Membangun Brand for Good Ala Telkomsel

undercovercoid 58

Sebuah brand akan menjadi sorotan dan nilai lebih di mata konsumen jika menggambarkan image yang baik di tengah kebutuhan sosial masyarakat. Dibawahi PT. Telkom, brand telkomsel sudah sangat terkenal dan jaringannya tersebar luas di seluruh tanah air. Brand yang sudah besar tersebut kemudian sukses pula dalam membuat image yang baik di tengah masyarakat.

Yakni dengan adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang tak pernah mati. Beragam program CSR Telkomsel dikabarkan banyak media. Tak hanya menyentuh konsumennya, Telkomsel bergerak di bidang lain dari pendidikan hingga filantropi. Sasarannya pun sangat luas, dari pemuda hingga petani.

Di tahun 2017 ini, CSR Telkomsel fokus pada empat bidang utama, yakni Education, Digital Citizenship, Community Empowerment dan Philantrophy. Menurut VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, kegiatan CSR tahun ini selaras dengan tema ulang tahun Telkomsel yakni “Memajukan Negeri”. Dengan empat bidang utama tersebut, Telkomsel menghadirkan program-program yang diharapkan dapat turut memajukan bangsa. Beberapa program tersebut yakni The NextDev, IndonesiaNEXT, #internetBAIK, Telkomsel Digital Campus, dan PETANI (Peduli Tani Anak Negeri).

“Edukasi itu kunci kemajuan bangsa maka itu kami ada Digital Citizenship. Lalu community empowerment, dengan pelanggan hampir mencapai 200 juta, ini tentu kekuatan sangat besar yang bisa diberdayakan untuk hal-hal positif dan produktif. Program CSR Telkomsel juga mengandung unsur filantropi,” ujar Adita.

Education Telkomsel

Di ranah pendidikan, program CSR Telkomsel berkeinginan untuk mempersiapkan keahlian profesi generasi muda Indonesia di berbagai bidang. Caranya, dengan memberikan akses yang berkualitas di beragam ilmu. Dengannya pemuda Indonesia memiliki kecakapan yang handal dalam persaingan atau kompetisi bukan hanya di level nasional, namun juga internasional.

Aksi nyata Telkomsel dalam upaya memajukan pendidikan tersebut yakni dengan membuat sebuah program sertifikasi dengan nama “IndonesiaNEXT”. Sejumlah mahasiswa dari beragam jurusan dan kampus di Indonesia turut serta dalam program tersebut, yakni berbentuk pelatihan dan ujian sertifikasi keahlian taraf nasional dan internasional. Sertifikat keahlian tersebut sangat berguna bagi generasi muda untuk menunjang ijaasah dan berguna pula untuk mengikuti kursus pendek di perusahaan kelas dunia.

Tak hanya sertifikasi, ada pula acara seminar inspiratif yang diisi oleh para narasumber yang menjadi pakar di bidangnya. Para peserta dapat membuka wawasan yang luas dan berpikir skala global. Terdapat pula acara sesi kreatif yang mengulas sejumlah minat pemuda, dari film, fashion, kuliner, pariwisata hingga teknologi informasi.  Segala program tersebut tentu mampu menunjang terciptanya generasi mendatang yang kompeten untuk membangun bangsa yang mampu bersaing di era global.

Digital Citizenship Telkomsel

Adapun di ranah kewarganegaraan digital, Telkomsel berkeinginan menciptakan gaya hidup digital yang baik di tengah masyarakat Indonesia. Program ini cukup efektif untuk membangun masyarakat Indonesia melek internet hingga ke pelosok negeri. Hal ini pula sesuai dengan prestasi Telkomsel yang telah memiliki jaringan broadband dari Sabang sampai Merauke.

Agar penggunaan teknologi dapat disikapi secara positif, terdapat program CSR Telkomsel yang mengkampanyekan #internetBAIK di seluruh penjuru tanah air. Kampanye tersebut menjadi sosialisasi sekaligus edukasi agar masyarakat memanfaatkan internet dengan tanggung jawab, aman, kreatif dan inspiratif. Aktivitas kampanye dilakukan dengan beragam aktivitas yang ditujukan untuk anak-anak, remaja, pengguna baru internet, serta orang tua dan guru.

Selain itu, Telkomsel pula turut serta dalam mendukung pembentukan Smart City di Indonesia. Yang akan membentuk Smart City adalah pemuda generasi mendatang. Karena itu, Telkomsel membuat program TheNextDev, sebuah platform bagi developer muda sehingga memudahkan mereka mendapat pelatihan dari segi teknis, hingga menjembatani mereka kepada para investor dan pemerintah. Lebih dari itu, untuk mendukung Smart City tersebut, Telkomsel juga menjalin kerja sama dengan LAPI (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Community Empowerment Telkomsel

Dalam hal pemberdayaan masyarakat, Telkomsel menjadi perusahaan yang mendukung pengembangan usaha lokal masyarakat, menjadi pendamping komunitas, memberikan akses pasar dan modal, serta meningkatkan value chain lokal.

“Berbagai program pemberdayaan bagi masyarakat ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, mengajak partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk memberikan manfaat yang positif bagi lingkungannya,” dari web resmi Telkomsel.

Salah satu program pemberdayaan tersebut yakni PETANI atau Peduli Tani Anak Negeri. Bekerja sama dengan Habibie Garden, Telkomsel mengembangkan Internet of things (IoT) khusus di pertanian dan Eragano yakni sebuah marketplace khusus pertanian. Program ini sudah diterapkan di dua daerah yakni Cianjur dan Lampung untuk petani cabai dan kentang.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, teknologi digital perlu dimanfaatkan dengan baik, termasuk oleh para petani. Bahkan sebelumnya, program TCash pernah dimanfaatkan dengan efisien oleh para petani binaan Unilever di Lampung.

“Sebelumnya Unilever membantu petani untuk pembelian pupuk dan keperluan lain dengan membawa uang cash ke pelosok desa di sana, sekarang sudah tidak lagi, mereka menggunakan TCash untuk transfer ke petani,” tuturnya.

Philantrophy Telkomsel

Telkomsel mengklaim selalu terlibat aktif di beragam kegiatan sosial yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan prestasinya yang mampu beroperasi di seluruh penjuru tanah air bahkan hingga pelosok dan perbatasan, Telkomsel merasa berkewajiban untuk memberikan hubungan timbal balik kepada masyarakat. Karena itulah beragam kegiatan filantropi dilakukan tim CSR.

Salah satu kegiatan sosial terbaru yang dilakukan CSR Telkomsel yakni memberangkatkan 8 ribu pemudik pada momen Idul Fitri kemarin. Program mudik bareng selalu digelar Telkomsel setiap tahun. Yang mendapat kesempatan mudik gratis tersebut ialah masyarakat umum, serta petugas layanan Telkomsel dan keluarganya. Mudik ini pun dilakukan dengan moda transportasi darat, laut dan udara.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, program Mudik Bareng Telkomsel dihelat sebagai apresiasi para pelanggan serta upaya membantu masyarakat umum. Termasuk peserta mudik yakni para pedagang pasar yang berjumlah 2 ribu orang. Beberapa mereka mudik dengan kapal, sebagian lain dengan menggunakan bus.

Dengan empat fokus utama program CSR diatas, Telkomsel berhasil membangun brand for Food yang diapresiasi masyarakat secara umum dan pelanggan secara khusus. Sejalan dengan itu, Telkomsel pun makin menguatkan dan membesarkan brandnya.

Menjadi pelopor GSM seluler sudah cukup mengangkat brand telkomsel. Namun seiring banyaknya pesaing, Telkomsel tetap harus melakukan strategi agar brandnya tetap unggul. Sementara membangun brand for good, kinerja Telkomsel pun patut diacungi jempol.

Prestasi Telkomsel

Nama besar Telkomsel terus berjaya dengan banyaknya prestasi dan meningkatnya pelayanaan. Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari 100 ribu BTS yang menjangkau 98 persen wilayah Indonesia. Bahkan Telkomsel mengklaim bahwa perusahaan membangun sekitar 20 ribu hingga 25 ribu BTS baru setiap tahunnya secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Jaringan boardband dikembangkan Telkomsel di 100 kota besar di tanah air. Perusahaan yang berwarna tema merah tersebut juga berkolaborasi dengan 362 roaming partners di 196 negara. Tak hanya itu, sebanyak 430 pusat layanan pelanggan Telkomsel juga tersebar luas di Indonesia lengkap dengan akses Call Center 24 jam.

Telkomsel mengaku sebagai pemimpin pasar telekomunikasi dalam negeri dengan jumlah pelanggan mencapai 143 juta di tahun 2016. Besarnya jumlah pelanggan tersebut pun menjadikan Telkomsel sebagai operator seluler nomor 6 terbesar di dunia.

Hal ini sesuai dengan data yang dirilis J.P. Morgan, bahwa kecepatan download layanan 3G dan 4G Telkomsel adalah yang terbaik di Indonesia. Rata-rata kecepatannya bahkan dua hingga tiga kali lipat lebih baik dibanding operator lain. Pun menurut data Net Promoter Score (NPS) yang dirilis Nielsen menyebutkan, tingkat kepuasan pelanggan Telkomsel berdasarkan real customer experience menjadi yang terbaik di industri telekomunikasi Indonesia.

Baca juga

Perjalanan 185 Brand Nasional Dan Internasional

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

Panduan Lengkap Pecinta Kopi

Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Panduan Sukses Bisnis Franchise

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

50 Daftar Lengkap Virtual Office Di Indonesia

50 Daftar Jasa Kontraktor Indonesia

50 Usaha Rumahan di Indonesia

500 Kisah Pengusaha Sukses

Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia

 

 

Dengan segala prestasi tersebut, bukan hal sulit bagi Telkomsel untuk selalu menjadi primadona di industri telekomunikasi. Tak heran jika kemudian program CSR terus digalakkan seiring dengan kesuksesan yang terus melesat. Setelah Telkomsel memantapkan diri sebagai brand yang besar, maka strategi yang tepat untuk menjadikan telkomsel brand for good

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!