Menghilangkan Website dari Ranking Halaman

SEO UNDERCOVER CO ID 16

Undercover.co.id – Judul di atas mungkin terdengar aneh, tapi kasus seperti itu bisa saja terjadi, terutama pada website bisnis lokal . Contoh kasusnya adalah website bisnis lokal yang memiliki ranking baik, tapi mendatangkan banyak traffic dari luar daerah bisnisnya, sehingga tidak relevan dengan website tersebut.

Cara Menghilangkan Website dari Ranking Halaman Pencarian Tanpa Menghapusnya

Jika sudah seperti itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan website supaya tidak muncul bagi orang-orang yang mencari hasil lain yang tidak relevan. Tapi perlu diperhatikan bahwa cara-cara di bawah ini mungkin akan mendatangkan beberapa dampak yang tidak diinginkan.

Tulis fitur “area served” dengan jelas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat skema website anda, di sana akan ada fitur area served yang menentukan area website anda. Anda bisa mengisi dengan jelas negara, kota, kabupaten, dan bagian daerah lain sesuai dengan keinginan anda.

Dengan menentukan jangkauan area yang jelas seperti ini, anda akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa konten atau jasa website anda hanya akan relevan untuk wilayah-wilayah tersebut. Selanjutnya anda bisa masuk ke salah satu fitur Google, Google My Business, dan memasukkan informasi lokasi dan area yang sama.

Evaluasi kembali konten website

Perhatikan kembali tulisan dan keterangan pada website anda, apakah terlihat lokal untuk daerah tertentu? Jika tidak anda bisa memodifikasi kembali susunan katanya sehingga terlihat jelas bagi orang yang membaca bahwa jasa yang ditawarkan website anda hanya untuk orang-orang dalam daerah tertentu.

Coba untuk berfokus untuk membicarakan poin-poin lokal dari daerah website anda. Poin tersebut bisa berupa perayaan adat daerah atau landmark seperti tempat wisata, patung, dan simbol lainnya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan footer dan elemen lainnya. Anda bisa memasukkan informasi lokal pada footer dan bagian body atau badan dari halaman.

Pastikan juga pada informasi lokasi tertulis nomor telepon lokal, alamat lengkap, dan juga peta digital yang bisa diakses. Informasi-informasi seperti ini bisa mengirimkan sinyal bahwa orang-orang yang berada di daerah ini bisa menggunakan jasa website anda.

Kerugian melokalkan halaman

Ada beberapa kerugian yang bisa didapatkan setelah anda memutuskan untuk melokalkan website anda. Praktek ini bisa saja berdampak pada ranking website anda, baik nasional maupun internasional.

Jika suatu saat nanti anda berpikiran untuk mengembangkan, menjual, atau bekerja sama dengan perusahaan besar, traffic website anda mungkin tidak bisa kembali lagi. Kemungkinan menarik banyak backlink juga akan berkurang.

Jika halaman website anda memiliki internal link , maka tidak adanya backlink baru akan membuat semua performanya akan mulai menurun karena anda tidak lagi mendapatkan link yang membutuhkan izin.

Cara untuk mengatasinya bisa dengan mencoba mempromosikan website melalui cara lain seperti podcast, koran, sosial media, dan media komunikasi lainnya.

baca juga

    Intinya, memiliki traffic yang banyak dari luar daerah website anda belum tentu merupakan sesuatu yang buruk. Semua tergantung pada cara anda menggunakan dan memanfaatkannya.

    Sebelum memutuskan untuk menghilangkan traffic luar daerah tersebut, pertimbangkan baik-baik dampaknya. Dan ingat bahwa setelah anda memutuskan intuk melokalisasi website dan traffic luar daerah tersebut sudah hilang, kecil kemungkinan untuk bisa mendapatkannya kembali.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh