Mengelola Penulis Lepas

Mengelola Penulis Lepas

https://undercover.co.id – Mengelola Penulis Lepas , Penulis lepas dapat sangat meningkatkan ROI, tetapi Anda harus bekerja keras dalam mengelolanya. Inilah cara menemukan dan melatih mereka – dan melepaskannya, jika perlu.

Bagi sebagian besar, manfaat menggunakan penulis lepas untuk agensi atau bisnis pemasaran digital Anda jauh lebih besar daripada tantangannya.

Salah satu kelebihan terbesar adalah ROI yang lebih tinggi yang dapat Anda nikmati karena tidak harus menyewa penulis penuh waktu di rumah, terutama ketika volume konten tidak memerlukannya.

Namun, Anda mungkin mengalami tantangan seputar ketepatan waktu dan membuat pekerja lepas mengikuti garis besar dan arahan Anda.

Ada tantangan lain, seperti melatih mereka untuk tumbuh dan mempertahankannya untuk jangka panjang juga.

Dan kemudian ada situasi yang paling menantang dari semuanya – mengakhiri kontrak dengan seorang penulis lepas yang tidak bekerja.

Pembuatan konten outsourcing memiliki risiko, karena perekrutan yang buruk dapat merusak citra perusahaan Anda dengan menjiplak konten atau menyebarkan gosip berbahaya.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tip untuk membantu menghindari potensi jebakan ini dan memanfaatkan sebaik-baiknya hubungan penulis lepas Anda dengan mempelajari cara menemukan, melatih, mempertahankan, dan bahkan melepaskan penulis lepas dengan cara sebaik mungkin.

Mengelola Penulis Lepas

Cara Menemukan Penulis Online


Agensi yang sukses memiliki klien di berbagai ceruk dan tidak dapat mengharapkan satu penulis menjadi ahli dalam segala hal untuk setiap klien.

Bahkan, saya hanya bertemu beberapa penulis yang menulis dengan mahir untuk setiap klien.

Jenis-jenis itu sulit ditemukan, dan jika Anda menemukan salah satu dari penulis “factotum” ini, sebaiknya pertahankan.

Para penulis lepas ini memiliki daya tahan untuk secara konsisten menghasilkan karya yang berkualitas.

Mereka memiliki keinginan untuk belajar, dan disiplin untuk mengikuti instruksi tentang hal-hal seperti pemformatan, kutipan, gaya, dll. yang meningkatkan kualitas konten Anda.

Tetapi penulis factotum ini sulit ditemukan.

Baru-baru ini, klien lama di industri otomotif aftermarket meminta kami untuk meningkatkan output konten.

Klien ini membutuhkan deskripsi produk selama lebih dari satu tahun – lebih dari 20.000 SKU di antara beberapa agensi.

Penulisan ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang dunia aksesori mobil aftermarket dalam beberapa jenis model yang berbeda, dari mobil otot seperempat mil hingga off-road.

Saya memiliki dua ahli mobil di staf lepas saya tetapi membutuhkan lebih banyak lagi.

Saya meluncurkan beberapa iklan LinkedIn yang sangat spesifik mengenai materi pelajaran.

Jelas bahwa jika penulis lepas tidak memahami niche, mereka tidak boleh melamar.

Itu tidak terjadi. Hanya 2 dari setiap 10 pelamar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan.

Dengan itu, berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menemukan penulis lepas yang tepat untuk proyek Anda secara online.

Mengelola Penulis Lepas

Untuk Niche yang Ditargetkan, Carilah Jurnalis Terlebih Dahulu


LinkedIn telah menjadi tujuan saya selama lima tahun terakhir ketika mencari penulis lepas atau karyawan lain.

Semakin bertarget ceruk, semakin Anda perlu mencari ahli materi pelajaran yang benar-benar bisa menulis. Di sinilah para jurnalis menjadi sasaran utama.

Saya bekerja dengan banyak jurnalis di berbagai publikasi papan atas dalam ceruk mereka, dari keuangan hingga sepeda motor.

Penulis penuh waktu dalam ceruk yang lebih kecil biasanya haus uang.

Baca publikasi teratas dan hubungi penulis melalui email atau media sosial.

Mengelola Penulis Lepas: Hilangkan rasa frustrasi dalam menyelesaikan proyek.


Serahkan tenggat waktu Anda kepada para pekerja lepas ahli yang dapat menyelesaikan setiap tugas sebelum setiap tenggat waktu – dan pertahankan bisnis Anda dengan kecepatan tertinggi.

Cukup tandatangani NDA dengan mereka

Tempat bijak lainnya untuk memeriksa adalah HARO (Help A Reporter Out).

Anda dapat membuat daftar di sana sebagai bisnis atau agensi yang mencari jenis jurnalis ahli tertentu.


Ribuan forum ada online. Temukan satu yang berbicara dengan subjek yang Anda tulis, dan tanyakan saja apakah ada penulis lepas di sana.

Anda mungkin terkejut.

Mengelola Penulis Lepas

Jadilah Super Spesifik Dalam Iklan


Jangan hanya mengatakan Anda sedang mencari penulis deskripsi produk otomotif.

Katakanlah Anda sedang mencari penulis deskripsi produk untuk “interior, panel bodi, dan suku cadang mesin untuk Ford Mustang generasi pertama.”

Bersenang-senang dengan itu juga. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, “Jika Anda tidak memahami perbedaan antara Mustang 1966 dan 1967, lanjutkan pencarian Anda.”

Minta Sampel, Bukan Resume


Saya tahu penulis dengan pendidikan nol menulis yang membuat konten yang lebih baik daripada mereka yang memiliki gelar MBA dalam Penulisan Kreatif. Sekolah tidak bercerita. sampel lakukan.

Jangan membahas pembayaran dalam iklan. Tapi diskusikan uang dalam utas email pertama. Ini akan membuat Anda dan pelamar tidak membuang waktu.

Lakukan riset cepat sebelum merespons. Pencarian Google cepat dari nama pelamar dan melihat melalui profil media sosial mereka dapat mengungkapkan banyak hal.

Jika Anda mencari penulis lepas sepeda motor yang umpan media sosialnya tidak menampilkan satu sepeda motor, mungkin bijaksana untuk pindah. Namun demikian, beberapa penulis terbaik tidak memiliki kehadiran media sosial sama sekali.

Buat template untuk tanggapan. Saya membuat template untuk setiap tanggapan terhadap penulis lepas yang tertarik.

Saya juga mempersonalisasi setiap pesan setelah sedikit riset tentang mereka atau bagaimana mereka secara pribadi menanggapi penjangkauan.

Tujuan utama saya adalah menemukan penulis lepas yang memiliki nilai intrinsik sekarang, ditambah kemampuan untuk tumbuh dan membuktikan diri dalam pekerjaan mereka.

Berikut adalah lima kualitas yang harus dimiliki penulis lepas:

  • Mereka tidak akan pernah menjiplak. Pernah. Anda tidak ingin melihat bau “meminjam” karya orang lain dalam sampel mereka.
  • Mereka sangat spesifik dan akurat. Tidak ada penelitian, Anda keluar!
  • Mereka menghormati tenggat waktu. Tiga pemogokan dan Anda keluar.
  • Mereka memperhatikan arah/garis besar. Semua penulis lepas saya diberikan “Template Konten SEO” untuk setiap konten yang mereka tulis. Ini pada dasarnya diuraikan untuk pembuatan konten dan SEO. Langkah-langkahnya jelas, biasanya teratur, dan selalu menyertakan subtopik yang tepat untuk digunakan. Mereka harus mengikuti petunjuk, dan semakin sederhana hasilnya, semakin baik.
  • Mereka hanya membuat sedikit kesalahan tata bahasa/salah ketik. Penulis membuat kesalahan. Itu sebabnya saya menyebutkan “minimal” di sini. Dan setiap bisnis atau agensi juga harus memiliki staf copyeditor, bahkan jika itu hanya pandangan lain dari non-penulis di perusahaan/agensi.


Sekarang saatnya untuk melatih mereka sehingga mereka dapat tumbuh dan membuktikan diri mereka terus-menerus dalam pekerjaan mereka.

Mengelola Penulis Lepas

Cara Melatih Penulis Lepas Agar Mereka Terus Berkembang


Agensi atau pemilik bisnis cenderung terlalu memikirkan bagian ini atau mengabaikannya sama sekali.

Melatih penulis lepas Anda untuk membuat mereka terus berkembang tidak hanya akan menguntungkan Anda tetapi juga membangun hubungan berdasarkan rasa hormat yang juga akan menguntungkan para penulis.

Dan ketika penulis Anda puas dengan pekerjaan mereka, merasa dihormati dan terpenuhi, mereka tidak hanya bertahan tetapi cenderung mengeluarkan karya terbaik mereka.

Berikut adalah dua taktik yang berhasil untuk bisnis kami selama bertahun-tahun.

Pendidikan Konstan Tentang Penulisan Dan Subjek


Sebagian dari alur kerja mingguan karyawan penuh waktu saya adalah membaca lima jam seminggu tentang materi pelajaran mereka.

Ini adalah permintaan yang sulit bagi seorang penulis lepas yang tidak berkewajiban untuk melakukan apa pun selain tugas menulis. Jadi solusinya adalah memberi mereka aliran pendidikan yang konsisten .

Cara paling sederhana adalah mengirim buku tentang menulis dan materi pelajaran yang mereka liput, membayar tidak hanya untuk seminar online tetapi juga untuk waktu mereka untuk menghadirinya, dan mengirimkannya ke konferensi dalam niche mereka.

Tantang Pertumbuhan Penulis Dengan Pembuatan Konten di Luar Niche


Saya lapar ketika saya mulai sebagai pekerja lepas. Semakin banyak pekerjaan yang saya dapatkan, semakin banyak uang yang saya hasilkan. Saya segera menyadari betapa lebih cepatnya saya dapat belajar dengan meneliti suatu subjek secara mendalam dan kemudian menulis tentangnya.

Menulis adalah alat pembelajaran utama, tidak hanya untuk materi pelajaran itu sendiri tetapi proses menulis yang sebenarnya.

Ketika seorang penulis lepas merasa nyaman menulis konten dalam keahlian mereka, tantangannya minimal.

Tapi tantang mereka dengan topik di luar niche mereka, dan mereka akan berkembang. Jadilah bijak di sini, meskipun; hanya mendelegasikan pekerjaan tingkat pemula untuk memulai.

Banyak penulis yang telah melakukan ini untuk saya sekarang menulis untuk beberapa mata pelajaran yang berbeda, dan beberapa menumbuhkan gairah untuk mata pelajaran masing-masing dari waktu ke waktu, menjadi UKM di sana, juga.

Cara Mempertahankan Penulis Lepas


Pertama, ingatlah bahwa orang memiliki waktu puncak kreatif yang berbeda.

Misalnya, hampir semua penulis lepas teratas saya mengirimkan konten kepada saya setelah tengah malam.

Ini umum untuk tipe kreatif dan didasarkan pada apa yang oleh para profesional disebut chronotype.

Sebagian besar penulis yang saya kenal adalah burung hantu malam pepatah, dan saya tidak berharap untuk mendengar kabar dari mereka di pagi hari.

Bahkan jika mereka lebih suka bekerja di siang hari, kreativitas membutuhkan fokus dan gangguan terus-menerus dapat menghambat proses penulisan.

Berikan tenggat waktu yang realistis dan jangan mengatur mikro. Anda akan mendapatkan lebih banyak rasa hormat, dan para penulis pasti akan bertahan lebih lama.

Sisa dari proses penahanan bermuara pada insentif moneter dan pendidikan.

Extra Money

Jika saya memiliki produser top, saya akan menambahkan uang ekstra ke faktur sebagai bonus terima kasih/kinerja cepat bila diperlukan.

Tidak ada yang gila, tetapi cukup sering untuk memberi tahu para penulis itu bahwa saya menghargai waktu dan energi mereka.

Target yang baik adalah 10% dari faktur setiap beberapa bulan.

Mengambil proyek yang jauh lebih besar yang membutuhkan banyak penulis, bukan satu, seperti deskripsi produk mobil saya di atas? Tingkatkan bonus yang tidak diketahui dari produsen teratas menjadi 20%.

Ini mungkin sedikit mengurangi margin keuntungan, tetapi sedikit penurunan itu akan meningkatkan pendapatan keseluruhan dalam jangka panjang karena para penulis itu akan lebih terdorong untuk melakukan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Insentif

Insentif lain termasuk menambah faktor pertumbuhan pribadi mereka, seperti mengirim mereka ke konferensi, seminar menulis online, atau buku terbaru tentang subjek tersebut.

Saya juga tahu minat pribadi penulis lepas saya, jadi jika saya mengirimi mereka buku tentang pengembangan menulis, saya akan mengirim buku tentang minat favorit mereka.

Juga, dan ini sebesar bonus dan pendidikan – jangan pernah bekerja terlalu keras pada pekerja lepas berkualitas atau memberikan tekanan yang tidak masuk akal tentang tenggat waktu.

Mereka akan menjatuhkan Anda atau memberikan pekerjaan mengerikan yang akan membuat Anda lebih mahal untuk memperbaikinya dalam jangka panjang.

Tekanan untuk tenggat waktu biasanya kesalahan manajer proyek. Anda tidak dapat memuat seorang penulis lepas dengan pekerjaan menulis selama 12 jam dan mengharapkan mereka untuk mengubahnya dalam sehari.

Penulisan yang baik membutuhkan waktu untuk menulis dan istirahat dalam jumlah yang sama, yang terakhir memungkinkan pikiran penulis untuk menyegarkan dan mengedit dengan pikiran yang lebih jernih.

Saya memiliki waktu penyelesaian 10-15 hari untuk sebagian besar penulis saya untuk karya.

Saya biasanya bekerja sebulan ke depan untuk klien kampanye, dan jika klien meminta sesuatu yang membutuhkan penyelesaian cepat, saya menghubungi para pekerja lepas sebelum merespons.

Beberapa faktor lain yang akan membantu Anda mempertahankan penulis lepas Anda meliputi:

Komunikasi konstan.

Rencanakan rapat mingguan atau bulanan, meskipun hanya panggilan pertemuan 15 menit untuk membahas alur kerja.

Juga, kirim email/sms mereka minimal setiap minggu untuk menanyakan apakah mereka sedang berjuang dengan sesuatu atau butuh bantuan dengan pekerjaan.

Saya mengirim email ke setiap freelancer setiap hari Senin, menanyakan apakah mereka tepat sasaran untuk tenggat waktu dan membutuhkan bantuan.


Promosikan konten baru

Inilah mengapa bijaksana untuk memahami minat pribadi penulis Anda (hasrat bahkan lebih baik!). Jika klien atau lini produk/layanan lain datang, sampaikan konten kepada penulis yang telah Anda latih.

Saya juga menemukan pecinta kuliner melalui perburuan penulis deskripsi otomatis, yang menambahkan nilai serius pada pembuatan konten untuk klien baru. Ini menghemat banyak energi dan waktu saya untuk menemukan dan melatih seorang penulis baru.


Jika lokal, jadwalkan kejutan makan siang atau makan malam. Saya bekerja dengan lusinan penulis lepas, tetapi beberapa di antaranya lokal.

Jadi terkadang saya hanya akan mengirim email kepada mereka meminta mereka untuk bertemu untuk makan siang atau makan malam di salah satu tempat favorit mereka.


Kirim makan siang atau paket perawatan makanan/minuman. Bagi para penulis lepas yang bukan lokal, sering-seringlah mengejutkan mereka dengan makanan atau minuman. Catatan singkat dari pengalaman: jangan mengirim daging ke vegetarian (atau minuman keras ke pecandu yang baru pulih).

baca juga


Cara Melepaskan Penulis


Sayangnya, tidak semua penulis akan berhasil. Beberapa mungkin telah menjadi pekerja lepas untuk bisnis atau agensi Anda selama bertahun-tahun tetapi tiba-tiba menjadi terlambat atau kualitas mereka menurun.

Semakin cepat Anda mengenali seorang penulis lepas yang bermasalah, semakin mudah untuk melepaskannya.

Untuk freelancer pemula, saya biasanya memberikan tiga pemogokan standar. Ini setelah saya bekerja dengan mereka dan melatih mereka untuk mencocokkan suara klien atau menjernihkan kebingungan.

Freelancer jangka panjang masing-masing menyajikan tantangan unik mereka sendiri.

Terkadang masalah keluarga atau pribadi muncul ke permukaan. Saya telah belajar untuk selalu memiliki penulis cadangan dalam keadaan darurat.

Namun masalahnya, UKM yang benar-benar bisa menulis sangat sulit ditemukan (ingat contoh deskripsi produk mobil di atas).

Berikut adalah dua tip cepat untuk melepaskan seorang penulis lepas terlepas dari situasinya:

  • Bayar apa yang terutang. bayar mereka untuk pekerjaan yang mereka selesaikan.
  • Jelaskan mengapa mereka dilepaskan, secara rinci.

Sebuah email cepat dengan poin-poin tentang apa yang salah tidak hanya akan bermanfaat bagi kewarasan Anda, tetapi juga kemampuan penulis untuk belajar dari kesalahan mereka.

Penulis itu mungkin membalikkan keadaan dan Anda mungkin bertemu satu sama lain di akun klien atau bahkan akhirnya bekerja sama lagi. Email itu mungkin telah melakukan lebih dari yang Anda tahu.


Selalu berusaha untuk menjaga hubungan dalam performa yang baik.

Manusia membuat kesalahan, baik itu masalah tata bahasa kecil atau yang lebih serius seperti plagiarisme.

Penulis lepas yang paling sukses untuk perusahaan atau agensi akan memiliki dua kualitas utama: keahlian materi pelajaran dan keterampilan menulis.

Ketika keduanya hadir, bisnis Anda akan berkembang, dan margin keuntungan Anda akan meningkat karena Anda menggunakan penulis lepas.

Masalah pertama adalah menemukan tipe yang sukses.

Masalah kedua adalah melatih dan mempertahankan mereka.

Yang ketiga, yang mudah-mudahan tidak akan pernah Anda alami, adalah mengakhiri kontrak mereka.

Kiat-kiat ini dirancang untuk meringankan masalah ini dan menghemat banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!