8 Manfaat Terbesar Email Marketing

https://undercover.co.id/ –  Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang sering dilakukan bagi bisnis online. Adanya email marketing membuat bisnis yang anda jalankan dapat berkembang ke depannya.

Selain itu, adanya email marketing membuat pengusaha dapat terhubung secara terus menerus kepada para pelanggannya. Hal ini membuat antara kedua belah pihak dapat terjaga baik dan saling evaluasi yang diperlukan dalam jangka panjang.

Anda dapat memulainya dengan memberikan promosi atau informasi mengenai barang atau produk yang dijual lewat email marketing. Anda juga dapat mengirimkan lewat email marketing terhadap calon pelanggan.

Berikut dipaparkan beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online. Hal ini tentu bertujuan dalam memberi keuntungan antar kedua belah pihak.

Bersifat Personal

Email marketing sering bersifat personal atau pribadi. Sifat email marketing yang bersifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar dari pelanggan yang ada atau calon pelanggan. Saat pelanggan atau calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari anda, maka akan terasa jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang anda kirimkan.

Informasi Cepat dan Praktis

Jika melakukan penawaran atau promosi suatu produk lewat media surat pos tentu dianggap tidak praktis dan membutuhkan waktu lama dibanding email. Adanya email marketing dapat mempermudah segala hal termasuk menjangkau para pelanggan secara mudah dan cepat pula kare menggunakan email yang langsung dapat diterima dimanapun anda berada.

  1. Hemat Biaya

Seringkali dalam suatu bisnis online, biaya pemasaran memegang peranan penting karena diperlukan biaya cukup besar jika ingin mengembangkan usaha bisnis ini lewat keuntungan yang didapatkan dari penawaran atau promosi suatu produk. Adanya email marketing membuat biaya yang ditanggung lebih ringan dibanding dilakukan secara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya.

8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%  

Selain itu,  tingkat responsif dari pelanggan lebih tinggi jika menggunakan email marketing. Hal inilah yang membuat email marketing menjadi metode promosi yang paling diincar oleh banyak pengusaha. Beberapa pengusaha mengeluarkan biaya sekitar $19/bulan untuk melakukan pengiriman 10.000 email yang berisi penawaran produk pada pelanggan.

Jika anda masih memiliki usaha kecil-kecilaan, anda dapat menggunakan email marketing lewat akun email yang dapat dibuat secara gratis akunnya seperti Yahoo, Google, dan sebagainya. Adanya email marketing juga memberikan kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan Email berbayar dibanding yang gratis dengan kuota yang lebih besar serta memiliki tingkat keamanan yang pasti terjamin.

baca juga

Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang anda lakukan lewat email marketing dapat diukur setiap waktunya dan dilakukan evaluasi yang dinilai dengan melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan serta respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Setelah itu, lakukan analisa sehingga setiap kekurangan yang ada dapat diperbaiki serta hal-hal lain dapat dievaluasi untuk perkembangan dari bisnis online anda.

Penyedia iklan juga dapat mengukur statistik hasil dari kampanye produknya lewat Email dengan mudah. Anda juga dapat melakukan pelacakan bagi pelanggan yang kembali serta tidak bisa dimonitoring sehingga dapat dicarikan solusi terbaiknya.

Dibandingkan menggunakan surat, sulit melakukan pemasaran serta sulit melakukan evaluasi kepada pelanggan-pelanggan yang dituju. Sedangkan lewat email marketing semua dapat dimungkinkan. Pemasaran lewat email marketing membuat anda dapat melacak siapa saja yang telah membuka pesan anda, mengetahui apa yang klien email mereka gunakan.

baca juga

Kerjasama Dengan Pelanggan

Adanya email marketing, membuat pengusaha dapat berinteraksi lebih dalam dengan pelanggannya. Anda bisa menjalin hubungan yang baik serta saling memberikan saran yang membangun untuk perkembangan bisnis online anda. Email yang anda kirimkan tidak hanya dalam bentuk penawaran atau promosi saja, anda dapat memberikan beberapa tips atau informasi penting dengan cara yang lebih mudah.

Customizeable

Tidak hanya bersifat menebak-nebak apa saja pesan yang akan beresonansi dengan kebanyakan orang, anda dapat segmen penerima email dan penggunaan tag substitusi agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan anda. Hal ini membuat hubungan yang tercipta lebih personal serta mendorong keterlibatan yang lebih tinggi.

Uji pemasaran

Pemasaran yang baik dinilai dari seberapa mampu anda menguji berbagai hal. Adanya pemasaran email, membuat segalanya serba mudah baik untuk melihat apa yang grafis, segala penawaran atau promosi produk, atau berita utama kemudian pelanggan akan menaggapinya.

Adanya fasilitas yang disediakakn oleh layanan email membuat penggunaannya mudah dilakukan dengan cara mengirim satu versi email kepada salah satu pelanggan yang telah anda list.

Setelah itu, anda dapat melakukan pelacakan siapa saja yang telah merespon terhadapat berita yang anda kirim tersebut, siapa yang berhenti berlangganan, siapa saja yang tidak membaca email anda, hingga siapa yang berhasil masuk ke website anda dan melakukan pembelian terhadap produk bisnis anda. Oleh karena itu, email marketing dapat digunakan sebagai uji pemasaran yang tepat.

baca juga

    Mudah dibagikan

    Adanya email marketing, membuat para pelanggan dapat berbagi segala penawaran produk serta membagikannya kepada teman-teman yang lain. Pelanggan yang berbagi email, bertindak sebagai pendukung dari merek produk anda. Ini adalah sebuah keuntungan yang membuat pelanggan anda terus bertambah seiring waktunya. 8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%

    Leave a Comment