Media Spesialist Khusus Portal Dengan Market Gen Y dan Z

Categories: Artikel BISNIS
jasa seo

Undercover.co.id-Bekerja di Google tentu merupakan impian semua anak muda yang punya passion terhadap teknologi digital. Bagaimana tidak, saat ini Google merupakan perusahaan search engine terbesar di dunia dengan segala fasilitas dan kemewahan yang siap diberikan kepada karyawannya. Ternyata hal ini tidak berlaku bagi Winston Utomo.  Anak muda lulsan Master jurusan Business Negotiation di Columbia University, Amerika Serikat ini justru meninggalkan Google demi membesarkan usaha yang dia buka bersama adiknya William Utomo yaitu IDNMedia.

Bagaimana perjalanan Winston bersama IDNMedia dan ambisinya menjadikan media ini sebagai portal pilihan Gen Y dan Z masa depan? Uraian dibawah ini akan mengulas prospoek bisnis masa depan ini.

IDNMedia Berawal dari Hobi Menulis, dan Ternyata Menjadi Viral

Winston dan William Utomo

Winston dan William Utomo

Bisnis yang baik berawal dari hobi, begitupun IDN Media. Waktu itu Winston sebagai CEO dan Editor in Chief mendapat ide ketika ia bekerja sebagai Account Specialist di Google Singapura. Diwaktu senggangnya, dia Ia iseng-iseng menulis sebuah artikel di laman miliknya. Ternyata tulisan yang dia buat malam harinya tersebut banyak peminatnya dan menjadi viral di media sosial. Dari sini dia melihat adanya peluang untuk menciptakan konten khusus untuk generasi Y dan Z.

baca juga: brand-bisnis-indonesia-yang-unik-dan-sukses

Siapakah Generasi Y dan Z ini?

Awal mula istilah Generasi X, Y dan Z digunakan untuk merujuk kepada kelompok generasi dalam kumpulan umur tertentu. Pertama kalinya Don Tapscott dalam bukunya Grown Up Digital membagikan demografi penduduk kepada beberapa kelompok berikut:

  1. Pre Baby Boom (lahir pada 1945 dan sebelumnya)
  2. The Baby Boom (lahir antara 1946 – 1964)
  3. The Baby Bust (lahir antara 1965 – 1976) – Generasi X
  4. The Echo of the Baby Boom (lahir antara 1977 – 1997) – Generasi Y
  5. Generation Net (lahir antara 1998 hingga kini) – Generasi Z
  6. Generation Alpha (lahir pada 2010) – Generasi A

Mengapa IDNMedia Mengincar Market Gen Y dan Z, Bagaimana Strateginya?

IDNMedia melihat beberapa ciri-ciri yang mencolok di kalangan “Generasi X” (berumur antara 34 hingga 46 tahun) dan “Generasi Y” (berumur antara 13 hingga 33 tahun) dan sesuai dengan misi yang dia kembangkan bersama portal berita tersebut. Gen Y dan Z selalu menginginkan kebebasan membuat pilihan dan bersuara, menghargai keterbukaan, ketelusan dan integriti, cenderung kepada “collaboration” dan hubungan antara satu sama lain, interaktif dan selalu menginginkan sesuatu secara pintas dan pragmatis.

Polulasi di Indonesia untuk Gen Y dan Z ini mendominasi keseluruhan jumlah penduduk yang lebih dari 230 juta jiwa sehingga merupakan potensi pasar yang sangat besar. Tantangan dalam menjalankan bisnis media pada generasi ini adalah bagaimana menciptakan konten yang viral, dan kini , IDNtimes telah dibaca oleh 13 juta pembaca dan dibagikan di media sosial serta aplikasi pesan sebanyak 8 juta kali setiap bulan.

artikel lain: kunci-sukses-melakukan-bisnis-online-travel

IDNMedia, Media Berita Kreatif yang Tumbuh menjadi 5 Lini Bisnis

Dari awalnya sebatas portal berita biasa yang hanya dikelola oleh kaka beradik Winston dan Wiliam, kini, IDNMedia telah tumbuh dengan pesat dan memiliki 5 lini bisnis yaitu:

  • IDNtimes dan Popbela yang khusus menyediakan konten seputar perempuan urban
  • IDNtv yang khusus menyediakan konten-konten video
  • Hyperlink yang khusus untuk menyelenggarakan konferensi
  • IDNcreative yang khusus untuk menciptakan iklan/kampanye kreatif untuk brand.

Saat ini IDNMedia telah memiliki 2 kantor yang berlokasi di Surabaya dan Jakarta dengan dukungan 60 karyawan dari kalangan anak muda kreatif yang haus akan tantangan masa depan. Demi mendukung tujuan perusahaan menjadi portal no 1 untuk Gen Y dan Z, IDNMedia membebaskan jam masuk kantor sesuai dengan pilihan karywannya. Selain itu demi menunjang kreatifitas agar tidak jenuh sehingga bisa menghasilkan konten virak yang kreatif, beberapa kelonggaran seperti tidak usah pakai seragam,  makan siang gratis, mesin kopi, meja pingpong, dan lain-lain menjadi daya tarik tersendiri untuk berkarir di bisnis ini.

Unsur Kreatif, dan selalu Melihat Obyek Berita dari Sudut Pandang yang Berbeda adalah Ciri Khas IDNMedia

Bisnis portal berita sudah banyak pemain besar yang ada di dalamnya, seperti detik.com, kompas.com, jawa pos, tempo dan sebagainya. Jika tidak kreatif maka susah untuk survive.Atas dasar ini IDNtimes memasukkan unsur kreatif ke dalam berita.

Media Spesialist Khusus Portal  Dengan Market Gen Y dan Z Untuk membedakan dengan media lain, mari kita ambil contoh ilustrasi ulasan berita yang lagi hot tentang kasus Kopi Mirna.

Ketika media lain membahas motif pembunuhan Mirna, IDNtimes malah membandingkan kasus Mirna ini dengan kasus pembunuhan dengan sianida yang ada di komik Detektif Conan volume 26. IDNMedia justru membahas bukan motif dan kronologi layaknya media lain, tapi justru mengulas kesamaan yang ada di komik Detektif Conan yang sama-sama menggunakan kopi bersianida sebagai alat pembunuhan.

Mengulas Fakta Kreatif tentang IDNMedia

Sajian kreatif menjadi daya jual portal berita Gen Y dan Z ini. IDNMedia tak seperti portal berita pada umumnya karena memiliki beberapa fakta kreatif seperti berikut ini:

Hanya Memuat Berita 100 kata

Berita yang disajikan di Indonesian Times hanya memiliki panjang kurang lebih 100 kata yang ditulis dalam satu paragraf dengan harapan agar masyarakat Indonesia dapat membaca esensi-esensi berita dengan efisien.

Jadi, Anda hanya perlu 5 menit untuk membaca 10-12 artikel, sangat efisien bukan bila dibandingkan dengan koran atau portal berita konvensional lainnya.

Sumber pendapatan (Monetisasi)

Sumber pendapatan IDNMedia berasal dari iklan dan partnership.

Didukung oleh Aplikasi Mobile

IDNMedia tengah mempersiapkan sebuah aplikasi mobile sehingga bisa masuk ke semua penggemar mereka yang masih muda dan lebih sering menggunakan mobile phone untuk mengakses apapun secara mudah.

Selain beberapa fakta kreatif diatas, daya saing IDNMedia terletak pada konten-konten yang disajikan menyasar pada anak muda generasi milenia. Muatan berita tidak sebatas berita politik yang sering menjadi headlines media lain. IDNMedia justru lebih banyak menampilkan konten hiburan seperti tips berbusana, tips dalam menjalani hubungan, karier, teknologi, dan lain-lain yang sesuai dan banyak diminati generasi millenial.

Dengan tampilan seperti ini IDNMeida berharap kontennya banyak yang bisa menjadi viral dan menjadi portal pilihan generasi Y dan Z di masa yang akan datang. Media Spesialist Khusus Portal  Dengan Market Gen Y dan Z

jasa seo

Your Thoughts