Langkah Cepat dan Gratis Optimasi WordPress

SEO UNDERCOVER CO ID 36

Sering mengalami masalah lambat loading pada WordPress anda? Atau SEO kurang optimal? Anda harus mempelajari lagi dan merasa itu menyulitkan. Jangan khawatir sesungguhnya penerapan SEO pada website WordPress tidak sulit. Cukup melakukan sedikit perubahan pengaturan yang telah disediakan. Bahkan penggunaannya tidak ribet dan gratis.

Platform satu ini memang dinilai sangat baik dan lebih praktis digunakan. Sampai awal tahun 2019 terhitung pengguna WordPress mencapai 35%  dari total seluruh website di internet. Angka tersebut tergolong sangat besar dan memiliki lebih dari 500 juta website dari seluruh dunia mempercayakan platform ini.

Layanan Manajemen Konten.

Fiturnya yang sederhana, mudah, dan terintegritas dengan berbagai sosial media menjadi kelebihan WordPress. Tetapi penggunaan WordPress tidak serta merta digunakan setelah penginstalan. Harus ada perawatan atau maintenance dahulu sehingga dapat bekerja optimal. Layanan manajemen konten pada platform ini akan maksimal setelah memperhatikan berbagai faktor ini.

1. Kualitas Themes

WordPress menyediakan ribuan sampai jutaan theme gratis dan berbayar. Manfaatkan tema tersebut agar dapat membangun website anda. Perhatikan dan hati-hati saat memilih tema untuk website.

Sebaiknya pilih tema sesuai karakter atau bisnis yang tengah anda kembangkan. Terlebih lagi tema tersebut harus fleksibel agar anda harus dapat memodifikasi tema. Jangan memilih tema yang terlalu mencolok dan ribet.

2. Hosting

Hosting merupakan faktor terpenting menunjang keberhasilan optimalisasi website. Pengaturan hosting yang kuat mampu membuat website anda berjalan lebih lancar.

Tidak perlu berlama-lama berada dalam hosting yang sering mengalami down dan bermasalah. Anda harus segera mencari penggantinya agar pertumbuhan website lebih baik. Carilah layanan hosting yang mudah dihubungi 1×24 jam.

3. Pilih Plugin Terbaik

Beredar banyak sekali plugin yang dapat digunakan secara gratis. Pilihlah plugin terbaik dan dengan bijak. Hindari penggunaan plugin terlalu banyak supaya website tidak terbebani. Cukup gunakan plugin yang berguna saja tetapi terpercaya.

Plugin yang baik juga memiliki dokumentasi dan forum. Sehingga jika suatu saat terjadi bentrokan antar plugin dapat terhindari. Pemilik akun pada WordPress juga harus memperhatikan plugin paling update atau terbaru.

4. Konfigurasi Pada Website

Setelah menginstall WordPress dengan sukses, selanjutnya wajib melakukan pengaturan. Contohnya, cara mengelola komentar, apakah komentar akan langsung dipublish atau terlebih dahulu dimoderasi oleh Admin. Perlu pula mengatur permalink dan pengaturan lain contohnya pencegahan spam.

5. Tampilan Mobile

Halaman WordPress tentu akan memiliki tampilan penuh saat dibuka melalui PC. Tetapi, kini tidak jarang pengguna internet lebih condong menggunakan mobile internet. Bahkan, berdasarkan informasi resmi dari Google menyebutkan pencarian saat ini lebih banyak melalui dari ponsel pintar.

Oleh sebab itu, anda wajib memastikan tampilan dan kinerja website dapat dibuka secara maksimal dari ponsel. Langkahnya dengan memilih theme responsif maupun menginstall plugin khusus tampilan mobile. Buat pengaturan website menjadi mobile friendly, sehingga lebih diprioritaskan mesin pencarian Google.

6. Keamanan

Salah satu kelebihan WordPress adalah tingkat keamanan yang tinggi. Tetapi jangan lengah, anda juga harus menambahkan berbagai fitur pengamanan. Penambahan tersebut dapat dengan praktis dilakukan dengan plugin.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sudah tidak asing lagi didengar oleh pengguna internet. Pasalnya,  apabila anda mampu menguasai teknik ini maka peluang menguasai hasil pencarian mesin pencari lebih besar. Hampir semua pemilik website ingin lamannya muncul pada halaman pertama dari hasil mesin pencari Google.

Anda dapat memanfaatkan berbagai plugin SEO, caranya dengan menambahkan sitemap. Tidak kalah penting lagi dengan menambah plugin akan membuat website lebih mudah dibagikan ke berbagai sosial media. Hal ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Optimasi WordPress Menggunakan Plugin Gratis

Pengguna WordPress berasal dari blogger dan webmaster. Tool paling penting adalah plugin, oleh sebab itu anda harus menyeleksi mana plugin terbaik yang dapat digunakan. Jangan asal menginstal plugin, tetapi sesuaikan dengan tujuan optimasi wordpress. Plugin terbaik memiliki SEO dan internet marketing.

Meskipun sebuah plugin populer, tetapi jika tidak optimal dalam SEO dan internet marketing sama saja sia-sia. Sifat dasar plugin digunakan untuk membantu mendapatkan market.  Plugin disebut juga sebagai jurus white-hat SEO.  Artinya boleh digunakan dan tidak melanggar syarat dan ketentuan dari mesin pencarian umumnya.

Yoast WordPress SEO

Yoast WordPress SEO memiliki konfigurasi lebih bagus dan dapat digunakan secara gratis. Optimasi dapat dimanualkan untuk mengatur beberapa hal penting. SEO satu ini mengutamakan menemukan “focus keywords”. Kata-kata yang digunakan dapat jadi andalan dan mudah dikenali mesin pencari.

Focus keyword inilah yang akan dianalisa oleh plugin. Letaknya dapat berada di :

  • heading artikel,
  • judul,
  • isi,
  • meta description, dan
  • permalink URL.

Apabila focus keywords tidak ditemukan maka akan muncul tanda bulat berwarna merah.

Disamping itu, meta description tidak boleh lebih dari 140 karakter. Pasalnya, akan ditampilkan dalam hasil mesin pencari. Semakin singkat dan padat maka peluang orang mengunjungi lebih besar pula.

Facebook Page Publish

Plugin Facebook Page Publish ini membuat tiap posting dalam blog secara otomatis akan melakukan cross-posting ke akun Facebook tertentu. Anda harus membuat Facebook Application terlebih dahulu supaya mendapatkan Application Id.

Selanjutnya menggunakan Application Id  dapat memilih beberapa blog dan Facebook Page. Sosial media ini dapat kita hubungkan dengan memilih pada daftar yang ditampilkan. Plugin ini paling rapi, karena hasil link postingan menunjukkan gambar tumbnail, kategori, deskripsi, dll yang dapat diatur sesuai keinginan.

WP To Twitter

Hampir sama dengan plugin Facebook, hanya saja perbedaan terletak pada cross-posting terhadap akun twitter. WP to Twitter juga menyediakan berbagai pilihan pengaturan. Seperti format dari tweet yang nanti akan ditampilkan pada akun twitter.

Dapat memilih untuk kategori tertentu yang auto-post di twitter. Sangat memungkinkan memilih layanan dari url shortener yang diminati. Saat menggunakan plugin tersebut dibutuhkan access token, consumer key, dan secret masing-masing. Terlebih dahulu harus men- generate dari Twitter Application dan membuatnya manual.

Yet Another Relateds Post

Plugin kali ini berfungsi menampilkan berbagai postingan artikel terdahulu secara otomatis. Hanya saja pada postingan yang memiliki hubungan dengan artikel yang dibaca pengunjung. Anda dapat melihatnya pada bagian bawah postingan artikel dan dapat dipilih tampilannya sesuai related-post.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia



AddThis Social Bookmarking

Add This merupakan plugin terlengkap untuk menambahkan tombol-tombol yang bergunak sebagai social bookmarking dan social sharing website. Adapun tombolnya terkoneksi ke seluruh social network.

Bahkan, AddThis juga terkoneksi dengan berbagai feature statistic dan analytic, tetapi harus registrasi dahulu. Tombol pada AddThis tersebut dapat dipilih dan diatur layoutnya sesuai keinginan. Penggunaan plugin ini gratis dan tidak ribet.

Broken Image

Plugin terakhir ini memiliki fungsi penting dalam sebuah website. Terutama jika ditemukan gambar yang tidak dapat ditampilkan pada situs wordpress. Gambar tersebut dapat diganti otomatis dengan gambar default. Tujuannya untuk menghindari hasil gambar silang ketika pengunjung membuka laman website.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh