Published On: Mon, Aug 31st, 2015

Media Informasi Digital Kompas.com

Media Informasi Digital Kompas.com | www.undercover.co.id Kebutuhan akan informasi menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri saat ini. Akses informasi menjadi kian mudah, dengan tanpa batasan entah itu jarak atau waktu. Kebutuhan informasi ditanggapi oleh berbagai pihak untuk menyediakan sebuah media yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Seiring berkembangnya waktu, perkembangan media informasi mengalami perkembangan yang signifikan dari mulai media cetak, hingga saat ini media online. Perkembangan tersebut mengikuti perkembangan teknologi yang pun menjadi basis bagi perkembangan media informasi. Hingga kini, berbagai akses dengan jangkauan yang mudah bisa diperoleh, dari mulai sarana media cetak, audio visual, hingga aplikasi berbasis komputer atau smartphone.

Sekilas Kompas Gramedia

Salah satunya adalah kompas. Sebuah nama yang begitu familiar dengan media informasi, yang sejatinya merupakan bagian dari nama anak perusahaan Kompas Gramedia. Kompas Gramedia perusahaan yang bergerak di media informasi ini, kini bertransformasi menjadi salah satu media informasi terbesar di Indonesia.

Kompas Gramedia memiliki reputasi yang telah berdiri lama, sehingga dikenal oleh banyak pelanggan, baik itu oleh pembaca koran, pemirsa televisi, bahkan sampai pengguna internet atau netizen. Berbagai inovasi yang dilakukan oleh Perusahaan Kompas gramedia, menjadi sebuah perusahaan multiplatform adalah untuk menghadirkan informasi dan berita secepat mungkin, sehingga menjadi sumber referensi dan inspirasi bagi para pelanggannya.

Undercover Kompas Gramedia menyadari potensi yang terus berkembang ini, dengan mengembangkan sebuah website yang menjadi portal berita bertajuk kompas. Situs yang beralamat di kompas.com ini selain menghadirkan berita-berita yang sifatnya formal, juga menghadirkan informasi-informasi ringan yang bersifat entertainment. Meskipun sebenarny tidak hanya kompas, akan tetapi semua situs yang berafiliasi dengan media internet kini harus menghadirkan informasi yang bersifat entertainment menjadi bagian dari program yang akan di tampilkan. Hal ini tidak terlepas dari mayoritas pengguna internet adalah anak muda yang senang dengan informasi yang dikemas menyenangkan.

Kompas.com

Berdiri sejak tahun 1998, Kompas.com mengawali langkahnya sebagai media informasi dengan nama kompas online. Dengan konsep awal yang sederhana yaitu hanya sebagai Kompas edisi internet dari kompas harian yang melalui media cetak. 10 tahun kemudian, Kompas bertransformasi menjadi sebuah portal berita informasi online yang lebih profesional. Konsep yang dipakai tidak lagi sesederhana dulu, kini kompas menjadi lebih kaya, lebih segar, lebih elegan, dan tentunya tetap mengedepankan user-friendly dan advertiser-friendly.

Kini Kompas.com menjadi salah satu situs portal berita terbesardengan pengunjung aktif di awal tahun 2008 yang mencapai 20 juta pembaca aktif per bulan, dan kini telah mencapai 120 juta page view perbulan.

Berbagai pilihan berita di kemas oleh kompas.com dengan pilihan dan tampilan yang menarik. Pilihan berita seperti Nasional, internasional, olahraga, ekonomi, olahraga, bola otomotif, kesehatan dan yang lainnya, menghadirkan berbagai alternatif pilihan pada saat mencari informasi terbaru yang diinginkan. Belum lagi dua pilihan yang menjadi alternatif tersendiri yaitu foto dan video yang menjadi alternatif informasi selain dari media teks. Selain itu ada juga kanal berita lain yang memungkinkan pembacanya untuk mendapat informasi seperti potensi bisnis di properti, atau informasi mengenai lowongan kerja melalui kanal karir.

Tampilan Kompas.com

Berbagai tampilan kanal pun disesuaikan dengan target segmentasi pengunjung, seperti kanal enterainment dengan warna-warna yang mecolok, dan kanal female dengan warna-warna yang menyejukkan. Dengan demikian, pengunjung tidak akan merasa bosan, dan akan betah berlama-lama untuk mencari informasi yang penting dan menarik lainnya.

Begitupun dengan sistem penulisan yang dirancang berdasarkan aturan jurnalistik online, juga di desain agar tampilan tidak terlalu monoton. Layaknya sebuah situs berita online, setiap artikel akan mengarahke artikel lain, baik itu secara hyperlink, atau secara rekomendasi artikel lainnya. link-link tersebut diatur sedemikian rupa sehingga tidak terkesan berantakan. Rekomendasi berita lain, juga disesuaikan dengan relevansi artikel yang sedang di baca, sehingga pembaca akan diberi pilihan untuk menggali lebih dalam tentang informasi tertentu, atau meluaskan pencarian ke informasi lainnya.

Integrasi dengan program lain

Selain dari kompas.com, beberapa anak perusahaan Kompas Gramedia pun melakukan manajemen yang terintegrasi salah satuny seperti dengan kompasTV. Kompas.com menyiarkan streaming yang live juga berbagai rekaman siaran yang bisa diakses kapan saja. Sementara itu, kompas tv yang juga telah mengudara dalam jaring UHF, pun dalam beberapa kesempatan akan menampilkan promo atau berita yang terdapat dalam kompas.com. Dengan demikian, sistem yang terintegrasi antara dua anak perusahaan dari kompas gramedia ini akan saling melengkapi.

Baca Juga
Apple dan-ios-kalau-bukan-apple-ya-berarti-jeruk/

Sebuah konsep inovatif dibangun oleh kompas yaitu komunitas menulis dengan nama kompasiana. Disini para penulis bisa berkontribusi secara mandri dengan berbagai informasi yang didapat dari peristiwa, menyampaikan pendapat atau gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuki tulisan atau berupa fila audio visual. Kompasiana menjadi salah satu komunitas penulis paling besar, yang setiap harinya melahirkan 300 – 400 judul tulisan dengan anggota mencapai 50.000 anggota. Banyak juga para tokoh atau aktivis yang menyalurkan gagasan dan opininya melalui kompasiana ini, karena kompasiana pun memiliki pengunjung yang cukup banyak.

Pada akhirnya, Kompas.com sebagai salah satu dari produk kompas gramedia, menjadi sebuah layanan informasi yang menarik, dan tetap akurat, serta terpercaya, sebagai bahan referensi dan inspirasi bagi para pembacanya. Media Informasi Digital Kompas.com

jasa seo dan internet marketing
Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Beritaseo says:

    Everything is very open with a really clear clarification of the
    challenges. It was really informative. Your site is useful.

    Thank you for sharing!

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>