jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Fri, Feb 3rd, 2017

Memulai dari Nol, Tokopedia Kini Semakin Afdol dengan Angka Penjualan yang Nampol!

Undercover.co.id – Banyak orang selalu menilai bahwa sejatinya memulai suatu bisnis dari nol merupakan hal yang paling konyol. Pasalnya seorang yang merintisnya itu harus bisa kuat fisik dan mental untuk siap berjibaku agar bisnisnya tetap maju.

Tak jarang ada beberapa dari mereka yang menemui kegagalan dan menyerah pada kenyataan. Sedangkan mereka yang tetap bertahan, akhirnya pun sampai pada kesuksesan.

Salah satu kisah sukses yang bisa kami ceritakan di sini ialah datang dari Tokopedia, sebuah website e-commerce yang sekarang sedang naik daun di Indonesia. Baca juga: Kisah Bisnis Catering Yang Sukses Menaikkan Omzetnya Berkali Lipat

Bahkan salah satu survey website online yakni Alexa.com menempatkan Tokopedia itu pada peringkat pertama dalam kategori marketplace online yang paling sering dikunjungi di Negeri ini.

Sebelum bisa sampai se-tenar sekarang, ternyata pendirinya, yaitu William Tanuwijaya pun memiliki beberapa kisah pilu dalam perjalanan bisnisnya.

Bagaimanakah hal itu? simak langsung di bawah sini ya!

Ia mengawali karir nya di dunia kerja dengan magang sebagai penjaga warnet. Ia pun sempat mengenyam pendidikan tinggi di Binus Nusantara Jakarta. Yang patut diacungi jempol, ternyata William memulai bisnis e-commerce ini betul dari nol.

Kendati sehari-hari Ia hanya bekerja sebagai penjaga tadi, namun Ia mengakui dirinya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang tak bisa Ia lupakan.

Perjalanan demi perjalanan dilalui, kemudian sampailah Ia pada bagian akhir dari perkuliahan, yakni kelulusan. William Tanuwijaya pun memutuskan untuk memulai karir barunya dengan bekerja di sebuah perusahaan yang concern pada bidang pengembangan perangkat lunak komputer.

Usut punya usut, pengalaman sebelumnya sebagai penjaga warnet pun turut ambil bagian dalam mempengaruhi pemikirannya pada dunia Internet.

Apalagi pengalaman kerja selanjutnya Ia dapatkan dengan bekerja sebagai seorang moderator dari Kafegaul, salah satu forum online seperti kaskus.com, yang berjasa juga dalam membangun rasa percaya diri yang dimilikinya untuk segera merintis bisnis Tokopedia.  Simak pulaContoh Promosi Online yang Belum Banyak Diketahui

Berdasarkan banyak pengalaman yang Ia lewati tadi, timbullah gagasan bahwasanya start up online yang bergerak pada bidang jual beli, harus mampu untuk mewadahi serta memberikan kenyamanan guna menimbulkan kepercayaan antar penggunanya, baik dari segi pembeli dan juga penjual. Dengan demikian, para konsumen ataupun produsen akan lebih memiliki ketertarikan pada bisnis startup online.

Melalui gagasan dan experience di atas, Ia pun semakin termotivasi, dan akhirnya dirintis lah start up online Tokopedia, dengan mengajak sahabat karibnya Leontinus Alpha Edison untuk bekerja sama.

Kisah Pencarian Investor

Setelah ide berhasil diraih, dan keinginan terus mendidih, sayang kendala pun mulai menagih. Mereka terhambat dari segi finansial atau modal.

Beruntungnya, usaha mereka diberkati, dengan dipertemukan dengan seorang Bos yang dengan dermawan memberikan beberapa kontak kenalan dari para investornya.

Lalu kendala selanjutnya pun datang, yakni bagaimana caranya merayu para investor tersebut untuk mempercayakan uangnya pada proyek yang mereka geluti ini.

Dua tahun berselang, William Tanuwijaya melewati waktu itu dengan terus berusaha membuat para investor tadi yakin untuk memberikan modal awalnya.

Ia pun sadar, bahwa membangun kepercayaan dari keduanya sangatlah sulit. Terlebih, Ia harus mampu menghadapi beragam pertanyaan yang dilayangkan oleh mereka pada dirinya tentang ide proyeknya ini.

Singkat cerita, modal pun berhasil didapatkan dengan proses yang lumayan panjang. Uang itu langsung Ia pakai untuk membangun tim, dan membuat kepastian bahwa nanti start-up online mereka bebas biaya untuk para penjual ataupun pembelinya.

Menelisik Lebih dalam Tokopedia Versi Dulu dan Sekarang

Setelah proses yang banya memakan waktu tadi, sampailah mereka pada hari untuk meluncurkan start -up online Tokopedia miliknya. Kala itu, website e-commerce tersebut hanya diisi oleh 4 karyawan di mana nama William dan Leonitnus pun termasuk di dalamnya.

Sampailah mereka pada tahun kelima, di mana total pekerja yang dimiliki mulai bertambah, mencapai angka lebih dari 100 karyawan banyaknya.

Mereka-mereka itu kemudian terbagi ke dalam beberapa divisi yang lebih spesifik lagi.

Sekarang, apabila merujuk pada data, kurang lebih sudah sekitar 2 juta produk yang berhasil terjual di Tokopedia setiap bulannya.

Produk itu sudah barang tentu berasal dari beragam toko online yang digunakan oleh para penjual, sehingga memudahkan mereka untuk berhubungan secara langsung dengan para konsumennya di luar sana.

Pada bulan Oktober 2014 lalu, Tokopedia pun sudah menggandeng para pemodal ventura  dari manca negara. Sehingga masalah modal, tentunya sudah bisa diatur dengan sangat andal.

Mereka pun menjelaskan bahwasanya Tokopedia merupakan perusahaan online pertama di Indonesia, yang telah mendapatkan asupan dana segar senilai 100 juta dollar dari SoftBank Internet & Media, serta Sequoia Capital.

Dana sebesar itu pun tidak akan mereka sia-siakan dengan percuma. Mereka akan terus berusaha memberikan penyegaran dan inovasi baru untuk situs Tokopedia miliknya.

Yang lebih penting lagi, mereka pasti akan terus membuat Tokopedia ini sebagai marketplace gratis, dengan pelayanan terbaik, untuk memuaskan para pembeli, dan memberikan keuntungan pada para penjual.

Itulah cerita dari pendiri situs e-commerce Tokopedia yang memulai bisnisnya dari bawah.

Untuk itu, bagi kalian yang tengah merintis usaha dari nol, jadikanlah kisah sukses di atas sebagai motivasi berharga untuk membuat kalian lebih giat lagi dalam berusaha.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It