Mengapa Bisnis Butuh Perencanaan Dan Teknologi ?

Banyak yang tidak menyadari bahwa perencanaan sebenarnya merupakan bagian paling penting dalam menjalankan bisnis, entah itu bisnis berskala nasional maupun usaha kecil menengah.
Bahkan, perencanaan merupakan salah satu kunci dari berhasil – tidaknya sebuah bisnis.
 
Artinya, bisnis yang dijalankan tanpa perencanaan, besar kemungkinan akan hancur meskipun masih ada kemungkinan kecil untuk berhasil.
Sebaliknya, bisnis yang dijalankan dengan perencanaan, kemungkinan besar akan berhasil meski tidak menutup kemungkinan akan gagal walaupun kemungkinan gagal tersebut relatif kecil.
 
Dengan kata lain, perencanaan menjadi hal wajib jika mengharapkan bisnis meraih keberhasilan. Tapi bukan berarti bisnis yang direncanakan akan dijamin keberhasilannya karena masih ada faktor-faktor lain yang menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis.
 
 
Selain faktor diatas, masih ada sejumlah alasan, mengapa bisnis membutuhkan perencanaan, berikut beberapa diantaranya.
 

  • Perencanaan dapat diibaratkan sebagai sebuah peta, sementara bisnis yang akan Anda jalankan adalah sebuah tempat asing yang hendak Anda tuju. Jika perjalanan menuju ke tempat asing tersebut tidak berbekal peta, Anda memang akan sampai ke suatu tempat namun bukan tempat yang ingin Anda tuju alias tersesat.

 

  • Banyak pengusaha pemula yang memiliki anggapan bahwa merencanakan sebuah bisnis hanya akan membuang-buang waktu. Anggapan bahwa membuat perencanaan bisnis membuang waktu, memang benar, karena untuk membuat perencanaan akan banyak waktu Anda yang tersita.

 
Tetapi, waktu Anda akan jauh lebih banyak yang tersita apabila bisnis yang Anda rintis gagal, karena Anda tidak hanya harus memikirkan cara agar bisnis Anda bangkit kembali, tapi juga harus berupaya untuk mengembalikan mental Anda yang terpuruk akibat kegagalan.
 
 

  • Tidak sedikit pelaku UKM yang berpendapat bahwa dengan membuat perencanaan akan kehilangan waktu dan kehilangan waktu berarti kehilangan pendapatan.
  • Pendapat tersebut memang tidak sepenuhnya salah, tapi perlu disadari bahwa dengan membuat perencanaan bisnis maka besar kemungkinan pendapatan yang akan Anda peroleh jauh lebih besar dibandingkan pendapatan yang hilang karena membuat perencanaan.

 

  • Perencanaan bisnis juga bermanfaat sebagai referensi untuk menganalisa berbagai faktor yang kemungkinan akan dijumpai saat bisnis tersebut berjalan. Faktor-faktor tersebut bisa bersifat positif maupun negatif.

 
Dengan perencanaan bisnis, Anda sudah dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi faktor-faktor yang bersifat positif yang tidak lain adalah peluang, dengan kata lain Anda sudah mempersiapkan cara untuk menangkap peluang tersebut guna mengembangkan bisnis yang dijalankan.
 
Sebaliknya, Anda juga sudah siap menghadapi faktor-faktor negatif berupa risiko yang akan datang, sehingga risiko seberat apapun akan dapat dihadapi, diatasi dan diterima jika memang tidak mampu mengatasinya.
 

  • Perencanaan bisnis bisa menjadi tambahan energi yang membuat Anda selalu terfokus pada bisnis yang dijalankan, dan kelak rencana bisnis tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan aktifitas bisnis sehingga tidak menyimpang dari apa yang telah direncanakan.

 

  • Perencanaan bisnis dapat membantu Anda untuk berpikir lebih realistis dan lebih analitis terkait bisnis yang akan dijalankan dan peran Anda di dalam bisnis tersebut. Dengan menuliskan rencana bisnis, tanpa sadar Anda akan mulai memisahkan hal-hal yang terkait dengan urusan pribadi dan keluarga dengan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis.

 
Anda juga akan dapat melihat korelasi antara urusan pribadi dan keluarga dengan urusan bisnis, serta korelasi antara bagian-bagian dari bisnis yang dijalankan, misalnya pengurangan terhadap biaya proses tertentu dapat berpengaruh terhadap margin keuntungan secara keseluruhan, serta yang lain.
 
Dengan melihat sejumlah alasan sebagaimana tersebut di atas, maka tidak diragukan lagi bahwa membuat perencanaan bisnis dengan mencatat ideide dan konsep-konsep akan menjadi modal yang sangat berharga bagi kelangsungan bisnis yang akan Anda jalankan ditahun-tahun mendatang.
 
 

Memanfaatkan Teknologi untuk Mengembangkan UKM

 
Dukungan tekhnologi saat ini mutlak dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis, tidak terkecuali mereka yang bergerak di sektor Usaha Kecil Menengah. Karena pesatnya perkembangan teknologi telah merambah ke berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi, industri serta bisnis yang erat kaitannya dengan UKM.
 
Lantas, peran apa saja yang membutuhkan kehadiran teknologi dalam upaya untuk mengembangkan UKM? Berikut beberapa diantaranya:
 

  1. Promosi Produk dan Jasa

Kemajuan teknologi memungkinkan promosi produk dan jasa dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih murah baik promosi secara offline seperti brosur, spanduk, billboard, media cetak, radio dan televisi maupun promosi secara online seperti penggunaan blog, offical website dan media sosial.
Bahkan aktifitas promosi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi jarak, ruang dan waktu.
 
Pemilik UKM wajib memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan produknya, setidaknya memahami kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis promosi yang memanfaatkan kehadiran teknologi, agar dapat menekan biaya promosi seminimal mungkin dengan daya jangkau seluas mungkin.
 

  1. Membangun Relasi Bisnis

Kemajuan teknologi menjadikan komunikasi dapat dilakukan dengan begitu mudah sehingga kerjasama dengan investor, rekan bisnis maupun customer dapat dilakukan dimana saja.
Bahkan meeting dan teleconference dengan mitra bisnis bisa dilangsungkan tanpa membutuhkan ruang khusus dan tidak harus saling bertatap muka karena bisa disiasati lewat videocall.
Itu sebabnya penguasaan aplikassi untuk berkomunikasi wajib dikuasai seperti penggunaan WhatsApp, messenger, line, BBM, Skype serta aplikasi yang lain.
 

  1. Mengatur Keuangan

Jika dulu untuk membuat laporan keuangan pada buku besar butuh waktu berjam-jam karena menggunakan cara manual, maka dengan kehadiran teknologi pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih singkat dengan menggunakan microsoft office atau software yang lain.
 
Tidak hanya lebih cepat dalam pembuatan laporan keuangan, kehadiran teknologi juga memungkinkan pemilik UKM untuk lebih bijak dalam memanage keuangan perusahaan.
Karena dengan memanfaatkan software managemen, kita dapat memantau keluar masuknya keuangan, membuat laporan keuangan secara instant, mengontrol jumlah hutang perusahaan, memberikan pertimbangan pada aktifitas pembelanjaan, dan fungsi yang lain. Sehingga dengan memanfaatkan teknologi, ibarat memiliki asisten keuangan pribadi.
 

  1. Mengontrol Jalannya Bisnis

Jalannya roda bisnis perusahaan dapat dengan mudah dikontrol dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Lewat teknologi pengawas jaringan seperti Radmin kita dapat mengawasi bisnis kapanpun dan dimanapun, mengendalikan karyawan, melihat aktifitas online yang dilakukan karyawan, serta yang lain.
 
Bahkan aktifitas perusahaan dapat dikontrol selama 24 jam dengan menggunakan aplikasi CCTV yang dihubungkan ke smartphone untuk mengetahui setiap sudut tempat kerja dan setiap aktifitas yang dilakukan karyawan.
 
Tidak hanya aktifitas yang ada di tempat kerja saja yang dapat dikontrol tapi juga proses distribusi produk dengan menggunakan GPS Tracking.
 
Sehingga manakala produk tidak terdistribusi sebagaimana mestinya, kita sudah langsung dapat mengetahui tanpa harus melakukan pengecekan barang di gudang atau menunggu laporan dari customer.
 
 
 
baca juga
5 Cara Usaha Anda Dipromosikan “Dari Mulut ke Mulut”
4 Contoh Usaha Kecil Menengah yang Memiliki Prospek Cerah
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
 

  1. Menjaga Keamanan

Keamanan perusahaan baik secara fisik maupun non-fisik dapat terjaga dengan baik lewat penggunaan teknologi.
Menjaga keamanan perusahaan secara fisik dapat dilakukan lewat penggunaan CCTV berikut aplikasi yang terhubung ke smartphone.
 
Sedang keamanan non-fisik berupa pengamanan data perusahaan dapat lebih terjamin dan terhindar dari kerusakan dengan menyimpannya dalam bentuk file soft copy ke dalam komputer, laptop, smartphone, hardisk eksternal maupun USB.
 
Selain dengan cara offline, pengamanan data perusahaan juga dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan cloud storage yang disediakan google drive, dropbox, serta cloud storage yang lain.
Penyimpanan data secara online ini bahkan dinilai lebih aman dibandingkan dengan cara offline karena kemungkinannya sangat kecil data tersebut akan terhapus atau dicuri oleh orang lain.
 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!