Memanfaatkan Hashtag Instagram untuk Bisnis UKM Online

Secondate Beauty sells 10 thousand products in seven minutes whats

https://www.undercover.co.id – Hampir tidak ada pebisnis online yang meluputkan instagram sebagai media untuk memasarkan produk mereka.

Sebagai media sosial yang berbasis dominan foto, instagram memiliki kelebihan untuk menonjolkan pesan secara eksplisit dan implisit tanpa harus banyak mengandalkan permainan kata.

Namun bagi bisnis online yang amat mengutamakan trafik, kegiatan memposting gambar produk belaka tidaklah cukup.

Sebagai media sosial, pebisnis online amat mengharapkan instagram dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dan tepat guna.

 Salah satu elemen yang disediakan Instagram untuk meningkatkan kunjungan ke suatu unggahan adalah penggunaan hashtag.

Hastag adalah sejenis kata kunci yang dapat ditautkan kepada suatu unggahan yang ditujukan sebagai bagian dari rangkuman topik tertentu.

Walaupun tidak termasuk ke dalam teknik optimalisasi algoritma Instagram, hashtag menjadi elemen penting bagi pebisnis online yang ingin mencari trafik organik.

Peran Penting Hashtag dalam Pemasaran

Hashtag yang berperan sebagai kata kunci di media sosial Instagram berfungsi untuk mengelompokkan suatu unggahan dalam lingkup topik tertentu.

Sebagai bagian dari fenomena teknologi informasi yang membuat jarak semakin tidak relevan, hashtag Instagram menjadi semacam penanda identitas kelompok tertentu di dunia maya.

Di sisi lain hashtag juga mempermudah pelaku bisnis online untuk menentukan seberapa relevan sebuah niche atau ceruk pasar yang berpotensi menjadi target konsumen.

Dengan adanya hashtag, para pelaku bisnis online dapat menyisipkan campaign produk mereka langsung bersinggungan dengan ceruk pasar yang dituju di Instagram.

Seperti misalnya bagaimana bisnis online pakaian menyisipkan berbagai hashtag yang  relevan dengan preferensi mode dari milenial sebagai targetnya.

Jika yang dituju adalah ceruk milenial, maka hashtaghashtag seperti #milenial tentu akan disisipkan di bagian caption dari unggahan produk yang dimaksud.

Selain untuk mengasosiasikan produk dengan ceruk pasar yang dituju, hashtag instagram juga dapat digunakan untuk membangun komunikasi hingga emosi antara brand dengan target konsumen.

Contoh penggunaan hashtag untuk fungsi ini adalah ketika sebuah brand menunjukkan dukungannya terhadap ekspresi kelompok tertentu atau dalam rangka mengucapkan selamat hari raya.

Selain untuk mendekatkan atau mengasosiasikan brand dengan ceruk pasar tertentu, hashtag juga memiliki peran ganda yaitu untuk meningkatkan eksposur.

Banyaknya manfaat yang bisa diberikan menjadikan optimalisasi hashtag dapat menjadi taktik pemasaran yang cukup ampuh.

Memilih Hashtag yang Tepat

Jika anda sebagai pemasar online sudah memiliki ceruk pasar yang pasti, barang tentu strategi hashtag anda tidak akan terlalu jauh dengan ceruk yang sudah ditargetkan.

Akan tetapi bagi anda para pelaku bisnis online yang belum terlalu familiar dengan penggunaan hashtag, berikut merupakan prinsip-prinsip dasar untuk menentukan hashtag yang tepat.

Relevansi Berbanding Lurus dengan Popularitas

Di mesin pencari, trafik dan popularitas suatu konten amat tergantung dengan kata kunci yang menyertainya.

Hal tersebut tidak berbeda jauh dengan prinsip yang berlaku di sosial media yang mengenal istilah seperti Trending Topics dan Hashtags.

Pada prinsipnya semakin populer hashtag yang anda sisipkan dalam unggahan produk anda, semakin besar kemungkinan anda untuk menarik pengunjung.

Akan tetapi karena hashtag merupakan elemen yang sangat memperhatikan trafik organik, maka relevansi sebuah hashtag dengan unggahan juga penting untuk menarik pengunjung.

Untuk menciptakan hashtag yang dapat bermanfaat bagi unggahan produk anda, disarankan untuk mencari kata kunci yang sangat “mewakili” ceruk pasar yang anda tuju.

baca juga

    Jumlah yang Proporsional

    Platform Instagram memperbolehkan setiap unggahan untuk menyertakan maksimal 30 tagar atau hashtag yang dapat digunakan.

    Meskipun secara logis, semakin banyak tagar yang digunakan akan semakin memperluas jangkauan dan berdampak pada optimalisasi trafik pada kenyataannya tidak berlaku demikian.

    Tidak semua hashtag yang digunakan dalam unggahan produk saling mendukung satu sama lain.

    Apabila suatu unggahan terlalu banyak menggunakan sebuah hashtag, yang terjadi adalah salah satu hashtag akan menutupi hashtag yang lain sehingga dapat mengaburkan tujuan ceruk pasar anda.

    Pakar-pakar pemasaran instagram sendiri menyimpulkan bahwa maksimal jumlah tagar yang efektif maksimal adalah 11 hashtag.

    Namun untuk menjaga relevansi hashtag dari sebuah unggahan, semakin sedikit hashtag yang digunakan maka akan semakin baik.

    Memaksimalkan Penggunaan Hashtag

    Pemanfaatan Hashtag secara maksimal tidak berhenti hanya di pemillihan kata kunci yang tepat saja, namun bagaimana strategi terbaik untuk dapat memberikan dampak yang maksimal.

    Untuk memanfaatkan hashtag secara maksimal, anda juga perlu memperhatikan elemen-elemen lain di instagram yang dapat mendukung hashtag anda untuk tersiar dengan baik.

    Berikut beberapa elemen yang perlu anda perhatikan untuk memanfaatkan hashtag dengan baik.

    bac ajuga

      Manfaatkan Bagian Comment Unggahan Anda

      Mayoritas pengguna kanal instagram biasanya hanya menuliskan hashtag kunci mereka di bagian caption.

      Namun karena bagian caption seringkali juga memuat keterangan dari unggahan produk maka penggunaan hashtag pada caption seringkali tidak diperhatikan dengan jelas.

      Meskipun hashtag anda akan tetap terangkum di tab pencarian, apabila caption anda sudah cukup penuh maka pesan anda melalui hashtag mungkin tidak tersampai secara maksimal.

      Pelajari Hashtag yang Digunakan Kompetitor

      Besar kemungkinan media instagram juga digunakan oleh kompetitor anda untuk mempromosikan produknya.

      Meski tidak berpengaruh langsung terhadap tingkat engagement dan trafik kunjungan ke unggahan anda, namun ada baiknya untuk melakukan analisa terhadap hashtag yang digunakan oleh kompetitor anda.

      Karena pada dasarnya Instagram adalah platform terbuka, anda dapat membaca strategi hashtag yang digunakan oelh kompetitor baik yang di bawah maupun yang di atas anda.

      Dari analisa tersebut anda bisa memperhatikan data berupa periode unggah, caption pelengkap,hingga tema gambar yang diunggah serta apakah trafiknya lebih baik atau buruk dibandingkan dengan anda.

      Melalui data yang anda dapat, anda bisa terus mengoptimalkan strategi hashtag anda secara berkala.

      bac ajuga

        Penutup

        Pemanfaatan Hashtag merupakan salah satu teknik pemasaran online yang tidak memakan biaya besar.

        Akan tetapi, dibutuhkan keuletan luar biasa dari penggunanya untuk melakukan riset, uji coba, hingga pemantauan secara berkala untuk dapat menghasilkan kata kunci yang tepat sasaran.

        Ad Blocker Detected

        Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

        Refresh
        error: Content is protected !!