Published On: Fri, Nov 18th, 2016

Leisure Leagues: Peluang Waralaba Pecinta Olah Raga Sepakbola

 undercover.co.id –  Waralaba terdepan dengan hanya beranggotakan tim yang lebih sedikit, lima atau enam orang per tim, untuk bermain dalam sebuah liga sepak bola-sisi, akan menjelaskan bagaimana caranya memberikan franchisee kesempatan untuk mendapatkan ‘upah penuh waktu’ tanpa ‘jam kerja penuh waktu’

 

  • Waralaba: Leisure Leagues
  • Keterangan: penyedia layanan bermain ‘liga sepak bola dengan tim yang lebih kecil’ terbesar di dunia
  • Dimulai pada: 1991
  • Pendiri: Sekelompok manajer fasilitas rekreasi
  • Jumlah waralaba: 34
  • Cakupan: Inggris, Irlandia dan Amerika Serikat
  • Rata-rata biaya per franchise: £ 4.995 + VAT (daerah baru)
  • Website: www.leisureleagues.net

 

Leisure Leagues dimulai lebih dari 20 tahun yang lalu oleh sekelompok manajer fasilitas olahraga di Midlands. Setelah meluncurkan liga mereka sendiri di tempat kerja, tim ini segera menyadari betapa suksesnya liga yang mereka selenggarakan waktu itu dan keputusan apa yang harus segera dibuat untuk mengembangkan liga ini di tempat yang lainnya – berawal dari sanalah ‘Leisure Leagues’ akhirnya lahir.

Sebelum berpindah ke model bisnis waralaba, Leisure Leagues merasa ada beberapa keuntungan besar ketika menjadi ‘lokal’, terutama dalam hal perekrutan tim dan layanan pelanggan. Dan pada saat itu perusahaan ini belum sepenuhnya berfokus menjadi ‘lokal’.

Lalu, mereka menyadari bahwa hal ini salah – setelah berkembang menjadi waralaba – dan terbukti dari waktu ke waktu franchisee mampu memanfaatkan sepenuhnya potensi suatu daerah melebihi yang dapat dilakukan dari ‘jarak jauh’, ketika semuanya dikelola dari kantor pusat.

Waralaba pertama yang berada di Inggris adalah di Cheshire dan Leominster. Namun, waralaba di sana sama sekali berbeda dengan yang sebelumnya di AS. Steve memilih membuka waralaba di Cheshire dan membeli sejumlah liga yang ada sehingga dapat menghasilkan keuntungan tidak lama kemudian, sedangkan Julie lebih memilih untuk memulai liga dari awal di kota kecil bernama Leominster.

Steve dengan cepat mampu mengembangkan liga lanjutan bersamaan dengan liga-liga yang sudah ada, yang telah Ia ambil alih dan terus menjalankan portofolio kesuksesan liga. Julie pun demikian, Ia telah melebihi ekspektasi awal Leisure Leagues, di kota Leominster dengan memulai liga 16 tim dalam beberapa minggu setelah pelatihannya. Melanjutkan kesuksesan ini, Julie membeli seluruh Herefordshire dan sekarang mengelola lima liga di dalam county tersebut.

Dari pengalaman di atas, kesempatan model bisnis waralaba datang ketika waralaba itu dilirik karena ada yang berbeda  dan unik. Hal ini tentu tidak bisa diindahkan oleh sebuah waralaba bernama Leisure Leagues.

Baca Juga Mau Tau Franchise Yang Lagi Hits Di Inggris ?

Perusahaan ini menempatkan waralaba ke posisi yang unik dan patut ditiru, karena mereka memiliki kemampuan untuk menawarkan layanan pelanggan yang berfokus ‘lokal’. Ditambah lagi dengan infrastruktur dan branding dari organisasi internasional yang mapan, tentu membuatnya menjadi yang terbesar di dunia.

Sebagai waralaba, Leisure Leagues menawarkan pelatihan penuh di semua aspek bisnis dan dukungan yang berkelanjutan untuk semua franchisee.

Mereka memiliki akses penuh ke situs Leisure Leagues yang sangat berseni dan juga interaktif. Selain itu, semua informasi liga yang mereka jalankan juga ditampilkan di aplikasi smartphone. Perusahaan ini menyediakan pasokan awal bahan promosi dan juga penyediaan waktu khusus di wilayah franchisee untuk melatih tentang bagaimana melakukan pemasaran yang efektif dalam perekrutan tim.

Produknya itu sendiri – ‘sepakbola’ – tidaklah sulit untuk dijual, dan karena itu potensi pasarnya sangat besar. Karena semua tingkat kemampuan dan kebugaran dapat dicakup, Lebih banyak orang di Inggris sekarang bisa bermain sepak bola dengan jumlah pemain yang lebih sedikit daripada versi tradisional yaitu 11 orang pada tiap tim, dan ini adalah tren yang akan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Satu franchisee memiliki kesempatan untuk mengembangkan variasi dari liga ‘mainstream’ yang biasanya beranggotakan pria dewasa, menjadi liga yang diminati kalangan lainnya. Liga yang baru bisa diselenggarakan – di tempat yang biasanya dipenuhi pria dewasa – dengan menawarkannya pada wanita, veteran, perusahaan atau membuat liga untuk anak-anak.

Uniknya lagi, Karena tidak dibatasi oleh keharusan memiliki ruangan atau bangunan tersendiri, tidaklah perlu untuk franchisee memiliki tempat khusus sebagai kantor. Mereka dapat beroperasi hanya dari rumah. Ditambah lagi, mereka tidak akan menyimpan begitu banyak barang, maka seharusnya penyimpanan bukanlah merupakan masalah.

Waralaba ini sangat fleksibel dan dapat dioperasikan dengan baik. Selain itu waralaba ini juga menawarkan kesempatan pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu. Dengan lebih banyak tim yang bermain maka akan terbuka kesempatan untuk mendapatkan upah ‘full-time’ tanpa benar-benar harus bekerja penuh waktu.

Fleksibilitas pengelolaannya dapat pula dilihat dari jadwal pertandingan, karena rutinnya dimainkan di malam hari. Pada akhir pekan, pertandingan dapat dengan mudah dikelola dengan banyak pilihan, seperti permainan yang dapat dipilih dengan system yang lebih tradisional yaitu tim berisi 9 orang hingga tim yang berisi 5 atau 6 orang yang jadi andalan Leisure Leagues. Ini biasa dilakukan, terutama pada tahap-tahap awal liga karena pembentukan dan jumlah pemain yang masih berubah-ubah.

Baca Lagi SALAD STOP! Restaurant Waralaba Kini Hadir Wara Wiri Di Indonesia

Untuk memasarkan brand-nya, Leisure Leagues menggunakan berbagai metode untuk merekrut tim baru termasuk dengan menggunakan selebaran, poster, spanduk dan memanfaatkan kekuatan media sosial yang sekarang menjadi tren di semua kalangan.

Selain itu, dengan pengelolaan wilayah yang baik, Leisure Leagues begitu yakin akan mampu memasarkannya lebih baik lagi. Sebagai contoh, sebuah wilayah yang hanya dikelola satu franchisee berisi populasi lebih dari 100.000 orang, praktis akan ada setidaknya satu tim yang terbentuk untuk setiap seribu penduduk. Dan karena itu, sebagian besar wilayah waralaba memiliki potensi untuk memiliki lebih dari 100 tim yang akan menawarkan pendapatan sekitar £ 50.000 per tahun.

Saat ini, Leisure Leagues merambah sekitar 400 wilayah waralaba UK dan track record-nya telah membuktikan bahwa bisnis ini dapat beroperasi secara menguntungkan di mana saja di UK dan di dunia. Warabala olahraga ini ke depannya akan tetap berusaha untuk menambahkan franchisee bukan lagi di Inggris atau Amerika saja, tetapi di kancah internasional pula dalam waktu dekat ini.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>