Linode

Jasa

Undercover.co.id – Linode adalah salah satu perusahaan penyedia Virtual Private Server (VPS) dan Cloud Housting yang terkenal di dunia. Layanan VPS yang disediakan oleh Linode juga murah.

Lokasi Server Linode sudah tersedia di berbagai tempat di Dunia. Untuk saat ini Server Linode yang terdekat dengan Indonesia adalah di Singapura dan Jepang.

baca web hosting terbaik

Membangun Server VPS di Linode

Harga yang harus dikeluarkan untuk Linode sangat murah karena Linode bisa dikatakan adalah Suplier VPS di kalangan pengusaha hosting.

VPS yang telah di beli oleh pengguna juga sangat memungkinkan untuk bisa dijual kembali atau juga sangat memungkinkan untuk bisa membag server tersebut menjadi layanan shared hosting.

Sejarah Singkat Linode

Linode merupakan singkatan dari kata Linux dan Node. Perusahaan penyedia Cloud hosting dan VPS ini didirikan oleh Christopher Aker. Seorang lulusan Full Sail University di Florida.

Linode sendiri mulai diluncurkan pada pertengahan tahun 2003. Dan mulai beralih dari UML ke Xenvirtualization pada Maret 2008. Kemudian berlaih ke KVM pada pertengahan 2015.

Pada tahun-tehun berikutnya banyak perkembangan yang dilakkan oleh Linode, antara lain:

  • Tahun 2009 mulai meluncurkan layanan pencadangan data
  • Juli 2011, Linode kemudian meluncurkan sistem Nodebalancer
  • 2013 merilis Linode Managed, suatu fitur yang memungkinkan untuk memberikan layanan yang responsif terhadap suatu insiden pada skala bisnis
  • Tahun 2015 Cristopher Aker membeli gedung Corn Exchange Bank yang sangat bersejarah di North 3rd Street dan Arch Street di lingkungan Kota Tua Philadelphia serta melakukan renovasi.
  • Tahun 2018 memindahkan kator pusat ke gedung Corn Exchange Bank yang telah selesai di renovasi

Beberapa Pusat Data Linode

Mulai dari berdirinya sampai saat ini Linode terus malkukan ekspansi sehingga mampu mendirikan banyak pusat data di berbagai negara.

Beberapa pusat data yang dimiliki Linode dan tahun pendiriannya adalah sebagai berikut:

  1. Tahun 2003 Linode mulai membuka pusat data pertamanya di Fremont, California dan Dallas
  • Tahun 2007 membuka pusat data di Atlanta
  • Tahun 2008 membuka pusat data di Newark, New Jersey
  • Tahun 2009 membuka pusat data di London
  • Tahun 2011 membuka pusat data di Tokyo
  • Tahun 2015 membuka pusat data di Singapura
  • Tahun 2016 membuka pusat data di frankfurt
  • Tahun 2019 membuka pusat data di Toronto, Mumbai dan Sydney
Linode
Linode

Cloud Hosting Service dengan Banyak Jenis Layanan Komputasi

Produk yang dimiliki oleh Linode adalah Cloud Hosting Service dengan banyak paket dan harga yang variatif.

Linode juga menawarkan banyak layanan komputasi untuk mendukung produknya tersebut. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna.

Kebutuhan-kebutuhan seperti memori yang tinggi, CPU dan GPU yang khusus atau para pelanggan yang lebih memiliki tujuan umum, sehingga tidak butuh spesifikasi yang khusus.

Beberapa layanan yang mendukung produk Cloud Hosting Servise Linode antara lain adalah:

  1. Linode Block Storage, Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan server mereka dengan volume sesuai kebutuhan dan permintaan
  • Linode Backup, melalui layanan ini pelanggan sangat memungkinkan untuk melakukan backup terhadap server mereka, baik harian, mingguan maupun bulanan.
  • Linode Manager dan NodeBalancer yang memiliki keunggulan untuk memberikan kemungkinan terhadap para pengguna dalam melakukan pengelolaan beberapa beberapa instance server di satu sistem.
  • Linode juga meluncurkan Longview, yang merupakan paket analisis Linux
  • Object Storage yang kompatibel dengan S3, sehingga memungkinkan pengguna dapat menyimpan data yang besar dan terstruktur
  • Linode juga memberikan layanan pengelolaan mesin kubernetes

Keunggulan Layanan Komputasi Linode

Layanan komputasi yang disediakan oleh Linode untuk mendukung produk Cloud Hosting Service  nya ini memiliki banyak keunggulan:

  1. Menggunakan Linode Kubernetes Engine (LKE) atau menggunakan kubernetes container sebagai Service aplication.
  2. Konfigurasi komputasi Cloud GPU (Graphical Processing Unit) sesuai dengan permintaan untuk keperluan seperti machine learning, scientific computing dan  dan pemrosesan video.
  • Menydiakan CPU Khusus yang akan berjalan pada core CPU-nya sendiri di infrastruktur Linode. Dan ini tidak akan berbagi prosesor dengan pelanggan lain.
  • Memori tinggi, dan konfigurasi memori tersebut juga sangat mendukung dalam menjalankan aplikasi secara intensif
  • Shared Linodes, yaitu keunggulan di mana pelanggan dapat melakukan konfigurasi komputasi secara seimbang ketika berbagi aplikasi cloud
  • Nanode dengan komputasi level awal yang sangat murah hanya dengan $ 5 / bulan sudah dapat digunakan untuk menjalankan distribusi Linux yang berfungsi penuh .

Jaringan-Jaringan Cloud Hosting Service Linode

Jaringan-jaringan yang terlibat dalam Cloud Hosting Service Linode terdiri berbagai macam, yang memiliki peran masing-masing dan saling menopang.

Jaringan-jaringan tersebut antara lain:

  • Virtual Private Cloud (VPC) berguna untuk mengelola jaringan sumber daya cloud yang ditentukan perangkat lunak.
  • VLAN yang digunakan sebagai Jaringan Area Lokal Virtual
  • Perlindungan DDoS dalam hal ini adalah  untuk mendeteksi dan melakukan mitigasi terhadap  serangan infrastruktur DDoS (distributed denial-of-service)
  • NodeBalancers yang berguna untuk memberikan pengelolaan perangkat lunak dalam hal menyetabilkan lalu lintas aplikasi tersebut.
  • DNS Manager yaitu merupakan layanan Managed Domain Name System ( DNS ) pada infrastruktur Linode.
  • Next Generation Network – infrastruktur jaringan modern Linode di seluruh dunia yang menghubungkan pusat data global melalui private fiber backbone.

Menyediakan Berbagai Management Tools

Selain berbagai layanan di atas. Menggunakan Linode menjadi sebuah pilihan karena Linode juga memberikan kemudahan berupa management tools bawaan.

Management tools ini tentunya memiliki kesesuaian dengan kebutuhan pengguna yang disediakan dengan berbagai tujuan terutama adalah sebagai alat kontrol akun.

Beberapa management tools yang tersedia adalah:

  1. Cloud Manager, memiliki user interface dan mobile interface yang ramah pengguna sebagai sarana untuk menerapkan dan mengelola mesin virtual Linode, mengonfigurasi jaringan, dan mengontrol akun pengguna.
  • Linode API (Application Programming Interface). Tools ini berguna untukmemberikan dan membuat akses yang terprogram ke platform Linode.
  • Linode CLI –  akun CLI (Command Line Interface) ini akan memberikan akses dari dan untuk mengelola infrastruktur Linode.
  • Gambar. Pengguna dapat membuat gambar Linux pelanggan untuk mempermudah penskalaan.
  • StackScripts. Secara otomatis menyesuaikan penerapan infrastruktur Linode dengan StackScripts.
  • Pemantauan yaitu dengan melakukan analisis kinerja infrastruktur, melacak penggunaan transfer, dan buat lansiran khusus.

Daftar Harga VPS Linode

Linode memberikan paket harga yang variatif untuk mendapatkan semua layanannya. Harga tersebut tentunya sudah include dengan berbagai layanan di atas.

Harga yang disediakan dari mulai $5 / bulan sampai dengan harga $960 / bulan. Harga yang berbeda tentunya juga akan mendapatkan paket yang berbeda-beda pula.

Setidaknya ada 10 paket yang disediakan Linode dengan harga yang berbeda dan juga kapasitas dari layanan yang berbeda dari mulai RAM, CPU, Storage, Transfer rate, Network in dan juga Network out.

Misalnya saja untuk harga  $5 / bulan pengguna akan mendapatkan RAM 1 GB, CPU 1 Core, Storage 25 GB SSD, Transfer rate 1 TB, Network in 40 Gbps, dan Network Out 1000 Mbps.

baca juga

    Membuat Akun Linode

    Kartu kredit, paypall atau kartu VISA rekening sangat dibutuhkan ketika pelanggan ingin membuat akun Linode.

    Hal ini dikarenakan semua transaksi di Linode akan menggunakan salah satu dari alat pembayaran tersebut.

    Pada saat pembuatan akun kita akan mendapatkan tagihan sebesar $1,00 yang digunakan untuk melakukan otorisasi kartu.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!