Menjelajahi Kuliner Segar di 5 Masjid Besar Bandung

Menjelajahi Kuliner Segar di 5 Masjid Besar Bandung

Bulan puasa memang bulannya kuliner. Meski 12 jam lebih kita berpuasa, justru di bulan inilah orang ramai menghabiskan waktunya di spot-spot kuliner yang beragam. Tidak hanya restoran atau kafe yang ramai, masjid pun jadi ikutan ramai. Nah, masjid-masjid berikut ini punya ‘tetangga’ penyaji kuliner yang masakannya lezat, murah dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari masjid. (TIS)

1. Masjid Cipaganti

Tepat di samping masjid ini terdapat warung Iga Bakar Si Jangkung. Daging iga yang dipotong kecilkecil disajikan dengan potongan tomat dan irisan cabe rawit di atas cobek panas agar tetap hangat. Proses memasaknya sampai beberapa tahap. Tidak heran jika dagingnya menjadi sangat empuk, bumbunya pun meresap sempurna. Si Jangkung juga punya tongseng yang segar dan gulai kambing yang nikmatnya sampai ke tulang. Harga disini dibandrol mulai dari Rp 20.000an.

2. Masjid Salman

Letaknya di Jalan Gelap Nyawang, dekat Jalan Taman Sari. Di sana, anda akan menemukan warung tenda Rojo Lele dan Dapur Laut. Dapur Laut punya beragam sajian ikan air laut seperti ikan marlin, gindara, hiu, cumi, sotong, barakuda, bawal, tuna, kakap, juga pari yang digoreng lalu dibakar. Lebih seru lagi kalau ditambah dengan tumis kangkung yang segar.

Masih satu tenda, ada Rojo Lele yang menyajikan olahan ikan air tawar seperti lele, nila, bawal air tawar, gurame. Juga ada ikan kerapu, udang, cumi, dan kerang. Penganan laut tersebut disajikan dengan pilihan saus yang beragam seperti saus padang, saus tiram, saus asam manis, saus rica-rica, dan lain-lain.

Selain sedap, ukuran ikan di kedua warung tenda ini terbilang besar jika dibandingkan dengan warung-warung tenda seafood lainnya. Harga masakan di Rojo Lele berkisar dari Rp 10.000 – Rp 20.000an saja, sementara di Dapur Laut berkisar dari Rp 7000 – Rp 30.000an.

3. Masjid Ukhuwah

Ada Kedai Langsa yang berlokasi di Jalan Aceh, tepat di seberang BMC. Kedai ini menyediakan masakan-masakan melayu secara prasmanan dengan nasi yang hangat. Seperti sayur daun singkong, ikan acar kuning, gulai kepala kakap, rendang. Selain itu ada sate padang, tekwan, martabak aceh, mie aceh, lontong medan, roti jala dan roti cane yang disajikan dengan kuah kari ayam atau kari kambing yang lezat. Yang paling maknyos di sini adalah burung gorengnya, dagingnya empuk dan gurih karena bumbunya meresap hingga ke dalam. Di sini harga setiap menunya berkisar belasan ribu rupiah saja.

 

4. Masjid Pusdai

Di ujung Jalan Supratman, tidak jauh dari masjid Pusdai, ada Warung Sate Sidareja Pak Gino. Warung ini menyajikan berbagai macam sate, dan olahan daging kambing serta sapi lainnya seperti sop, gulai, tongseng, nasi goreng. Yang juara di sini adalah sate kambingnya. Dagingnya empuk dan tidak bau kambing. Harganya berkisar dari Rp 28.000 – Rp 60.000an. Kalau anda memesan setengah porsi, cukup membayar Rp 17.000 – Rp 20.000an saja. Selain itu, di sini juga menyediakan kambing guling dan kambing aqiqah.

5. Masjid Istiqomah

Letaknya di Jalan Cilliwung, depan SMK 2. Ada Warung Nasi Timbel Istiqomah yang menyajikan nasi merah, nasi hitam dan nasi putih dalam balutan daun pisang dengan beragam lauk seperti ayam, ikan, tahu, tempe, dan jeroan dengan aneka sambal yang sedap serta lalapan segar. Anda bisa meminta lauk-lauk tersebut dihangatkan kembali. Harga satu porsinya berkisar dari Rp 20.000an saja

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!