Manfaat SEO Google Untuk Usaha Kecil

Undercover.co .id Medium Quality 22 scaled

https://www.undercover.co.id – Barangkali tidak banyak pebisnis UKM yang mengenal Search Engine Optimization (SEO) untuk mendongkrak penjualannya di ranah online.

Padahal SEO merupakan kunci penting bagi para bisnis online yang memanfaatkan website sebagai kanal jualannya.

Maraknya penggunaan content marketing seperti artikel membuat para pemilik website berupaya untuk memaksimalkan teknik-teknik SEO agar konten mereka semakin banyak dikunjungi.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Godaddy.com menunjukkan bahwa semakin baik teknik SEO dari sebuah konten dapat meningkatkan peluang closing hingga 15%.

Mengenal Seluk Beluk tentang SEO

Search Engine Optimization dapat diartikan secara harafiah menjadi teknik atau kaidah-kaidah untuk mengoptimalisasi sebuah konten agar ditemukan oleh mesin pencari.

SEO menjadi salah satu teknik penting dalam dunia bisnis onilne karena ketergantungan orang akan mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan informasi.

Google pernah mengemukakan bahwa mesin pencarinya dapat digunakan oleh lebih dari 3,2 milyar orang dalam satu detik pencarian.

SEO sendiri pertama kali digunakan ketika seorang ahli internet bernama Danny Sullivan pada tahun 1997.

Pada masa di mana internet baru dikenal oleh banyak orang, Danny berhasil menemukan fenomena para pengelola website mencoba untuk meningkatkan visibilitas website dengan memodifikasi isi konten.

Banyaknya orang yang memanfaatkan SEO untuk mendorong laman situs bisnis mereka membuat pengaplikasian SEO berkembang menjadi sebuah teknik pemasaran.

Beberapa perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri bahkan mendedikasikan sebuah posisi khusus untuk mengurus SEO website bisnis perusahaan.

Pentingnya SEO juga terlihat dari adanya acara tahunan yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan digital marketing di seluruh dunia yang membahas perkembangan algoritmas SEO bersama dengan para pebisnis online.

Seiring perkembangan zaman, teknik-teknik maksimalisasi SEO kemudian menjurus menjadi dua aliran utama, teknik White SEO yang mengandalkan strategi optimalisasi kata kunci dan Black SEO yang mengandalkan manipulasi algoritma.

Kelebihan SEO untuk UKM Online

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pemasaran bisnis online, mau tidak mau para pelaku bisnis online harus dapat meningkatkan teknik SEO-nya ditengah persaingan ketat.

Beberapa manfaat SEO bagi pengembangan bisnis online terutama bagi para pelaku UKM antara lain.

Dapat menghemat Biaya

Seiring perkembangan bisnis online serta semakin dekatnya era revolusi industri 4.0, maka beberapa media pemasaran tradisional lambat laun akan ditinggalkan karena biayanya yang mahal dan tidak lagi efektif.

Salah satu kelebihan memaksimalkan SEO untuk mendukung bisnis online dari UKM adalah relatif tidak memakan banyak biaya.

Meskipun faktanya seorang praktisi SEO memiliki tarif konsultasi yang cukup tinggi, namun bukan berarti SEO tidak dapat dipelajari oleh orang awam.

Karena ditujukan untuk menarik perhatian algoritma pencari, maka SEO dapat diterapkan untuk mendorong trafik website bisnis online tanpa ada biaya tambahan selain gawai.

Namun untuk dapat terus memaksimalkan SEO, para pebisnis online harus mengikuti perkembangan perubahan algoritma mesin pencari yang bisa ditemukan dalam bentuk webinar atau seminar-seminar tatap muka.

bac ajuga

    Membantu Membangun Brand anda

    SEO amat berkorelasi dengan penggunaan content marketing sebagai taktik pemasaran bagi bisnis online.

    Content marketing biasanya dapat berupa artikel ataupun video yang ditujukan untuk membangun koneksi antara sebuah brand dengan konsumen.

    Penggunaan content marketing ini marak dikenal sebagai salah satu contoh inbound marketing yaitu pemasaran yang berfokus untuk menarik konsumen.

    Dengan mengaplikasikan SEO pada content marketing dari bisnis, maka peluang konsumen untuk terkoneksi dengan sebuah brand akan semakin besar.

    Hal ini dapat terjadi jika sebuah artikel website memiliki backlink yang memiliki korelasi dengan konten yang disajikan.

    Sebuah konten website yang menerapkan SEO secara baik akan memiliki banyak backlink yang mampu mendorong akses pengunjung.

    Oleh karena itu, semakin banyak backlink yang dikunjungi, maka semakin bagus tingkat pengenalan pengunjung kepada bisnis atau produk yang ditawarkan.

    Membangun Database Konsumen Anda

    Selain membantu meningkatkan visibilitas brand anda, SEO juga dapat membantu pelaku bisnis online untuk mengumpulkan basis data calon konsumen.

    Apabila situs bisnis online anda semakin mudah ditemukan di situs pencari, maka semakin besar jumlah pengunjung dari situs bisnis online anda.

    Hal ini dapat anda manfaatkan untuk mengumpulkan kontak pengunjung atau lead sebanyak mungkin.

    Basis data konsumen ini bisa digunakan untuk mendukung metode pemasaran digital lainnya seperti penggunaan iklan berbayar ataupun blasting email marketing.

    Memaksimalkan SEO untuk mendukung bisnis UKM online

    Pada dasarnya tingkat keberhasilan SEO amat tergantung dengan seberapa besar kualitas elemen pendukungnya.

    Elemen-elemen pendukung  SEO ini dibagi menjadi dua kategori SEO yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

    SEO On-page merupakan indikator kualitas SEO dari sebuah konten yang dilihat dari elemen-elemen yang membangun sebuah situs.

    Beberapa elemen pendukung yang termasuk ke dalam SEO on-page meliputi

    Keywords

    Keywords atau kata kunci merupakan salah satu elemen yang dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari dalam menentukan sebuah laman situs layak mendapat peringkat bagus atau tidak.

    Biasanya, algoritma mesin pencari akan mencoba mencari dan memetakan referensi kata kunci yang banyak digunakan oleh para pengguna.

    Semakin relevan kata kunci yang digunakan dalam website dengan referensi populer dari algoritma maka kemungkinan besar laman situs akan terindeks atau terangkat di laman depan pencarian.

    Untuk menentukan kata kunci yang efektif, anda bisa memanfaatkan peralatan seperti Google Keywords atau Google Trends yang menyajikan kata kunci yang populer secara real time.

    baca juga

      Title Tag dan Deskripsi Laman

      Title Tag dan deskripsi laman merupakan identitas dari sebuah laman situs.

      Karena merupakan identitas dan pengenal dari isi konten, title tag dan deskripsi dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari sebagai indikator bagus tidaknya sebuah konten untuk diindeks.

      Untuk menciptakan title tag yang berkualitas, pemilik situs harus memperhatikan beberapa macam kaidah seperti jumlah tulisan dan isi tulisan

      Isi Konten

      Sebagai jantung dari konten yang disajikan kepada target konsumen maupun pengunjung laman, isi konten memiliki proporsi terbesar bagi algoritma untuk menentukan sebuah laman dapat diindeks atau tidak.

      Semakin relevan isi konten dengan title tag yang disajikan dan kata kunci yang digunakan, maka semakin besar peluang laman situs untuk diindeks.

      Heading

      Heading atau subjudul ditujukan untuk memberi pengarahan bagi pembaca untuk menangkap informasi dari konten yang disajikan.

      Selain untuk pembaca, heading atau subjudul dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari untuk dicocokan dengan relevansi sebaran kata kunci yang digunakan.

      Selain SEO on-page, elemen lain yang menjadi pertimbangan algoritma mesin pencari untuk mengindeks adalah elemen off-page atau di luar dari elemen internal situs.

      Yang dimaksud dengan elemen off-page ini ialah backlink-backlink atau tautan pranala yang berasal dari situs lain.

      Salah satu alasan algoritma mempertimbangkan backlink tidak berbeda jauh dengan elemen-elemen lain yaitu untuk menilai relevansi dan tolok ukur kualitas dari sebuah konten.

      Tidak semua backlink diperlakukan sama oleh algoritma pencari karena tergantung dari kualitas backlink yang dihadirkan.

      bac ajuga

        Mengaplikasikan SEO untuk Content Marketing Bisnis UKM Online

        Era revolusi digital mendorong perubahan perliaku konsumen dan pola interaksi antara bisnis dengan target konsumennya.

        Salah satu inovasi pemasaran yang disediakan oleh teknologi digital adalah SEO yang menjadi fenomena seiring masifnya penggunaan mesin pencari oleh orang banyak untuk memecahkan masalah mereka.

        Dibutuhkan ketelatenan dan keuletan yang luar biasa bagi pebisnis online untuk dapat memformulasikan dan menerapkan SEO sebagai bagian strategi pemasaran UKM agar naik kelas.

        Ad Blocker Detected

        Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

        Refresh
        error: Content is protected !!