Mengoptimalkan Cuplikan Unggulan Google

undercover.co.id – Cuplikan Unggulan , Bukan rahasia lagi bahwa cuplikan unggulan sangat kuat. Setiap profesional SEO (termasuk Anda benar-benar) bertujuan untuk memiliki cuplikan unggulan yang tersedia untuk konten mereka.

Hasil pencarian deskriptif yang diperluas ini muncul sebagai kotak khusus yang ditampilkan dengan jelas di atau di dekat bagian atas halaman hasil pencarian (SERP). Mengoptimalkan cuplikan unggulan (FS) dapat membantu Google lebih memahami kapan halaman Anda adalah jawaban terbaik untuk kueri yang relevan dengan salah satu fitur penelusuran ini tersedia.

Di kolom ini, Anda akan menemukan strategi saya yang telah dicoba dan diuji untuk mengoptimalkan cuplikan unggulan (termasuk contoh), templat kalender konten pilihan saya untuk cuplikan unggulan (yang dapat Anda salin dan gunakan), dan FAQ untuk menjernihkan pertanyaan yang tersisa tentang FS . Anda akan belajar:

  • Apa itu cuplikan unggulan?
  • 4 jenis cuplikan unggulan yang dapat Anda targetkan.
  • Proses 12 langkah untuk mengoptimalkan cuplikan unggulan.
  • Apa yang baru di cuplikan unggulan?
  • FAQ untuk cuplikan unggulan.


Mari kita mulai.

Cuplikan Unggulan
Cuplikan Unggulan

Apa Itu Cuplikan Unggulan?


Cuplikan Unggulan adalah cuplikan yang diperluas yang muncul di posisi pertama SERP Google. Tujuan dari cuplikan unggulan Google adalah untuk menjawab kebutuhan pengguna di sana dalam hasil pencarian.

Berikut adalah definisi Google :

Apa itu cuplikan unggulan.

Pengguna yang ingin membaca konten lengkap dapat mengklik URL cuplikan unggulan.

Ketika Google meluncurkan cuplikan unggulan, beberapa situs mampu mencapai dua hasil di halaman 1 SERP, yang pada awalnya mendorong peningkatan dramatis dalam visibilitas dan lalu lintas organik.

Tetapi seperti semua hal SEO, hari-hari bahagia tidak pernah berlangsung selamanya; lihat tweet ini dari Danny Sullivan:

Mengoptimalkan cuplikan unggulan bukan hanya tentang menambahkan pertanyaan ke judul dan subjudul Anda. Ini jauh lebih terlibat dari itu.

4 Jenis Cuplikan Unggulan yang Dapat Anda Targetkan
Saat ingin mengoptimalkan cuplikan unggulan, Anda perlu memahami jenis cuplikan unggulan yang tersedia.

Cuplikan Unggulan Paragraf
Tujuh puluh persen cuplikan unggulan adalah jenis paragraf, dengan rata-rata sekitar 42 kata dan 250 karakter.

Contoh Cuplikan Unggulan Paragraf.

Sebagian besar judul cuplikan unggulan ini dimulai dengan “Apa” atau “Mengapa”, yang menunjukkan bahwa sebagian besar bersifat informasional.

Pro Tip : Sebagian besar kata kunci pertanyaan “Apa” memiliki volume pencarian tertinggi, tetapi Anda harus menemukan kata kunci pertanyaan dengan skor Kesulitan Kata Kunci (KD) rendah untuk memenangkannya.

Cuplikan Unggulan Listicle
Rata-rata 19% cuplikan unggulan bertipe Listicle, terdiri dari rata-rata 6 item dan 44 kata.

Anda akan menemukan dua jenis cuplikan fitur listicle: daftar terurut dan tidak berurutan.

Daftar pesanan

Cuplikan Unggulan Listicle yang Dipesan.

Daftar Tidak Terurut

Contoh cuplikan fitur daftar yang tidak berurutan.Kiat Pro : Cuplikan unggulan Listicle berasal dari istilah kata kunci “Bagaimana” dan “Mengapa”. Jika Anda ingin mendapatkan cuplikan unggulan lebih cepat, itu adalah topik utama Anda.

Cuplikan Unggulan Tabel
Sekitar 6,3% cuplikan unggulan bertipe Tabel . Mereka memiliki rata-rata lima baris dan dua kolom dengan 40 hingga 45 kata.

Contoh cuplikan unggulan tabel.Kiat Pro : Untuk mengoptimalkan jenis cuplikan unggulan ini, tandai konten yang relevan dalam format tabel menggunakan tag tabel dalam HTML. Beberapa tergoda untuk membuat grafik untuk tabel, tetapi kemudian Anda kehilangan kesempatan ini.

Cuplikan Video Unggulan
Hanya 4,6% cuplikan unggulan yang berjenis video, rata-rata berdurasi 6 menit 35 detik.

Contoh cuplikan unggulan video. Kiat Pro : Jika pemirsa Anda banyak mengonsumsi konten video, cuplikan unggulan video adalah cara Anda menuju sukses. Cari kata kunci dengan volume pencarian rendah dan tada! Anda punya mereka.

Cara Mengoptimalkan Cuplikan Unggulan
Setiap kali Anda melihat peringkat pesaing pada cuplikan unggulan, Anda harus memikirkan satu pertanyaan ini:

Bagaimana cara mencuri cuplikan unggulan itu dan mendapatkannya untuk situs web saya?

Berikut adalah cara untuk memulai.

  1. Identifikasi Cuplikan Unggulan Pesaing
    Mencuri cuplikan unggulan pesaing tidaklah mudah.

Masukkan URL pesaing di Semrush dan cari grup kata kunci yang memiliki cuplikan unggulan.

Curi pesaing menampilkan cuplikan dari Semrush.

Sekarang, Anda ingin:

  • Ekspor daftar.
  • Kategorikan mereka ke dalam berbagai jenis cuplikan unggulan.
  • Urutkan berdasarkan volume pencarian yang lebih tinggi.
  • Sorot skor KD yang rendah.
  • Dan kumpulkan mereka untuk memulai perencanaan.
  • Salin templat kalender konten ini untuk mulai merencanakan, menerapkan, dan mengoptimalkan konten Anda untuk diberi peringkat.

Contoh Kalender Konten.

Jangan lupa untuk menambahkan topik konten dan jenis cuplikan unggulan di kalender konten Anda untuk melacak alasan Anda mengoptimalkan halaman.

  1. Kumpulkan Kata Kunci Untuk Setiap Konten yang dimiliki FS
    Setelah Anda selesai menyelesaikan topik konten, saatnya mengidentifikasi kata kunci yang ada pada konten yang saat ini memiliki cuplikan unggulan.

Klik panah bawah di Semrush di sebelah kata kunci yang dipilih untuk melihat informasi yang diperluas tentang peringkat kata kunci pada cuplikan unggulan.

cuplikan unggluan google
cuplikan unggluan google

Riset Kata Kunci untuk mengoptimalkan cuplikan unggulan.

Kumpulkan kata kunci terkait serta pertanyaan dan tambahkan ke kalender konten Anda.

  1. Pahami Maksud Penelusur
    Salah satu pertimbangan terpenting dalam mengoptimalkan cuplikan unggulan adalah memahami maksud penelusuran di balik setiap kueri pemicu.

Tiga jenis orang yang menelusuri kata kunci Anda:

Pelanggan potensial.
Influencer yang membujuk calon pelanggan Anda untuk membeli dari Anda.
Dan pesaing Anda.
Anda akan menulis konten untuk dua yang pertama. Masing-masing akan memiliki maksud yang berbeda saat mencari, tetapi akan selalu bersifat informasional (dan navigasi ketika pengguna ingin mengkliknya).

Karena hanya ada satu maksud pencarian untuk cuplikan unggulan, saya berpikir untuk mengklasifikasikannya lebih lanjut ke dalam empat kategori tergantung pada apakah mereka menginginkannya:

  • Jawaban yang spesifik.
  • Sebuah jawaban singkat.
  • Sebuah perbandingan.
  • Sebuah video.
  • Dapatkan Jawaban Spesifik

Di sini, permintaan pencarian pengguna adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban spesifik. Jenis FS ini memiliki RKPT yang lebih rendah karena orang datang untuk mendapatkan jawaban tertentu dan biasanya tidak ingin atau perlu membaca lebih lanjut.

Jenis FS ini dapat membantu dalam membangun merek tetapi tidak mungkin mengarahkan banyak lalu lintas.

Kata kunci pertanyaan dengan maksud pencarian untuk mendapatkan jawaban spesifik.Dapatkan Jawaban Singkat

Di sini, pengguna mengharapkan jenis paragraf atau daftar artikel dari cuplikan unggulan seperti yang ditunjukkan pada bagian jenis di atas. Jika pengguna ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, mereka akan mengklik hasilnya.

Jenis permintaan pencarian ini membantu dalam RKT dan reputasi merek.

Dapatkan Perbandingan

Jenis kueri penelusuran ini muncul dengan jenis tabel cuplikan unggulan. Konten tabel lebih besar dari yang dapat ditampilkan oleh Cuplikan Unggulan Google. Jadi, jenis maksud penelusuran ini kemungkinan besar akan meningkatkan RKT .

Dapatkan Video

Dan terakhir, jika pengguna mencari jawaban “how-to” dan video yang dilampirkan pada jawaban tersebut, maka akan mendapatkan CTR maksimum.

Pahami berbagai jenis maksud penelusuran informasional di balik kueri penelusuran. Mereka relevan dengan jenis cuplikan unggulan yang tersedia, yang dapat membantu Anda merencanakan dan mengoptimalkan konten Anda.

  1. Jalankan Analisis Kompetitif
    Kembali ke Semrush dan buka alat templat konten SEO-nya. Masukkan kata kunci atau topik konten Anda, pilih lokasi yang ditargetkan, dan klik tombol hijau.

Anda akan mendapatkan rekomendasi SEO di bawah ini untuk konten Anda guna merencanakan pengoptimalan konten untuk cuplikan unggulan.

10 pesaing teratas Anda untuk kata kunci target agar Anda memahami dengan siapa Anda akan bersaing
Rekomendasi SEO oleh Alat Konten SEO.

Rekomendasi utama dari mereka dalam hal apa yang harus dimiliki konten Anda, tautan balik yang harus diperoleh, keterbacaan yang harus dimiliki, dan panjang teks yang direkomendasikan untuk melayani maksud dan harapan pencarian pengguna.
Rekomendasi utama oleh Semrush.

Saran tentang bagaimana mereka menggunakan kata kunci target sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih baik.
Pesaing menargetkan penelitian kata kunci.

Rekomendasi SEO dasar untuk membuat konten Anda ramah pencarian.
Rekomendasi SEO dasar.

  1. Buat/Perbarui Garis Besar Konten
    Sekarang, Anda memiliki topik konten, kata kunci yang ditargetkan, jenis cuplikan unggulan, maksud pencariannya, dan kumpulan rekomendasi SEO dari cuplikan pesaing.

Jika Anda sedang menulis konten baru, Anda perlu membuat kerangka konten. Dan jika Anda sudah menulis karya tersebut, Anda mungkin perlu mengubah garis besarnya sesuai dengan penelitian yang dikumpulkan di atas.

  1. Buat Konten Lebih Baik Dari Kompetisi
    Mencakup informasi dasar yang diharapkan pengguna dalam konten berdasarkan kueri penelusuran pengguna dan tujuannya.
    Tambahkan nilai lebih dari blog pesaing dengan memasukkan data statistik, media kaya, contoh, petunjuk, dll.
    Tulis dalam kalimat sederhana dan lebih pendek untuk meningkatkan keterbacaan konten .
    Fokus pada konten berbasis penelitian daripada berbasis opini. Kutipan membantu Google lebih memahami konten Anda.
    Anda harus selalu bertujuan untuk membuat konten terbaik — yaitu, konten yang memberikan nilai selama bertahun-tahun, seperti bagian di bawah ini.

Contoh konten terbaik.

  1. Validasi Konten
    Setelah Anda menyiapkan konten, periksa kembali apakah konten tersebut memenuhi kebutuhan Anda untuk:

audiens target Anda.
Maksud pencarian pengguna yang ditentukan.
Kata kunci yang ditargetkan.
Saran terdaftar.
Pemeriksaan ini sangat penting untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar untuk mendapatkan cuplikan unggulan.

  1. Atur Konten Anda Untuk Pembaca & Mesin Pencari
    Konten yang terorganisir dengan baik mudah untuk dipindai, dibaca, dan dipahami oleh pengguna dan mesin telusur.

Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat mengatur sepotong konten untuk memberikan struktur yang baik.

Atur konten Anda dengan Tag Judul.

Baru-baru ini saya men-tweet tentang bagaimana Anda dapat mengubah cuplikan fitur paragraf menjadi daftar artikel hanya dengan mengatur dan membuat konten yang sesuai.

  1. Tambahkan Kata Kunci Pertanyaan Di Tag Judul
    Mengatur konten Anda untuk mendapatkan cuplikan unggulan tidak lengkap tanpa menambahkan kata kunci pertanyaan ke tag judul.

Ambil kata kunci pertanyaan yang relevan dengan volume pencarian tinggi dan letakkan di tag heading Anda. Sebagian besar cuplikan unggulan yang Anda lihat di Google dimulai tepat setelah tag heading .

Lihatlah contoh di bawah ini:

Tag Judul di Cuplikan Unggulan.

Frasa kata kunci pertanyaan yang tepat di tempat yang tepat dapat membuat semua perbedaan.

  1. Tambahkan Grafik yang Relevan
    Grafik memainkan peran penting dalam memiliki cuplikan unggulan, terutama untuk cuplikan unggulan tipe paragraf dan daftar.

Cobalah untuk menggunakan gambar kehidupan nyata atau grafik yang dibuat khusus daripada gambar stok untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menghindari tampilan generik.

Tambahkan gambar sebanyak yang dibutuhkan konten Anda.

Tambahkan grafik yang relevan.

  1. Terapkan Taktik SEO
    Konten Anda siap untuk pengguna. Sekarang Anda perlu membantu Google memahami semua tentang halaman — dan dengan cepat.

Berikut adalah beberapa taktik SEO yang berfungsi untuk cuplikan unggulan:

  • Struktur URL yang sempurna: Jaga agar URL Anda tetap pendek, idealnya tiga hingga empat kata.
  • Tag judul: Gunakan Coschedule Headline Analyzer dan alat pengoptimalan cuplikan SEOmofo untuk membuat tag judul menarik yang sesuai dengan persyaratan piksel.
  • Tag deskripsi meta: Gunakan SEOmofo untuk memaksimalkan piksel yang tersedia dan tulis deskripsi meta yang berpusat pada pengguna dan kata kunci untuk mendorong klik tertinggi.
  • Tag judul: Gunakan kata kunci pertanyaan, seperti yang dibahas di atas.
  • Atribut Alt Gambar: Untuk semua grafik, pastikan Anda menggunakan teks alt deskriptif untuk membantu Google memahami semua tentang gambar tersebut. Sebagian besar konten berkinerja terbaik memiliki gambar dengan atribut alt.
  • Tautan internal: Bantu Google mengidentifikasi halaman terpenting situs Anda. Jika Anda mencapai cuplikan unggulan, Anda ingin mendukung peringkat halaman terbaik Anda dengannya.
  • Tautan eksternal: Beri tahu Google situs eksternal mana yang Anda percayai dan tunjukkan kredibilitas dengan kutipan Anda.
  • Tag markup skema: Bantu Google memahami tentang halaman Anda dan mengenali elemen seperti tabel.
  • Pembuatan tautan : Buat tautan untuk membantu Google memahami otoritas situs web Anda.
  1. Tetap Optimalkan Konten Anda Sampai Anda Mencapai Cuplikan Unggulan
    Dengan proses pengoptimalan cuplikan unggulan ini, saya memeriksa hasilnya pada 7, 14, dan 21 hari.

Jika saya melihat peningkatan tayangan, saya akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan klik. Pastikan untuk melacak perbedaan tayangan, peringkat, dan RKT di Google Search Console, serta lalu lintas dan visibilitas di Semrush.

Terus optimalkan konten Anda hingga Anda melihat cuplikan unggulan dan dapat melacak hasil darinya, seperti:

Lacak Cuplikan Unggulan.

Apa yang Baru untuk Cuplikan Unggulan di tahun 2021?
Baru-baru ini, industri SEO memperhatikan dua fitur baru di hasil Google Penelusuran untuk cuplikan unggulan.

Tombol “Dengarkan ini dengan keras”
Saat Anda mengklik tombol ini, konten dibacakan dengan lantang saat teks disorot di sampingnya.

Bagian “Juga tercakup di halaman ini”
Bagian ini muncul di bawah bagian utama cuplikan unggulan dan mengambil tag heading yang telah Anda tambahkan ke halaman Anda.

Juga dibahas pada contoh bagian halaman ini.

Sekarang Anda memiliki alasan lain untuk mengatur konten Anda dengan lebih baik menggunakan tag heading!

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) Untuk Cuplikan Unggulan Google
Berikut adalah beberapa pertanyaan cuplikan fitur yang paling sering diajukan yang saya dapatkan dari para profesional SEO.

Mengapa Cuplikan Unggulan Dapat Dihapus?
Cuplikan unggulan Anda dapat dihapus secara otomatis atau manual oleh Google jika berada di bawah:

  • Konten berbahaya.
  • Praktek-praktek yang menipu.
  • Konten yang melecehkan.
  • Konten kebencian.
  • Media yang dimanipulasi.
  • Konten medis.
  • Konten seksual eksplisit.
  • Konten teroris.
  • Kekerasan dan gore.
  • Bahasa vulgar dan kata-kata kotor.
  • Konten yang bertentangan dengan konten oleh para ahli di bidang sipil, medis, ilmiah, dan sejarah.
  • Jika Anda menyimpang dari kebijakan Google , Anda mungkin kehilangan cuplikan unggulan. Tentu saja, Anda mungkin kalah jika pesaing melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjawab pertanyaan itu juga.

Apakah Cuplikan Unggulan Tersedia untuk Produk E-niaga atau Halaman Kategori?
Tidak. Produk e-niaga bisa mendapatkan cantuman unggulan di Google SERPs menggunakan Google Belanja dan Iklan Cantuman Produk (PLA).

Namun, situs web e-niaga masih dapat memiliki cuplikan unggulan untuk panduan dan blog mereka.

Cuplikan Unggulan Vs. Cuplikan Kaya: Apa Bedanya?
Cuplikan unggulan diambil dari konten halaman web untuk menjawab kueri pengguna, sedangkan cuplikan kaya adalah hasil penelusuran organik yang disempurnakan.

Jika hasil pencarian Anda memiliki ulasan yang menyertainya, itu adalah cuplikan kaya. Jika halaman web Anda memberikan informasi kepada pengguna dengan cara yang sedikit lebih mendetail tentang posisi pertama di SERP, itu adalah cuplikan unggulan.

Pelajari lebih lanjut tentang mengoptimalkan cuplikan kaya di sini .

Bagaimana Cara Kerja Cuplikan Unggulan?
Untuk memahami cara kerja cuplikan unggulan, mari kita uraikan paten Google dalam menghasilkan cuplikan berdasarkan konten:

Bagaimana Cara Kerja Cuplikan Unggulan? Gambar 4A Paten GoogleBagaimana Cara Kerja Cuplikan Unggulan? Gambar 4B Paten Google

Saat Google menerima kueri penelusuran, ia mencoba menemukan hasil terbaik untuk mencocokkannya. Dan ketika Google siap dengan daftar hasil pencarian, mengikuti proses di bawah ini untuk mengambil cuplikan fitur yang relevan dari 10 hasil pencarian teratas:

Mengidentifikasi fitur teks dalam kalimat berbasis kata kunci untuk memeriksa kelayakannya untuk diberi peringkat sebagai FS.
Menentukan fitur jeda yang akan menunjukkan tempat kalimat berbasis kata kunci dapat dipotong pada cuplikan unggulan.
Menghitung dan menetapkan skor cuplikan untuk mengidentifikasi kekuatan cuplikan.
Memilih cuplikan dengan skor cuplikan tertinggi.


Begitulah cara Google memilih situs web untuk cuplikan unggulan dan bekerja untuk memberikan informasi yang relevan dengan cepat kepada pengguna.

Pergi, Dapatkan Cuplikan Unggulan Anda Sekarang!
Format cuplikan unggulan Google berfokus pada penyediaan informasi kepada pengguna di platformnya sendiri. Namun, tidak semua informasi dapat ditampilkan dalam 40-45 kata.

baca juga

Oleh karena itu, mereka dapat menjadi alat yang hebat untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda.

Gunakan panduan di atas untuk memiliki cuplikan unggulan dan menjadi pemimpin pemikiran di industri Anda, sehingga meningkatkan reputasi merek dan lalu lintas organik Anda. Jika Anda telah mengoptimalkan situs Anda dengan baik, konversi akan mengikuti!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!