Memanjakan Lidah di Cuankie Serayu

Memanjakan Lidah di Cuankie Serayu

Buat kalian yang doyan banget jajan, pasti sudah sangat tahu dong dengan makanan yang satu ini? Tada! Inilah cuankie, salah satu ‘kudapan’ khas kota Bandung.

Bagi yang baru pertama kali mencicipi cuankie pasti merasa bahwa kudapan ini serupa dengan baso malang. Tetapi harus kita ketahui bahwa isi dari cuankie, tidak sebanyak baso malang yang umumnya memadukan mie, bihun, dan aneka gorengan didalamnya.

Cuankie Serayu, pasti tempat ini sudah tidak asing lagi bagi kalian yang suka sekali jajan? Yup, kudapan yang terletak di Jalan Serayu No.2 ini memang sudah cukup terkenal loh di Bandung, karena memang sudah berdiri sejak tahun 1990. Jadi tidak heran, jika setiap harinya kedai sederhana yang berukuran 5 x 7 meter ini selalu dipadati oleh pembeli dari dalam kota sampai luar kota seperti Jakarta, Bogor sampai yang paling jauh yang pernah saya wawancarai berasal dari Medan.

Seperti Ratna contohnya, wanita yang berasal dari Medan ini ‘bela-belain’ mampir ke kios Cuankie Serayu, “Awalnya sih saya tahu dari rekomendasi teman yang tinggal di Bandung, pas pertama kali nyoba emang rasanya mantab banget. Jadilah saya mampir ke sini setiap jalan-jalan ke Bandung. Habisnya kalo di tempat saya (Medan) enggak ada yang seperti ini.” Tambahnya yang sedang asik melahap semangkok cuankie di atas mejanya.

Uniknya, walaupun ukuran kedai cuankie ini tidak cukup luas atau bisa dikatakan cukup pengap, toh para pengunjung yang datang kesini seperti tidak ada habisnya. Terlebih lagi saat jam makan siang atau pada akhir pekan, tempat ini selalu dipadati oleh para pengunjung yang ingin memanjakan lidah mereka.

Untuk satu porsi cuankie dipatok dengan harga Rp 9.000 saja. Isinya terdiri dari, baso sapi, tahu putih yang bisa kita temui saat mencicipi siomay, kripik olahan (kripik pangsit), siomay, dan tidak ketinggalan olahan cuankie dengan rasa ikan yang gurih lengkap dengan kuahnya yang khas.

Bagian yang paling saya sukai saat mencicipi cuankie disini adalah saat saya ‘menyeruput’ kuahnya yang masih original dan fresh dari kompor. Pokoknya, sensasi rasanya benar-benar ‘maknyus’ kalau kata Pak Bondan, he-he.

Di tempat ini, kita juga bisa memesan minuman segar atau aneka jus, yang memang pas sekali untuk menandingi sensasi cuankie di dalam lidah kita. Untuk minuman segar harganya berkisar Rp 3.000 – Rp 4.000, sedangkan untuk aneka jus harganya dibandrol Rp 6.000 saja. Selain itu ada juga batagor yang harga satu porsinya sama dengan cuankie, yaitu Rp 9.000.

 

Bila kalian cukup beruntung, kalian juga bisa menikmati cuankie ini di luar kedai dengan kursi plastik yang telah disediakan dibawah pepohonan rindang yang sangat pas sekali untuk menyantap cuankie di siang maupun sore hari. Apa lagi kalau sedang gerimis, pasti makin nikmat saja deh

 

Well, untuk masalah rasa, menurut saya cuankie ini ‘megang banget’. Selain rasanya yang nikmat dan harganya yang murah, letak Cuankie Serayu bisa dibilang cukup strategis. Karena cukup dekat dengan kawasan factory outlet di Jalan Riau. Jadi buat kita yang mungkin bosan dengan jajanan modern, tidak ada salahnya mencicipi Cuankie Serayu

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!