Minyak Gosok Cap Tawon

undercovercoid 38

Siapa bilang oleh-oleh khas hanya berupa makanan atau benda hias? Obat tradisional pun bisa menjadi okeh-oleh khas, misalnya minyak gosok. Anda pasti tidak asing dengan Minyak Gosok Cap Tawon yang berkhasiat meredakan nyeri, mengobati luka memar, hingga obat penyakit dalam. Salah satu minyak gosok lokal yang terkenal adalah Minyak Gosok Cap Tawon, yang saat ini sudah menjadi oleh-oleh khas Makassar.

 

Banyak yang sudah berlangganan menggunakan Minyak Gosok Cap Tawon untuk pengobatan namun tidak tahu awal mula sejarahnya.

 

 

Sebelumnya, jika Anda belum pernah menggunakan Minyak Gosok Cap Tawon, Anda perlu mengetahui kandungan di dalamnya serta khasiatnya untuk pengobatan.

 

Minyak Gosok Cap Tawon adalah hasil dari campuran berbagai bahan herbal alami seperti bawang, cengkeh, daun lada, daun sirih, jahe, kunyit, lengkuas, minyak kayu putih, hingga minyak kelapa.

 

Dengan mencampurkan bahan-bahan alami tersebut, membuat Minyak Gosok Cap Tawon diyakini memiliki berbagai khasiat di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengobati keseleo, pegal-pegal, otot kaku, sakit pinggang dan punggung
  2. Mempermudah proses penyembuhan luka lebam/bengkak akibat pukulan atau benturan
  3. Mengobati luka bakar, luka khitan, hingga kulit lecet karena benda tajam
  4. Meredakan nyeri, sakit kepala, batuk-batuk, gatal karena gigitan serangga, sakit gigi, dan sariawan
  5. Mengobat berbagai penyakit seperti sakit pada tulang, kulit (bisul, kudis, kurap, panu), mual-mual, diare, rematik, masuk angin, sakit perut, hingga sesak napas
  6. Melancarkan sirkulasi darah untuk pemijatan/urut.

Minyak Gosok Cap Tawon diproduksi dalam dua jenis, yakni minyak tutup merah dan minyak tutup putih. Khasiatnya sama namun yang membedakan adalah efek rasa panas ketika digunakan. Minyak tutup putih memberikan efek rasa panas yang lebih kuat dibandingkan minyak tutup merah, sehingga lebih cocok untuk pijat keseleo, hingga otot kaku karena pegal.

 

Minyak Gosok Cap Tawon : Berawal dari Ramuan Keluarga hingga Berujung Bisnis untuk Dalam dan Luar Negeri

 

Tahukah Anda, jika Minyak Gosok Cap Tawon merupakan produk lokal yang bertahan 100 tahun sejak diciptakan? Banyak orang yang menggunakan Minyak Gosok Cap Tawon, namun tidak banyak yang tahu sejarahnya. Minyak Gosok Cap Tawon adalah produk utama sebuah perusahaan bernama PT Tawon Jaya Makassar.

 

Pembuatan minyak gosok yang dianggap sebagai minyak ajaib tersebut, berawal dari kerja keras seorang etnis Tionghoa bernama Lie A Liat, yang ingin membuat ramuan obat herbal untuk keluarganya. Ia juga terinspirasi karena melihat banyaknya warga asing yang singgah di Makassar yang lelah dari perjalanan jauh.

 

Dengan peluang tersebut, ia membuka bisnis obat bernama To Boo Loeng pada 1912. Minyak gosok buatannya pun diberi merk Minyak To Boo Loeng.

Sebelum terkenal, Minyak Gosok Cap Tawon hanya disebarluaskan di Makassar dan sekitarnya.

 

Karena khasiatnya sudah dirasakan banyak orang dari dalam dan luar Sulawesi, Minyak Gosok Cap Tawon semakin menyebar luas hingga ke Jawa.

 

Pada 1984, Minyak Gosok To Boo Loeng diubah namanya menjadi Minyak Gosok Cap Tawon sekaligus mengubah nama perusahaan bisnis obatnya menjadi PT Tawon Jaya Makassar yang kini sudah dikelola oleh tiga generasi Lie A Liat, yaitu Eddy Mattualy.

Dilansir dari berita yang diterbitkan oleh kompas.com, Eddy Mattualy menjadi pewaris sekaligus pengelola bisnis obat turun temurun keluarganya sejak 1977. Banyak anggapan yang menyatakan bahwa sebuah bisnis lokal hanya mampu bertahan hingga generasi kedua.

Namun, tidak bagi Eddy. Berbekal ilmu bisnis yang ia dapatkan selama berkuliah dan pengalaman yang diperoleh dari orang tuanya, ia berhasil mengembangkan perusahaan obat lokal tersebut. Selain itu, ia juga sudah dididik untuk turut memperhatikan usaha keluarga oleh orang tuanya sejak berusia enam tahun.

 

Karena pengalaman pengelolaan perusahaan seperti berdagang, mengurus pabrik, hingga bekerja sama dengan kolega bisnis sudah ia dapatkan sejak kecil, tidak sulit baginya untuk mengambil alih dan menyusun strategi mengembangkan bisnis perusahaan.

Menurut Eddy, label “minyak gosok” yang identik dengan ia dan keluarga, tidak pernah membuatnya merasa diremehkan. Sebaliknya, ia dan keluarganya selalu merasa bangga karena minyak gosok keluarganya bermanfaat untuk mengobati orang lain dan  dengan produk lokal berhasil menjadi bagian dari identitas Makassar.

 

Dengan keberhasilannya yang mematahkan asumsi generasi kedua adalah akhir kejayaan bisnis lokal di Indonesia, tidak membuat Eddy berpuas diri dan berhenti mengembangkan usahanya. Kini, ia sudah mempersiapkan anaknya, Yupic Mattualy, generasi keempat pewaris PT Tawon Jaya Makassar. Tentu ia berharap agar perusahaannya, terutama Minyak Gosok Cap Tawon bertahan hingga seratus tahun ke depan dan selamanya.

 

 

Seiring waktu, Minyak Gosok Cap Tawon semakin dikenal oleh lebih banyak orang hingga menjadi oleh-oleh obat khas Makassar. Tidak hanya itu, Minyak Gosok Cap Tawon  sekarang sudah memiliki pelanggan di luar Indonesia, melalui ekspor produk ke Malaysia, Singapura, Hongkong, Jepang, Taiwan, Inggris, Belanda, hingga Amerika Serikat.

Menyenangkan, bukan, ketika berhasil mempertahankan warisan bisnis keluarga? Sejatinya, tidak ada satupun bisnis bisa menghasilkan kepuasan yang menyenangkan tanpa kerja keras. Anda tidak bisa memberikan pernyataan sembarangan misalnya: “Gampang, ya.. Hanya perlu melanjutkan bisnis yang sudah berhasil”.

Jika Anda ingin  meniru jejak Eddy Mattualy, Anda harus tahu bahwa mempertahankan sesuatu sebenarnya lebih sulit daripada memperolehnya.

 

Sederhananya, seperti ketika Anda membeli sebuah televisi. Memang membeli televisi yang bagus, membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit. Namun, mempertahankan televisi untuk tetap dalam kondisi bagus lebih sulit lagi. Ketika rusak, Anda perlu tahu cara tepat memperbaikinya.

 

Ketika kotor, Anda harus membersihkannya, dan berbagai masalah lainnya. Begitu pula dengan sebuah bisnis warisan turun temurun dalam sebuah keluarga.

Eddy Mattualy membutuhkan lebih dari pengalaman yang didapatnya dari orang tua. Ia tetap berkuliah bisnis dan berusaha mengembangkan perusahaannya agar lebih maju lagi.

 

Banyak bisnis lokal yang tergerus karena perkembangan zaman dan tidak adanya persiapan. Namun tidak bagi Eddy. Ia tetap berusaha mengembangkan perusahaan dengan turut mengikuti perkembangan zaman. Ia juga tidak hanya mengutamakan keuntungan pribadi, tetapi juga memperhatikan kualitas dan proses kerja pabrik dan karyawannya. Inilah yang menurutnya penting untuk dilakukan dalam menjaga bisnis warisan keluarga.

 

BRAND Jamu Iboe

BRAND Kecap Cap Orang Jual Sate

 

Untuk menurunkan warisan bisnis keluarga juga tidak mudah. Bila Anda memiliki bisnis yang ingin Anda wariskan kepada anak Anda, siapkan diri dan anak Anda sedini mungkin.

 

Utama dan pertama, Anda harus mendisiplinkan diri untuk tidak cepat berpuas diri ketika bisnis Anda sudah sukses dan dikenal banyak orang. Anda harus menyiapkan Anda dengan pengetahuan dan pengalaman, contohnya seperti Eddy Mattualy yang sudah mengajak Yupic (anaknya) ke pabrik sejak ia masih duduk di bangku SD.

Membiasakan diri anak Anda untuk turut merasakan proses pengelolaan bisnis keluarga adalah hal penting. Juga tanamkan pada diri Anda dan anak Anda, bahwa kesuksesan yang tidak dijaga, hanya akan menjadi kegagalan di masa mendatang.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!