Memahami Soal Reading Section TOEFL

Memahami Soal Reading Section TOEFL

TOEFL adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kita. Banyak bentuk tes TOEFL yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya untuk kebutuhan masuk ke dalam sebuah institusi misalnya untuk mendapat beasiswa atau masuk ke perguruan tinggi tertentu, khususnya di Indonesia banyak menggunakan TOEFL ITP.

TOEFL ITP ini singkatan dari TOEFL Institutional Testing Programme. Jenis TOEFL ini dibuat oleh ETS  (English Testing Service) yang berlokasi di Amerika.

Setiap tahun, Ujian  TOEFL ITP ini tidak surut peminat bahkan bisa sampai diselenggarakan oleh lebih dari 1.500 institusi dan agen serta diikuti oleh lebih dari 300.000 peserta diseluruh dunia.

Reading Section

Sebenarnya ketika kita membicarakan tes TOEFL Prediction secara general akan membahas tiga sesi yaitu listening, structure dan reading.

Namun untuk pembahasan kali ini kita akan lebih khusus ke reading section. Yaitu tahap terakhir dari tes TOEFL.

Sesi reading biasanya akan sangat menghabiskan waktu karena kita butuh membaca beberapa teks yang panjang terlebih dahulu sebelum kita menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawahnya.

Sehingga alokasi yang diberikan pun juga paling lama di antara sesi yang lain. Sepadan antara alokasi waktu dan juga banyaknya bacaan yang perlu kita selesaikan oleh para peserta tes.

Meskipun demikian, kita juga perlu memanfaatkan alokasi waktu tersebut sebaik-baiknya. Jangan terlena dan terpaku pada bacaan yang panjang dan seringkali rumit serta sedikit informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan.

Sehingga cukup di baca sekilas dan cepat, ambil inti-intinya saja dan kemudian bisa di teliti kembali bacaannya ketika kita ingin menjawab sebuah pertanyaan tertentu yang berkaitan dengan teks tersebut.

Proses membaca seperti ini tentu diperlukan latihan khusus karena kita hanya perlu  meneliti dan membaca beberapa bagian penting dari keseluruhan isi paragraf.

Tentu bagian penting tersebut bukan bagian terpenting teks atau cerita namun hanya  yang berkaitan langsung dengan deretan pertanyaan yang diajukan.

Karena bisa jadi bagian terpenting dari teks tersebut tidak relate dengan pertanyaan yang diajukan. Misalnya hanya ditanya terkait synonim dari satu kata tertentu dalam teks tersebut.

Pokok Bahasan Reading Section

Pada saat sesi Reading ini kita akan diberikan berbagai bacaan yang terdiri dari berbagai topik dan juga tema dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Tetapi seperti yang telah sedikit disampaikan bahwa kita tidak perlu fokus pada bagian terpenting dalam cerita karena kita tidak sedang diuji terkait pengetahuan dalam topik itu.

Sebaliknya kita hanya perlu fokus pada inti penting dari pertanyaan yang diajukan setelah bacaan tersebut, karena yang diukur adalah kemambuan kita dalam membaca atau reading.

Semua jawaban sudah tersedian di dalam teks cerita baik hal tersebut bersifat eksplisit ataupun implisit.

Topik yang ditanyakan dalam sesi reading ini antara lain adalah berkaitan dengan Topik bacaan, Main idea (ide pokok), Vocabulary (kosa kata), dan Details (rincian).

Selain itu hal yang penting yang akan ditanyakan adalah berkaitan dengan Inference (kesimpulan), Reference (penyamaan dengan objek), dan Pengecualian.

Sehingga meilhat hal tersebut tentu yang perlu kita siapkan sebelum memutuskan untuk emnjalani tes TOEFL adalah dengan banyak membaca bacaan berbahasa inggris dari bidang apa saja.

Meskipun kita benar-benar tidak menyukainya.

Kuasai Teknik Membaca Yang Benar

Satu hal yang perlu ditekankan kembali adalah kita tidak perlu membaca semua teks bacaan dengan seksama dan menyeluruh.

Kita hanya perlu membaca sekilas dengan cermat saja. Terutama berkaitan dengan beberapa kalimat yang mambahas terkait topik, tema, dan ide utama paragraf.

Ketiga hal tersebut adalah yang paling banyak ditanyakan dalam sebuah teks bacaan. Sehingga dalam hal ini kemampuan membaca yang baik adalah wajib hukumnya dalam mengikuti tes TOEFL.

Teknik yang bisa digunakan dalam membantu kita mengerjakan tes di sesi ini adalah:

  1. Teknik Skimming

Teknik ini adalah teknik membaca dengan cepat untuk mengetahui dan mencari ide pokok atau isi bacaan secara umum.

Cara membaca dengan teknik ini adalah:

  • Baca judul bacaan terlebih dahulu. Sering kali, rangkuman paling mudah ditemukan pada judulnya.
  • Baca keseluruhan dari paragraf pembuka. Paragarf pembuka akan memperkenalkan kita pada topik dari bacaan. Topik utama dari bacaan biasanya terletak di bagian akhir dari paragraf pembuka.
  • Mayoritas paragraf mempunyai ide utama di awal paragraf. Untuk itu kita cukup membaca kalimat pertama atau kedua dari setiap paragraf setelah paragraf pembuka.
  • Baca paragraf kesimpulan secara menyeluruh karena pada dasarnya paragraf kesimpulan telah merangkum keseluruhan isi bacaan.
  • Teknik Scanning

Teknik ini merupakan teknik yang digunakan untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan yang panjang.

Cara yang bisa digunakan untuk dapat menguasau teknik ini adalah:

  • Pikirkan kata kunci yang akan kita cari. Saat kita menemukan kata kuncinya, akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan jawabannya.
  • Analisis bacaannya terlebih dahulu. Jika bacaan tidak terlalu panjang, akan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.
  • Jika sudah menemukan kata kunci yang dicari, baca keseluruhan kalimatnya.

baca juga

    Meningkatkan Kecepatan Membaca

    Membaca adalah skills tertentu yang bisa dipelajari. Artinya setiap prang bisa melakukan jika ingin berusaha dan berlatih dengan cara terus membaca.

    Berikut adalah berbagai tips yang bisa digunakan untuk berlatih membaca agar dapat digunakan secara baik ketika mengerjakan Tes TOEFL.

    1. Periksa kesehaan mata, jika mata tidak sehat akan sangat susah untuk bisa membaca cepat. Misalnya mata minus akan membuat tulisan tidak jelas
    • Jangan biasakan membaca dengan membunyikan kata karena akan mengganggu fokus dan seringkali akan melakukan pengulangan-pengulangan
    • Hindari pengulangan saat membaca (regressing)
    • Perluas jangkauan mata kita untuk membaca. Bacalah langsung frasa per frasa bukan kata per kata
    • Beratih mambaca setap hari secara konsisten selama beberapa minggu dan dihitung kecepatan membaca kita
    • Gunakan finger tracking yaitu menggunakan jari kita untuk meniti kalimat yang dibaca

    Strategi Menjawab TOEFL di Sesi Reading

    Meskipun pada dasarnya setiap jawaban pada sesi reading ini semuanya tersedia pada bacaan, tetapi kita juga harus mengetahui strategi yang bisa digunakan agar lebih mudah dalam mengerjakan banyak soal di sesi ini.

    Strategi-strategi yang bisa digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

    • Skimming teks bacaan sebelum kita melihat pertanyaan. Caranya seprti yang telah di ulas di atas dan jangan khawatir jika terdapat kata-kata yang tidak kita mengerti. Jangan diulang-ulang terus, karena bisa menghabiskan waktu.
    • Lihat atau cek pertanyaan yang disediakan dibawah teks bacaan untuk mengetahui bagian teks mana yang perlu kita baca lebih teliti.
    • Scanning paragraf tersebut untuk mencari bagian yang perlu dibaca secara intensif. Caranya bisa dilihat pada ulasan di atas.
    • Cobalah memahami arti dari kata-kata yang tidak kitaketahui dengan memperhatikan konteks kalimat.
    • Cek pertanyaan yang ada sekali lagi untuk memastikan bahwa kita  benar-benar telah memahami pertanyaan tersebut.
    • Kemudian jawab pertanyaan.

    Leave a Reply

    seventeen − 16 =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!