Lee Kun-hee, Raja Bisnis Grup Samsung

Lee Kun-hee, Jadi Raja Bisnis Korea Selatan dengan memiliki Grup Samsung Pernahkah Anda mendengar mengenai raja bisnis di Korea Selatan? Negara yang terkenal dengan gelombang hallyunya itu memiliki seorang tokoh bisnis yang amat disegani di dunia.

Kekayaannya, sudah terdaftar dalam majalah Forbes, majalah yang terkenal mengumpulkan orang-orang berpengaruh di bidang bisnis. Orang korea tersebut adalah Lee Kun-hee, pewaris kerajaan bisnis Grub Samsung.

Lee Kun-hee merupakan putra ketiga dari pendiri Samsung, Lee Byung-Chul. Pada 2008, Lee Kun-hee mengundurkan diri dari jabatannya karena terlibat skandal dana gelap Samsung, namun kembali pada 24 Maret 2010.

 

Kekayaan bersih Lee Kun-hee diperkirakan mencapai $12,6 miliar. Dengan kekayaan sebesar itu, Lee menjadi orang terkaya di Korea Selatan.

Pada tahun 2014, Lee terpilih menjadi orang paling berpengaruh di urutan ke-35 dunia oleh Forbes Magazine’s List of The World’s Most Powerful People bersama dengan putranya Lee Jae-yong.

Popularitas Samsung Dan Pengaruh LEE

Pengaruh Lee di dunia usaha disebabkan oleh popularitas Samsung Electronics yang sudah diakui oleh seluruh dunia. Perusahaan asal Korea Selatan ini menduduki rangking ke 55 dunia dari 2.000 perusahaan terbesar dunia versi majalah Forbes.

Perusahaan di bawah kepemimpinan Lee Kun-hee ini sampai kini terkenal sebagai perusahaan pembuat chip memory, televisi dan layar datar, serta merambah ke dunia gadget seperti handphone.

Perusahaan ini sudah mempekerjakan lebih dari 164.600 orang di 61 negara. Penjualan produknya melebihi US$ 100 miliar dalam setahun.

Selama kepemimpinan Lee Kun-hee, Samsung tumbuh semakin kuat sebagai kekuatan industri elektronik di Korea Selatan dan juga global. Sejal Lee Kun-hee memimpin nilai saham Samsung juga melonjak menajdi lebih dari 70 kali lipat mengungguli Hewlett Packard Co, Sony Corp dan Texas Instruments Inc.

Penjualan Samsung semakin masif, bahkan juga merambah berbagai bidang tidak hanya pada elektronik dan gadget, tetpai juga pembuatan kapal, konstruksi, fashion, dan keuangan.

 

 

Nilai Saham Samsung

Perusahaan Samsung lolos dari krisis ekonomi Asia pada 1997. Meskipun demikian, kejayaan perusahaan ini tentu saja tak terlepas dari skandal dan juga rumor bahwa perusahaan ini banyak menggunakan pengaruh dan kekuasaan untuk memperlancar bisnisnya.

Kejatuhan Lee Kun-hee selama memimpin Samsung terjadi pada April 2008. Saat itu, ia menjadi tertuduh penggelapan pajak.

Lee Kun-hee menerima hukuman selama 3 tahun. Pada masa itu, ia mengundurkan diri sebagai pemimpin Samsung.

Akan tetapi, sebelum masa hukuman habis, ia menerima ampunan dari presiden dan kembali menjadi raja bisnis dengan menduduki kursi kepemimpinannya kembali di Samsung.

Kini, Lee Kun-hee bahkan juga menjadi Komite Olimpiade Internasional dan membantu pengajuan Korsel menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2018.

Harga saham Samsung sempat melonjak ke rekor tertinggi pada awal perdagangan 2017. Rekor ini dipengaruhi oleh janji-janji pengembalian modal yang lebih besar dan review dari struktur perusahaan.

Samsung berencana untuk mengembalikan 50 persen dari arus kas bebas pada 2016 dan 2017. Di samping itu, Samsung juga menawarkan kenaikan 36 persen dari total devidein tahun 2016.

Berkat janji-janji tersebut, saham Samsung naik sebanyak 3,5 persen atau melebihi 1.482,56 dolar AS.

 

 

 

Suksesi Kepemimpinan Lee Kun-hee

Lee Kun-hee mewariskan kepemimpinannya di Samsung kepada anaknya Lee Jae Yong. Putranya, yang menjadi generasi keempat memimpin Samsung itu sebelumnya dipromosikan terlebih dahulu menjadi executive vice president dan chief operating officer.

Sang pewaris, Lee Jae Yong pernah belajar di Harvard Business School dan Universitas Keio Jepang. Ia kembali ke Korea Selatan, dan bergabung dengan Samsung Electronics pada tahun 1991.

Untuk menunjukkan kemampuannya, Lee Jae Yong menduduki beberapa jabatan termasuk chief costumer officer dan vice president divisi perencanaan strategis

Samsung Group memiliki anak perusahaan, antara lain: Samsung Electronics, Samsung Heavy Industries, Samsung Engineering and Samsung C&T, Samsung Electro-Mechanics Co. Ltd., dan Samsung Techwin, Samsung Life Insurance, Samsung Everland, dan Cheil Worldwide.

 

 

Fakta-fakta Lee Kun-hee

Menjadi orang kaya tidak selalu mudah dalam menjalani kehidupannya. Begitu pula dengan Lee Kun-hee, ia memiliki beberapa fakta pribadi yang tidak akan diungkapnya di hadapan publik.

Akan tetapi, kita bisa meraba apa saja kebiasaan Lee Kun-hee, orang terkaya di Korea Selatan yang juga dijuluki sebagai raja bisnis ini melalui beberapa fakta yang terungkap di media massa. Berikut kumpulan dari fakta-fakta yang berkaitan dengan Lee Kun Hee.

 

 

  1. Lee Kun-hee adalah sosok yang gemar olahraga
  2. Sering menghabiskan waktu luang untuk menunggang kuda
  3. Suka mengendarai mobil sport
  4. Lee Kun-hee pernah menjadi Presiden dari Korean Amateur Wrestling Association
  5. Pada tahun 1996 Lee Kun-hee terlibat skandal politik dengan mantan presiden Korea Selatan, Roh Tae-woo
  6. Sempat mengundurkan diri pada 21 April 2008 karena didakwa atas kasus penggelapan pajak
  7. Kembali menjadi chairman Samsung Grup pada 24 Maret 2010
  8. Kasus korupsi dan suap Lee Kun-hee diterbitkan dalam buku berjudul “Think Samsung” pada tahun 2010
  9. Lee Kun-hee menderita infeksi pernafasan dan pneumonia dalam waktu lama
  10. Ia juga didiagnosa menderita kanker paru-paru pada tahun 2005
  11. Samsung Electronics masuk ke dalam list Fortune Magazine karena dianggap sebagai perusahan semi conductors terbesar di dunia saat ini
  12. Samsung juga masuk ke dalam 100 Largest Corporations of the World pada tahun 2007
  13. Anak pertama dari Lee Kun-hee, Lee Boo-jin merupakan CEO dari Hotel Shilla
  14. Anak laki-lakinya, Lee Jae-yong mewarisi kekuasaannya sebagai chairman dari Samsung Electronics.
  15. Anak terakhirnya, Lee Seo-hyun menjadi Presiden dari Samsung Everland.

baca juga

Michael Bloomberg

 

Biografi, singkat Lee Kun-hee

Ex-Chairman dari Samsung Group

Tempat dan Tanggal Lahir

Daegu, North Gyeongsang, Korea Selatan, 9 Januari 1943

Kewarganegaraan

Korea Selatan

Pendidikan

Master of Business Administration Degree di George Washington University, Washington, D.C.

Peringkat Berdasarkan Forbes

14 Richest In Tech (2016)

1 Korea’s 50 Richest (2016)

112 Billionaires (2016)

35 Powerful People (2014)

Demikian pemaparan mengenai Lee Kun-hee, apa yang menginspirasi Anda darinya?

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!