Optimalisasi Website Untuk Bisnis Online

– optimalisasi website , Agar bisnis yang dijanlam sukses secara online maka penting untuk memiliki strategi pemasaran digital yang jelas.

Salah satunya dengan pemasaran website. Pemasaran website merupakan proses mempromosikan website di internet, yang digunakan sebagai pemasaran digital secara kesuluruhan sebagai salah satu media pemasaran online.

 Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kunjungan ke website agar bisnis yang dijalankan memiliki banyak pelanggan.

Sebelum mengoptimalkan website, maka tentukan produk yang akan dijual, target market, dan rencana yang akan dilakukan untuk bisnis yang dijalankan.

Kemudian, sebagai salah satu media pemasaran untuk mendukung bisnis online, maka website harus dioptimalkan dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

Mendesain Website

Langkah pertama sebelum mengoptimalkan website, maka pastikan sudah mempunyai website terlebih dahulu. Jadi buatlah website yang mewakili bisnis yang dijalankan secara akurat. Tidak hanya memperhatikan aspek visual atau tampilannya saja, namun juga harus menentukan kualitas informasi bisnis yang dijalankan.

Website ini seperti rumah atau toko jika dijalankan pada bisnis offline, oleh karena itu desain website harus bagus, dengan tampilan yang diatur agar ramah pengguna dan fungsional. Selain itu, web harus menyajikan informasi terkait perusahaan dan produk bisnis yang dijual dan ramah bagi pengguna seluler.

optimalisasi website

Optimalisasi Website: Kata Kunci

Website tidak bisa dipisahkan dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan proses untuk meningkatkan visibilitas website bisnis di mesin telusur.

SEO ini tidak hanya terkait konten tulisan yang dibuat, namun juga ada SEO on-page agar halaman website SEO-friendly dan konten mudah dibaca oleh mesin pencari,

SEO off-page untuk mempromosikan website dengan tujuan mendapatkan tautan berkualitas tinggi dari situs website lain dan SEO lokal untuk mengoptimalkan situs website untuk pencarian lokasi dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Saat mempromosikan website secara online, maka pada dasarnya juga sedang mempromosikan konten website.

Sehinga gunakan strategi pemasaran dengan melakukan riset kata kunci dan cari tahu katak kunci SEO yang ditargetkan dengan konten. Gunakan juga analisis hasil pencarian google untuk membantu mengetahui kata kunci target berdasarkan jenis konten yang diinginkan google.

Optimalisasi Website; Tambahkan Tautan Website Ke Semua Platform

Selain kata kunci tempat untuk mempromosikan website adalah menggunakan berbagai platform.

Gunakan akun bisnis yang relevan dengan bisnis yang dijalankan di platform media sosial seperti facebook dan instagram. 

Setelah itu, lengkapi profil bisnis dan tautkan situs web di halaman media sosial. Memiliki media sosial tanpa pengikut tentu tidak akan memberikan keuntungan, oleh karena itu kembangkan pengikut agar terhubung dengan orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk yang di jual. Selain itu, buatlah konten yang relevan dengan produk secara terjadwal.

Selain media sosial, platform lain yang dapat dimanfaatkan adalah E-mail.

Tujuan dari promosi pemasaran website adalah mengembangkan daftar E-mail. Cara baik agar orang kembali lagi ke website, memberi tahu tentang konten baru website atau langsung menjual produk dengan menanfaatkan daftar E-mail yang aktif.

optimalisasi website

Optimalisasi Website: Konten

Halaman produk pada website yang dirancang harus memanfaatkan sisi psikologis. Misalnya pada produk yang ditawarkan, berikan kesan ekslusif dengan memberikan waktu pembelian agar calon pembeli segera membeli produk tersebut.

Tampilkan foto dan video yang menarik secara visual. Kemudian berikan deskripsi produk yang tepat sasaran. Deskripsi produk ini jangan terlalu panjang yang membuat calon pelanggan berpaling.

Berikan listing pada deskripsi produk untuk memudahkan calon pelanggan memahami apa yang dijelaskan. Informasi yang diberikan secukupnya saja, berikan informasi apakah produk dapat mengatasi permasalahan mereka karena deskripsi fisik produk justru tidak begitu penting.

Jika akan membuat artikel untuk meningkatkan kunjungan pada website, maka sebaiknya buat artikel yang mendidik dan hubungkan dengan produk yang akan dijual. Artikel yang dibuat juga jang terlalu panjang, namun tetap harus informatif.

Optimalisasi Website: Gunakan Laporan Google Analytics

Agar dapat mengakses informasi terperinci mengenai website bisnis maka dapat menggunakan Google Analytics.

Dengan Google Analyytics maka dapat memberi beberapa informasi misalnya berapa banyak pengguna yang mengunjungi webiste bisnis, halaman apa yang dikunjungi pengguna, dan detail demografis pengguna.

Optimalisasi Website; Menanggapi Ulasan Online

Pengguna sebelum membeli produk seringkali melihat peringkat dan ulasan online, sehingga pengguna telah memiliki pendapat terkait produk sebelum menghubungi anda. Selain itu, ulasan juga dapat meningkatkan SEO.

Optimalisasi Website : Gunakan Iklan Berbayar

Setelah memulai SEO dan memanfaatkan beberapa platform sebagai media promosi gratis, mungkin akan disadari bahwa untuk membuat SEO bekerja dan banyak pengikut yang layak di platform media sosial bukan suatu hal yang mudah.

Oleh karena itu, untuk menjangkau pelanggan dengan cepat, maka satu bahan lagiuntuk pemasaran website ini dengan iklan berbayar.

Menggunakan iklan berbayar tentu saja menentukan biaya. Jadi pastikan bahwa budget yang tersedia cukup.

Terdapat beberapa platform periklanan yang bisa digunakan, termasuk google Ads. Google Ads menargetkan orang berdasarkan istilah penulusuran yang pengguna gunakan di Google.

Selain itu, juga menampilkan iklan di YouTube, Gmail dan situs yang berpartisipasi dalam Goggle Ads. Selain Google Ads, juga dapat beriklan di Facebook Ads dan Instagram Ads.

optimalisasi website

Giveaway

Cara lain untuk mempromosikan website bisnis adalah melalui giveaway. Giveaway ini dapat melalui beberapa cara, misalnya adalah kesadaran merek dan drive traffic.

Kesadaran merek memiliki tujuan dengan meminta kontestan untuk menggunakan produk yang dijual dalam gambar atau video dengan kreatif.

Arahkan penjualan produk ini pada website bisnis. Sedangkan drive traffic bertujuan untuk meningkatkan konversi di website dengan mengizinkan audiens untuk mendaftar giveaway di webiste bisnis ynag dijalankan.

Giveaway yang diadakan memerlukan biaya untuk hadiahnya, jadi sesuaikan dengan udget yang telah disiapkan.

Influencer

Dalam beberapa tahun terakhir, influencer telah menjadi bagian dari strategi pemasaran digital. Biasanya para influencer ini aktif di media sosial dan memiliki banyak followers.

Bermitra dengan influencer dalam melakukan promosi seperti giveaway yang dihubungkan dengan website untuk menarik minat pelanggan terhadap produk yang dijual.

Perlu diingat bahwa menggunakan jasa influencer tidaklah gratis, sehingga membutuhkan biaya. Jadi pastikan bahwa budget yang disiapkan cukup. Selain itu, perlu memerhatikan beberapa hal seperti biaya foto, biaya video, jumlah followers, dan rata-rata likes.

Perbaiki Tautan yang Rusak

Tautan yang rusak maka tidak mengarah kemanapun atau memberikan kesalahan kepada pengguna.

Terdapat beberpa penyebab tautan tidak bisa diakses bisa dikarenakan nama domain yang kadaluarsa, file index kosong, kesalahan dalam setting DNS dan traffic yang berlebihan. Jadi selalu pastikan bahwa link tautan yang dibagikan tidak rusak, sehingga dapat diakses para pengguna.

baca juga

     Evaluasi

    Agar mengetahui optimalisasi website yang sudah dilakukan sudah efektif atau belum, maka tetap harus dipantau. Dalam pemasaran digital ini, semuanya sudah dapat diukur dan dianalisis melalui data.

    Data yang diinginkan dalam sebagian kasus dapat diakses melalui Google Analytics. Setelah dianalisis, maka dapat membuat keputusan untuk bisnis yang dijalankan.

    Misalnya, jika pada data tertera bahwa topik tertentu mempunyai kinerja yang paling baik diantara yang lain, maka fokuskan upaya pemasaran untuk membuat konten di sekitar topik tersebut.

    Optimalisasi website untuk mendukung bisnis online ini juga perlu untuk memanfaatkan beberapa platform sebagai media promosi.

    Hal ini dikarenakan pemasaran digital memang terkadang tidak hanya dapat menggunakan satu media saja. Selain itu, karena banyaknya kompetisi online maka sangat diperlukan untuk pelaku bisnis agar selalu konsisten.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!