Mau Tau Pembuat Komik Marvel Asal Indonesia, Simak Kisahnya !

Categories: Artikel BISNIS

undercover.co.id – Mau Tau Pembuat Komik Marvel Asal Indonesia, Simak Kisahnya ! |   Bila kita bicara seseorang komikus, jadi memanglah kita bakal menjumpai banyak nama. Namun Apabila Anda menunjuk komikus yang dapat menembus perusahaan buku komik asal Amerika Serikat  Marvel Comics , jadi kita cuma bakal memperoleh cuma sebagian nama. Serta satu diantara orang Indonesia yang sudah berhasil kerjakan sebagian proyek di Marvel Comics itu yaitu Sunny Gho.

Dengan kecintaannya pada komik serta kesungguhannya belajar menggambar, pria kelahiran Jakarta, 18 Agustus 1982 ini juga pada akhirnya dapat mengekspresikan komik Indonesia jadi satu prestasi membanggakan. Lantas seperti apakah cerita pendiri Stellar Labs ini? Tersebut penjelasannya.

Pembuat Komik Yang Tidak Menyerah serta Selalu Berusaha

Walau terasa salah mengambil jurusan kuliah lantaran harapannya untuk memperoleh pengetahuan menggambar di jurusan Design Komunikasi Visual, Universitas Trisakti tidak terwujud, tetapi Sunny tidak ingin menyerah. Ia selalu berupaya supaya ia dapat meraih cita-citanya jadi comic artist.

Lantaran tidak memperoleh pengetahuan yang diinginkan di universitas, Sunny juga berhimpun dengan club Design Comic Society di kampusnya. Dari sana, Sunny serta beberapa rekannya ikuti pameran di Minggu Komik Nasional Kampus Petra Surabaya, th. 2002.

Kecintaan Sunny Gho (33) pada komik tidak menyurutkan langkahnya walau terasa salah mengambil jurusan kuliah. Beragam langkah dikerjakannya untuk tetaplah dapat berkarya bikin komik, hingga lalu membangun Stellar Labs serta jadi satu diantara penggagas festival budaya popular, Popcon Asia, di Jakarta. “Aku memanglah sukai komik dari tidak besar.

Mau Tau Pembuat Komik Marvel Asal Indonesia, Simak Kisahnya ! Dengan harapan memperoleh pengetahuan menggambar, saya pilih kuliah di Jurusan Design Komunikasi Visual, Kampus Trisakti. Namun, nyatanya, disana jadi tidak diajarin menggambar, kecewa juga, sih, ” kata Sunny menceritakan permulaan perjalanan karirnya sebagai comic artist.

Artikel lain : usaha-kreatif-jasa-bikin-komik-di-bandung-indonesia/

Untuk mengasah kemampuannya, Sunny berhimpun dengan club Design Comic Society di kampusnya. Walau terasa tidak dapat meningkatkan bakatnya tambah baik, Sunny berbarengan beberapa rekannya ikuti pameran di Minggu Komik Nasional Kampus Petra Surabaya, th. 2002. Di acara itu, Sunny berjumpa dengan adanya banyak komikus dari Bandung Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, serta Jakarta serta temukan bakatnya di bagian calorist serta semangat suksesnya.

Sunny Bertahan Dengan Komik

Ketika kuliah, Sunny bekerja di PT Elex Media Komputindo dengan kerjakan satu komik-komiknya. Disana, Sunny diwajibkan memberi warna komik dengan computer. Walau awalannya tidak sangat memahami, tetapi dengan cara bertahap Sunny dapat kuasai tehnik memberi warna komik dengan computer memakai stylus. Namun lantaran keasyikan bekerja, Sunny mesti memikul mengakibatkan terlambat lulus kuliah.

Selepas lulus kuliah sendiri, Sunny sendiri selalu bertahan dengan dunia komiknya serta tidak ingin turut beberapa rekannya yang bekerja di bagian advertising. Walau tidak lagi kerjakan komik Elex lantaran komik lokal terbitannya dihentikan, Sunny lalu memperoleh pekerjaan dari orang Jerman yang lihat karyanya di Devianart.

Kerjakan Komik Marvel serta DC Comics

Pada th. yang sama yakni 2006, Sunny juga berhimpun dengan studio komik Imaginary Friends Studio di Singapura. Dalam soal ini Imaginary Friends Studio ini tawarkan Sunny satu kerja sama juga dengan bangun cabang di Jakarta.

 

Lantaran hal berikut lalu bikin Sunny sebagai managing director mesti menghimpun sebagian komikus Untuk membangun cabang studio komik Imaginary Friends Studio itu. Nah di cabang studio dari Singapura berikut, Sunny serta 30 komikus kerjakan komik Marvel serta DC Comics.

Baca juga : bisnis-lampu-roda-dua-dan-empat-yang-bersinar-terang/

Makko Publishing Bangun Studio Komiknya Sendiri

Dari kemampuannya yang makin bertambah, Sunnny lalu meningkatkan dianya untuk bangun industri komik lokal dnegan membangun Makko Publishing.

Makko Publishing sendiri melayani penerbitan komik lokal di internet seperti di majalah Hai th. 2010. Walau cuma jalan setahun tetapi Makko pernah menorehkan prestasi dalam industri kreatif yakni dengan memenangi Silver Award di 6th International Manga Award di Jepang dari komiknya yang berjudul “5 Menit Sebelumnya Tayang” karya Ockto Barimbing serta Muhammad Fathanatul Haq.

Pada th. 2012, Sunny Gho mengambil keputusan tidak bergerak bekerja bersama dengan Imaginary Friends Studio untuk membangun Stellar Labs .

Dengan tetaplah kerjakan sebagian komik dari luar negeri, Sunny selalu berupaya meningkatkan komik lokal dengan content khas Indonesia. Dari sinilah lalu Sunny berbarengan Grace Kusnadi serta Marlin Sugama pada th. 2012 menggagas festival budaya popular Popcon Asia.

Sesudah Stellar Labs selesai di th. 2014, saat ini Sunny sendiri menjabat sebagai executive Director Glitch Network serta CEO Kosmik Publishing (2015-sekarang). Mau Tau Pembuat Komik Marvel Asal Indonesia, Simak Kisahnya !

 Undercover Advertising agency

Your Thoughts