Mailchimp

SEO UNDERCOVER CO ID 90
Jasa

Undercover.co.id – Mailchimp adalah Platform marketing lengkap yang khusus di buat untuk bisnis kecil. Saat ini Mailchimp sudah memiliki jutaan pelanggan di seluruh dunia.

Mailchimp membantu para pelanggannya dalam memulai dan mengembangkan bisnis mereka melalui teknologi pemasaran pintar yang disediakan oleh Mailchimp.

Platform ini juga memberikan berbagai dukungan dengan menyediakan banyak konten yang sangat menginspirasi.

Berdiri pada tahun 2001 dan berkantor pusat di Atlanta dengan kantor tambahan di Brooklyn, Oakland, dan Vancouver.

Saat ini Mailchimp masih 100% dimiliki oleh pendiri, sehingga menggunakan platform ini akan sangat menguntungkan.

Visi Para Pendiri Mailchimp

Mailchimp didirikan oleh Ben Chestnut dan Dan Kurzius. Mereka memulai bisnis dengan mendirikan sebuah agen design web bernama Rocket Science Group.

Bisnis tersebut memiliki fokus pada klien skala enterprise atau korporat besar. Namun, disamping hal tersebut mereka sadar akan pentingnya pasar di industri yang kecil dan sedang berkembang.

Sehingga hal ini membuat mereka juga merancang dan menciptakan layanan email marketing yang menyenangkan untuk bisnis kecil.

Layanan email marketing ini yang kemudian dinamakan Mailchimp. Platform yang dirancang sebagai alternatif dari perangkat lunak email yang sangat besar dan mahal di awal tahun 2000-an.

Gebrakan teknologi ini membuat para pemilik usaha kecil juga dapat mengakses berbagai teknologi pendukung untuk keperluan marketing mereka yang sebelumnya tidak dapat diakses karena mahal.

Para pemiliki usaha kecil dalam hal ini dapat memiliki akses terhadap kepemilikan alat dan sumber daya kelas atas sehingga mampu bersaing dengan industri yang lebih besar.

Hal ini tentu juga sangat berguna untuk membantu industri kecil agar dapat berdaya dan bertumbuh dengan baik.

Ben dan Dan menyadari bahwa mereka memiliki DNA yang berguna untuk memahami bisnis kecil ini, sehingga mereka sangat senang melayani para pebisnis yang baru mulai membangun usahanya.

Hal ini dikarenakan mereka juga tumbuh dari bisnis kecil. Ben tumbuh dengan membantu ibunya di salon rambut yang mereka jalankan di rumah, sedangkan orang tua Dan mengelola toko roti.

Melalui Mailchimp, mereka menemukan bahwa bekerja untuk bisnis kecil memberi mereka kebebasan untuk menjadi lebih kreatif dan cepat beradaptasi dengan kebutuhan mereka.

Sehingga pada tahun 2007, Ben dan Dan memutuskan untuk menutup biro desain web dan fokus secara eksklusif pada Mailchimp.

Sehingga selama beberapa tahun terakhir, mailchimp telah meluncurkan banyak channel dan fungsi baru. Misalnya iklan digital posting sosial, CRM Pemasaran, dan landing page yang dapat dibeli.

Kemudian ada juga kartu pos, situs web, alat konten pintar, otomatisasi lanjutan, dan banyak lagi. Sehingga hal ini membuat Mailchimp ini tidak hanya sekedar alat pemasaran email tetapi telah menjelma menjadi Platform Pemasaran all-in-one.

Mailchimp
Mailchimp

Perkembangan Mailchimp

Mailchimp mulai membuka layanan berbayar pada tahun 2009. Selama satu tahun setelah dibuka layanan premium ini basis penggunanya menjadi berkembang dari 85.000 menjadi 450.000. 

Pada Juni 2014, dilaporkan bahwa Google telah mengirimkan lebih dari 10 miliar email per bulan atas nama pengguna Mailchimp. 

Kemudian pada tahun 2017, perusahaan email marketing ini tercatat mendapatkan 14.000 pelanggan baru setiap hari.

Pada tahun 2016, Mailchimp berhasil menduduki peringkat No. 7 di daftar Forbes Cloud 100. Bahkan pada Februari 2017, perusahaan tersebut dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling Inovatif di Fast Company.

Pada Agustus 2017, Mailchimp dilaporkan akan mulai membangun dan membuka kantor cabangnya di Brooklyn dan Oakland, California.

Mailchimp juga melakukan akuisisi terhadap pesaingnya yang lebih kecil, yaitu LemonStand, pada Februari 2019.

Kemudian setelah itu Mailchimp mulai memikirkan untuk menjadi platform yang tidak hanya melakukan distribusi surat tetapi juga beralih ke platform yang lebih lengkap untuk ditujukan ke industri kecil.

Tujuan tersebut membuat Mailchimp kemudian melakukan sejumlah gerakan. Salah satunya adalah melakukan akuisisi Courier pada Maret 2020. Tujuannya adalah demi pertumbuhan internasional

Courier merupakan perusahaan media dan majalah yang berbasis di London. Majalah ini memiliki 100.000 pembaca di lebih dari 26 negara.

Berbagai Keunggulan Mailchimp

Mailchimp telah berdiri bahkan lebih dari dua dekade sehingga memiliki pengalaman panjang di servis yang digelutinya, yaitu email marketing.

Platform ini juga telah memiliki ratusan ribu pengguna dan bahkan milyaran email dari pengguna Mailchimp telah disebarkan oleh Google.

Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri yang membuat para pengguna lebih tertarik menggunakan platform ini dibandingkan yang lain.

Berikut keunggulan-keunggulannya:

  1. Fitur-fiturnya yang dibuat sangat mudah digunakan bahkan oleh para pemula.
  • Para pengguna dapat membuat template email HTML tanpa harus menguasai coding sedikitpun.
  • Terintegrasi ke semua software atau CMS populer semacam WordPress, Shopify, Wufoo, Salesforce, Eventbrite, dan SurveyMonkey.
  • Mudah melakukan sinkronisasi data, mengimpor konten dari sumber lain, sekaligus melacak pendapatan.
  • Dapat dioperasikan melalui tablet atau perangkat mobile lainnya seperti smartphone dan Apple Watch.
  • Memiliki banyak fitur seperti otomatisasi marketing, A/B Testing, fitur khusus optimasi e-commerce, analisis mendalam, segmentasi dan lain-lain

Otomatiskan Kampanye Melalui Fitur Otomatisasi Marketing

Melalui fitur otomatisasi marketing pengguna tidak perlu melakukan pengiriman email satu persatu yang menghabiskan waktu dan tenaga.

Fitur otomatisasi ini dapat membantu pengguna untuk mengirimkan email secara otomatis dengan mengerjakan task secara berulang sesuai dengan keinginan kita.

Pengguna juga tidak perlu mengawasi secara penuh proses pengiriman otomatis tersebut, cukup dibiarkan di latar belakang browser dan sembari mengerjakan pekerjaan lain.

Melalui cara ini para pengguna bisa menyambut subscriber baru atau juga menjangkau orang yang sudah memesan barang dan meniggalkan ke keranjang tapi tidak juga dibeli.

Bisa juga merayu pelanggan  agar loyalitasnya kepada produk kita kembali seperti semula. Tentu Mailchimp ini sangat bagus bagi perkembangan bisnis kita.

baca juga

    Tingkatkan Relevansi Pemasaran

    Analisis pasar dan pelanggan sangat diperlukan dalam upaya untuk meningkatkan relevansi pemasaran dari produk kita.

    Cara paling mudah adalah menggunakan fitur e-commerce yang disediakan oleh Mailchimp yang memungkinkan kita untuk dapat mempelajari produk seperti apa saja yang pelanggan beli.

    Melalui data dan informasi tersebut kita dapat melakukan konversi dan meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan juga relevansi dari pemasaran yang kita lakukan.

    Kita juga bisa menyambungkan website jualan kita ke Mailchimp agar dapat mengambil informasi pesanan dan membuat kampanye yang tertarget

    Kemudian juga dapat melakukan otomatisasi terhadap tindak lanjut yang aka dilakukan untuk produk yang kita miliki serta dapat juga mengirimkan pemberitahuan pesanan yang sudah dipersonalisasi.

    Selain itu juga tersedia grafik interaktif yang akan menunjukkan kepada para pengguna seberapa banyak email yang dikirim, berapa banyak orang yang membuka email tersebut, berapa persentase yang diklik, dan lain sebagainya.

    Hal ini sangat berguna untuk mengamati pertumbuhan marketing yang telah kita lakukandari waktu ke waktu, bahkan para pengguna juga bisa melacak engagement berdasarkan lokasi.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!