Model Startegy Marketing Corporate Untuk Memasuki Pasar Internasional

Categories: Artikel BISNIS
jasa seo

Undercover.co.id-Memasuki pasar internasional di era globalisasi merupakan salah satu strategi yang wajib dipikirkan oleh setiap perusahaan.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat serta globalisasi bisnis telah melahirkan sebuah lingkungan persaingan baru dalam dunia usaha dimana perusahaan dituntut untuk berpikir secara global  agar mereka bisa menjadi pemimpin dalam suatu industri yang berkaitan dengan produk yang diciptakannya. Inilah mengapa model streategi baru dibutuhkan, yaitu strategi dan manajemen dalam memasuki pasar internasional.

Era globalisasi salah satunya mencetuskan globalisasi bisnis itu sendiri, dimana memberikan peluang kepada negara-negara yang dahulunya tertutup dari jangkauan perusahaan asing sekarang telah berubah dan membuka diri untuk membuka pasar mereka.

Terlebih lagi, dengan hadirnya teknologi internet membuat jalur komunikasi antara perusahaan dengan konsumen menjadi tidak terbatas. Sehingga teknologi tersebut membuka peluang lebar bagi perusahaan-perusahaan dalam melakukan operasi bisnis berskala internasional dengan sangat cepat dan efisien.

Apa yang Dimaksud Pemasaran Internasional?

Pemasaran internasional merupakan metode serta kegiatan pemasaran yang ditujukan lebih dari satu negara. Pada aplikasinya pemasaran internasional membutuhkan konsep, prinsip, serta manajemen untuk menyalurkan ide, konsep, jasa maupun barang oleh perusahaan kepada konsumen di pasar internasional. Pasar internasional sendiri bisa diartikan sebagai tempat untuk menjual dan membeli produk dari berbagai negara.

Ada beberapa alasan kenapa sebuah perusahaan harus menerapkan manajemen pemasaran internasional yaitu:

  1. Memperluas akses pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing.
  2. Menekan biaya bahan baku dan faktor produksi
  3. Melayani konsumen dengan jangkauan yang lebih luas
  4. Kemungkinan adanya kesempatan untuk berkembang lebih pesat dengan melakukan pemasaran ke luar negeri.
  5. Dapat mengurangi ketergantungan ekonomi dari dalam negeri.

Perusahaan yang menjalankan strategi pemasaran internasional antara lain adalah eksportir, importir,  dan perusahaan multinasional.

Perbedaan Strategi Pemasaran Dalam dan Luar Negeri

Letak perbedaan pemasaran di dalam negeri dan di luar neger sangat berbeda. Misalnya kalau kita lihat dari tahap penyusunan STP (segmenting, targeting dan positioning). Tentunya semuanya itu memiliki orientasi dan budaya yang berbeda.

Perusahaan yang hanya membidik pasar domestik mereka menggunakan cara perekonomian terencana dan melibatkan pemerintah dalam mengatur faktor-faktor produksi serta alokasi hasil produksi. Terlebih dari itu, pasar internasional lebih mengembangkan budaya komptetitif dan dikenal adanya sistem manajemen parallel dan sistem dua kendali.

artikel lain: rencanakan-investasi-di-bisnis-franchise-oldtown-white-coffee/

Adapun dalam memasuki pemasaran internasional perusahaan memerlukan langkah-langkah strategis dan harus melalui beberapa tahap sebelum mereka bisa go international. Langkah-langkah strategis tersebut dimulai dari langkah analisis lingkungan hingga evaluasi dan pengendalian pasar internasional. Secara umum langkah yang  harus diterapkan oleh perusahaan adalah:

  1. Analisis lingkungan internasional
  2. Setelah didapatkan data-data yang akurat perusahaan bisa menetapkan tujuan dan kebijakan terkait produk yang mereka tawarkan.
  3. Setelah itu perusahaan bisa menetapkan sasaran pasar internasional. Pasar internasional atau segmentasi pasar bisa dilihat berdasarkan aspek geografis (nasional, regional maupun global). Di dunia ada beberapa kelompok pasar internasional yang dibagi berdasarkan wilayah geografis, diantaranya adalah Kelompok pasar Eropa (EC, EFTA, COMECON), Kelompok pasar Timur Tengah (OAPEC, Arab Common Market), Kelompok pasar Asia (Jepang, China, ASEAN, AFTA), Kelompok pasar Amerika Utara (US, Kanada, NAFTA), Kelompok pasar Amerika Latin (ANCOM, CACM, CARICOM, LAIA) dan Kelompok pasar Afrika (ECOWAS, CEAO, CEUA, AMEU, EACU).
  4. Menentukan program pemasaran
  5. Membentuk organisasi pemasaran
  6. Evaluasi dan pengendalian

 Strategi Memasuki Pasar Internasional

Dalam memasuki pasar internasional perusahaan bisa melakukannya melaui beberapa tahap yaitu: (1) Non-Foreign marketing, (2) Infrequent Foreign Marketing, (3) Regular Foreign Marketing, dan (4) Global Marketing Operations. Yang membedakan dari semua tahap tersebut adalah keterlibatan suatu perusahaan dalam menyertakan dirinya dalam pemasaran internasional.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah pilihan strategi dalam mengambil peran di pasar internasional. Untuk hal ini perusahaan dapat memilih antara beberapa alternatif sebagai berikut:

  1. Eksportir (Aktif maupun pasif)
  2. Licensing
  3. Joint Venture (manufacturing, management ataupun concorcia)
  4. Direct Investment
marketing-strategi-menyongsong-pasar-global

marketing-strategi-menyongsong-pasar-global

Beberapa Contoh Perusahaan Nasional dan Multinasional yang Sudah Memasuki Pasar Internasional

1.      Indomie

Indomie sudah berekspansi ke pasar Internasional dan eksis dibeberapa wilayah seperti Asia, Eropa, Afrika, Australia dan bahkan Amerika. Di Nigeria, Indomie bahkan dianggap sebagai makanan pokok. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan melakukan licensing, seperti di Arab sebuah perusahaan yang bernama Pinehill Arabia Food Limited dan di Nigeria sebuah perusahaan dengan nama De United Food Industries Limited, telah mendapatkan hak untuk memakai merek Indomie dalam memasarkan mie instan.

baca juga pemasaran-yang-smart-dan-efektif-menggunakan-mobile-marketing/

2.      Es Teller 77

Nama yang dulunya berangkat dari warung tenda tersebut sekarang sudah memiliki reputasi di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, hingga Australia. Strategi pemasaran yang dilakukan dalam dengan menerapkan sistem waralaba (franchise).

3.      PT. Astra Internasional,

Astra Internasional adalah perusahaan multinasional yang berberak di bidang otomotis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 di Jakarta. Hingga saat ini perusahan tersebut memiliki sederet ruang lingkup kegiatan perseroan di berbagai bidang. PT. Astra Internasional juga memilik pasar yang besar di luar Indonesia.

Strategi Pemasaran PT. UNILEVER INDONESIA,TBK.

Siapa saja pasti sudah mendengar nama Unilever baik melalui iklan di TV maupun media promosi lainnya. Unilever merupakan salah satu leader market atau pemimpin pasar untuk produk kebutuhan sehari-hari, perawatan, nutrisi hingga kesehatan. Dibalik dari eksistensinya ternyata salah satu strategi yang dijalankan oleh PT. Unilever Indonesia, TBK., adalah memberikan kenyamanan serta kepuasan pelanggannya. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan raksasa tersebut:

  1. Kepemimpinan Harga Rendah
  2. Diferensiasi Produk
  3. Fokus Pada Peluang Pasar
  4. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan dan Pemasok
  5. Periklanan
  6. Promo Penjualan
  7. Penjualan Secara Pribadi
  8. Penjualan Langsung

Pada akhirnya nanti, pasar luar negeri bukanlah menjadi pasar asing lagi. Terlebih dari itu, pasar luar negeri hanyalah pasar yang terletak pada lokasi yang berbeda dan memiliki potensi yang lebih menggiurkan serta memiliki peluang alternatif yang lebih variatif dalam memenangkan pasar. Untuk sampai ke pasar internasional, maka dibutuhkan yang namanya strategi pemasaran internasional. Model Startegy Marketing Corporate Untuk Memasuki Pasar Internasional

 

jasa seo

Your Thoughts