Memahami Search Engine Marketing (SEM)

SEO UNDERCOVER CO ID 58

UNdercover.co.id – Di era digital sekarang ini, banyak sekali informasi penting yang perlu di perhatikan. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki bisnis di dunia digital atau ingin bersaing di  era digital. Tentu nya kamu tidak ingin bisnis yang sudah berdiri lama bangkrut atau gagal tidak sesuai rencana. Jika demikian, kamu perlu mengembangkan strategi pemasaran yang baik di era teknologi. Contoh strategi pemasaran yang bisa kamu coba adalah Search Engine Marketing. Strategi pemasaran semacam ini, jika di gunakan dengan benar, akan memungkinkan bisnis kamu berkembang pesat dan menjadi lebih kompetitif. Tak heran jika ba nyak orang yang mencari strategi pemasaran ini. Oleh karena itu, sebelum menggunakan strategi di gital marketing ini, kamu harus mempelajari lebih lanjut informasi ini agar dapat mencapai hasil yang baik dan semoga.

Memahami Search Engine Marketing (SEM)

Apa sebenarnya Search Engine Marketing itu? Fakta nya, strategi pemasaran ini (juga di kenal sebagai SEM) dapat di artikan sebagai membeli lalu lintas khusus dengan membeli mesin pencari. Karena itu, pemasar dapat menawar kata kunci sesuai kebutuhan. Apa tujuan dari proses penawaran ini? Dengan cara ini, setiap orang yang mencari kata kunci tertentu dapat menemukan dan memilih situs / iklan yang mereka buat. Jika kamu mencari kata kunci tertentu di mesin pencari, seperti “kaos custom murah”, kamu akan menemukan berbagai perusahaan kaos custom di  bagian paling atas. Nah, nama perusahaan ini adalah contoh penggunaan strategi pemasaran.

Banyak format SEM yang berbeda dapat di gunakan. Contoh paling populer dan terkenal adalah teks dan PLA (Iklan Cantuman Produk / Iklan Belanja). Untuk format teks biasa nya di gunakan Google Adwords, Yahoo Gemini dan Bing. di bandi ngkan dengan yang lain, Google Adword lebih populer karena sudah ba nyak di gunakan oleh pengguna Google. Tidak heran, cara ini di anggap sangat mudah, dan berikut ini adalah panduan khusus untuk semua pemula. SEM tidak ha nya menggunakan website, tetapi juga menampilkan iklan di aplikasi yang bekerjasama dengan rival / pesaing bisnis. Karena itu, ketika pengunjung masuk ke situs kamu, tidak semua orang akan membeli produk tersebut.

Inilah mengapa Google menampilkan iklan di situs web atau aplikasi yang di kunjungi pengunjung setelah nya. Dengan cara ini, kamu dapat menjaga kesedi aan kamu untuk membeli, sehingga meningkatkan keinginan mereka untuk membeli produk yang kamu miliki. Lalu apa perbedaan SEM dan SEO? Jika di perlukan perbedaan, perbedaan nya terletak di kedua biaya pembayaran tersebut yang berbeda. di bandi ngkan dengan SEO, SEO tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mesin pencari. SEO merupakan optimasi, agar website bisa tampil di homepage mesin pencari.

Manfaat Search Engine Marketing

  1. Dapat meningkatkan tingkat konversi

Dari sudut pandang tersebut di atas, Search Engine Marketing adalah bagian yang dapat mempromosikan dan fokus pada konversi. di bandi ngkan dengan SEO yang berfokus pada lalu lintas organik dari kata kunci populer yang terkait dengan bisnis, SEM melangkah lebih jauh. Alasan nya adalah kata kunci target yang di berikan biasa nya lebih spesifik dan detail daripada SEO. di SEM, kamu dapat menggunakan lebih ba nyak jenis kata kunci dan memiliki niat membeli yang lebih akurat. Ini membuat pengunjung yang memasuki situs lebih spesifik. Dengan kata lain, tingkat konversi situs web yang kamu buat lebih baik dan lebih tinggi daripada ha nya menggunakan SEO.

Meningkatkan kesadaran merek (Nama Brand )

Menggunakan SEM tidak hanya dapat meningkatkan konversi, tetapi juga meningkatkan kesadaran merek kamu. Menurut penelitian yang di lakukan oleh Google, Search Engine Marketing dapat meningkatkan kesadaran merek yang bisa mencapai 80% di bandi ngkan dengan menggunakan SEO atau produk lain. Meskipun kamu tidak mengklik nya, orang – orang tetap dapat melihat iklan di hasil penelusuran yang mereka temukan. Dengan cara ini, pengunjung akan lebih cenderung mengingat merek atau merek yang kamu miliki saat mencari kata kunci yang spesifik atau serupa. Tidak ha nya itu, sebelum nya kamu pernah menampilkan iklan di aplikasi atau website yang bermitra dengan Google. Oleh karena itu, produk yang kamu miliki lebih terkenal di bandi ngkan produk lain yang tidak menggunakan SEM.

Biaya pemakaian bisa di sesuaikan dengan budget masing – masing

Beriklan di perusahaan besar seperti Google mungkin cocok untuk orang yang tidak tahu bagaimana hal itu dapat menghabiskan ba nyak uang. Wajar saja, karena Google adalah perusahaan besar yang terkenal di dunia. Bahkan, kamu bisa menggunakan search engine marketing dengan biaya iklan yang di sesuaikan dengan anggaran masing – masing. Kamu dapat menyesuaikan ba nyak opsi paket berdasarkan anggaran kamu sebelum nya. Mereka yang memiliki anggaran sedang bisa memilih paket yang lebih murah. Begitu pula sebalik nya, mereka yang memiliki anggaran lebih besar dapat memilih paket yang lebih mahal untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Dengan memilih paket software yang sesuai dengan kondi si keuangan kamu, kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan SEM. Namun lebih baik juga membeli kemasan yang bagus untuk memaksimalkan hasil yang di terima. Lagi pula, jika Search Engine Marketing kamu bagus dan menjanjikan, penghasilan kamu akan meningkat dari sebelum nya.

Menarik pelanggan lokal di suatu negara dengan sangat efektif

Jika kamu memiliki tujuan pemasaran untuk pelanggan lokal, maka menggunakan Search Engine Marketing lebih menjanjikan daripada promosi fisik. Tidak heran ia memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. SEM dapat menargetkan audi ens yang lebih dekat dengan perusahaan kamu. Misal nya, jika kamu memiliki toko fisik, SEM tentu nya akan merekomendasikan pengunjung membeli toko di tempat terdekat. Oleh karena itu, tidak heran jika search engine marketing bisa menjadi pilihan paling ideal bagi pelanggan lokal. Pilihan kata kunci juga bisa disesuaikan dengan preferensi kamu. Misal nya jam tangan murah di Indonesia, penyedi a mobil terbaik di Jakarta, dll. Karena nya, bisnis kamu akan mendapat peringkat tertinggi di mesin pencari.

baca juga

Contoh Search Engine Marketing

Setelah kamu memahami SEM sepenuh nya, kamu harus tahu seperti apa contoh penggunaan Search Engine Marketing itu. Contoh nya dapat di gunakan secara luas di  mesin pencari. kamu ha nya perlu memasukkan kata kunci atau kata kunci saja. Setelah itu, hasil pencarian akan di tampilkan di Google. kamu dapat melihat kata “iklan” di baris pertama nama beberapa iklan toko atau situs web. Inilah kegunaan SEM yang sebenar nya dalam dunia pemasaran online.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh