Lister.co.id Kursus Bahasa Arab

SEO UNDERCOVER CO ID 31

Salah satu pusat peradaban dunia adalah di timur tengah, di mana hampir seluruh wilayahnya menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa kesehariannya.

Tidak hanya dalam percakapan keseharian namun juga dalam konteks literasi dan pencatatan wacana ilmu pengetahuan.

Ilmuan besar banyak dilahirkan di tanah arab, bahkan banyak di antanya yang menjadi peletak dasar dari berbagai cabang ilmu pengetahuan di seluruh dunia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika Eropa dan Amerika sedang mengalami zaman kegelapan di abad pertengahan, Bangsa Arab saat itu sedang mengalami kejayaan yang amat besar.

Kejayaan tersebut tidak hanya dalam konteks kedaulatan negara namun juga dalam konteks wawasan ilmu pengetahuan dan kearifan yang dilahirkan dari ritus keagamaan yang lahir, berkembang dan besar di daerah tersebut.

Lister: Belajar Bahasa Arab untuk Tujuan Akademik Ilmiah

Sebut saja Ibnu Sina, dan Az-Zahrawi, yang berkontribusi penting dalam memberikan pondasi dasar dari keilmuan medis yang sangat berperan besar dalam kemajuan ilmu kedokteran sampai hari ini.

Kemudian Al-khawarizmi yang selain terkenal sebagai penemu aljabar, algoritma dan penomoran. Juga terkenal sebagai peletak dasar keilmuan astronomi dan astrologi. Jika ditanya apa gunanya dan kontribusi keimuan tersebut di masa kini tentu tidak akan dapat dihitung jumlahnya.

Misalnya saja algoritma sangat penting kaitannya dengan perkembangan teknologi saat ini. Semua mesin otomatis yang memudahkan manusia saat ini dapat digerakkan karena adanya prinsip algoritma yang ada di dalamnya.

Kemudian dalam bidang astronomi misalnya, keilmuan tersebut dapat memprediksi cuaca yang bahkan saat ini memiliki akurasi yang sangat tinggi.

Hal itu hanyalah contoh kecil dan sangat sederhana. Akan lebih banyak contoh lain yang mungkin akan kita temukan jika kita melihat lebih dalam terkait beberapa keilmuan di atas yang dilahirkan oleh orang-orang berkebangsaan dan berbahasa arab di atas.

Tidak hanya mereka saja, masih banyak tokoh-tokoh lain berkebangsaan arab yang memiliki kontribusi penting bagi perkembangan dunia sampai saat ini. Tidak hanya dibidang sains dan teknologi, bahkan juga dalam segi filsafat, ekonomi, sosial maupun politik.

Misalnya saja adalah Ibn Khaldun yang banyak menuliskan teori-teori ekonominya yang logis dan realistis bahkan jauh sebelum david richardo dan juga adam smith dalam bukunya Mukaddimah.

Tentu bisa dilihat dari nama buku yang dituliskannya, bahwa buku terbut adalah berbahasa arab. Sehingga jika ingin mempelajari dan membaca sumber utama dari keilmuan yang dicetuskan oleh Ibn Khaldun tersebut perlu mempelajari bahasa arab.

Meskipun telah banyak terjemahan buku-buku para pemikir arab tersebut tetapi sumber awal tentu lebih membuat penasar bagi para akademisi atau peneliti yang memiliki concern tersendiri dalam ilmu pengetahuan.

Para peneliti dan akademisi akan lebih puas menggali dasar keilmuan dari sumber utama langsung, tentunya jika para peneliti tersebut memahami bahasa dari sumber utama tersebut.

Jika tidak, maka mereka akan lebih puas dengan buku terjemahan dan ketika buku terjemahan tersebut tidak sesuai dengan buku aslinya mereka tidak akan tahu sama sekali. Akhirnya terjadi penyesatan dalam ilmu pengetahuan.

Tidak hanya dalam konteks mempelajari keilmuan masa lalu yang dicetuskan oleh orang-orang berbangsa arab dan berbahasa arab yang memiliki pengaruh bagi perkembangnya ilmu dan teknologi saat ini.

Namun Kursus bahasa arab juga sangat penting kaitannya dengan kebutuhan saat ini dan masa depan. Bahasa arab sebagai sebuah bahasa menduduki posisi yang penting dan hampir sejajar dengan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Bahasa Arab tentu bisa dikatakan sangat dominan dalam hal ini, terlebih bahasa ini memiliki legitimasi sebagai bahasa salah satu kitab suci agama terbesar di dunia. Selain itu, sebagai sebuah disiplin ilmu bahasa arab memiliki eksistensi yang setiap saat semakin menguat seperti halnya bahasa inggris.

Dalam konteks akademis tentu bahasa arab juga memiliki peranan yang sangat penting karena sampai saat ini Al-Azhar dan Ummul Qura masih menjadi tujuan utama bagi para mahasiswa muslim yang ingin belajar tekait keilmuan-keilmuan yang berbasis keislaman.

Tentu universitasuniversitas tersebut mensyaratkan mahasiswanya untuk memahami sangat banyak tentang bahasa arab. Tidak hanya dalam konteks bahasa keseharian namun juga bahasa akademis yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Baik secara lisan maupun tulisan

Belajar Bahasa Arab untuk Keperluan Akademis di Lister

Bayangkan saja ketika diri kita menjadi mahasiswa indonesia yang memiliki concern dengan kajian timur tengah. Atau kita yang memiliki keinginan atau bahkan yang sudah belajar di timur tengah.

Meskipun sebagai mahasiswa indonesia namun karena kita tertarik dengan kajian timur tengah, tentu sebagai mahasiswa yang serius belajar kita akan melakukan berbagai cara untuk mempelajari apapun terkait dengan timur tengah.

Tentu gerbangnya melalui bahasa. Bahasa dalam hal ini memiliki pengaruh penting, bahkan ketika pun kita tidak ingin terlalu mendalam mempelajari timur tengah, kita akan butuh setidak melihat berita-berita ataupun peristiwa yang terjadi di timur tengah melalui sumber utama. Sehingga mau tidak mau, meskipun sedikit kita harus belajar bahasa arab.

Atau juga misalnya kita memiliki keinginan untuk belajar terkait keilmuan islam yang lebih mendalam di timur tengah, tentu kita juga akan membutuhkan penguasaan bahasa arab agar kita dapat diterima di salah satu universitas di sana.

Bahkan ketika kita sudah masuk menjadi mahasiswa di temur tengah, misal sebut saja di Mesir. Tentu kita juga akan lebih butuh bahasa arab, tidak hanya dalam percakapan sehari-hari. Namun lebih jauh misalnya dalam menyelesaikan tugas-tugas harian ataupun nantinya juga mengerjakan tugas akhir.

Tidak mungkin permasalahan-permasalahan di atas dapat terselesaikan dengan tanpa menguasai bahasa arab. Terlebih terkait masalah yang terakhir, karena tentu bahasa akademis tidak akan sama dengan bahasa yang diutarakan dalam interaksi sehari-hari.

baca juga

Kita butuh banyak belajar dengan itu dan kita tidak dapat menghindarinya. Namun tidak dapat dipungkiri meskipun kita ada niat belajar kita tahu bahwa bahasa arab mungkin salah satu bahasa yang paling sulit. Untuk itu bisa saja belajar bahasa ini akan sangat membosankan.

Tentu tidak demikian kenyataannya karena saat ini terdapat platform belajar bahasa arab yang praktis, menarik dan juga menyenangkan dengan metodologi yang sesuai dengan setiap kebutuhan. Tidak terkecuali untuk kebutuhan akademik.

Platform ini adalah Lister.co.id. Lister akan membantu impian kita sebagai akademisi untuk menyelesaikan problem-problem di atas dengan mudah.

Kita dapat membaca literatur berbahasa arab, kiita juga dapat meraih impian kita untuk belajar di timur tengah dan lulus tanpa halangan apapun.

Kita juga akan lebih mudah dalam memahami karya para ilmuan besar islam yang memiliki kontribusi penting bagi sejarah kemajuan dunia. Bahkan sampai akhir zaman.

Karena Bahasa adalah gerbang ilmu, maka masuk dan keluanya pun akan melalui tempat yang sama. Yaitu gerbang tersebut. Untuk itu, silahkan kunjungi website Lister.co.id secepatnya !

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh