Layanan SMTP Relay untuk E-mail

SEO UNDERCOVER CO ID 97

Kebanyakan orang sudah akrab dengan penggunaan email peer-to-peer yang dihosting melalui cloud dan diakses melalui browser web.

Namun, jenis email ini tidak cukup untuk jenis broadcast email tertentu, terutama untuk bisnis.

Banyak bisnis, yang mengirim email massal, seperti newsletter, atau email otomatis yang dipicu dari interaksi pengguna, memerlukan solusi yang telah disesuaikan.

Anda mungkin pernah mendengar istilah SMTP Relay Service, terutama jika Anda mencari penyedia email untuk pengiriman email atau transaksional, tapi apa sebenarnya itu? Dan bagaimana cara kerjanya?

 

Apa itu SMTP?

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, dan sebagian besar layanan email di dunia menggunakan SMTP untuk mengirim email.

Ketika sebuah layanan email mencoba mengirim email, ia terhubung ke server SMTP yang dikonfigurasikan dan berkomunikasi dengannya menggunakan protokol SMTP. Setelah dapat berkomunikasi dengan server yang dikonfigurasi, maka dapat mengirim pesan email.

Relay SMTP adalah protokol yang memungkinkan email untuk dikirim melalui internet, mengumpulkan email dari pengirim dan mengirimkannya ke server SMTP lain.

Dalam istilah yang lebih sederhana, Relay SMTP mirip seperti bagaimana email tradisional bekerja, dengan server bertindak sebagai kantor pos

Untuk mengirim surat kertas, Anda harus mengisi amplop dan mengisi alamat pengirim Anda. Kantor pos lokal kemudian menentukan kantor pos mana yang paling dekat dengan penerima, dan kemudian mengarahkan surat itu ke sana untuk disampaikan ke alamat tujuan.

Saat Anda mengirim email, pesan itu menyertakan alamat tujuan penerima serta informasi “alamat pengirim” Anda – yaitu, alamat email Anda, alamat IP, dan timestamp. Server lokal Anda kemudian mengirim pesan Anda ke server penerima untuk dikirimkan ke email tujuan Anda.

Maka, mail relay bisa dibilang sebagai proses mentransfer email dari satu server ke yang lain untuk dikirimkan ke email tujuan.

Jika Anda mengirim email ke seseorang dengan alamat email di domain yang sama dengan milik Anda, tidak akan ada server kedua yang terlibat. Artinya, ini tidak dianggap sebagai Relay.

Jika diibaratkan lagi dengan mengirim pos, maka Anda hanya mengirim surat kepada seseorang di kota Anda – kantor pos setempat Anda menerima dan mengirimkan surat tanpa melibatkan kantor pos di kota lain.

Apa itu Layanan SMTP Relay?

Layanan SMTP Relay adalah layanan yang merutekan email melalui pihak ketiga yang dipercaya untuk mengirim email Anda. Layanan ini seringkali mengkhususkan diri pada pengiriman email dengan batch besar seperti newsletter atau untuk email transaksional otomatis (konfirmasi pengiriman, opt-in, konfirmasi kata sandi, dll).

Beberapa manfaat Layanan SMTP Relay

Banyak penyedia email seperti Gmail dan Yahoo memberi batasan pada berapa banyak Relay SMTP yang boleh dilakukan per hari untuk memerangi spam. Bisnis dengan pelanggan banyak tentu saja akan melebihi batas pengiriman, sehingga memerlukan fitur pengiriman email tingkat perusahaan.

Nah, di sinilah Layanan STMP berperan. Penyedia Relay SMTP dapat membantu bisnis mengirim email dalam jumlah besar tanpa disalahartikan sebagai spam.

Selain untuk menghindari filter spam, bisnis yang mengirim email massal ke pelanggan menggunakan Relay SMTP juga untuk kemudahan pemeliharaan dan menambahkan analytics yang lebih dalam.

Mengirim email melalui penyedia layanan email melalui Relay SMTP juga menghemat perusahaan dari keharusan menjalankan server email mereka sendiri.

 LARGE BACKLINK CHECKERS UNTUK JASA SEO WEBSITE

baca juga

undercover.co.id

Website Cuma 100 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya

Jasa Sosial Media Maintenance

Mengapa Layanan SMTP Relay Penting?

Mengelola server email Anda sendiri untuk penggunaan email peer-to-peer tergolong mudah karena sebagian besar email itu privasi serta dikirim ke sejumlah penerima terbatas.

Namun, bagaimana bila Anda ingin mengirimkan pemasaran newsletter pada puluhan ribu pelanggan? Atau bagaimana jika Anda memiliki aplikasi berbasis web yang mengirim email pemberitahuan yang dipicu dari aktivitas pengguna Anda?

Email tersebut akan menjadi tidak unik dan berpotensi diberi label sebagai spam.

Penyedia Relay SMTP seperti SendGrid, MailChimp, dan Aweber dapat membantu Anda.

Jika Anda menggunakan server email peer-to-peer primer Anda untuk tugas pengiriman surat massal, maka delivery rate Anda akan anjlok. Anda pasti akan menyumbat bandwidth Anda sendiri, serta berpotensi menunda pengerimaan dan penerimaan email peer-to-peer antar karyawan di dalam bisnis Anda.

Terus-menerus memantau dan mengkonfigurasi server email Anda untuk menjaga agar pesan-pesan tidak masuk folder spam akan menjadi mahal dan sangat merepotkan. Lagipula, seiring pertumbuhan bisnis Anda, list email Anda juga akan ikut berkembang. Pemeliharaan server Mail khusus akan menjadi lebih kompleks dan mahal.

Mengoutsource urusan ini ke layanan penyedia Relay SMTP adalah cara hebat untuk mengelola pekerjaan email massal dan email otomatis tanpa mempengaruhi komunikasi email sehari-hari Anda secara negatif.

Layanan SMTP bersifat skalabel dan memungkinkan Anda menambahkan kapasitas tambahan sesuai kebutuhan Anda.

Pengiriman email juga transaksional mudah diintegrasikan dengan beberapa kerangka kerja pengembang, dan dilengkapi dengan template library dan contoh kode yang siap pakai.

Manajemen email transaksional sangat skalabel dan tidak ada biaya perangkat keras atau perangkat lunak yang terkait dengannya.

baca juga

Jasa Pembuatan Website Profesional

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Pasang Iklan

Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Email Marketing

26 Panduan Email Marketing Lengkap

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Sebenarnya penggunaan Layanan SMTP Relay untuk bisnis kembali lagi kepada kebutuhan bisnis itu sendiri.

Jika memang bisnis Anda secara garis besar masih berbasis offline, dan transaksinya belum banyak melalui online, maka penggunaan layanan seperti ini belum diperlukan. Anda dapat menunda penggunaannya.

Akan tetapi bila bisnis Anda ke depannya akan menggunakan online sebagai jalan penjualan utama, dan Anda bertekad untuk menggunakan semua saluran pemasaran yang ada untuk menghasilkan penjualan, maka Anda kami rekomendasikan untuk menggunakan layanan SMTP sejak awal.

Jika Anda masih bingung tentang bagaimana mengatur email marketing untuk bisnis Anda, Anda bisa menggunakan layanan email marketing dari kami untuk memudahkannya. Kami akan mengaturkan semua keperluan email marketing untuk bisnis Anda.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh