Mengenal Investor dan Pengusaha Sukses Dunia “Warren Buffett”

Categories: Tokoh Bisnis
jasa seo

undercover.co.id –  Siapa yang tidak ingin sukses dan menjadi orang kaya ? tentu saja semua orang ingin menjadi sukses dan kaya, namun banyak yang gagal karena berhenti di tengah jalan. Selain berhenti di tengah jalan mereka juga putus asa dan juga menyerah begitu saja.

Hal ini membuat karir seseorang berbeda-beda dan memiliki akhir yang tidak sama, tentunya serta campur tangan Tuhan yang memberikan rejeki. Dalam dunia Investasi, mungkin investor dan para pebisnis sudah mengenal sosok yang satu ini. Dimana ia memang tokoh yang dikagumi dan menjadi inspirasi banyak orang, karena kesuksesan dan usahanya untuk menjadi investor sukses dan besar.Siapa dia ? berikut ulasannya.

Warren Edward Buffet

Investor sukses tersebut dikenal sebagai “Warren Buffett”. Ia memiliki nama lengka Warren Edward Buffett yang lahir di Nebraska tepatnya di Omaha, Amerika Serikat. Warren dilahirkan pada tanggal 30 Agustus tahun 1930 sehingga sekarang sudah berusia 86 tahun. Dengan usia yang tidak lagi muda, tentu saja pengalaman dan kematangan dalam bekerja sudah tidak diragukan lagi. Warren terkenal sebagai investor kawakan, Philanthropist dan pengusaha yang sukses di Amerika Serikat. Bahkan tak jarang dari luar negeripun tahu tentang kemashuran dan keahlian dalam mengatur investasinya. Selain itu, Buffet menjadi komisaris, direktur utama dam sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Buffett bukanlah seorang yang terlahir dari keluarga yang sangat kaya raya, namun tidak juga miskin. Buffett memiliki keturunan prancis,  dengan ayah Howard Buffett seorang DPR Amerika dan ibunya Laila. Warren juga merupakan anak laki-laki satu-satunya dan memiliki dua saudara lainnya yakni kakak dan adik. Buffett disekolahkan di SD Rose Hill, kemudian karena ayahnya dipilih 4 kali periode untuk menjadi DPR. Kemudian Warren melanjutkan ke SMP Alice Deal dan SMA Woodrow Wilson pada tahun 1947, Uniknya Warren menuliskan di buku tahunannya bahwa ia menyukai matematika dan akan menjadi calon pialang saham.

Mengenal Investor dan Pengusaha Sukses Dunia “Warren Buffett”

Jejak Karir Buffett

Buffet mulai tertarik pada bisnis dan investasi di usia muda. Bahkan sampai jaman sekarangpun, jarang anak muda mau menggeluti dunia investasi yang dianggap berat. Salah satu bisnisnya adalah menjual permen karet, coca cola dan juga majalah mingguan di tokonya. Kemudian saat SMA ia tetap bekerja sebagai loper koran, menjual bola golf, perangko menyemir mobil dan lainnya.

Bahkan pada tahun 1944 yang notabene ia masih anak sekolah, sudah melaporkan pajaknya untuk pertama kali. Tahun 1945 saat 2 SMA ia mulai menawarkan mesin pinball bekas seharga 25 USD kepada teman-temannya. Tak lama usaha tersebut berkembang dan mulai menjualnya pada veteran perang Amerika seharga 1200 USD. Ia bahkan tidak bergantung kepada ayahnya yang memang seorang DPR, namun tetap mencari penghasilan sendiri dan membayarkan pajaknya.

Mengenal Investor dan Pengusaha Sukses Dunia “Warren Buffett” Saat usia 10 tahun, Buffett pertama kali mengunjungi bursa saham di New York, setahun kemudian ia membeli 3 lembar saham preferen perusahaan Utilitas Cities Services dan membeli 3 lembar untuk kakaknya Doris Buffett yang sekarang menjadi pemilik The Sunshine Lady Foudnation. Setelah itu ia mendapatkan uang 175 USD di usianya yang masih 15 tahun. Setelah lulus sekolah tak berhenti perjuangan Warren, karena ia tahu Benjamin Graham bersekolah di Columbia University, ia pun berusaha masuk kesana dan berkuliah hingga mendapatkan Magister Ekonomi.

Mengenal Investor dan Pengusaha Sukses Dunia “Warren Buffett”

Fakta Terkait Warren Buffett

Beberapa fakta mencengangkan yang mungkin harus anda ketahui :

  1. Warren merupakan orang terkaya untuk profesi Investor dengan kekayaan sebanyak 670 Triliun. Selain itu Warren juga terkenal akan kehidupannya yang sederhana dan tidak aneh-aneh.
  2. Banyak orang yang menjulukinya sebagai “Oracle of Omaha” yang artinya peramal dari Omaha, karena keberhasilannya dalam membeli saham dan memutuskan hal dengan tepat sehingga investasinya berjalan sukses.
  3. Meskipun ia masternya saham ketika umurnya, namun Warren pernah ditolak oleh Harvard Business dan tidak bisa masuk kuliah disana ketika usia 19 tahun, maka Warren memutuskan untuk mengambil kuliah di tempat lain.
  4. Semua orang sudah terkejut ketika ia membeli saham di usia 11 tahun, namun Warren justru berharap dapat membeli sahamnya sebelum usia 11 tahun dan memulai bisnis investasinya lebih cepat.
  5. Lebih dari 80% sahamnya disumbangkan ke Bill & Melinda Foundation lalu sisanya dibagikan ke ketiga anaknya yakni Susan, Howard dan juga Peter
  6. Meskipun kaya, Warren masih menempati rumahnya di Nebraska, selain itu ia juga tidak menggunakan pesawat pribadi meskipun kekayaanya berlimpah. Ia hanya menggunakan seperlunya dan masih menggunakan mobil miliknya tanpa membeli yang baru.
  7. Warren tidak terlalu suka membawa ponsel dan tidak memiliki komputer, gayanya yang sangat kuno masih ia pertahankan kecuali ia membutuhkan disaat genting.
  8. Warren tidak membiarkan dirinya bersosialisasi dengan kalangan atas kecuali untuk urusan bisnis. Ia lebih suka tinggal dirumah bersama keluarganya, menonton tv dan makan popcorn dengan santai.
  9. Buffett tidak memiliki banyak perusahaan, tetapi ketika membeli maka dia akan berusaha memegang selamanya saham tersebut. Terutama yang memungkinkan untuk sukses di waktu kedepannya.
  10. Bagi Warren inspirasinya adalah Benjamin Graham, maka ia mengejar tempat kuliah dimana Benjamin mengajar untuk mendapatkan ilmunya langsung.

baca juga 6 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Para Investor

Prestasi dan Penghargaan

  • Top Money Manager of The 20th Century menurut survey Carson Group
  • Time’s 100 Most Influental People 2007
  • Presidential Medal of Freedom 2011
  • World’s Most Influential Global Thinker In Foreign Policy’s 2010 Report

Hidup Seperti Warren Akan Sukses

Jika anda ingin sukses seperti Warren tentunya harus tahu dulu dasar kehidupan investor tersukses ini agar bisa menjadi inspirasi bahkan mungkin anda terapkan.

  • Hidup Sederhana

Layaknya Bill Gates dan Marc yang sama-sama menjadi orang terkaya di dunia, Warren juga menerapkan hidup sederhana dan tidak poya-poya. Selain karena memang ia menghargai usaha yang dilakukan, Warren juga memang sudah mau bersusah payah meskipun sang ayah sudah sukses. Selain banyak pemimpin saat ini yang terganggun dengan gelimang harta, menurut Warren hal inilah yang mengganggu profesionalitas seseorang dalam bekerja dan memimpin suatu perusahaan atau pekerjaan. Ia juga termasuk satu diantara sekian banyak orang terkaya yang membagikan harta dan sahamnya untuk orang lain. Warren senang bersepeda, menggunakan telepon rumah dan bekerja selayaknya bekerja.

  • Nilai Fundamental Warren

Apakah anda tahu bahwa Warren adalah tipe orang yang tidak ingin mengikuti orang lain. Ia percaya setiap orang memiliki pandangan tersendiri dan tidak harus mengikuti orang lain. Warren selalu mendorong nilai fundamental dari bisnis. Sementara dunia keuangan didorong oleh ketakutan dan keserakahan. Sedangkan menurutnya ia menganut kepercayaan bahwa nilai investasi dan bisnis ya bisnis, bukan masalah keuangan atau pendapatan yang tinggi. Maka ia lebih memilih untuk menggunakan investasi jangka panjang. Di zaman sekarang sangat banyak teori mengenai prinsip, karakter, dispilin dan lainnya namun bagi Warren keputusan dan tujuan yang benar yang akan menyelamatkan anda dari kebangkrutan atau kegagalan.

 

  • Jangan Takut Hilang

Sering sekali investor menggali banyak lubang, alasannya sangat mudah yakni ingin berkuasa dan takut kehilangan kesuksesan. Sebagai seraong pemimpin bagi Warren tidak menguasa dunia, melainkan menjadi aset dan nilai untuk dunia itu sendiri. Maka bagi anda yang ingin menjadi pimpinan bijaksanalah dalam bekerja, sedangkan untuk menjadi investor, cermatlah dalam bekerja. Jangan biarkan ketakutan dan uang menguasai tujuan anda sehingga menjadikan anda salah langkah. Bagi Warren jangka panjang lebih penting dibanding instan atau bersifat sementara. Sayangnya banyak anak muda jaman sekarang dan para pebisnis yang lebih memikirkan uang dan kejayaan yang takut hilang, dibandingkan totalitas dalam bekerja dan juga profesionalitas.

Tips Sukses Menjadi Investor Ala Warren

Selanjutnya adalah tips untuk anda yang ingin menjadi investor sukses, bukan hanya hidup sukses melainkan investor hebat. Ada beberapa tips yang harus anda terapkan.

Pertama yakni jangan menjadi penghisap jempol saja, yang dimaksudkan disini adalah riset dan pengumpulan data harus dilakukan oleh setiap investor. Warren selalu mempelajari bisnis sendiri dan menjalankannya sendiri. Warren memang terkenal sebagai investor dengan keputusan yang akurat, namun hal ini terjadi karena ia bukanlah seorang penonton yang bisa menyaksikan saja, namun ia terjun dan mencari tahu informasi apa yang membuatnya bisa memilih keputusan yang tepat.

Selanjutnya adalah batasi pinjaman dan hutang dimana keduanya bisa menjadi boomerang dalam kehidupan atau keuangan pribadi kita. Warren selalu mengatakan jangan membiarkan uang mengatur anda, namun andalah yang mengatur uang. Ucapan ini sangat penting karena akan mempengaruhi keuangan pribadi bahkan kehidupan seseorang.

Mindset menjadi kaya merupakan tips selanjutnya. Jika anda dikatakan pemimpi, maka mimpi anda sudah benar-benar bagus. Ia selalu mengatakan bahwa tak pernah sekalipun meragukan mindset dan sugesti Warren adalah menjadi kaya. Dimana orang kaya dan orang miskin berbeda dari mindsetnya. Mereka yang miskin akan berpikir mengenai kekurangan, sedangkan orang kaya akan berpikir kemakmuran dan berlimpah harta. Hal ini juga akan berpengaruh pada usaha dan kemalasan seseorang.

Menjadi berbeda ? itulah yang Warren lakukan dari awal. Ketika anak muda masih bermain skate sedangkan Warren sibuk membeli saham, kemudian ia membeli saham coca cola dan mencoba untuk bermain pelan di saham jangka panjang. Sedangkan beberapa orang merasa bahwa saham jangka panjang hanya akan membuat kita rugi perlahan dan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak pasti.

baca juga : Pasarkan Tas Tote, TOTES Tonjolkan Produk Tematik Buatan Tangan

Bahkan menurut perusahaan saham Amerika, Warren sering sekali melakukan investasi pada bisnis yang sedang lesu bahkan hingga rekan kerja yang meninggalkannya tidak sedikit, karena bisnisnya sangat berjalan perlahan. Kenapa Warren tetap memilih hal tersebut ? karena ia tahu potensi usaha tersebut di masa depan sangatlah tinggi.

Sekarang ini setelah Benjamin Graham menjadi inspirasi banyak investor muda, giliran anak muridnya yakni Warren Buffet yang banyak menjadi inspirasi orang lain. Tentunya dengan usaha, jejak karir, prestasi, penghasilan dan juga cara hidup Warren yang berbeda membuktikan bahwa menjadi pribadi yang sederhana tidak berarti miskin. Mengenal Investor dan Pengusaha Sukses Dunia “Warren Buffett”

jasa seo

Your Thoughts