Alasan Ini Akan Membuat Anda Memilih Menjadi Wirausaha

Memilih Menjadi Wirausaha  Tentu banyak wirausahawan memiliki bermacam alasan untuk memilih menjadi wirausaha Dan satu diantaranya yang paling umum adalah ingin memiliki pendapatan tak terbatas.

Tidak seperti karyawan yang pendapatannya tergantung kebijakan perusahaan tempat kita berkarya, wirausahawan dapat menerima untuk sebanyak-banyaknya tergantung hasil penjualannya.

Tidak ada batas maksimal pendapatan bagi wirausahawan. Selain itu, banyak orang juga ingin menuangkan ideide dan menjalankan usahanya dengan kreativitas dan gayanya sendiri.

Sedangkan jika menjadi karyawan, maka cara-cara kerja sudah diatur dalam Standard Operation Procedure (SOP) yang harus ditaati. Dari mulai jam kerja, aturan keseragaman ini dan itu, batas cuti, tidak masuk kerja karena sakit, dan sebagainya.
“The way to get started is to quit talking and start doing.”  –Walt Disney, Co-Founder, Disney
Anda sudah mendapatkan ide untuk memulai bisnis? Maka mulailah. Jangan tunggu sampai mampu, jangan menanti segalanya cukup dan keadaan mendukung dulu untuk memulai usaha. Mulailah hari ini. Mulai memperhitungkan kemampuan, mulai mencari sumber-sumber daya, mulai mengukur rencana pergerakan, mulai menetapkan arah, dan mulailah berbisnis.

“Ide itu mudah. Pelaksanaannya yang sulit.” Begitu menurut Guy Kawasaki.

Memilih Menjadi Wirausaha  Maka mulailah melaksakannya dengan baik, dengan sepenuh hati.
Menurut Joseph Schumpeter, seorang pakar ekonomi dari Austria, Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk:
(1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
(2) memperkenalkan metoda produksi baru,
(3) membuka pasar yang baru (new market),
(4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau
(5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi

yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.

Nah ternyata ada pilihan-pilihan , Anda Memilih Menjadi Wirausaha yang mana? Apa yang akan Anda jual?
Jika Anda baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan, apakah bisa langsung menjadi wirausahawan? Bisa, tapi lebih baik jangan. ada baiknya Anda bekerja dulu di suatu instansi atau perusahan atau bekerja untuk usaha orang lain. timbalah pengalaman karena sering kali, teori yang Anda telah dapatkan di bangku sekolah formil belumlah memadai.

 

Bahkan seringkali, pengalaman mengajarkan lebih banyak daripada teori. Ini bukan mengecilkan manfaat pendidikan formil. Jika Anda mampu, maka raihlah pendidikan setinggi-tingginya karena pendidikan sangatlah baik untuk membentuk pola pikir Anda.
Mata guru, roha siseanna. Begitu pepatah Batak yang artinya jadikanlah mata kita sebagai guru, memandang hal-hal baik yang mengajarkan kita bagaimana orang lain mengerjakan sesuatu, bagaimana sesuatu bisa terjadi, dan jadikankah hati kita sebagai muridnya. Biarlah hati kita menerima pengetahuan dan didikan dengan terbuka, lalu kita pilih dan pilah sendiri sesuai dengan prinsip-prinsip dalam hidup masing-masing kita.
Saat bekerja untuk orang lain, terbukalah pada berbagai pengetahuan yang bisa Anda dapatkan dari sang pemilik usaha yang telah lebih dulu sukses di dunia usaha.coba baca artikel Cara Mudah Berjualan

 

Mencari Peluang Bisnis

bisnis adalah tentang bermain dan bersenang-senang dengan ide Anda, Mencari Peluang bisnis dan berinovasi dengan produk Anda dan membuatnya berbeda dengan yang sudah ada. Seakan Anda membuat masterpiece dengan tangan Anda

“Business is a game, played for fantastic stakes, and you’re in competition with experts. If you want to win, you have to learn to be the master of the game.” Sidney Sheldon, penulis ketujuh sepanjang masa.
Membuat produk dengan sentuhan Anda, seperti Michaelangelo melukis, seperti Abraham Lincoln memimpin Amerika. Ya, bisnis adalah tentang melakukan apa yang Anda cintai.

Steve Jobs, sang “ayah dari apel-apel di dunia” pernah mengatakan “cintailah apa yang Anda kerjakan, maka Anda tidak perlu lagi bekerja sepanjang hidup Anda”

Dari mana datangnya kreatifitas? Dari mana datangnya inovasi? Dari mana datangnya ide-ide brilian yang dimiliki para pebisnis sukses selama menjalankan bisnisnya? Dari hati. Ketika Anda Mencari Peluang Bisnis Anda dengan seluruh perhatian Anda, maka ide-ide itu akan muncul dari mana saja.

Anda akan menemukannya dari cerita-cerita orang, Anda akan menemukannya dari buku-buku yang Anda pilih, Anda akan menemukannya dari acara televisi, Anda akan menemukannya ketika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Anda akan menemukannya di mana saja.

Setelah produk Anda jadi, Anda masih harus berkompetisi dengan merk lain, produk lain yang sejenis, atau bahkan produk-produk atau cara-cara konvensional yang sudah biasa dipakai orang turun-temurun. It’s okay. Dengan semangat inovasi yangd atang dari hati Anda, Anda akan menemukan cara yang paling efektif untuk membuat orang membeli produk Anda.

The power of talking. Dengan layanan purna-jual yang tepat dan konsisten, Anda juga dapat membuata orang hanya menggunakan produk Anda terus menerus, bahkan menjadikan mereka “iklan-iklan gratis”, dengan menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk kita.

Maka kita sudah dapat kuncinya. mencari peluang bisnis adalah membuat produk yang Anda perlukan namun belum ada yang tepat seperti yang Anda inginkan, dan membuatnya dengan gaya Anda, dengan seluruh perhatian Anda, sehingga Anda memberikan pengalaman hebat bagi siapapun yang memakainya, dan membuat mereka “berbicara” kepada orang-orang lainnya tentang produk Anda.
Tidak ada yang salah dengan kompetisi. Kompetisi membuat Anda terus-menerus bersemangat untuk memperbaiki dan menyempurnakan produk Anda. teruslah berinovasi, jangan berhenti, sampai produk yang dulunya Anda idolakan atau perusahaan yang membuat Anda terkagum-kagum, akhirnya menjadi pesaing Anda.
Mengapa menjalankannya harus dengan gaya Anda? Dengan menggunakan gaya Anda sendiri, Anda akan sangat mengenal proses bisnis Anda. sehingga ketika Anda bertemu dengan pesaing, Anda dapat menyerap banyak hal dan Anda tahu ilmu apa yang bisa diambil dari mereka dan di bagian proses Anda yang mana yang dapat ditempelkan ilmu baru tadi.

Lebih Lanjut anda dapat membaca artikel tentang Memilih Menjadi Wirausaha

Be authentic! Akhir kata, selamat Mencari Peluang Bisnis  dan jangan dulu menyerah hari ini. Salam sukses

 

Peluang Usaha Modal Kecil Kuliner

Loobie Lobsters & Shrimps sukses menggoyang lidah penggemar lobster. Bagaimana caranya mereka menarik pengunjung ke gerainya?
Makanan yaitu keperluan pokok manusia yang paling penting. Dapat disebut, melakukan bisnis makanan/kuliner adalah salah satu type usaha yang akan tidak pernah “mati”.

Peluang usaha makanan yang dapat dikerjakan calon pelaku bisnis sangatlah banyak. Orang-orang Indonesia populer sangatlah konsumtif di banding negara-negara lain. Selain itu, Indonesia juga populer dengan type makanannya yang bermacam dari beragam daerah, dari mulai camilan sampai berat.

Bila kita cermati, pengusaha-pengusaha yang berhasil di usaha kuliner yaitu beberapa orang yang telah memperkirakan peluang usaha makanan ini mulai sejak lama. Mereka bukan sekedar ikut- ikut-ikutan saja. Mereka telah memperkirakan bahwa keinginan pada satu type makanan selalu bertambah tiap-tiap tahunnya.

Salah satu entrepreneur kuliner yang berhasil di Indonesia yaitu Lucy Wiryono serta Afit. Pasangan suami istri ini sudah berhasil menggoyang lidah orang-orang dengan steaknya, Holycow! Steakhouse by Chef Afit.
Keberhasilan untuk keberhasilan yang dicapai tak bikin mereka cepat senang. Mereka juga berambisi untuk meningkatkan bisnisbisnis baru, hingga pada akhirnya mereka mengambil keputusan untuk jual lobster.
Lucy bercerita, saat mau buka usaha baru, yang terpikir yaitu lobster. Dapat disebut lobster yaitu salah satu makanan yang termasuk mahal. Mereka juga tertantang untuk menghidangkan makanan yang dikira elegan itu dengan harga yang terjangkau.
“Makanan ini memanglah terbilang mahal. Tetapi lantaran benang merah usaha kita yaitu “affordable luxurious dish”, ya cocoklah jualan lobster, ” cetus Lucy.

Gagasan pembangunan outlet pertama Loobie Lobsters
& Shrimps tak jalan mulus seperti yang diinginkan, lantaran ada satu persoalan yang perlu mereka kerjakan. Sesudah permasalahan itu usai, pada akhirnya mereka meneruskan pembangunan outlet yang pernah berhenti nyaris satu tahun itu.

Pas tanggal 20 Februari 2013, untuk pertama kalinya outlet Loobie Lobsters&Shrimps di Jl. Gunawarman no.
32 di buka. Tempat ini diambil lantaran market di lokasi ini mempunyai potensi yang sangatlah besar, dekat pusat usaha serta perkantoran.
Outlet pertama Loobie Lobsters & Shrimps tak terlampau besar. Hal semacam ini lantaran mereka mau lakukan tes pasar terlebih dulu saat sebelum bangun tempat yang semakin besar. “Kami mau tes pasar terlebih dulu, tanggapan pasarnya seperti apa. Bila bagus kelak bakal kami bangun outlet yang semakin besar, ” terang Lucy.
Nyatanya, tanggapan pasar pada makanan satu ini sangatlah baik. Saat pertama kali di buka, banyak yang ikhlas antri agar bisa menikmatinya. Alhasil, outlet pertama yang di bangun telah tak dapat lagi menyimpan/melayani pengunjung yang datang. Pada akhirnya, mereka juga buka outlet ke-2 di lokasi Panglima Polim, yang mulai beroperasi Oktober lantas.
“Pasar ini (lobster) sangatlah menjanjikan, terlebih belum ada tempat yang jual lobster dengan harga terjangkau.
Kamilah yang pertama, ” katanya bangga.

Memakai Media Sosial

Keberhasilan yang mereka capai tak terlepas dari kiat yang dipakai untuk menarik pengunjung datang ke outlet Loobie Lobsters & Shrimps. Salah satu alat yang mereka pakai untuk mempromosikan usaha barunya itu yaitu media sosial.
Mereka memakai media sosial terlebih Twitter untuk aktivitas promosi. Sekurang-kurangnya ada tiga promo yang gencar mereka promosikan lewat Twitter sehari-harinya untuk menarik pengunjung, yakni free dessert untuk yang
mention @loobielobster di Twitter, free half lobster platter untuk yang lagi th., serta free 1st drink untuk ibu hamil.
Untuk Lucy, berpromosi di media sosial sangatlah efisien serta murah. Hal semacam itu tampak dari banyak pengunjung yang datang ke outlet sehari-harinya umumnya dari Twitter.
Di banding yang lain, Loobie Lobsters & Shrimps mempunyai kelebihan sendiri. Mereka adalah yang pertama
yang jual lobster dengan harga terjangkau. “Menjadi pionir pasti adalah kelebihan sendiri untuk kami. Jadi, Loobie-lah yang ada di top of mind beberapa orang saat mencari lobster dengan harga terjangkau, ” jelas Lucy bangga.
Lucy sangatlah senang dengan pencapaian yang dicapainya selama 2013. Th. 2017, ia berambisi untuk buka semakin banyak lagi outlet Loobie. “Start from small, start from yourself, start right now, ” tersebut pesan Lucy untuk calon entrepreneur yang mau mengawali usaha agar berhasil dengan PELUANG USAHA MODAL KECIL . Semoga berhasil!

Leave a Reply

fifteen − 2 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!