Manfaatkan Website Jualan

Jasa

undercover.co.id – Maraknya sistem jual beli online membuat website saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pemilik usaha.

Karena bukan hanya pengguna internet dan smartphone saja yang mengalami peningkatan, masyarakat yang akrab dengan aktifitas jual beli online pun juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal tersebut dapat dilihat dari data yang dirilis MasterCard Worldwide yang menyebutkan bahwa 57 persen lebih masyarakat Indonesia telah mengenal sistem jual beli online.

Fenomena itulah yang ditangkap oleh pelaku bisnis tidak terkecuali pelaku usaha kecil menengah untuk beramai-ramai mengenalkan, mempromosikan dan menjual produk mereka dengan memanfaatkan website.

Meski memiliki website saat ini sudah menjadi kebutuhan para pemilik usaha, namun bukan berarti Anda mengikuti trend dengan asal-asalan membuat website.

Karena jika hal itu yang Anda lakukan, besar kemungkinan uang yang Anda keluarkan untuk membangun dan merawat website akan terbuang sia-sia.

Untuk itu, agar website yang Anda bangun dapat berfungsi dengan maksimal dalam mendukung bisnis utamanya dalam mendongkrak penjualan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

baca juga

Website Dengan Tujuan dan Target Pasar yang Jelas

Tetapkan terlebih dahulu tujuan Anda dalam membuat website, agar tampilan, navigasi dan konten yang tersaji dalam website sesuai dengan tujuan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti menginginkan segala hal yang terkait dengan usaha Anda dapat ditampilkan di website dan hal tersebut memang dapat dilakukan.

Namun, dengan semakin banyak sisi bisnis yang ditampilkan termasuk untuk aktifitas jual beli, membutuhkan hosting dengan kapasitas yang besar dan kecepatan yang ekstra agar saat pengunjung membuka link website, tidak terlalu lama menunggu loading.

Sementara, untuk menyewa hosting berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi butuh biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, jika terlalu banyak sisi bisnis yang ingin ditampilkan, akan membuat fokus pengunjung berkurang.

baca juga

Itu sebabnya tetapkan terlebih dahulu, apakah website difungsikan sebagai pusat informasi bagi pelanggan, sebagai showcase produk atau jasa, sebagai brosur penjualan, serta tujuan yang lain.

Tentunya selain tujuan utama tersebut, manfaatkan pula website sebagai tempat untuk menjual produk dan jasa.

Selain menetapkan tujuan website, Anda juga harus memahami target pasar yang akan dibidik berdasarkan jenis produk dan jasa yang ingin dijual.

Untuk itu Anda harus tahu, siapa yang menjadi target pengunjung website, apakah laki-laki atau perempuan, berapa usianya, berapa tingkat pendapatannya, apa tingkat pendidikannya, apa hobi dan minatnya, serta yang lain.

Dengan mengetahui target pasar, akan mempermudah bagi Anda dalam membuat website dengan tampilan, navigasi dan konten sebagaimana yang diinginkan pengunjung serta mempermudah Anda dalam membuat rencana marketing, sehingga iklan yang ditampilkan memperoleh prospek terbaik dan barang atau jasa yang dijual mendapatkan pembeli.

baca juga

    Website Melibatkan Pengunjung

    Sebuah website dikatakan berhasil jika mampu membuat pengunjung betah berlama-lama membuka website tersebut dan melihat laman lainnya. Apalagi jika pengunjung dengan senang hati mau berlangganan newsletter dengan meninggalkan nama dan alamat emailnya.

    Dengan demikian pengunjung tersebut akan terlibat langsung dan menjadi bagian dari perkembangan website melalui newsletter yang dikirimkan ke alamat emailnya.

    baca juga

    Karena sudah mengantongi alamat email pengunjung, pemilik website dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya, mengenalkan produk barunya serta memikat pengunjung lewat berbagai promo dengan mengirimkannya melalui email.

    Agar pengunjung dengan senang hati berlangganan newsletter dan meninggalkan nama serta alamat email, syarat utamanya tentu saja website tersebut harus memiliki daya tarik dan memberikan manfaat bagi pengunjung.

    Selain itu, pengunjung juga tidak akan keberatan meninggalkan nama dan alamat emailnya, jika mendapatkan imbalan yang sepadan, seperti memperoleh e-book gratis, tips-tips menarik, mendapatkan kupon dan diskon belanja atau memperoleh barang-barang yang ditawarkan di website secara gratis.

    Jasa
    error: Content is protected !!