jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Fri, Feb 24th, 2017

Menembus Pasar Global dengan Modal Usaha Dengkul, Bisa?

Undercover.co.id – Salah satu kegamangan bagi para pemula peminat wirausaha adalah kebingungan atas ketersediaan modal untuk mengawali bisnis. Ketiadaan dana yang dimiliki untuk mulai merintis usaha kerap menjadi momok yang mengganjal untuk mulai berusaha.

Boleh jadi banyak ide-ide kreatif yang unik, menarik dan berpotensi besar untuk berkembang jika bisa diwujudkan dalam usaha yang nyata. Namun karena kebingungan atas ketersediaan modal usaha yang dibutuhkan,ide-ide potensial tersebut akhirnya hanya teronggok di kepala dan menjadi sampah pemikiran yang membebani ketenangan.

Alhasil banyak alasan-alasan untuk memaafkan ketidakberdayaan dalam mencari modal yang diharapkan bisa menenangkan kegelisahan. Bisa saja ditemukan 1001 alasan yang diharap mampu memaafkan ketidakberdayaan yang membebani. Misalnya: “Ah mereka bisa sukses karena memang memiliki modal usaha awal yang besar.” Atau “Tentu mereka bisa lah modal usaha mereka tak terhingga.” Dan banyak alasan-alasan lainnya yang bisa diungkapkan.

baca juga: 6 Peluang Bisnis UKM Menggiurkan di Bidang Peternakan https://www.undercover.co.id/6-peluang-bisnis-ukm-menggiurkan-di-bidang-peternakan/

Terobosan Teknologi Online

Padahal di zaman modern sekarang, terobosan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi online telah mendobrak banyak keterbatasan dan keterkekangan strategi bisnis konvensional yang selama ini selalu menjadikan modal usaha sebagai kendala awal yang kerap mengganjal.

Inovasi teknologi internet yang terus melesat pesat telah menjadikan banyak peluang baru menjadi semakin terbuka. Fitur-fitur yang ditawarkan teknologi internet didukung dengan kemajuan infrastruktur komunikasi dan telekomunikasi, ditambah dengan inovasi produk-produk gadget, smartphone dan pendukung lainnya telah menciptakan banyak terobosan cara berkomunikasi antar manusia di berbagai pelosok dunia.

Batas wilayah, daerah, negara bahkan benua tidak lagi bisa menjadi kendala yang berarti untuk manusia dalam berkomunikasi antar sesama. Gaya hidup baru dalam berhubungan, berkomunikasi dan juga berbisnis terus tercipta dan tersosialisasi dengan sporadis dan tak terbendung lagi.

Tentunya terobosan teknologi online ini bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi keterbatasan modal usaha yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh para pengusaha.

Memilih usaha online adalah solusi dari kebutuhan modal usaha yang sebelumnya menjadi ganjalan kita dalam memulai ide usaha yang memenuhi benak kita. Bisnis online benar-benar merupakan solusi bisnis minim modal usaha yang mampu mewadahi prinsip ekonomi dengan usaha sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.

Menyiapkan Modal Usaha

Langkah pertama yang diperlukan dalam memulai usaha online adalah memetakan ide-ide bisnis yang kita punya. Ide yang unik dan brilian adalah salah satu modal usaha awal yang sangat berharga. Keunikan positioning usaha yang ingin dikembangkan, diferensiasi, segmentasi dan kemudahan aplikasi merupakan salah satu modal usaha awal yang perlu digodok secara benar dan matang.

Potensi pasar melalui teknologi online yang benar-benar tak terbatas dan sangat luas tidak boleh menjadikan kita tergoda untuk menjadi serakah dan ingin menyasar semua potensi yang menggiurkan tersebut. Kearifan untuk memilih segmen pasar yang masih kosong dan belum banyak kompetitor merupakan pertimbangan yang harus dipikirkan.

Kekayaan dan keanekaragaman produk-produk lokal yang khas, unik dan belum dikenal oleh pasar global merupakan salah satu modal usaha yang bisa kita bidik untuk dikembangkan. Yang diperlukan untuk meningkatkan daya jual produk-produk local tersebut adalah kemampuan membangun kemasan yang meyakinkan, menonjolkan keunikan, dan menciptakan rasional-rasional keunggulan dari produk yang nantinya akan ditawarkan. Setelah hal ini bisa diformulasikan, barulah bisa dimulai tahapan baru untuk mewujudkan bisnis yang telah kita pikirkan.

Modal usaha selanjutnya yang perlu disiapkan adalah pengetahuan dan penguasaan teknologi online yang perlu dipersiapkan dalam mendukung usaha online yang nantinya dilakukan.

Kemajuan teknologi memang telah menghadirkan peluang yang sangat terbuka dan tak terbatas. Namun kembali semuanya tergantung kepada “the man behind the gun”. Kecanggihan teknologi yang begitu mencengangkan akan tidak ada artinya sama sekali jika kita tidak memiliki pengetahuan tentangnya dan penguasaan untuk memanfaatkannya dengan optimal.

Setelah memiliki modal usaha berupa pengetahuan dan penguasaan yang benar tentang teknologi online yang akan kita manfaatkan dalam menunjang usaha, barulah kita bisa benar-benar memulai usaha dengan modal berupa kemauan yang keras, pantang menyerah, rajin, militan, dan berkelanjutan.

Usaha online dengan modal minimal raih peluang internasional

Bermodal dengkul bisa meraih peluang global

Memulai Usaha Modal Dengkul

Pemetaan ide usaha telah kita lakukan, penguasaan pengetahuan dan penggunaan teknologi online telah kita miliki, lalu benarkah kita bisa memulai usaha berpotensi global dengan modal dengkul sebagai modal usaha awal?

Tentu saja hal ini tidak mustahil. Kita umpamakan saja misalnya usaha yang ingin kita lakukan adalah jualan produk. Pada bisnis konvensional, untuk jualan sebuah produk kita perlu untuk kulakan atau membeli dulu produk yang akan kita pasarkan.

Untuk jenis usaha jualan produk memang sebenarnya bisa dibagi menjadi beberapa jenis usaha. Misalnya usaha jualan produk sendiri, afiliasi, reseller dan dropship. Dari kesemua jenis itu, apapun pilihan jenis usaha kita, intinya adalah menjual produk kepada orang lain yang ada dimana saja secara online.

Yang jelas berbeda dengan usaha konvensional, melalui usaha online ini apapun jenis usaha jualan yang kita lakukan bisa menghindari pembelanjaan untuk modal usaha awal pembelian produk dengan menawarkan foto produk/katalog produk terlebih dahulu tanpa perlu membelinya.

Baru setelah mendapatkan pembeli yang berminat, kita bisa benar-benar membeli barang/produk yang dipesan. Bahkan bila kita bisa berdiplomasi secara baik dengan produsen, kita bisa menjalin kerjasama/kesepakatan yang menguntungkan dengan menjalankan sistem pembayaran setelah pembeli melakukan pembayaran ke kita.

Nah tunggu apalagi. Mari kita manfaatkan trend jual beli online yang sekarang tengah menanjak peminat dan penggunanya di kalangan masyarakat dunia untuk memulai usaha dengan modal usaha dengkul namun berpotensi menjaring konsumen internasional.

baca juga: Hanya Sekitar 5 Juta Bisnis Franchise Minuman Ala Teh Poci Ini Sudah Bisa Langsung Anda Buka https://www.undercover.co.id/hanya-sekitar-5-juta-bisnis-franchise-minuman-ala-teh-poci-ini-sudah-bisa-langsung-anda-buka/

 

 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It