional.
Sebagai gantinya, kami memiliki sekumpulan publikasi yang berbeda (seperti yang Anda baca sekarang) yang menawarkan koleksi berbagai sumber daya dan media untuk belajar SEO.
Selain itu, sebagian besar praktisi “entah bagaimana” jatuh ke dalam SEO dari disiplin ilmu lain. Jadi, Anda benar-benar mulai dari nol.
Itu sebabnya banyak SEO memulai dengan mengikuti beberapa saran yang sangat buruk dari beberapa pemasar yang cukup meragukan (namun sangat populer).
Itu semua membuat kurva pembelajaran yang sangat kacau ketika mencoba untuk “meningkatkan” (maaf untuk kata kunci pemasaran) pengetahuan SEO Anda.
Solusinya? Satu set materi yang terorganisir dari sumber-sumber berpengetahuan yang dibangun di atas taktik pedagogis yang baik – alias sebuah kursus.
Masalahnya adalah, meskipun kursus itu gratis, itu adalah komitmen waktu yang serius. Jadi sebelum Anda membayar uang dan/atau waktu Anda, bagaimana Anda tahu apakah sebuah kursus itu bermanfaat?
Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, saya akan membawa Anda ke belakang layar tentang bagaimana saya membuat kursus SEO kami (tentu saja-tentu saja-secara halus menjual ide untuk mengambil kursus kami karena ini memang artikel bersponsor; saya baru saja menghancurkan tiga “tembok keempat” dalam satu kalimat).
Mari kita mulai. Inilah yang saya cari ketika saya membuat kursus ini dan apa yang harus Anda cari ketika mengambil atau merekomendasikan kursus SEO.
1. Cari Instruktur Kursus yang Sesuai dengan Keahlian Spesifik Jika Anda melihat sebuah kursus dan itu hanya sekumpulan “nama-nama besar” yang pernah Anda lihat di media sosial, larilah. Ya, Anda pasti menginginkan kursus yang dibuat oleh para ahli di bidangnya.
Namun, ini tidak sesederhana memiliki “nama besar” di dalamnya. Sebagai permulaan, popularitas di media sosial tidak selalu sama dengan keahlian SEO yang sebenarnya.
Apa yang ingin Anda lakukan adalah mengendus apakah instruktur kursus berada di sana untuk substansi yang mereka berikan atau apakah ini hanya semacam permainan pemasaran influencer. Ketika kami membuat kursus SEO kami, salah satu hal yang saya yakini adalah bahwa instruktur yang kami pekerjakan tidak hanya ahli dalam “SEO”, tetapi juga ahli dalam jenis SEO tertentu (SEO lokal, SEO teknologi, dll.).
Artinya, bukan hanya “Apakah orang-orang ini dihormati,” tetapi apakah mereka dikenal di industri ini karena berfokus pada subtopik tersebut dalam SEO yang lebih luas? Saya juga mencari komunikator yang baik, bukan hanya orang-orang yang memiliki pengikut media sosial terbesar.
Menjadi komunikator yang baik di media sosial berbeda dengan kemampuan menyampaikan informasi dalam lingkungan yang lebih formal yang mengandalkan video sebagai medianya.
Selain bidang spesialisasi, ada berbagai macam praktisi yang terbiasa melakukan SEO dalam konteks yang berbeda. Ada SEO perusahaan, SEO internal, konsultan, SEO yang bekerja di agensi, dll.
Kami pikir penting untuk memiliki instruktur kursus dari semua latar belakang ini untuk menawarkan serangkaian pendekatan yang lebih lengkap untuk berbagai pertimbangan SEO. Jadi, jika Anda mencari kursus SEO, tanyakan pada diri Anda:
Apakah ada sesuatu pada instruktur di luar pengenalan nama mereka? Apakah instruktur memiliki keselarasan subtopik yang kuat dengan bagian kursus mereka? Apakah berbagai bagian SEO terwakili? (In-house, agensi, dll.)
Apakah instrukturnya memiliki pengalaman mengajar sebelumnya atau hanya memiliki banyak pengikut di media sosial?
1. Tidak Ada Kursus ‘Terbaik’ Jika sebuah kursus menamai dirinya sendiri seperti “Kursus SEO Terbaik”. Tidak ada yang namanya kursus SEO “terbaik”.
Ada kursus yang sangat bagus dalam menangani topik-topik SEO tingkat lanjut, atau kursus yang diarahkan untuk mengkhususkan diri pada sesuatu seperti SEO teknologi atau SEO lokal, dan ada kursus yang menawarkan cakupan yang lebih luas, dll.
Kursus yang tepat tergantung pada kebutuhan dan tujuan Anda dan di mana Anda berada dalam perjalanan SEO Anda. Dengan demikian, “kursus SEO terbaik” adalah konstruksi fiktif. Untuk menarik tirai kembali, kami memperdebatkan apa yang harus dilakukan dengan istilah “terbaik” untuk kursus kami. Pertanyaan “kursus SEO terbaik” tentu saja merupakan pertanyaan yang menguntungkan.
Mungkin akan lebih strategis bagi SEO kami untuk memasukkan istilah “terbaik” dalam nama kursus. Kami memutuskan untuk tidak melakukannya meskipun ada manfaat SEO untuk itu.
Kami memiliki ide untuk siapa kami membuat kursus ini: Kami secara khusus ingin membantu orang-orang yang mengalami kesulitan dalam memahami topik ini dan yang mengandalkannya untuk kebutuhan bisnis dan/atau karier mereka. (Bukan berarti kursus ini tidak berlaku untuk demografi lain, tetapi ini adalah titik masalah utama dan audiens yang kami pikirkan saat merancang kursus ini).
baca juga
- 11 Buku SEO Terbaik
- Apakah Kursus SEO Itu Sepadan dengan Waktu Anda?
- SEO Bermerek di Tahun 2025
- Page Speed Insights
- Off Page SEO
Ini pada dasarnya karena ketika kami duduk untuk mendiskusikan kursus ini, kami semua merasa bahwa ketika kami pertama kali memulai kursus ini, kami merasa kesulitan untuk menggabungkan semuanya. Hal ini tidak hanya menunjukkan mengapa tidak ada kursus SEO yang “terbaik”, tetapi juga mengarahkan saya pada poin selanjutnya.
2. Pastikan Orang-orang di Balik Kursus ini adalah Pakar SEO Sejati. Pastikan Orang-orang di Balik Kursus adalah Pakar SEO Asli Instruktur adalah satu hal. Orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan kursus secara keseluruhan adalah hal yang berbeda.
Sekarang, saya tidak mengatakan bahwa jika orang-orang di belakang kursus ini bukan seorang SEO, mereka tidak dapat membuat kursus yang luar biasa. Apa yang saya katakan adalah bahwa Anda lebih baik berharap mereka memberikan kontrol kreatif kepada para SEO yang terlibat.
Itu bukan hanya untuk akurasi SEO saja (meskipun itu adalah bagian besar darinya), tetapi juga karena para SEO yang telah berjuang untuk memahami konsep-konsep SEO pada suatu saat dalam karir mereka akan lebih memahami apa yang harus disertakan dalam kursus SEO.
Kemudian, tentu saja, ada keakuratan konten yang sebenarnya. Meskipun instruktur mungkin menjadi bagian dari proses, mereka jauh dari memegang kendali atas kursus dan apa yang akhirnya terlihat seperti apa pada pasca-produksi.
Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda bisa tahu apakah SEO terlibat di bagian belakang kursus dan sejauh mana? Tidak ada tanda yang 100% pasti. Namun, saya dapat mengatakan bahwa dari pengalaman saya bekerja dengan kursus kami, cara kursus ini terstruktur mungkin dapat memberikan petunjuk. Apa yang saya maksud?
Biasanya dalam bagian “SEO di halaman” dari kursus SEO, Anda akan membahas konsep-konsep yang berkaitan dengan semua hal tentang konten, mulai dari E-E-A-T hingga strategi.
Dalam kursus kami, saya sengaja tidak memasukkan materi kursus ini ke dalam bagian “SEO di Halaman.” Sebaliknya, pendalaman mendalam tentang konten, kualitas, dan algoritma ditempatkan di bawah penelitian kata kunci. Mengapa?
Saya merasa bahwa, sering kali, industri SEO berpikir tentang topik-topik seperti riset kata kunci dengan cara yang terlalu linear dan tanpa kedalaman dan nuansa yang cukup.
Saya ingin mengontekstualisasikan riset kata kunci dengan menghubungkannya dengan diskusi tentang seperti apa membuat konten berkualitas untuk SERP. Inilah yang saya maksud dengan melihat struktur kursus yang unik sebagai tanda bahwa ada keahlian SEO yang nyata yang masuk ke dalam materi.
Jika sebuah kursus mengikuti format yang terlalu umum, ini (dikombinasikan dengan sinyal-sinyal lain yang mungkin) merupakan pertanda bahwa orang-orang yang tidak memiliki pengalaman SEO yang sebenarnya memiliki terlalu banyak masukan. Tentu saja, ini bukan apa yang Anda inginkan.
3. Ini tidak ada hubungannya dengan SEO itu sendiri, tetapi murni tentang apa yang dimaksud dengan membuat kursus yang baik. Ya, kurikulum harus akurat, tetapi juga harus disampaikan dengan cara yang kondusif untuk belajar.
Proses kami sendiri melibatkan banyak bolak-balik dengan tim pendidikan kami untuk memastikan bahwa kami menyusun segala sesuatunya, mulai dari penilaian hingga skrip kursus dengan cara yang memfasilitasi pembelajaran. Untuk memberikan beberapa konteks, kami meminjam sesuatu yang biasa saya lakukan di masa mengajar dulu-perencanaan ke belakang. Di awal proses, kami mengembangkan tujuan pembelajaran di bagian kursus.
Tujuan-tujuan ini akan menjadi dasar untuk penilaian yang kami tawarkan di akhir setiap bagian kursus. Semua bagian kursus dibuat untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang spesifik tersebut. Dengan cara ini, mata kuliah itu sendiri secara langsung selaras dengan penilaian, dan ini adalah hal yang adil. Selain itu, kami memastikan untuk menggunakan penilaian untuk memperluas pembelajaran dengan mencampurkan pertanyaan-pertanyaan berbasis skenario.
Ada jutaan cara untuk membuat mata kuliah yang menggabungkan pedagogi yang baik. Jika Anda melihat sebuah kursus dan semuanya tampak sangat linier, itu mungkin merupakan indikasi yang baik bahwa kursus tersebut tidak memiliki kedalaman pedagogi. Yang jelas bukan apa yang Anda inginkan, tidak peduli seberapa hebat instruktur yang terdaftar. Jadi, ketika melihat kursus SEO dan memutuskan untuk menyelaminya, jangan hanya melihatnya dari perspektif SEO.
Mendapatkan pendidikan SEO yang benar hanyalah setengah dari perjuangan. Kursus juga harus mengkomunikasikan informasi tersebut secara efektif kepada Anda. Carilah tanda-tanda kehidupan pedagogis saat memilih kursus SEO.
Jadilah pemilih saat memilih kursus SEO Belajar SEO bisa jadi sulit. Ini bisa menjadi proses yang sangat informal yang membuat Anda bertanya-tanya kesenjangan apa yang mungkin Anda miliki dan apa yang masih perlu Anda pelajari. Kebutuhan akan kursus SEO bisa menjadi nyata.
Ada banyak kursus SEO yang bagus di luar sana. Ada juga banyak “penipu” yang ingin mengambil keuntungan dari orang-orang yang membutuhkan cara komprehensif untuk belajar SEO. Ketika datang untuk mendaftar ke kursus SEO, jika terasa terlalu “pasaran” atau terlalu “menjual”, mungkin memang begitu. Lihatlah di luar “sertifikasi” yang ditawarkan setiap kursus (termasuk kursus kami).
Mereka bagus, tetapi tidak ada yang mempekerjakan Anda atau memberi Anda kenaikan gaji karena Anda memilikinya. Lupakan nama-nama besar yang mungkin diperoleh kursus. Lupakan janji-janji berlebihan (“Pengguna kami telah meningkatkan lalu lintas organik mereka sebesar 1000000000000000000000000.9% hanya dalam 1 hari setelah menyelesaikan kursus kami”).
Sebagai gantinya, pikirkan tentang apa kebutuhan spesifik Anda dan apakah kursus ini cocok dan cukup substansial untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. Sebaiknya gali lebih dalam ke dalam sebuah kursus dan tarik tirai sebelum menginvestasikan uang dan dalam kasus kursus gratis, waktu.