UqwoLiat Kereta Api sambil Ngopi di Railway Coffee Station , Paling bingung kalau lagi nyari tempat buat nunggu kereta api datang. Nunggu di dalam station terlalu banyak orang, nunggu di parkiran panas, nunggu di warung pinggir jalan kurang srek sama kebersihannya. Kini Warga Bandung tidak perlu khawatir, karena ada Railway Coffee Stationyang memberikan solusi untuk kita semua.

Railway Coffee Station berada di depan station Kereta Api Bandung tepatnya di Selamet Ban, Jl. Kb. Jukut No.17, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Berjarak beberapa gedung di sebelah Kartika Sari. Kafe ini di buka menjelang tahun 2016.  

Railway Coffee Station buka pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Walau bukan termasuk coffee shop yang buka di pagi hari, kafe ini menyediakan makanan berat, sehingga sangat cocok jadi tempat untuk makan siang maupun makan malam.

Nama Railwall sendiri di ambil karena di depan kafe ini ada rell kereta api. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kereta api yang lewat saat berada Railway Coffee Station. Parkiran yang disediakan cukup luas sehingga pengunjung tidak perlu memarkir kendaraannya di luar area kafe ataupun bahu jalan.

Railway Coffee Station menyajiakan nuansa yang berbeda dari kafe-kafe lain. nuansa redup, dan bangunan yang di desain dengan suasana tempo dulu. Nuansa hitam terlihat ketika pertama kali datang ke kafe ini. Terlihat dari rooftop dan dinding depan bangunan yang bernuansa hitam.

Railway Coffee Station

Bangunan Railway Coffee Station  sendiri memiliki interior minimalis dengan aksen industrial yang terkesan calm and cozy. Kafe ini menyediakan area smooking dan non-smooking. Area outdoor dan indoor dipisah dengan pintu dan tembok kaca yang besar. Uniknya di tembok kaca ini ada tulisan “Railway Show” yatu jadwal keberangkatan kereta. Namun kata pengunjung, jadwal kereta yang di tampilkan ada yang benar, ada juga yang salah. Untuk lebih pasti nya, keberangkatan kereta api bisa di lihat di web resmi kerepa api.

Di depan pintu masuk, berderet tanaman hias yang ditata rapi di tangga masuk yang berada di samping teras. Dengan pagar besi setinggi 1 meteran  dan deretan tanaman hias yang menghiasi  sepanjang teras. Tulisan Railway Coffee tertampang jelas di dinding depan kafe dengan di hiasan beberapa tanaman pot kecil di bawahnya.  Brand kafe ini sesuai dengan namanya, terdapat logo bergambar kepala kereta api di atas tulisan Railway. Area smooking berada di teras kafe. Di teras ini disediakan beberapa kursi dan meja yang terbuat dari besi berwarna hitam. Menyesuaikan konsep hitam yang di tampilkan di depan.

Railway Coffe ini sekilas seperti ruko yang terletak di bengkel besar-Slamet Ban, namun ketika sudah berada di dalam, interior yang mereka sajikan menghapus kesan itu. Dekorasi interior yang berupa furnitur kayu dan logam, serta keramik putih besar yang menempek di bar bagian tengah.

Di dalam bangunan yang dijadikan area non smooking, desain interior yang disajikan masih ke arah industrial seperti coffee shop kebanyakan. Sebagian dinding di poles dan di cat dengan halus dan rapi. Ada satu bagian dinding yang dihiasi dengan lukisan biji coffee beserta alat pembuatn coffee yang terlihat seolah menggambarkan proses pembuatan coffee itu sendiri.  dan lukisan kereta api dengan paduan cat hitam dan putih. Di area itu terdapat sebuah meja panjang berbahan kayu yang bisa digunakan untuk meeting area, dan tambahan meja kecil dengan kapasitas 4 orang.

image size-full">
Railway Coffee Station

Cahaya yang digunakan di area itu dengan menggunakan lampu sorot LED seperti lampu-lampu di stadion atau panggung konser. Cahaya itu menyorot ke badian dinding yang terdapat lukisan, sehingga lukisan yang ada di dinding itu tampak menonjol. Di tambah dengan lampu gantung bundar yang terletak diatas meja panjang sebagai cahaya utama ruangan bagian itu.

Di sebelah area lukisan tadi, ada area yang cukup menarik dengan desain dinding yang di desain seperti dinding bangunan tua, dengan desain batu bata yang terlihat jelas dan hanya dilapisi cat putih tipis. Menimbulkan kesan dinding bangunan lama yang tidak berpenghuni. Di dinding itu di gantungi papan hiasan berwarna hitam.

Ada beberapa meja yang di sediakan di area itu dengan kapasitas 2 hingga 3 orang tiap mejanya. Jarak antar meja tidak begitu jauh untuk area ini. bahkan terkesan menggabung untuk tiap meja nya. pencahayaan hanya menggunakan lampu sorot yang di arahkan ke dinding, sehingga area seat terlihat teduh.

Ornament unik yang ada di area indoor, adalah tumbuhan menjalar yang ada di bagian rooftop. Tumbuhan ini menjalar di batang kayu yang menyangga bagian bangunan di bawah paflont.

Coffee bar ini sendiri berada tidak jauh dari pintu masuk, dengan desain dinding yang dilapisi keramik putih kecil sepertiga bagunan, dan hiasan rumput sintetis di bagian atas dinding. Di dinding atas sebuah papan menampilkan varian menu yang ada di kafe ini. Pengunjung bisa melihat varian menu itu sebelum memesan.

Untuk varian menu disini beragam dan cukup banyak. Varian jenis coffee yang lengkap seperti coffee shop lainnya, varian non coffee, snack dan makanan berat. Menu andalan di kafe ini adalah Railway Signature yang merupakan es kopi susu. Untuk harga relative standar seperti coffee shop lainnya, dan untuk rasa dari varian menu cukup untuk direkomendasikan. Namun ada yang unik di sini, pengunjung bisa ngeprint gambar yang kita mau di atas minuman yang di pesan. Bukan sekedar di lukis manual seperti di coffee shop biasanya, namun benar-benar print seperti print tinta.  Sangat unik, dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk Railway Coffee Station.

Fasilitas Wifi dan charger area tersedia di kafe ini, kecepatan internetnya sendiri cukup kencang yaitu 20mb/5mb. Kebersihan tempat cukup terjaga dengan baik, terutama bagian toilet nya. Pegawai yang ada di kafe ini pun sangat ramah dan professional. Sehingga membuat para pengunjung lebih puas saat berkunjung di Railway Coffee Station.

baca juga

    Dengan nuansa berbeda yang menyajikan pemandangan kereta api yang lewat, memberikan nilai tersendiri untuk Railway Coffee Station. Kafe ini menjadi salah satu coffee shop terbaik di kota Bandung. selain membantu penyelesaian masalah bagi pengunjung yang bingung mencari tempat tunggu bagi pengunjung yang mengantar ataupun menjemput keluarganya di statiun, kafe ini juga menjadi tempat yang asik dan strategis untuk menikmati pemandangan dan suasana kereta api.

    Tempat yang cocok untuk mencari inspirasi dan bersantai. Untuk mengetahui lebih detail tentang kafe ini, kalian bisa melihat akun instagram mereka di @railway.coffee dan berbagai ulasan yang ada di google. Kalian yang baru datang di kota Bandung, jangan lupa mampir ke Railway Cofee Station walau hanya untuk melepas penat di perjalanan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    You May Also Like